Widget HTML Atas

Pengantar Tutorial Blogger Cara Membuat Blogspot Sendiri

Pengantar Cara Membuat Blogspot – Tutorial Blogger. Blogger adalah layanan yang memungkinkan pengguna mempublikasikan blog single atau multi-user. Anda bisa membuka blog / situs Anda sendiri dengan mudah dan yang terpenting adalah tanpa biaya. Tutorial Blogger / tutorial blogspot ini hanya mencoba memberi Anda pengetahuan yang lengkap tentang hal tersebut.

Pengantar Tutorial Blogger Cara Membuat Blogspot Sendiri

Tutorial Blogger atau Tutorial Blogspot

Di bagian tutorial blogger ini, kita akan membahas segala hal yang berhubungan dengan blogger. Untuk kenyamanan, kita coba pisahkan semua tutorial menjadi 4 langkah :

Blogger Essential - Semua pengetahuan utama yang perlu kita ketahui tentang blogger / blogspot akan disertakan disini, seperti ─ cara membuat blogspot dengan custom domain, cara membuat postingan dan halaman, setting dasar blog anda, dll.

Pembuatan Template Blogger – Kita bersama-sama akan mencoba tutorial blogspot ini bagaimana cara membuat template khusus untuk blog Anda.

Pengembangan Widget Blogger - Anda akan belajar membuat dan mengembangkan widget template blogger.

Tutorial Tingkat Lanjut - Semua tutorial lain yang terkait dengan Blogger akan disertakan dalam langkah ini.


Keuntungan

Tujuan kita adalah untuk belajar segala sesuatu tentang blogger / blogspot dengan baik; selangkah demi selangkah dari awal sampai akhir, tidak secara acak seperti situs-situs lain.

Itu sebabnya, kita akan mengikuti menu Blogger Dashboard (menu Left-side) disini. Misalnya, Jika Anda ingin mempelajari apapun yang berhubungan dengan Blogger Posts maka Anda akan menemukan tutorial di bawah item artikel "Post".


Contoh pada Tutorial Blogger yang tepat

Tutorial blogger pada blog Uang Banyak ini akan selalu diusahakan dengan memberikan contoh yang tepat dengan kode, gambar statis, gambar animasi atau apapun sehingga mempermudah process tutorial blogger / tutorial blogspot yang anda praktekan.


Apa Itu Blog ? Pengertian blog adalah satu wadah on-line menjadi situs website yang terbagi dalam halaman-halaman yang berisi beragam tulisan dalam format teks yang dapat disisipi gambar dan yang lainnya. Dipertunjukkan dengan aplikasi situs tertentu yang berbentuk system manajemen content dari tiap-tiap tema yang ditulis untuk dihidangkan menjadi bentuk informasi yang berguna bagi pembaca.


Fitur Blogger

Anda mungkin berpikir, sebagai layanan gratis maka blogspot memiliki kemampuan yang sangat terbatas namun keterbatasannya tidak begitu banyak seperti yang anda pikirkan. Sebenarnya ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan sebagai cara membuat blog sendiri. Kita akan membahas beberapa dari fitur-fitur tersebut di bawah ini.


Menambahkan Domain Khusus

Secara default, nama domain (url) blog anda akan muncul di subdomain blogspot.com (misal: blogname.blogspot.com). Namun Anda dapat menambahkan domain khusus yang terdaftar ke blog Anda (misalnya www.example.com), dan dapat mengalihkan subdomain ke domain khusus Anda tersebut.


Tidak Perlu Beli Hosting

Umumnya blog yang anda bangun tersebut di-host oleh Google di subdomain blogspot.com, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli hosting.


Memasang Template Custom

Ada banyak template khusus yang tersedia secara online, Anda dapat menginstal salah satu dari mereka dan menyesuaikannya.


Membuat Template Blogger Anda Sendiri

Anda bisa membuat template Blogger sendiri dengan sangat mudah. Untuk tutorial blogger template bisa kita baca di artikel yang lain.


Mendesain Ulang Blog Blogspot Anda

Anda bisa mengubah tampilan blog Anda menggunakan CSS dan JavaScript. Namun untuk keperluan kali ini Anda harus memiliki pengetahuan kode Blogger Template. Tapi jangan khawatir, kita akan coba memplajari semuanya selangkah demi selangkah sampai kita bisa tahu cara buat blog sendiri dengan membaca tutorial blogger / tutorial blogspot ini.


Blogger untuk Perangkat Seluler

Blogger memiliki tampilan yang berbeda untuk perangkat mobile. Pengunjung yang mengakses situs Anda dari perangkat seluler akan melihat situs Anda pada template seluler yang dipilih.


Menambahkan Pengguna Lebih Banyak

Anda dapat mengundang lebih banyak pengguna (hingga 100) untuk menulis posting di blog Anda sebagai penulis atau admin.


Menghasilkan Uang dari Blog Anda

Anda bisa langsung mengintegrasikan akun Google AdSense Anda ke blog Anda dan bisa mendapatkan uang dengan menampilkan Iklan di blog Anda.


Keterbatasan Blogger /  Blogspot

Meskipun ada beberapa keterbatasan di Blogger tapi saya yakin ini tidak akan mencegah pekerjaan Anda begitu banyak. Beberapa batasan penting tersebut bisa dijelaskan di bawah ini :

  • Jumlah Blog: 100 blog per akun.
  • Deskripsi Blog: maksimal 500 karakter.
  • Jumlah Label: 5.000 label unik per blog, 20 label unik per posting (dengan paling banyak 200 karakter).
  • Jumlah Pos per hari: Hanya 50 pos yang bisa dipublikasikan per hari.
  • Mengunggah File: File gambar (JPG, GIF, atau PNG) dan file video dapat diunggah di blog Anda. Dan semua file lain seperti ─ MP3, ZIP, PSD, PDF, DOC, DOCX, dll tidak bisa diunggah.
  • Penulis atau Admin: 100 undangan per blog.
  • Penangguhan Akun: Jika situs Anda melanggar persyaratan layanan apa pun, situs Anda akan ditangguhkan oleh Blogger tanpa pemberitahuan. Terkadang pelanggaran berulang dapat menyebabkan seluruh akun Google Anda ditangguhkan.


Bagaimana ? Apakah kini anda sudah tahu tentang blogger atau blogspot ini? Sudah siap untuk lanjut ke tahap berikutnya ?

Yupss, setelah kita tahu apa itu blog terutama apa itu blog yang dibangun dengan menggunakan blogger yang berdomain induk blogspot.com, maka selanjutnya kita akan coba mulai mempelajari cara membuat blogspot ataupun cara buat blog sendiri dengan tutorial blogger ini.

Apabila tutorial blogger ini cukup bermanfaat untuk anda, silahkan share kepada rekan ataupun kenalan anda.


Baca Juga :




Refference :
cara membuat blogspot, cara buat blog sendiri, apa itu blog, tutorial blogger, tutorial blogging, tutorial blogspot

2 komentar untuk "Pengantar Tutorial Blogger Cara Membuat Blogspot Sendiri"

Berbagai Info mengatakan…
Kebetulan saya masih baru dalam ngeblog, jadi saya perlu artikel ini, ijin bookmark ya gan!
Putra Bumi mengatakan…
Silahkan gan..