Baca Juga di Uang Banyak


Mengenal Reksadana Juga Keuntungan dan Kerugianya - Anda pernah mendengar mengenai Invstasi Reksa Dana? Untuk masyarakat awam, isitilah Reksa Dana mungkin saja masih terdengar cukup asing di telinga. Untuk lebih jelasnya simak seluk beluk tentang Reksa Dana di bawah ini.

Reksa Dana adalah alternatif untuk orang-orang yang mempunyai modal (dana) tetapi terbatas untuk diinvestasikan melalui Perusahaan Manajer Investasi. Dana yang di kumpulkan oleh MI dari orang-orang dengan modal terbatas ini bakal dibagi dalam beberapa jenis investasi (saham, obligasi, ataupun deposito) serta bukan hanya di satu perusahaan saja tetapi beberapa perusahaan. Tiap-tiap product Reksa Dana memiliki jenis dan nilai investasi yang berbeda disesuaikan dengan jenis produk invetasinya. Reksa Dana adalah pilihan yang praktis bagi sebagian masyarakat untuk berinvestasi saham tetapi dengan modal yang relatif kecil. 



Lantas apakah yang di sebut dengan Perusahaan Manajer Investasi? Perusahaan Manajer Investasi (MI) adalah pihak manajemen profesional yang berperan mengelola berbagai macam jenis investasi dari mulai investasi saham, obligasi, property, serta jenis investasi yang lain yang mempunyai tujuan untuk meraih investasi yang memberi keuntungan untuk beberapa investor. Jenis layanan MI yaitu melakukan analisa keuangan, penentuan aset, penentuan saham, mengimplementasikan rencana yang telah didesain, sampai dengan melakukan pemantauan pada investasi. MI juga adalah pihak yang memegang fungsi cukup penting dalam mengelola investasi dalam mata uang dollar, euro, pound, serta yen.



Aktivitas usaha MI meliputi beberapa bagian dari mulai mempekerjakan manajer investasi profesional, melakukan riset, menggerakkan manfaat pesanan dan perdagangan atau dealing, merampungkan transaksi, melakukan pemasaran, mengaudit internal, bahkan mereka juga menyiapkan laporan yang bakal diberikan pada orang-orang yang disebut nasabah. Peran MI lebih di kenal sebagai agen atau penghubung pada yang memiliki saham dengan perusahaan. Diluar itu MI juga bertugas untuk dapat secara aktif memonitor kemampuan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh nasabah MI. Hal semacam ini dilakukan lantaran walau dengan cara teori yang memiliki saham memiliki hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mengontrol dan menghimpit manajemen perusahaan, dalam praktiknya tidas sejalan dengan teorinya. Yang memiliki saham kerapkali tidak memakai hak suaranya sebab status kepemilikanya hanya dengan presentase kecil.

Sedang bila bicara mengenai ciri-ciriiskik reksa dana tersebut, ciri-ciri reksa dana terdiri jadi dua reksa dana Terbuka serta reksa dana Tertutup. reksa dana Terbuka adalah type reksa dana yang bisa di jual lagi pada MI yang menerbitkannya tanpa ada lewat alur perdagangan yang berlaku di bursa dampak. Umumnya harga jual reksa dana bakal sama juga dengan nilai aktiva bersihnya. Sesaat pengertian reksa dana Tertutup adalah reksa dana yg tidak dapat di jual lagi pada MI yang menerbitkannya. Type reksa dana satu ini cuma bisa di jual lagi pada investor lain tetapi mesti dengan lewat alur perdagangan di bursa dampak. Umumnya harga jual reksa dana ini dapat diatas ataupun dibawah nilai aktiva bersih. 


Mengetahui dan Mengerti Manfaat Reksa Dana


Mungkin untuk sebagian orang akan berfikit kenapa tidak membeli langsung sahamnya bursa efek. Ada banyak hal yang menjadikan reksa dana sebagai alternatif investasi yang di minati masyarakat. reksa dana memberi keuntungan untuk investor dari sisi pemantauan investasi setiap waktu. Ini adalah tanggung jawab MI seutuhnya. Orang-orang dapat pilih type reksa dana yang dapat sesuai dengan ciri-ciriistik investasi setiap investor dan disesuaikan tingkat return atau timbal balik. Manfaat juga sekaligus keuntungn dalam pilih reksa dana sebagai alternatif investasi diantaranya adalah :

1. Dikelola oleh manajemen profesional 

MI adalah Manajemen Profesional yang mempunyai keahlian khusus dalam urusan pengelolaan dana. Perannya begitu penting karena mereka melayani beberapa investor yang sebagian hanya memiliki keterbatasan dan tidak bisa melakukan penelitian pada perusahaan, dan investasinya dengan cara langsung untuk menilai dan menganalisa harga efek  serta akses info ke pasar modal. 

2. Diversifikasi investasi turunkan resiko yang mungkin saja terjadi 

Reksa Dana adalah jenis investasi yang tidak hanya terlalu fokus pada satu investasi dan pada satu perusahaan. Hal ini jelsas akan mengurangi resiko  walau tidak bisa menghilangkannya. Dengan kata lain resiko yang ada tak terpusat pada satu jenis investasi namun menyebar. Hal yang perlu diingat kalau resiko ada dua type yakni resiko gain serta resiko loss. Apabila reksa dana Anda meletakkan dana investasi di 20 perusahaan serta 3 salah satunya alami resiko loss, investor tak perlu cemas sebab ada peluang belasan perusahaan yang lain mungkin saja tak alami kerugian atau malah alami resiko lagi. 

3. Transparansi info 

Jenis investasi ini jelas memberi informasi jika ada perubahan portofolio dan biaya dengan cara berkepanjangan. Hal seperti ini dilakukan agar pemegang Unit Penyertaan dapat memonitor keuntungan, cost, dan resiko setiap waktu. MI sebagai pengelola reksa dana juga harus menginformasikan Nilai Aktiva Bersih setiap hari di koran dan menerbitkan neraca keuangan tengah tahunan serta tahunan juga prospektus yang dikerjakan dengan teratur. Karena dengan adanya transparansi info ini, beberapa investor dapat juga memantau perubahan investasinya dengan cara teratur.

4. Likuiditas Tinggi 

Likuiditas adalah kekuatan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Semakin perusahaan mempunyai likuiditas yang tinggi, maka perusahaan itu bisa diakui karena kemampuannya membayar kewajiban jangka pendek dengan baik. Dengan likuiditas yang tinggi, investor bisa mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap waktu sesuai dengan ketentuan yang di buat tiap-tiap reksa dana. 

5. Biaya Rendah 

Reksa Dana di kenal sebagai kumpulan dari banyak pemodal dan dikelola dengan cara profesional. Sebanding dengan besarnya kekuatan melakukan investasi akan menghasilkan suatu transaksi yang efektif juga. Biaya transaksinya akan lebih rendah dibanding dengan investor yang lakukan investasi dengan cara langsung di bursa efek. 

6. Potensi Return yang Tinggi 

Reksa Dana adalah alternatif investasi yang keuntungannya bisa di nikmati dalam periode panjang dan cukup sesuai apabila dijadikan alternatif investasi yang menanggung investor dalam menyiapkan waktu pensiun, menyiapkan dana pendidikan, serta beragam ide periode panjang yang lain. 

7. Lebih Aman 

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya kalau tingkat resiko reksa dana termasuk rendah, jadi hal semacam ini jelas memberi keamanan yang baik untuk para investor dibanding dengan investasi yang dilakukan dengan cara individu dan langsung di bursa efek. Dana investasi yang disetor juga tak dipegang segera oleh perusahaan MI namun dititipkan pada rekening bank khusus yang di kenal sebagai bank kustodian.

Mengetahui Kekurangan dan Kelemahan Reksa Dana



Saat bicara mengenai permasalahan resiko, reksa dana juga ada kelemahanya. dimana nilai resikonya jelas lebih kecil dari investasi saham, namun lebih besar dari investasi lain seperti di investasi emas, product property, maupun product deposito. Nah, banyak hal yang perlu dan harus di perhatikan berkaitan dengan kekurangan reksa dana diantaranya adalah :

1. Resiko Penurunan Nilai Aktiva Bersih

Hal semacam ini dikarenakan oleh harga pasar instrumen investasi alami penurunan di banding harga pembelian awal. Penuruan harga ini mungkin dikarenakan banyaknya hal yakni kemampuan bursa saham lebih buruk, kemampuan emiten lebih buruk, kondisi politik dan ekonomi yang tidak stabil, dan beragam aspek pendukung lain. 

2. Resiko Likuiditas 

Hal semacam ini mungkin saja terjadi akibat pemegang Unit Penyertaan melakukan penarikan dana dalam jumlah besar dalam kurun waktu yang sama hingga MI mengalami rush. Umumnya hal semacam ini berlangsung lantaran adanya aspek negatif yang cukup besar seperti kondisi politik serta ekonomi lebih buruk, berlangsung penutupan atau kebangkrutan sebagian emiten, bahkan juga dilikuidasinya MI sebagai pengelola reksa dana. 

3. Resiko Pasar 

Kemungkinan pasar berlangsung saat harga instrumen investasi alami penurunan yang dikarenakan turunkan kemampuan pasar saham dengan cara mencolok. 

4. Resiko Default 

Permasalahan ini berlangsung saat MI beli obligasi punya emiten yang nyatanya alami kesulitan finansial walau sebenarnya terlebih dulu kemampuan perusahaan itu masihlah baik-baik saja. Mengakibatkan, pihak emiten sangat terpaksa tak membayar kewajibannya.

Demikianlan artikel tentang Mengenal Reksadana Juga Keuntungan dan Kerugianya dari blog uang banyak. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai Reksa Dana



Sumber : cermati(dot)com

Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: