Usaha cuci motor masih sangat di minati oleh para pemburu peluang usaha mungkin karena kuntungan yang yang di dapat cukup menjanjikan. Mengingat perkembangan kendaraan sepeda motor dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, Hal ini menunjukan bukti bahwa kebutuhan masyarakat dengan sepeda motor cukup tinggi karena efisin dan mudah di gunakan untuk beragam aktivitas.

Fakta lainnya juga menunjukan motor yang ada di masyarakat saat ini bahwa dalam 1 keluarga atau 1 rumah memiliki lebih dari 1 unit motor. Sebagai contoh untuk rumah yang sudah berkeluarga bisa jadi setiap pasangan memiliki 1 unit motor belum lagi jika sudah memiliki anak yang sudah Kuliah ataupun bekerja 1 rumah memiliki 3 unit motor.

Usaha Cuci Motor


Karena faktor inilah, kita dapat memanfaatkanya untuk memperoleh keuntungan dengan membuka usaha cuci motor. Besarnya kesempatan dan peluang usaha cuci motor didukung dengan padatnya kegiatan penduduk masyarakat di perkotaan.  Karena padatnya aktivitas mereka ini yang seringkali meremehkan kebersihan motor yang dimilikinya. Hingga mereka tidak dapat menyisihkan waktu walau hanya sekedar untuk membersihkan motor sendiri. 

Disinilah kita dapat masuk untuk menawarkan jalan keluar praktis untuk mereka yang tidak dapat menyisihkan waktunya untuk membersihkan motor. Dengan buka usaha pencucian motor, beberapa pemiliki kendaraan bermotor dapat memanfaatkan layanan ini

Supaya lebih mantap dalam berwiraswasta, mari kita simak langkah-langkah dalam menyiapkan usaha cuci motor, Tips sukses, dan analisis usaha di bawah ini.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Loundry Kiloan


Persiapan Usaha cuci Motor :

Tempat Usaha Cuci Motor

Usaha cuci motor wajib memiliki tempat untuk menjalankannya. Tempat usaha dibutuhkan untuk melayani konsumen yang datang untuk mencuci motornya dan siapkan ruang tunggunya

Tempat usaha yang perlu anda siapkan minimum memiliki luas 4 x 4 m. sebagai tempat pencucian motor. Tempat dengan ukuran itu dapat di gunakan untuk melakukan pencucian 3 buah motor sekaligus. 

Pada awal usaha anda dapat mengawalinya dengan luas yang dijelaskan di atas. Tidak hanya untuk menghemat biaya modal  awal, tempat usaha yang kecil dapat membuat anda mengoptimalkan usaha yang dijalankan. 

Karena jika anda langsung membuka usaha dengan tempat yang luas dan biaya sewa yang tinggi, tapi jumlah pelanggan yang datang masih sedikit akan menyebabkan pemborosan pada biaya awal.
Lebih bijak bila anda mengawalinya dari tempat yang kecil dulu namun nanti perlahan lahan perlebar tempat usaha saat pelanggan mulai ramai. 

Anda dapat menyediakan sebuah ruangan yang nyaman atau sekedar tempat pelanggan duduk. Ruangan berukuran 5 x 5 sudah cukup untuk menampung pelanggan yang datang ke tempat cucian motor anda.. Jangan remehkan yang satu ini sebab membersihkan motor cukup memakan banyak waktu Mustahil anda membiarkan pelanggan setia anda berdiri sambil menunggu hasil pencucian selesai dikerjakan. 

Ruang Tunggu Cuci Motor


Tempat menunggu disarankan sedikit lebih jauh dari tempat pencucian motor. Kondisi ini untuk menghindari cipratan air cucian motor yang 

Tempat cuci motor terdekat dengan penduduk yang ramai juga menjadi salah satu faktor pendukung berkembang dan tumbuhnya usaha cucian motor anda

Perlengkapan Dan Peralatan Usaha Cuci Motor 

Supaya mempermudah anda dalam menjalankan usaha pencucian motor, perlengkapan serta peralatan usaha mesti anda persiapkan. Sangat tidak dianjurkan, Jika anda memakai cara pencucian manual dalam mengawali usaha pencucian motor, sebab hasil setelah di bersihkan akan tidak maksimal dan juga menghabiskan banyaknya waktu. 

Perlengkapan pencucian motor yang paling penting dan anda perlukan adalah pompa air serta kompresor. Ke-2 perlengkapan ini yang akan mempermudah anda dan karyawan dalam melakukan pekerjaan pencucian sepeda motor. 

Setelah itu, tambahkan beberapa bahan usaha lainya seperti shampo khusus motor dan mobil, sikat, kain lap, semir ban motor. Saat anda akan membeli shampo khusus motor dan cairan pengkilap carilah distributor yang menawarkan produk di harga termurah namun tetap berkwalitas. Beli lah dalam jumlahnya yang banyak untuk memperoleh penawaran harga yang agak murah di banding beli eceran dari distributor. 

Paket Peralatan Cuci Motor


Perlengkapan serta peralatan di atas adalah perlengkapan standard yang perlu dimiliki saat anda akan mengawali usaha pencucian motor. Bila usaha anda sudah berjalan maksimal, anda dapat tingkatkan perlalatan untuk memaksimalkan service. 

Tangki Salju 

Tambahkan tangki Salju atau Snow dalam perlalatan usaha anda untuk menciptakan salju. Tangki salju dioperasikan dengan memakai kompresor untuk membuahkan buih-buih salju. Di mana buih-buih salju ini didapat dari kombinasi cairan pembersih khusus. Saat anda memakai tangki snow, anda tinggal menyemprotkan cairan salju mengarah kendaraan yang akan dicuci. Hingga anda tak perlu disibukkan dengan cara manual dalam memakai cairan pembersih.

Salju Cuci Motor


Dengan adanya tambahan peralatan tersebut, usaha cuci motor yang anda rintis dapat berjalan lebih optimal untuk meraih laba.

Cuci Motor Hidrolik

Jika modal usaha cuci motor anda cukup besar atau usaha anda sudah semakin maju, tidak ada salahnya mencoba peralatan ini. Modal usaha cuci motor hidrolik, Dengan menggunakan alat Hidrolik yang berfungsi mengangkat motor sampai pada ketinggian tertentu akan memudahkan anda atau karyawan anda membersihkan bagian bawah kendaraan.

Cuci Motor System Hidrolik


Biasanya pelanggan akan menjadikan alat ini  sebagai nilai tambah saat melakukan pencucian motornya di bandingkan dengan tempat pencucian tanpa hidrolik

Biaya usaha untuk cuci motor hidrolik berkisar Rp. 10.000.000 - Rp 15.000.000. harga berbeda-beda tergantung penjualnya. Anda bisa melihat di situs jualan online untuk referensi harganya.

Untuk alat hidrolik ini juga bisa anda siasati dengan membuat tempat motor yang menanjak bisa anda buat di bengkel las dan harganya lebih murah di bandikan menggunakan Hidrolik

Rak Motor Pengganti Hidrolik


Biaya Peralatan Hidrolik di situs jual beli online berkisar Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000 dan ini belum termasuk biaya kirim dan pemasangan.

Cari Karyawan

Meskipun usaha pencucian motor yang anda lakukan masih berada dalam tahap awal. Jumlah tenaga kerja minimum yang perlu anda dapatkan adalah 3 orang. 3 orang tenaga kerja ini bisa anda pusatkan untuk membantu anda membersihkan  motor pelanggan. Sebagai pemilik usaha anda sebaiknya yang bertindak sebagai kasir jika proses pencucian sudah selsai.

Cari tenaga kerja pria untuk membantu anda menjalankan usaha. Hal ini sangat penting karena membersihkan sepeda motor merupakan  pekerjaan yang berat serta memerlukan banyak tenaga. Hingga wanita tidak cocok untuk kerja pada lapangan pekerjaan ini. 

Latihlah tenaga kerja yang anda miliki untuk dapat memakai mesin kompresor atau system hidrolik yang berada di dalam usaha anda. Sampaikan kepada meraka langkah membersihkan motor secara cepat akan tetapi dengan hasil yang maksimal. 

Tenaga kerja yang sesuai untuk menjadi karyawan pencucian motor ialah mereka yang mempunyai sikap pekerja keras, tekun dalam kerja, serta tidak gampang mengeluh. Kenapa hal ini penting, karena pekerjaan mencuci motor cukup melelahkan apalagi di saat pelanggan sedang ramai, seperti di hari libur atau sabtu dan minggu.

Jangan sampai mengambil karyawan yang ogah-ogahan serta malas dalam kerja. Karyawan yang malas bekerja akan menghasilkan pekerjaan yang tidak baik dan maksimal serta membuat usaha anda akan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Bila memungkinkan , carilah pekerja yang ada di dekat tempat usaha anda. Hingga anda tak perlu mempersiapkan mess saat jumlah karyawan semakin banyak. 

Tips Sukses Usaha Cuci Motor 

Berikan Promo yang Menarik 

Hal yang membuat banyak pelanggan selalu datang adalah mereka mengincar promo pencucian motor anda yaitu dengan adanya promo yang menarik. Promo memiliki dua jenis yang perlu di lakukan, pertama promo untuk menarik minat pelanggan baru dan yang ke-2 promo untuk memperoleh kesetiaan konsumen lama anda

Promo untuk menarik pelanggan baru dapat anda lakukan dengan beberapa langkah. Anda dapat memakai banner yang menarik serta dipasang ditempat-tempat yang mudah di lihat oleh orang banyak. Juga bisa memakai taktik harga promo dengan tawarkan biaya pencucian yang lebih murah dari tempat pencucian yang lainnya. Tapi jangan terlalu sering memberikan promo cuci murah karena anda sendiri yang akan rugi.

Cari langkah yang kreatif untuk memperkenalkan usaha bersihkan motor anda pada khalayak ramai. Jangan pernah anda hanya memberikan promo pembukaan pertama saja. Promo kreatif bisa dikerjakan dengan terus-terusan selama berjalannya usaha anda. 

Layanan Tambahan

Setelah itu, anda harus memberikan promo untuk memperoleh kesetiaan konsumen agar mereka selalu datang ke tempat pencucian motor anda. Langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan cuci motor grasti setalah 5 atau 10 kali pencucian. Berikan mereka stiker atau buku kecil yang dapat anda stampel atau tandai sudah berapa x pelanggan anda melakukan pencucian di tempat anda. Atau bisa juga memberikan hadiah berupa kopi gratis atau minuman dingin dengan mencuci motor sebanyak 5x

Ada sangat banyak cara yang dapat anda kerjakan untuk menarik minat konsumen. Cari inspirasi  dan buatlah pelanggan anda bertambahbanyak yang datang ke tempat usaha anda. Salah satu contoh lagi dengan memberikan layanan Wifi Gratis.

Maksimalkan Layanan dan Hasil Cuci Motor

Usaha bersihkan motor yang anda lakukan adalah usaha layanan yang mengutamakan pada service yang di kerjakan. Pada saat anda dapat memberi layanan yang memuasakan, beberapa pelanggan setia akan kembali datang dengan sendirinya. 

Layani pelanggan anda baik baru dan lama saat datang dengan ramah serta sopan. Jangan sampai sesekali memperlihatkan raut muka yang cemberut  karena pelanggan akan merasa tidak nyaman dengan hal tersebut. Siapkan ruangan tunggu  yang nyaman buat mereka agar tidak merasa bosan meskipun lama menanti proses pencucian motor. Siapkan tv, majalah, koran di dalam ruang tunggu anda, hingga beberapa pelanggan setia mendapatkan hiburan pada saat menunggu hasil pencucian motor. 

Siapkan sofa yang empuk serta ruang yang nyaman dengan AC atau kipas angin didalamnya. Bila sangat mungkin anda dapat menyiapkan sarana wi-fi gratis pada beberapa konsumen setia anda. Karena jika ada fasilitas wi-fi gratis akan membuat pelanggan nyaman saat menunggu
Siapkan juga bermacam jenis camilan dan minuman di ruangan tunggu. Dengan menyiapkan bermacam minuman dan makanan, Dapat memberikan pemasukan tambahan untuk anda di samping keuntungan dari cuci motor. 

Hal Terpenting Dari Usaha Cuci Motor

Akan tetapi dari semua langkah di atas yang menjadikan usaha pencucian motor anda semakin disukai pelanggan adalah dengan memberi hasil pencucian yang bersih. Tujuan penting beberapa pelanggan yang hadir agar sepeda motor kesayangan mereka kembali bersih dengan prima. Mereka juga akan merasa kecewa pada saat melihat sepeda motor yang anda bersihkan masih terdapat sisa noda kotoran. Anda mesti betul-betul pastikan hasil pencucian motor telah maksimal. Bila perlu tugaskan 1 orang Qualty Control untuk mengecek hasil pencucian motor.

Langkah yang tepat untuk menangani permasalahan ini yaitu dengan mengoptimalkan kapasitas karyawan anda. Latihah mereka agar bisa membersihkan sepeda motor secara cepat serta tidak menghabiskan waktu yang lama. Bila karyawan anda telah terbiasa, kapasitas mereka dalam membersihkan motor secara cepat juga bakal bertambah. 

Tempat yang Strategis 

Tempat yang pas membuat usaha yang anda lakukan mudah di lihat oleh beberapa orang yang lewat. Namun biasanya tempat yang ramai akan berbanding lurus dengan biaya sewa yang akan di kenakan. Tapi jika dengan perhitungan matang dan memang layak tidak ada salahnya merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan lokasi yang strategis
Tempat usaha yang tepat untuk pencucian motor ialah tempat yang dekat dengan pemukiman padat penduduk. Jumlah penduduk yang tinggal merupakan target pasar yang  dapat anda gunakan untuk memperoleh keuntungan. 

Analisa Modal dan Keuntungan

Biaya pertama ialah ongkos sewa tempat yang tarifnya tergantung pada lokasi tempat usaha anda. karena pada langkah awal kita belum mempunyai banyak modal, jadi tempat yang diambil ialah tempat yang kecil serta dekat dengan pemukiman penduduk. Biaya sewa tempat ukuran 25 m2 dapat anda temukan dengan tariff sewa  12.000.000 rupiah satu tahun, tapi bisa saja lebih besar bergantung dari tempat yang anda kehendaki. 

Biaya setelah sewa tempat adalah biaya perlengkapan pencucian motor. Perlengkapan penting yang dibutuhkan mencakup pompa air, kompresor, shampo motor, cairan pengkilap, kanebo, sikat, dan lap yang memerlukan biaya sekitar Rp.10.000.000.

Sarana ruang tunggu memerlukan membutuhkan biaya sekitar Rp. 4.000.000. Biaya ini hanya untuk penyediaan sofa untuk beberapa pelanggan anda duduk sambil menonton  TV. Biaya ini dapat anda tekan jika anda hanya menggunakan kursi plastic dari pada sofa. 
Dari perincian biaya di atas dapat di ambil kesimpulan untuk mengawali usaha pencucian motor ini anda memerlukan modal awal sebesar Rp. 36.000.000. 

Rincian Pengeluaran Bulanan

Setelah itu pengeluaran bulanan dalam usaha cucian motor yang kita miliki. Anggaplah di tempat ini pegawai yang kita pekerjakan memakai system bagi hasil. Skema ini mewajibkan kita menyiapkan uang makan harian saja. Penghasilan akan bergantung dari jumlahnya pelanggan  yang hadir menggunkan layanan anda. 
Rincian Pengeluaran Cuci Motor
Uang makan (3 pegawai) 3 x 30.000 x 30 hari = Rp 2.700.000 
Pengeluaran untuk shampo motor tiap-tiap bulan = Rp 1.000.000 
Bayar Listrik per bulan = Rp 600.000 
Keseluruhan pengeluaran usaha sebesar Rp 4.300.000 

Anggaplah penghasilan yang akan anda dapatkan selama satu bulan. Dengan mengasumsikan anda dapat memperoleh pelanggan yang datang sekitar 25 motor setiap harinya selama sebulan penuh. 
Penghasilan pencucian motor 25 x 12.000 x 30 hari = Rp 9.000.000
Belum lagi untuk motor Sport atau Motor Laki biaya pencucianya lebih mahal biasanya di patok berkisar Rp 15.000 - Rp 20.000

Karena anda memakai system bagi hasil dengan karyawan jadi penghasilan yang di terima tidak seutuhnya anda miliki. Anggaplah perhitungan bagi hasilnya adalah 80 : 20 di mana 80% buat anda menjadi sebagai pemilik usaha serta 20% untuk karyawan anda. Jadi penghasilan yang anda dapatkan sebesar Rp 7.200.000 

Selanjutnya kita bisa mendapatkan perhitungan pengeluaran, dengan besar keuntungan yang di dapat Rp. 7.200.000 – Rp. 4.300.000 hasilnya adalah Rp 2.900.000   
Bila anda dapat menjaga keuntungan sebesar Rp 2.900.000/ Bulan. Saat berumur 1 tahun,laba yang akan anda dapatkan saat setahun menjalankan usaha sebesar Rp 34.800.000 ( 12 bulan x Rp 2.900.000) 

Balik Modal Usaha Cuci Motor

Pertanyaan itu pasti selalu dipikirkan oleh beberapa pengusaha yang akan menjalankan berbagai jenis usaha tidak hanya usaha cuci motor saja. modal sebesar 36.000.000 yang anda keluarkan akan kembali pada anda setelah satu tahu lebih sebulan.

Semoga informasi tentang Kiat Sukses Membuka Usaha Cuci Motor bermanfaat untuk anda, dan bisa menjadi salah satu referensi untuk usaha anda.

Uang Banyak

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: