Widget HTML Atas

Tips Sukses Usaha Bubur Bayi Organik dan Resep Bubur Bayi

ASI memang menjadi makanan penting untuk bayi. Akan tetapi nasi tim dan bubur juga menjadi makanan yang menyehatkan untuk bayi diusia 6 bulan, yang memang dapat diberikan kepada bayi sebagai pendamping ASI eksklusif. Bagaimana cara membuat makanan bayi yang sehat, simak lengkapnya di artikel ini.

Karena Nasi Tim belum bisa di konsumsi oleh bayi, maka bubur bayi menjadi salah satu makanan terpenting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Dari zaman dahulu sampai saat ini bubur memang menjadi makanan yang selalu ada untuk di konsumsi manusia mulai dari bayi sampai kakek nenek.

Bubur bisa di proses dari beberapa jenis makanan, baik berbentuk susu, buah-buhan, sayuran dan biji-bijian. Makanan yang akan di proses dengan cara dilembutkan akan mudah dikonsumsi untuk bayi.

bubur balita sehat
bubur balita sehat


Tesktur bubur yang lembut dan cair membuat bubur bayi sesuai untuk dikonsumsi bayi. Bubur bayi saat ini sudah banyak di jual baik di pinggir jalan sampai di Mall pun tersedia.

Jenis usaha menjual bubur bayi sehat sekarang mulai menjamur di sekitar masyarakat. Pada setiap pagi sangat banyak para pengusaha bubur bayi yang kebanjiran konsumen setia dan pembeli baru, Hanya beberapa jam  membuka dagangan bubur bayinya sudah laris manis. Hal ini menunjukkan bila usaha bubur bayi sekarang mempunyai prospek usaha yang cukuplah cerah.

Bubur bayi saat ini telah menjadi kebutuhan pokok makanan bayi yang banyak dicari dan di butuhkan para ibu rumah tangga. Tingginya peminat bubur bayi menjadikan usaha bubur bayi menjadi ladang usaha yang menguntungkan.

Dalam menjalankan usaha bubur bayi memang termasuk sangat mudah. Proses pembuatan bubur bayi begitu mudah dan dibuat dari beberapa bahan organik yang menyehatkan. Walau usaha bubur bayi tampak kecil dan biasa saja, akan tetapi keuntungan yang akan didapat cukup lumayan.

Tingginya kebutuhan  bubur bayi menjadi produk makanan sehat untuk bayi, membuat usaha bubur bayi sekarang berkembang begitu cepat. Bubur bayi jadi salah satu makanan yang tidak menganal musim, dampak cuaca dan lainnya, sehingga usaha ini termasuk begitu menguntungkan.

Peluang untuk usaha bubur bayi ini dapat dikerjakan oleh para ibu rumah tangga, karyawan, pelajar, mahasiswa dan hal ini bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Keuntungan terjun di usaha bubur bayi ini adalah makanan yang banyak dicari dan diperlukan untuk bayi, dari segi harga sangat terjangkau bubur bayi. Anda ingin menjalankan usaha bubur bayi yang menguntungkan ini?

Kesempatan untuk usaha bubur bayi memang masih tetap begitu terbuka begitu lebar pada siapapun yang ingin menjalankan usaha bubur bayi. Peluang usaha bubur bayi pantas menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan referensi peluang usaha yang menjanjikan.

Dalam menjalankan usaha bubur bayi memang dibutuhkan juga modal agar usaha yang di jalani lebih optimal. Dalam membuka usaha bubur bayi tidak memerlukan modal dalam jumlahnya besar.

Saat Anda menjalankan usaha bubur bayi, modal besara hanya akan dipakai saat pertama kali untuk membeli keperluan dan perlengkapan, yang nantinya akan akan digunakan dalam jangka panjang dan selanjut untuk membeli bahan baku bubur bayi tersebut.

Saat anda memulai usaha dengan modal terbatas, Anda bisa menjalankan usaha bubur bayi dengan taraf kecil. Akan tetapi jika Anda lebih giat dan optimistis dalam menjalankan usaha bubur bayi ini akan membuat usaha anda mencapai sukses dengan keuntungan yang besar.

Namun jika anda tidak memiliki modal yang besar juga keahlian memasak bubur, anda bisa mencari franchise bubur balita, yang saat ini sudah cukup banyak jumlahnya. Pilihlah francise rumahan karena modal yang anda keluarkan tidak akan terlalu besar di bandingkan dengan franchise yang sudah besar dan memiliki brand di pasaran.

Sebegai referensi ada beberapa franchise bubur bayi di antaranya adalah franchise bubur bayi nayz, franchise bubur bayi procil, franchise bubur bayi mazaya dan waralaba bubur bayi bunayya dan masih banyak franchise lainya.

Market share dari usaha bubur bayi memang lumayan bagus dan cukup mudah di terima oleh masyarakat. Tidak itu saja, untuk memperoleh bahan baku bubur bayi ini memang dapat diketemukan dengan mudah dan harga di pasar cukup terjangkau.

Bubur Balita
Bubur Balita


Jika anda tertarik mencoba peluang usaha bubur balita berikut beberapa tipsnya :

Tips Membuka Bubur Balita :

Beberapa macam bubur yang umumnya di jual pada pagi hari dari mulai bubur ayam, bubur kacang, ijo, bubur sum sum ataupun bubur yang lain. Tidak tertinggal dengan Bubur Bayi. Ya, bubur yang spesial di nikmati oleh bayi akan tetapi tidak dibeli oleh bayinya, yaiyalah, yakali… orangtuanyalah yang membelinya. Bubur bayi umumnya di gabungkan dengan buah atau sayur. Meskipun bubur bayi ini memang sedikit susah ditemuai. 

Di tempat ini saya ingin sharing beberapa panduan agar bubur bayi anda laris terjual dan banyak yang minat : 

1. Variasi menu bubur balita

Ubah menu setiap hari. Menu yang monoton atau itu itu saja setiap hari yang akan membuat si balita akan terasa bosan mengkonsumsinya dan tidak mau memakan bubur dengan rasa yang sama.

Sebetulnya yang membedakan usaha bubur bayi dengan usaha yang lainnya adalah menu yang di sajikan setiap hari mesti berubah-ubah. Dalam satu minggu ada 7 hari, ya minimum dalam perubahan menunya dilakukan setiap hari. Banyak menu buah serta sayur yang familiar dikalangan bayi, salah satunya pisang, wortel, tim, beras merah, bayam serta yang lain. Yang penting pilihlah buah serta sayur yang segar dan sehat.

Dalam satu hari buah dan sayur di mix menjadi satu, contohnya bubur dengan gabungan bayam serta wortel, bubur tim dengan pisang, bubur beras merah dengan pisang dan lain-lain. Bisa juga dengan menu Ikan laut di kombinasikan dengan sayuran.

2. Memahami kandungan gizi makanan

Tahu mengenai kandungan dan nilai Gizi. Yang penting buah dan sayur yang segar dapat di jual. Dengan mengetahui nilai Gizi dan kandungan dari setiap sayur yang anda gunakan, anda sekaligus bisa mengedukasi para pembeli  sehingga bisa terjalin komunikasi dengan pembeli. 

Membuka usaha bubur bayi sangat  berbeda dengan bubur ayam biasa dan warung makan, jika bubur ayam biasanya di konsumsi orang dewasa karena mengandung penyedap dan daging ayam yang di suir, sedangkan penyedap tidak boleh ada pada menu bubur bayi.

3. Harga bersaing

Harga nya standard. Porsi makan bayi tentu tidak sebanyak porsi bubur untuk orang dewasa. Karenanya harga yang di tawarkan harusnnya tidak terlalu mahal, Sebaiknya bila memungkinkan anda menjualnya di bawah harga rata rata per bagian hanya tinggal pengatur banyaknya dalam 1 porsi, ya seputar harga Rp. 2000 sampai Rp. 5000 an.

4. Jaga kebersihan lingkungan anda

Jagalah Kebersihan. tidak hanya point ke-2 yang dilihat, setelah itu point kebersihan pun dilihat. Umumnya memang gizi serta kebersihan ada pada sebuah paket. Mengapa kebersihan mesti betul-betul diperhatikan? Ya, sebab usus bayi kan memang lebih sensitive serta lebih kecil ukurannya dibanding dengan usus orang dewasa. Bila ada kotoran dikit saja bisa-bisa terserang penyakit diare sampai fatalnya terserang penyakit disentri. Paket makanannya juga mesti bersih dengan sebersih-bersihnya serta terbangun. 

Diluar itu tempat menjualnya juga mesti dilihat dari mulai dalam ruangan ataupun luar ruangan, sebab bila ada di luar ruang sangat banyak polusi, banyak udara kotor serta banyak bakteri yang menebar bahkan juga melekat dalam tempat penjualan. 

Kemudian setelah hal penting dalam usaha bubur balita di atas. Untuk sukses dalam usaha, diperlukan taktik usaha yang ampuh, salah satunya adalah :

Strategi Sukses Usaha Bubur Bayi

1. Perhatikan Persaingan 

Perhatikan dan pelajari kompetitor atau biasa dimaksud dengan pesaing. Usaha ini memang termasuk gampang dan bermodal kecil, hanya membutuhkan bahan pokok yaitu beras. , oleh karena itu usaha ini termasuk banyak pesaing. Tapi ingat, janganlah menjadikan Kompetitor sebagai penghambat atau penghalang buat perkembangan usaha anda, Tapi sebaliknya, jadikanlah kompetitor sebagai pembangkit semangat supaya usaha yang anda lakukan lebih giat kembali dalam usaha.

Tidak selamanya pesaing adalah musuh tapi jadikan mereka lawan yang sehat untuk menjadikan produk bubur anda menjadi kualitas nomer satu di kalangan masyarakat. Ingat jangan menjadikan harga sebagai persaingan karena di saat pembeli ramai tapi keuntungan yang anda akan sangat kecil akan berbanding terbalik dengan tenaga waktu dan biaya yang sudah anda kelurkan. Gunakan Invosi dan strategi lain, seperti di langkah ke dua :

2. Design Menarik

Mempercantik hidangan. Penampilan yang menarik akan mengundang konsumen untuk tetap setia pada bubur anda. Dari mulai penampilan warung, cara penyajian dan hal lain yang dapat dipercantik. Sebab pelanggan lebih tertarik pada perihal yang cantik dilihat, Gunakan warna yang cerah sehingga menarik minat anak-anak.

3. Harga bubur bayi yang realistis

Harga yang anda jual disini adalah standart harga yang ada di masyarakat tetapi tetap bersaing. Jika memeberi harga yang lebih mahal berarti anda harus memberi service yang lebih baik serta nilai lebih pada bubur bayinya. Sebab umumnya yang membeli bubur bayi ini ialah orangtua, yang tahu mana yang memang berkualitas dan pelayanannnya yang bagus dan tidak.

4. Kwalitas bubur bayi

Jagalah kualitas. Mulai dari awal langkah membuat, pilih tempat dan bagaimanakah cara berjualan yang baik, untuk yang terakhir ialah jagalah kualitas, kualitas bubur yang masih higienis serta rasa yang enak. Jangan sampai karena kenaikan bahan baku membuat anda menurunkan kualitas produk. Kualitas ialah harga mati yang tidak dapat ditawar. 

5. Empati

Jadikan pertemuan dengan pembeli sebagai sarana komunikasi anda. Kenapa? karena dengan kita berbicara dengan pembeli terkait kesehatan tumbuh kembang anak si pembeli maka secara tidak langsung pembeli akan merasa di hargai dan ini membangun sebuah ikatan yang jarang di temui di penjual lain.

6. Promosi

Langkah terakhir adalah jangan malas untuk promosi seperti berkeliling dari rumah kerumah menyebarkan brosur, tidak perlu brosur yang mewah dan berwarna, cukup brosur tentang bubur balita anda beserta menunya kemudian anda perbanyak dengan di foto copy. Hal ini cukup efektif selain iklan yang di buat oleh para pembeli dengan cara bercerita dari mulut ke mulut.

Menu Tambahan Selain Bubur Balita :

Untuk menambah penghasilan dan memberikan kesan kumplit pada jualan bubur balita, anda bisa menambahkan beberapa makanan pendukung selain bubur bayi di antaranya adalah :
  • Nasi Tim
  • Puding, Puding rasa coklat, vanilla dan lain sebagainya
  • Telur Puyuh, Makanan ini cukup di minati oleh anak-anak
  • Sayur Sop, Buatlah dalam kemasan kecil yang berisi wortel, brokoli dan potongan daging atau ayam.
  • dan makanan lainya sesuai dengan kreativitas anda.
Di bawah ini ada beberapa resep bubur balita yang mungkin bisa anda coba untuk di jadikan menu referensi : 

Resep Bubur Bayi Untuk Jualan

Bubur Bayi Kacang Hijau 

Bahan yang di butuhkan :
  • 100 gr kacang hijau kupas, rendam, tiriskan 
  • 10 sendok makan susu formula 1 
  • 1 buah wortel, kupas, potong dadu 
  • 400 cc air 
  • 250 ml juice apel 

Langkah membuatnya :
  • Anda bisa menyangrai kacang hijau terlebih dulu sampai masak. Lalu haluskan serta diayak. 
  • Kemudian rebus wortel saat air sampai tinggal 1/2. 
  • Setelah itu campur kacang hijau bubuk dengan juice apel dan air rebusan wortel. Aduk sampai rata. Masak diatas api ukuran sedang sambil dengan diaduk sampai mendidih. 

Bubur Bayi Bayam 

Bahan yang di butuhkan :

  • 60 gr daun bayam, bersihkan bersih 
  • 250 ml air atau kaldu daging 
  • 100 gr kentang, kupas, potong dadu 

Langkah membuatnya : 

Anda bisa mendidihkan air atau kaldu, masukan daun bayam dan potongan kentang. Masak sampai terasa lunak. Angkat lantas tuang ke tabung jus, giling sampai lembut. 

Bubur Bayi Beras Merah 

Bahan yang di butuhkan: 

  • 100 gr beras merah, rendam, tiriskan, haluskan, serta ayak 
  • 5 Sendok Makan air jeruk manis 
  • 5 Sendok Makan susu formula 
  • 600 kaldu ayam 
  • 100 gr pepaya masak, haluskan

Langkah membuatnya : 

Campur tepung beras merah dengan bahan kaldu ayam, aduk sampai rata. Masak diatas api sedang sekalian dengan diaduk sampai matang.
Masukan dengan susu formula 1, aduk sampai rata. Imbuhkan dengan pepaya dan air jeruk manis, aduk sampai rata. 
5. Bubur jagung manis 
Bahan yang di butuhkan : 
100 gr jagung manis pipilan 
250 ml air atau kaldu daging 
Langkah membuat : 
Pertama didihkan kaldu daging atau air. Masukan jagung manis. Masak sampai struktur jagung manis bisa lunak serta masak. Lantas angkat. 
Tuang jagung bersama kaldu ke mesin jus. 
Giling bahan sampai lembut.

Bubur Bayi Sayur Bayam 

Bahan yang di butuhkan:
  • 10 gr bayam 
  • 20 gr beras 
  • 1 helai daun bawang, irislah tipis-tipis 
  • 250 air kaldu 
Langkah membuatnya : 

Masukan beras di di air kaldu, aduk aduk sampai jadi bubur. Sesudah beras masak, masukan potongan bayam dan daun bawang. Segera angkat sebelum bayam bisa berubah warna.
 Haluskan bubur memakai saringan atau jus, bila anak belum terlatih makan bubur bertestur kasar.
Semoga dengan membaca artikel tentang peluang usaha bubur bayi ini membuat anda semakin yakin untuk mencoba peluang usaha ini. Banyak hambatan dan hal baru yang akan terjadi pada anda saat menjalani semua jenis usaha, tapi jadikan semua sebagai penyemangat diri anda untuk terus maju dan berusaha.


Artikel ini pertama kali di publish pada 04 Feb 2019 dan di perbaharui dengan kondisi saat ini
usaha bubur balita, #peluang usaha bubur bayi, #cara memulai usaha bubur balita, #tips sukses usaha bubur bayi

referensi :tokomesin

Berlangganan via Email