Memulai Usaha Laundry Kiloan, Jasa Laundry Kiloan, Tips Laundry Kiloan


Baca Juga di Uang Banyak



Saat ini untuk orang yang sibuk bekerja baik di ibu kota ataupun di kota-kota lainya baik di Indonesia atau di negara lain sudah tidak lagi memiliki waktu luang untuk mencuci apalagi mensetrika bajunya. Jika datang hari libur meraka biasanya menggunakan untuk kegiatan lain mulai dari Hobby, Jalan-jalan bersama keluarga, bertemu dengan teman-teman dan lain sebagainya. Lalu bagaimana nasib baju kotor mereka apakah di biarkan menumpuk begitu saja.


Setiap orang akan selalu membersihkan bajunya yang sudah kotor, yang akan selalu menjadi rutinitas yang di kerjakan setiap minggu atau bahkan ada yang beberapa hari sekali. Banyak juga orang dengan berbagai jenis kesibukanya yang tidak memiliki banyak waktu luang hanya sekedar membersihkan bajunya. Karena faktor dan fenomena ini pulalah yang  menjadikan kesempatan dalam membuka usaha layanan laundry kiloan terus tumbuh dan berkembang.

Perubahan dan pesatnya teknologi yang semakin cepat dan padatnya kegiatan penduduk perkotaan, membuat mereka mereka malas dan tidak ada waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Mereka ingin mengirit waktu, tenaga dan tidak ingin repot. Tapi walaupun di tengah kesibukan dan padatnya aktifitas harian mereka, Kebutuhan untuk baju yang bersih rapih dan wangi tetap penting. Nah dengan usaha laundry semuanya bisa didapat dengan biaya murah, hemat waktu juga tenaga.

Dengan begitu tingginya kebutuhan masyarakat perkotaan terhadap kebutuhan sehari-harinya tidak bisa di pungkiri lagi, jenis usaha laundry merupakan salah satu jenis usaha yang paling menjanjikan dan selalu di buru bagi masyarakat yang membutuhkanya. Untuk itu yuk kita simak apa saja yang harus di persiapkan untuk membuka usaha laundry ini.

Mengawali Usaha Laundry Kiloan

Jika Anda ingin membuka usaha laundry kiloan modal awal yang di perlukan tidaklah terlalu besar. Pada tahap awal anda dapat memperhatikan perkembangan bisnisnya, bila setiap minggunya permintaan untuk laundry kiloan ini terus bertambah,  Anda dapat meningkatkan usaha ini menjadi lebih besar lagi.

Selain mesin cuci, peralatan lain yang di butuhkan untuk memulai usaha laudry kiloan adalah timbangan di gital yang akan di gunakan untuk menimbang pakaian yang akan di cuci, selanjutnya yang tak kalah penting adalah setrika uap, kenapa setrika uap bukan setrika yang biasa saja, dengan menggunakan setrika uap hasil yang di dapatkan akan berbeda, hasil setrika pakaian akan lebih cepat licin karena di bantu uap dari mesin setrika.

Beberapa Hal Yang Mesti Disiapkan Sebelum Membuka Usaha Laundry Kiloan

Untuk menjalankan usaha ini supaya bisa berjalan dengan baik, Anda mesti mempunyai pengetahuan mengenai jenis-jenis kain, jenis noda dan beberapa faktor lain terkait pakaian. Beberapa hal berikut ini  yang perlu anda persiapkan dan pahami ilmunya sebelum membuka usaha laundr kiloan.Anda mesti tahu proses dan cara untuk membersihkan baju dengan baik juga benar. mengetahui beberapa jenis kain, dan bagaimanakah cara membersihkan serta mengeringkan dengan baik.
Kenali jenis noda yang melekat pada baju pelanggan, Gunakanlah sabun pembersih yang sesuai takaran agar dalam proses membersihkanya tidak merubah dan memudarkan warna pakaian.

Gunakan perlengkapan yang sesuai dengan besar usaha yang Anda jalankan. Bila Anda barus saja mengawali usaha jasa laundry, Disarankan untuk memakai perlengkapan yang secukupnya saja yang penting baju yang di laundry dapat bersih dan rapi.

Hitung berapakah tenaga kerja yang diperlukan untuk membuka usaha ini. Namun akan lebih baik jika anda sendiri yang mengelolanya. Dengan terjun ke lapangan langsung anda akan secara langsung belajar tentang mencuci dan menggosok pakaian. Anda jika bisa menghitung dengan pasti berapa besar pemasukan dan pengeleuaran setiap hari, setiap minggu dan setiap bulannya. Namun  Jika  Anda rasa usaha semakin besar sudah waktunya anda Memakai tenaga kerja dengan efisien yang akan membantu Anda untuk menjalankan operasional setiap harinya.

Point penting mencari karyawan adalah memberikan training pengetahuan soal jasa laundry, seperti bagaimana meleyani pelanggan dengan baik, mencuci, menyetrika melipat sampai menyusun peletakan pakaian yang sudah siap di ambil. Yang tak kalah pentingnya adalah carilah karyawan yang jujur, dan rajin

Siapkanlah biaya operasional untuk tiga bulan depan. Hitung dengan baik biaya operasional seperti bayar listrik, sewa tempat usaha, untuk beli deterjen serta air mesti di perhitungkan dengan baik. Jika anda memiliki ruangan sendiri tanpa harus menyewa hal ini akan lebih baik karena biaya yang cukup besar akan di keluarkan setiap bulanya adalah biaya sewa tempat.


Untuk usaha laundry kiloan ini tidak harus menerima cuci dan setrika, tapi ada sebagian orang yang hanya membutuhkan jasa setrikanya saja, karena biasanya orang ini sudah mencuci pakaian sendiri atau mungkin lebih merasa yakin lebih bersih jika dengan mencucinya sendiri. Tarif yang di kenakan antara cuci dan setrika biasanya lebih mahal di bandingkan jika hanya setrika saja. Misalkan jika tarif cuci+setrika per Kg nya Rp. 7000, namun jika hanya setrika saja per kg nya hanya Rp. 5000.

Halangan Yang Dalam Menjalankan Usaha Layanan Laundry

Tiap-tiap menjalankan satu usaha kendala dan halangan bisa datang kapan saja. Tidak tutup peluang rintangan itu ikut menerpa usaha laundry Anda. Di bawah ini beberapa halangan-halangan yang umumnya menerpa usaha layanan laundry.

Banyaknya pesaing yang buka usaha sama. Persaingan dalam sebuah usaha ialah hal yang umum terjadi, apalagi jenis usaha yang anda geluti ramai di minati sudah tentu akan banyak orang juga yang ingin membuka usaha yang sama. oleh karenanya mengawasi jalinan baik dengan konsumen setia haruslah dijaga dengan baik. Beri service yang baik supaya konsumen setia senang serta ingin kembali lagi.Pelanggan umumnya minta waktu pengerjaan yang cepat. Oleh karena itu jika dalam keadaan yang ramai anda perlu melakukan manajemen waktu supaya tidak mengganggu pelayanan pada konsumen setia.

Masyarakat yang telah memiliki mesin pencuci sendiri, juga bisa menjadi pelanggan anda, Mereka tetap tidak mempunyai waktu luang untuk menyetrika pakaianya. Maka dari itu usaha laundry tidak hanya sekedar jasa cuci pakaian saja, tapi setrika juga.

Kenali Siap Target Dalam Usaha Laundry

Sebelum anda mencari tahu bagaimana rahasia sukses mengawali usaha laundry ini, alangkah baiknya bila anda melihat kesempatan usaha ini terlebih dulu. Untuk mengetahui anda perlu sedikit menganalisa pasar, siapa sajakah yang perlu dan membutuhkan jasa ini. Hal ini akan berkaitan langsung dengan tempat anda membuka usaha laundry kiloan. Yuk simak siapa saja target yang membutuhkan jasa laundry ini.

Pekerja Kantoran

Pekerja kantoran merupakan tujuan customer yang cukup besar. Mereka ialah orang yang super repot yang kerja dari jam tujuh pagi s/d jam 5 sore. Kadang justru ada yang lembur sampai malam. Jika tiba hari libur seperti sabtu dan minggu mereka akan gunakan waktu  untuk bersantai menghilangkan kepenatan setelah bekerja selama 5 hari,  sehingga sudah tidak ada waktu lagi dan mungkin malas untuk mencuci apalagi menyetrika pakaian. Layani pelanggan jenis ini dengan baik maka bisa jadi mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

Mahasiswa

Mahasiswa yang datang dari daerah umumnya seringkali menyewa rumah kontrakan atau kos-kosan. Aktivitas menjadi pelajar membuat mereka malas sekedar untuk membersihkan baju. Ditambah lagi mereka mendapatkan kiriman uang dari orangtua. Pola hidup enak di kampung halaman membuat mereka pilih layanan laundry kiloan waktu ada dikontrakan.

Anak Kost

Hampir sama juga dengan mahasiswa, anak-anak kost yang biasanya beberapa karyawan mall atau pabrik merupakan pendatang atau perantauan. Mereka hampir tidak ada hari libur sebab kerja dengan skema pembagian waktu. Ditambah kembali kondisi kost yang perlu berbagi kamar mandi bila mereka tidak menyewa kamar kost yang ada kamar mandinya.

Pasangan Keluarga yang Repot Kerja

Banyak pasangan suami istri yang dua-duanya kerja. Dapat anda bayangkan, setelah repot dengan pekerjaan masing-masing, belum lagi kalau harus memasak, beres-beres rumah, mengurus anak dan lagi cucian yang menumpuk. Karena hal inilah membuat mereka lebih baik membawa tumpukan baju ke laundry terdekat. Sehingga mereka bisa melakukan aktifitas lainnya

Tips Menjalankan Usaha Layanan Laundry

Pilih Tempat Yang Sesuai
Untuk menjalankan usaha apa pun tempat adalah salah satu aspek yang begitu penting dalam pemasaran. Begitupun usaha laundry, penentuan tempat yang baik akan memastikan usaha Anda ramai ataukah tidak. Untuk usaha layanan laundry pilih beberapa lokasi yang dekat dengan perkantoran, pabrik, sekolah, universitas, atau kontrakan.
Hal tersebut menjadi faktor pendukung karena umumnya orang yang tinggal di tempat itu tidak memiliki banyaknya waktu luang untuk bersih-bersih seperti mencuci dan menyetrika pakaian, oleh karena itu umumnya mereka lebih memilih untuk menggunakan layanan laundry.

Sesuaikan Harga Pasaran

Sebelum membuka usaha sebaiknya Anda lakukan penelitian sederhana untuk mengetahui harga pasar untuk usaha layanan ini. Anda dapat berkeliling dan melihat berapakah harga yang di tawarkan oleh pesaing. Buatlah harga yang sama dengan, namun anda tawarkan dengan waktu yang sedikit lebih cepat dan pelayanan yang baik pada konsumen. Nantinya akan terbentuk beberapa pelanggan setia karena pelayanan yang baik, hasil yang baik yang menyebabkan mereka akan terus kembali ke anda dari pada ke laundry lain.

Beri Layanan Tambahan

Jika sudah beberapa yang membuka usaha sama,  anda mesti memiliki aspek pembeda dari yang lainnya. Berikanlah service tambahan seperti memberi pilihan wangi-wangian, anti kusut, service antar jemput dan faktor lainya yang membuat pelanggan menyukainya.
Diluar itu dalam usaha layanan laundry ketepatan waktu adalah sesuatu yang mutlak Anda jaga. Jangan pernah mmbuat konsumen setia Anda kecewa sebab baju yang mereka bersihkan tidak di selesaikan dengan batas waktunya. Buatlah konsumen setia Anda betah supaya tidak beralih ke pesaing anda.

Lihat Kualitas

Tekuni beberapa tehnik membersihkan supaya baju tidak kusam serta luntur. Perihal ini penting jika hasil cucian baik, bersih serta wangi maka konsumen akan kembali lagi ke tempat Anda.

Rekrut Tenaga Kerja Yang Terampil

Rekrut karyawan yang sama dengan bagian yang akan ditangani. Pisahkan pada karyawan bagian administrasi dengan bagian cucuian, supaya waktu kerja mereka lebih efisien. Untuk menambahkan karyawan dibutuhkan jika usaha layanan laundry kiloan Anda telah berkembang. Sedang di awalnya usaha mungkin semua pekerjaan dapat di handle oleh satu orang.

Modal Yang Diperlukan Dalam Mengawali Usaha Laundry

Mengenai beberapa poin yang perlu kita sediakan salah satunya ialah :

  • Mesin pencuci. 
  • Timbangan. 

  • Perlengkapan membersihkan. 
  • Deterjen serta pewangi. 
  • Hanger atau gantungan baju. 
  • Setrika jenis uap 

  • Bak baju atau ember. 
  • Plastik memiliki label (Plastik dengan nama usaha). 
  • Kertas pembungkus baju (Bila dibutuhkan). 
  • Rak baju. Gunakan rak baju berbahan besi karena lebih awet dan tahan lama, Karena beban pakaian cukup berat, jika anda menggunakan kayu lama kelamaan bentuknya akan bengkok dan bisa menjadi patah.

  • ATK (Alat Tulis Kantor) untuk administrasi. 
  • Banner, MMT, atau papan Iklan. 
  • Computer untuk skema billing (Kasir) bila dibutuhkan. 
  • Upah karyawan.


Dengan perincian di atas, kita memerlukan modal kira-kira Rp. 15.000.000,00 (Lima Juta Rupiah). Tentunya angka ini bisa berubah setiap saat mengikuti harga barang yang kita perlukan.
Kita bisa mengirit modal dengan tidak pedulikan perlengkapan seperti computer. Tentunya kita dapat mengirit 2 – 3 juta rupiah. Jadi dengan modal 2 – 3 Juta saja kita bisa mengawali usaha laundry.



Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: