Cara Mengatur dan Merancang Keuangan Untuk Masa Depan Yang Baik - Uang Banyak. Gajian biasanya merupakan saat yang menyenangkan untuk kebanyakan orang, tak terkecuali Anda.


Baca Juga di Uang Banyak


Cara Mengatur dan Merancang Keuangan Untuk Masa Depan Yang Baik - Uang Banyak. Gajian biasanya merupakan saat yang menyenangkan untuk kebanyakan orang, tak terkecuali Anda. Anda tentu merasa senang banget saat menerima gaji pertama atau anda yang sudah biasa menerima gajian secara rutin. Mungkin saja Anda bakal tersenyum senang saat hasil usaha dan kerja keras Anda di wujudkan dalam bentuk nominal yang masuk ke dalam rekening tabungan. Walaupun demikian, jangan terburu-buru untuk menghabiskanya .Jangan sampai Anda berpuas diri dengan langsung menghabiskannya ketika sudah menerima gajian.



Mungkin saja selama Anda bekerja, Anda tergiur untuk membeli beberapa barang yang cukup elegan yang sebelumnya tidak terjangkau, misalnya saja membeli smartphone keluaran terbaru, baju model terbaru yang kekinian, atau makan-makan di restoran. Yakin deh kalau semua yang kamu inginin itu  cuma semu. Ada banyak keperluan yang butuh kamu rencanakan dan anggarkan loh... Mungkin saja terkesan ga begitu perlu untuk mengaturnya, namun yakinlah  kamu butuh banget mengatur dan merancang gaji yang udah kamu peroleh dari bekerja selama 1 bulan sebelum langsung memakainya.
Nah di sini ada beberpa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan biar ga cepet habis, bisa di tabung atau paling tidak cukup untuk kebutuhan selama 1 bulan sampai gajian berikutnya sukur-sukur juga masih ada lebihnya lagi setelah di anggarkan untuk ini dan itu.

Cara Mengatur dan Merancang Keuangan Untuk Masa Depan Yang Baik

1. Sedekah

Mengapa Sedekah saya masukan dalam point pertama bukan terakhir, karena biasanya anggaran sudah habis duluan sebelum masuk ke point yang namanya sedekah.
Jika kamu beragama tentu pernah mendengar kalau makin banyak yang kamu berikan, makin banyak juga yang akan kamu terima. Demikian halnya saat kamu menyisihkan uang untuk beramal atau bersedekah. Gunakan perhitungan presentasi berapakah jumlah uang yang bisa kamu sisihkan untuk diberikan kepada sesama, umpamanya 2,5% dari gaji yang kamu terima dalam satu bulan. Dengan beramal, Secara tidak langsung anda memberikan manfaat dari rezeki yang kamu dapatkan. Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Untuk sedekah usahakan kamu lakukan setiap bulan ya.
Untuk beramal, Anda bisa percayakan pada instansi amal yang sudah mumpuni mengelola pendapatan untuk amal. Atau mungkin saja, Anda mempercayakan orang paling dekat untuk kemudian disalurkan pada yang membutuhkan, seperti anak-anak yatim piatu atau fakir miskin.


2. Buat Laporan Keuangan

 Nah Setelah sedekah di kelurkan dari pendapatkan yang juga bertujuan untuk mensucikan harta kita. Saatnya kamu menulis setiap pemasukan serta pengeluaran selama 1 bulan, termasuk juga jumlah pengeluaran makanan Anda sehari-hari. Terlihat sepele memang, namun dengan membiasakan diri mencatat neraca keuangan dengan detil, secara tidak langsung kamu akan menghargai setiap uang yang kamu kelurkan. Untuk mempermudah proses pencatatan, taruhlah dengan rapi struk belanja Anda di amplop bersama dengan catatan pengeluaran yang lain.

Diluar itu, buat manajemen amplop yang diisi uang yang akan kami pakai selama satu bulan. Kamu hasrus pas serta cermat dalam memakainya. Angaran dalam amplop itu adalah biaya optimal yang Anda harus keluarkan. Jangan sampai mengambil uang yang ada di rekening Anda atau menariknya langsung dari ATM.

3. Buat Prioritas

 Saat kamu menerima gaji, prioritaskan beberapa hal yang harus anda keluarkan. Pertama adalah tagihan sehari hari, baik itu tagihan air, gas, listrik, internet, tv kabel serta beragam kepentingan kamu selama satu bulan. Pastikan dalam pencatatan tidak ada tagihan yang terlewat. Setelah itu, bayarlah hutang Anda. Jangan terbiasa menunda membayar hutang ya apalagi pinjaman dengan kartu kredit kecuali dalam kondisi yang benar-benar terdesak.
Hutang yang berlarut-larut akan membuat kamu merasa tidak tenang. Diluar itu, untuk orang yang Anda hutangi mungkin saja terasa jengkel serta tidak mau meminjamkan uang pada Anda lagi. Paling menakutkan yaitu jalinan kamu dengan orang itu bisa berakhir. Bila Anda berhutang dengan pihak bank, penuhilah sesuai dengan tanggal yang diputuskan. Janganlah tunda pembayaran atau Anda malah bakal dikenai bunga lebih besar atau mungkin saja tersangkut permasalahan hukum. Prioritas ini akan membantu sebagai salah satu cara mengatur keuangan bulanan dalam rumah tangga.

4. Atur Pengeluaran

 Pengeluaran jadi hal yang tidak terelakkan dalam manajemen finansial kamu. Cermati dengan baik pengeluaran yang kamu telah buat. Tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa nikmatinya. Kamu tetap perlu serta harus untuk menikmati hidup yang Cuma 1 kali ini. Belilah barang yang kamu perlukan, tetapi jangan menuruti semua keinginan kamu. Buat biaya pengeluaran maksimal adalah 40%, yang sudah termasuk dalam pengeluaran untuk memanjakan sendiri dan ingat jangan melebihi dari batas itu. Diluar itu, jangan tergiur dengan pembelian secara kredit dengan janji bunga rendah atau bahkan 0% namun barang tersebut tidak kamu butuhkan.
Memang sih akan lebih murah dan menguntungkan. Namun yakin deh kalau angsuran sama halnya dengan hutang yang harus kamu lunasi, dan hal semacam ini akan menghantui kamu selama berbulan-bulan bahkan juga bertahun-tahun sampai cicilan tersebut terlunasi. Oleh karena itu sebaiknya belilah barang dengan cara tunai. Caranya adalah dengan menyisihkan sedikit demi sedikit dari gaji yang kamu terima setiap bulan. untuk membeli barang yang kamu pengenin banget dan juga Bila barang yang kamu akan beli bernilai tinggi, Seperti mobil atau tempat tinggal, Kreditlah  dengan uang muka yang besar di samping cicilanya akan ringan harga total cicilanya pun akan lebih murah.

Sebanyak apa pun uang yang kamu miliki, akan cepat habis jika tidak mengaplikasikan pola hidup hemat namun bukan berarti pelit juga. Rutinitas ini harus kamu lakukan lantaran bila tidak, akan memnjadikan kecenderungan pola hidup yang konsumtif. Diluar itu, dengan hidup yang hemat, kamu juga tengah menyiapkan hari esok yang lebih baik. Jadi, apabila kamu ingin memiliki hari esok yang lebih baik dari kehidupan Anda sekarang ini, marilah mulai hidup hemat dari saat ini.

5. Investasi

 Jaman atau era saat ini, kamu perlu meningkatkan pendapatan dengan cara berinvestasi. Sudah dapat dibuktikan kalau investasi bisa tingkatkan kesejahteraan finansial Anda. Karenanya, Anda dapat menyisihkan kurang lebih 30% dari upah kamu untuk investasi. Jika di rasa upah yang kemu terima cukup besar, cobalah untuk berinvestasi berbentuk saham atau property. Tetapi sebelum berinvestasi, Anda juga butuh belajar mengatur dan mengawasinya. Jika modal Anda terbatas, Anda dapat bermain investasi berbentuk emas atau deposito saja sudah cukup. Investasi juga merupakan salah satu cara mempersiapkan diri untuk masa depan dan mempersiapkan masa depan yang sukses

6. Buat Dana Cadangan

 Apa manfaat dana cadangan? Dana cadangan bermanfaat untuk memfasilitasi Anda saat terjadi suatu hal diluar dugaan atau sangant mendesak. Satu diantara misalnya saat salah seseorang anggota keluarga Anda sakit atau mengalami kecelakaan. Anda bisa menggunakan dana itu untuk proses penyembuhan. Tentukan dana cadangan Anda minimum 10% dari upah Anda.

7. Menabung

Sudah menjadi suatu keharusan buat kamu untuk menabung. Menabung mempunyai banyak manfaat. Anda pasti akan selamanya bekerja bukan? Di hari tua tentu Anda menginginkan ketenangan dan menikmati hari-hari tua kemu dengan melakukan banyak hobbi atau berkumpul dengan keluarga. Tetapkan tujuan umur Anda bebas finansial. Makin besar uang yang Anda tabung makin cepat peluang Anda bebas finansial. Untuk tabungan, minimum kamu perlu menyisihkan 10% dari upah pada setiap bulannya.



Buat rekening tabungan terpisah dengan rekening yang biasa dan sering anda gunakan seperti yang biasa kamu pakai untuk bertransaksi, baik untuk kepentingan berbelanja atau berlibur. Pastikan Anda menggunakan rekening tabungan Anda dengan bijak. Jika Anda type orang yang gampang tergiur untuk menggunakan uang, mungkin bisa mencoba untuk tidak mengaktifkan layanan kartu ATM pada rekening tabungan Anda. Sehingga akses untuk mengambil uang akan terasa sulit untuk dilakukan.

8. Mempunyai Asuransi

Asuransi merupakan salah satu hal yang harus kamu siapkan. Dengan asuransi, kamu bisa memproteksi kondisi finansial. Kamu tidak akan pernah tau akan ada peristiwa apa di hari esok, seperti mendadak kamu merasa sedang kurang sehat atau mengalami kecelakaan. Ada berbagai macam jenis asuransi. Asuransi yang paling utama untuk kamu miliki adalah asuransi kesehatan, rumah, dan kendaraan. Kamu cukup mujur jika perusahaan tempat kamu bekerja sudah memproteksi asuransinya baik untuk kamu dan keluarga. Untuk property yang  cukup bernilai, baik itu rumah atau mobil pastikan selalu asuransi kamu terus berjalan. Jangan pernah menggunakan asuransi itu hanya saat kami dalam masa kredit saja. Fungsi lain dari asuransi adalah jika terajadi hal yang tidak Kamu inginkan, asuransi bisa menanggung kondisi finansial Anda tetap stabil. Bisa juga anda memanfaatkan layanan BPJS untuk kesehatsan jika memang kamu tidak memiliki asurasni. Bayarlah BPJS tepat pada tanggalnya agar pada saat anda menggunakanya tidak terblokir.


Salah satu yang mungkin perlu di ingat adalah belilah barang di saat memang sedang di butuhkan bukan membeli di saat ada barang sedang diskon atau promo.

Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: