Kenali Ragam Jenis Investasi Masa Depan Yang Menguntungkan - Uang Banyak. Pengertian Investasi, Investasi merupakan satu diantara banyak cara untuk menyelamatkan dana


Baca Juga di Uang Banyak


Kenali Ragam Jenis Investasi Masa Depan Yang Menguntungkan - Uang Banyak. Pengertian Investasi, Investasi merupakan satu diantara banyak cara untuk menyelamatkan dana agar tidak terpakai dengan cara yang sia sia. Dalam persoalan ini sering kita ketahui ada berbagai macama jenis investasi yang dapat kamu jadikan pilihan, mulai dari investasi saham, emas, property maupun reksa dana bahkan juga investasi berupa tanah atau rumah.

Tetapi, kita juga perlu untuk memastikan jenis investasi yang sesuai dengan anda, ada banyak hal yang perlu di perhatikan. Dan berikut beberapa jenis investasi yang sudah dirangkum dari berbagai sumber tentang jenis investasi yang cukup menjanjikan dalam mengelola keuangan. 


1. Investasi saham

Investasi saham pada sekarang ini cukup berbeda dengan dahulu yang memerlukan modal cukup besar. Saat ini, hanya dengan bermodalkan Rp 1 juta sampai Rp 5 juta telah dapat mengawali investasi saham.

Bahkan juga, sebagian broker atau pialang saham sekarang ini menyediakan rekening khusus untuk beberapa investor dengan hanya bermodalkan awal Rp 100 ribu saja. Nah ini bisa menjadi pilihan anda untuk berinvestasi menguntungkan dengan modal kecil Hal semacam ini telah diputuskan oleh pemerintah tentang besaran jual-beli saham minimal per-lot atau 100 lembar.

Seperti saham dengan likuiditas tinggi semacam Telkom (TLKM) mempunyai harga sekitaran Rp 2. 700 perlembar. Dengan kata lain, bila kamu menginginkan untuk membeil satu lot saham TLKM kamu harus mempersiapkan modal sebesar Rp 270 ribu.

2. Investasi Properti

 Investasi ini dinilai cukup menjanjikan karena pertumbuhanya cukup cepat saat ini, keuntungan yang di peroleh bisa 2x lipat bahkan lebih tergantung pada akses dan lokasi yang anda beli. Ada berbagao macam jenis investasi yang bisa anda ambil di bidang ini diantaranya adalah tempat tinggal, apartemen, ruko maupun tanah.

Investasi Proprerti ini termasuk kelompok periode panjang, Karena nilai jualnya yang semakin lama harga jualnya selalu bertambah. Seperti kita ketahui daerah Tangerang seperti Serpong dan sekitarnya nilai jual Tanah dan perumahaan saat ini cukup tinggi jika di bandingkan beberapa tahun lalu. Memang kenaikan harga jual dan beli terhadap properti juga di pengaruhi kecepatan pertumbuhan pada suatu daerah, biasanya semakin ramai dan mudah di akses harga tanah dan perumahaan juga akan semakin mahal.

Kenaikan harga pertahunnya bisa juga mencapai 15% hingga 20 % dan kelompok apartemen dengan harga Rp 15 juta hingga Rp 20 juta per-meter persegi. Apabila diperkirakan perkembangan harga bakal tetaplah stabil diangka 10 hingga 15 per-tahun. Bahkan pernah di temukan perumahan yang kenaikainya cukup cepat dan tinggi. Investasi ini cocok sekali untuk anda yang memiliki dana cukup besar dan ingin di investasikan dalam waktu lama bahkan bisa juga untuk di wariskan kepada anak anda kelak.

3. Reksa Dana

 Dalam memilih investasi reksa dana ada dua pilihan. Pertama, Anda bisa pilih dengan cara lump sum atau investasi sekaligus. Ke-2, lewat cara rupiah cost averaging atau investasi berkala.

Kelebihan dari investasi reksa dana dengan cara sekaligus karena berbentuk periode investasi jangka panjang. Begitu, beberapa investor dengan dana besar cukup pas memilih investasi jenis ini, lantaran dana yang diinvestasikan dapat mengalami kenaikan dalam beberapa tahun bahkan bulan ke depan.

Namun, ada perbedaan dengan berinvestasi dengan cara berkala. Dengan dengan cara berkala maka dapat dilakukan  penyetoran di tiap-tiap bulan. Dengan hal tersebut, Anda yang mempunyai dana terbatas bakal cukup terbantu untuk mengikuti investasi ini.

4. Investasi emas

Bicara investasi bukan sekedar hanya property maupun reksa dana. Saat ini, emas dapat menjadi pilihan untuk menginvestasikan uang Anda kedalam bentuk fisik.

menurut Trainer Manajemen Global Indonesia, Irvan Susanto menyampaikan, investasi emas mempunyai periode investasi panjang maupun pendek yang selalu bertambah tapi untuk investasi emas biasanya akan optimal dalam jangka waktu yang panjang.

Misalnya, seperti diambil dari website Logam Mulia, harga pecahan satu gr emas Antam Rp 531. 000. Lantas angka itu naik Rp 11. 000 bila dibanding posisi harga satu hari sebelumnya. Dengan kata lain, harga emas bisa beralih setiap saat. Tapi momen seperti ini tidak selalu terjadi tergantung pada kondisi pasar ataupun hal lain yang menyebabkan kenaikan atau menurunya nilai tukar emas.

5. Investasi Bank

Ada beberapa Investasi yang bisa di lakukan pada sebuah bank, dan ini sepertinya cocok sebagai pilihan investasi terbaik untuk pemula. Yang paling mendasar investasi pada sebuah bank adalah membuat tabungan, uang akan lebih aman jika di simpan di bank dari pada di bawah bantal kan hehe..uangpun akan berbunga namun tidak sebesar bunga deposito, kenapa bunga deposito lebih bear di bandingkan dengan tabungan biasa, Karena saat anda membuka deposito uang anda akan tersimpan dalam bank dan hanya boleh di ambil pada waktu tertentu saja sesuai dengan perjanjian awal saat anda membuka depositi, berbeda dengan tabungan yang uang anda dapat di tarik kapan saja dengan bantuan ATM. Jangka waktu deposito biasanya adalah mulai dari 3 bulan, 6 Bulan sampai 1 tahu dan biasanya semakin lama jangka waktu depositonya bunga yang di dapat juga akan lebih besar.

6. Asuransi

Investasi asuransi saat ini juga bisa menjadi pilihan sebagai investasi masa depan untuk keluarga tercinta anda, namun sebelum anda berinvestasi di asuransi banyak hal yang harus di teliti dan anda cermati tidak perlu malu dan ragu untuk mengajukan berbagai pertanyaan bahkan cukup detail sekalipun. Jangan sampai anda terbuai dan tertipu pada janji-janji manisnya saja.
Pilihlah asuransi yang baik track recordnya juga sudah mempunyai nama yang baik di sebagian besar orang, anda juga bisa bertanya ke teman atau siapapun yang lebih mengerti tentang seluk beluk dunia asuransi.

Investasi Terbaik Dalam Agama Islam


1      Usaha/bisnis

Usaha atau berdagang merupakan salah satu jenis investasi paling baik untuk masa depan anda, dan juga saat ini. Nabi Muhammad Saw adalah sosok pemuda yang cerdas sekaligus jujur dalam berdagang, sampai namanya tersohor di beberapa pelosok jazirah Arab.

Berbekal keahlianya dalam berdagang, Rasulullah Saw menjadi orang yang sangat berhasil dan kaya raya pada jamannya. Nabi Muhammad mengawali bisnisnya kecil-kecilan di Kota Mekkah. Yang dilakukan oleh Baginda Rasulullah adalah cara kulakan atau beli barang dari pasar lalu di jual lagi di pasar yang lain.

Keuletan, kerja keras, kejujuran, serta kepiawaiannya dalam berdagang membuat Nabi Muhammad Saw jadi sosok entrepreneur muda yang berhasil. Cerita ini banyak diketemukan di beberapa kisah dan tercata dalam hadits. Berdagang adalah pilihan investasi paling baik menurut islam al quran serta hadits
Hingga saat ini, jaman modern, orang kaya rata-rata datang dari entrepreneur, businessman yang bermula dari berdagang. Itulah mengapa Orang China/Tionghoa sangat suka berdagang, lantaran menjadi satu kunci sukses dan investasi paling baik selama hidup, baik sekarang ini ataupun masa depan.

Untuk Anda pemula, mahasiswa dengan modal kecil, dapat mengawalinya dengan mencoba berdagang kecil-kecilan. Ingat, berdagang bukan hanya berupa barang saja, namun juga pelayanan. Misalnya saja anda menjual ketrampilan atau keahlian anda, contoh anda bisa mejadi supir saat sedang tidak ada kuliah, atau bahkan bisa menjadi seorang blogger.

Dalam Al Quran Surat Al Ahzab ayat 21 dijelaskan, " Sungguh sudah ada pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik bagimu, untuk orang yang mengharap pertemuan dengan Allah serta Hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah. " Jadi contohlah investasi yang baik ala Nabi Muhammad Saw.

Menyewakan lahan atau tanah

Anda miliki tempat perkebunan, sawah, ladang, atau lahan yang lain? Sewakan saja pada seorang dengan system bagi hasil. Ini yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad Saw pada umat Yahudi.

Dalam Hadits HR Bukhori Nomer 2329 serta Muslim Nomer 1551 diterangkan kalau Rasulullah Saw menyerahkan kebun kurma serta ladang daerah Khaibar pada bangsa Yahudi. Mereka mengerjakannya dengan biaya sendiri. Mengenai perjanjiannya, Rasulullah Saw memperoleh 1/2 dari hasil panennya.
Mungkin pada zaman saat ini jika anda mempunyai sebidang tanah kosong yang cukup luas bisa anda manfaatkan untuk penyewaan lahan parkir, karena umumnya di Jakarta banyak orang yang memiliki mobil namun tidak memilki garasi di rumahnya.
Sungguh cerdas Nabi Muhammad. Pada era ke-6 Masehi, sudah mengetahui investasi yang adil, jujur dan seimbang. Inilah yang dalam kajian studi ekonomi serta usaha Islam sering di kenal dengan Mudharabah atau system bagi hasil

Ternak hewan

Investasi paling baik menurut Islam selanjtnya adalah beternak hewan. Anda tentu tahu apabila Baginda Rasulullah yaitu penggembala kambing. Beliau juga miliki beberapa puluh hewan unta yang apabila dirupiahkan saat ini angkanya meraih beberapa juta untuk satu ekor.

Di Indonesia, ternak sapi lebih mengundang selera. Apabila Anda berpengalaman dalam beternak sapi, Anda dapat menyerahkan pada seseorang peternak dengan system bagi hasil dan perjanjian yang adil. Terdapat beberapa pilihan unruk memulai beternak, dari mulai sapi, kambing, sampai ayam.
Selain ternak di daratan, anda juga bisa beternak di air jika memang lokasi anda tidak cukup bagus untuk beternak. Banyak pilihan jenis ikan yang bisa anda budidayakan mulai dari ikan emas, ikan lele sampai juga ke ikan hias.

Emas

Invetasi emas dalam Islam diijinkan. Karena, emas sering menjadi patokan. Tetapi, investasi ini bukan untuk jangka pendek, namun lebih ke jangka panjang.

Belilah emas batangan, melalui pegadaian, kelak apabila harga emas naik, Anda dapat menjualnya lagi. Tetapi, investasi perlu ketelitian, kecermatan serta kesabaran seperti menabung.

Properti

Jangan disangka Nabi Muhammad Saw tidak paham yang namanya usaha jenis properti. Pada jamannya, Baginda Rasulullah Saw telah menyerahkan ladang daerah Khaibar untuk dikelola orang Yahudi. Hanya saja, namanya bukanlah property. Ingat, tanah adalah sisi lain dari property. Systemnya saat ini disewakan dengan nominal tertentu, umpamanya sewa tanah, ruko, pertokoan, kos-kosan, dan lain-lain.
Akhirnya, secara tidak langsung dengan kepemilikan aset berupa lahan, system bagi hasilnya adalah 50 % untuk Nabi sebagai owner, yang memiliki atau bos, serta 50 % lagi untuk orang yang menyewa juga mengelola lahan, termasuk juga dibebankan biaya operasional. Subhanallah!

Deposito syariah

Deposito yaitu nasabah menyetor uang untuk diserahkan pada instansi keuangan seperti koperasi, bank serta yang lain. Nasabah akan memperoleh bunga atau deviden, umumnya 12 % satu tahun untuk koperasi, serta 5% hingga 7 % untuk bank umum konvensional.

Lain lagi halnya dengan deposito syariah yang dikelola lewat cara islami, bunga atau deviden yang didapatkan bukanlah berbentuk bunga yang sudah di sepakati, namun berbentuk bagi hasil. Ini yang di kenal dengan Mudharabah.

Jadi, besar kecilnya nilai untuk hasil ditetapkan seberapa untung instansi keuangan dalam mengelola uang yang Anda setorkan. Keuntunganya adalah Anda bebas dari riba. Riba sendiri begitu dibenci dalam Islam.

Sedekah

Program sedekah sebagai satu investasi dipopulerkan Ustadz Yusuf Mansur, walau sebenarnya telah lama ada dalam Al Quran ataupun Sunnah/Al- Hadits. Hanya saja, wacana ini lalu meledak sesudah Ustadz Yusuf Mansur gencar mengenalkan program investasi sedekah.

Dalam pandangan Islam, cukup jelas dalam Al Quran, Allah bakal melipatgandakan rejeki seorang dengan memberi sedekah atau sodaqoh. " Orang yang menginfakkan harta di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan 70 tangkai pada tiap-tiap tangkainya ada 100 biji. Allah melipatgandakan pada siapapun yang Dia kehendaki, Allah Maha Luas serta Maha Tahu. " Demikian bunyi Alquran Surat Al Baqarah ayat 261.


Demikianlah pilihan investasi yang baik dan menguntungkan untuk masa depan anda, sebelum anda memulai salah satu jenis investasi adan baiknya anda pelajari dan pahami dahulu. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.  


tag : investasi Emas, Investasi Saham, Investasi Properti, Investasi Syariah

Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: