Baca Juga di Uang Banyak



Blog Tips Bouncing Rate Tutorial Blogging – Uang Banyak. Apakah anda pernah masuk ke dalam halaman sebuah blog dan terbersit dalam pikiran anda “Tunggu…, ternyata blog yang saya lihat saat ini bukanlah blog yang sesuai dengan perkiraan saya” ? kemudian anda pergi begitu saja meninggalkan halaman website tersebut. Presentase lamanya waktu pengunjung di dalam halaman website kita inilah yang dinamakan dengan bouncing rate.

Atau mungkin yang anda inginkan adalah hanya sampai ke halaman tertentu dari sebuah blog atau website. Mungkin anda ingin membeli produk, atau hanya ingin menemukan informasi kontak perusahaan. Namun, ketika anda mendarat di halaman yang benar, anda malah merasa bingung melihat halaman blog atau website tersebut (bisa juga anda jadi frustasi ..:) ) karena ternyata halaman website yang berada di hadapan anda sulit untuk dinavigasi. Tentu nya hal ini menyebabkan anda cepat-cepat pergi dari halaman tersebut. Semakin banyak halaman website yang seperti ini maka bisa diambil kesimpulan bahwa bouncing rate situs website kita pun semakin besar. Dengan besarnya bouncing rate ini maka bisa dikatakan blog atau situs website kita tidak disukai oleh pengunjung.


Bounce Rate Website



Kalau sudah seperti ini, dengan besarnya bouncing rate ini berarti ada sesuatu terhadap situs yang kita bangun dengan susah payah. Kemungkinannya adalah, ada halaman-halaman di situs website kita sendiri yang pada kenyataannya membingungkan pembacanya. Sehingga hal ini tentu saja berpotensi membebani pengunjung blog dan bahkan nilai koversi untuk jangka waktu yang panjang, apabila tidak ditangani dengan tepat dan cepat akan merugikan kita sendiri.

Ketika kita melakukan analisa terhadap laporan analisa yang kita dapatkan, mungkin kita dapat melihat lamanya “waktu di situs” yang merupakan indicator kinerja utama (key performance indicator / KPI). Waktu di situs web kita, dalam hal ini, secara harfiah berarti jumlah menit yang dihabiskan oleh pembaca pada halaman situs web kita.
Dengan memahami lamanya waktu di situs web / blog ini tentunya juga dapat membantu anda mencari halaman dengan waktu kunjungan yang lebih cepat daripada yang lainnya. Misalnya, apabila halaman beranda anda memiliki rata-rata tiga menit, namun tautan unggulan di halaman tersebut hanya mendapatkan waktu kunjungan selama 0.6 menit, ini mengindikasikan ada beberapa masalah yang perlu untuk ditangani dengan cepat karena tingginya bouncing rate di beberapa halaman artikel di website / blog kita. Semakin cepat orang meninggalkan halaman blog / website kita maka nilai bouncing rate website kita semakin besar.

Masalah apa sajakah yang terjadi pada blog andalan kita kalau ternyata memang seperti apa yang sudah diterangkan di atas bahwa ternyata bouncing rate website kita terlalu besar? Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi permasalahan waktu kunjungan di situs blog kita ?

Semakin cepat orang meninggalkan halaman blog / website kita maka nilai bouncing rate website kita semakin besar.


Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan waktu kunjungan terhadap situs web / blog kita atau dengan kata lain cara memperkecil value dari bouncing rate :

Tips Mengurangi Bounce Rate di Halaman Website


.


1. Meningkatkan Tata Letak Konten Website / Blog



- Pentingnya Break Visual

Apabila anda pernah mendarat / mengunjungi halaman web yang sarat dengan teks, maka sampai di sini anda akan tahu betapa pentingnya “break visual”. Harus ada sejumlah ruang putih untuk mengistirahatkan mata anda ketika sedang membaca, meskipun mungkin halaman website yang sedang anda baca memiliki konten yang berbobot.

Saat ini, kebanyakan orang melakukan skim konten atau sering disebut juga dengan spin artikel. Jika tulisan-tulisan yang kita buat tidak terlalu rapat, maka tentunyanya akan lebih sulit juga untuk di skim, sehingga menyebabkan banyak biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan hasil yang bagus.


- Menempatkan Baris Paragraf Yang Lebih Besar Pada Baris Terpisah.

Apakah anda memiliki halaman-halaman blog atau mungkina blog anda berisi produk? Anda bisa menerapkan strategi ini. Coba untuk anda miringkan bagian teks tertentu, atau bisa juga anda membuat teks dengan ukuran yang berbeda.


- Menambahkan Gambar ke Teks

Anda juga dapat menambahkan gambar ke teks / di antara teks untuk membuat lebih banyak jeda visual. Dengan cara ini, akan lebih dapat menggambarkan konten Anda, atau dengan melakukan peningkatan grafis untuk mengubah halaman blog / website.


- Pemutusan Visual Pada Halaman Yang Memiliki Volume Teks Tinggi

Hal ini sangat penting jika halaman website / blog Anda memiliki volume teks yang tinggi. Tetapi jumlah teks yang lebih sedikit pun harusnya mengandung beberapa teknik pemutusan visual untuk memastikan pembaca Anda dapat mencerna konten dengan cepat dan mudah.


- Menambahkan Video Supaya Blog Lebih Interaktif

Pemakai internet dari semua bagian dunia ini melihat beberapa ratus juta video di YouTube setiap harinya.

Dengan jumlah pemirsa sebanyak itu, tentunya hal semacam ini menunjukkan kepada kita berapa banyakkah pemakai internet yang suka pada video.

Video yaitu satu diantara bentuk content yang paling interaktif, efisien, serta menarik.

Menyisipkan video di halaman website atau blog, akan mempu meningkatkan engagement serta juga akan meningkatkan waktu kunjungan yang di habiskan pengunjung di website Anda.

Seperti video di bawah ini, lumayan nih sambil lihat video upcoming yang akan jadi best movie di 2018.. he..he..




- Membuat Internal Linking akan Memberikan Keuntungan

Anda perlu untuk memastikan bahwa artikel atau halaman di website Situs blog Anda mempunyai internal link.

Orang kemungkinan tidak akan berkunjung ke halaman itu terkecuali Anda menghubungkannya ke mereka.

Buat kegiatan membuat internal link ini menjadi rutinitas blogging anda, maka Anda akan lihat penurunan bounce rate di blog Anda.

Internal linking juga baik untuk SEO website Anda, serta Anda tidak perlu membeli plugin eksternal atau tools untuk melakukan hal tersebut.

Yakinkan kalau Anda menghubungkan ke artikel yang relevan serta halaman yang sesuai untuk website Anda sendiri.


- Menambahkan Konten untuk Memancing Komentar para Pengunjung Blog

Pada website, komentar sudah menjadi seperti standard untuk menilainya engagement pengunjung.

Bagaimana Anda mendapatkan beberapa orang untuk memberi komentar pada website Anda?

Tehnik yang efisien yaitu memohon pengunjung untuk mengajukan pertanyaan dalam content Anda.

Cukup memberikan pendapat pribadi Anda serta memohon pengunjung untuk mengemukakan apa yang mereka fikirkan.



2. Memeriksa Desain Situs Web / Blog


Bagian kedua juga merupakan bagian terpenting dari cara meningkatkan waktu kunjung di situs web ataupun blog anda. Hal ini mungkin saja tidak ada kaitannya dengan teks yang ada di konten website kita.

- UX yang User Fiendly

Jika Anda sudah mencoba merapikan salinan teks konten blog Anda, menambahkan jeda dan juga menyisipkan gambar visual pada halaman website dan blog, mungkin ada tantangan tersendiri dengan pengalaman pembaca blog anda secara keseluruhan (UX/User Experience) yang perlu ditangani.

- Blog Terlihat Bagus dan Sesuai di Layar Ponsel

Jadi, apabila anda telah bekerja membangun blog / website anda sedemikian hingga di tampilan desktop, ada gunanya memahami bagaimana pelanggan / pembaca situs mengakses situs Anda dan juga jika anda memiliki lalu lintas seluler dengan jumlah tinggi. Sistem pelaporan analisis Anda harus memberi tahu Anda berapa banyak lalu lintas Anda di seluler, tablet, atau desktop. Atau secara mudah anda bisa menggunakan google web master atau google analytic untuk memeriksa laporan analisa mengenai website / blog anda dengan lengkap.

Cara mudah untuk memeriksa apakah UX Anda user-friendly adalah dengan melihatnya di ponsel. Banyak orang mengakses situs web dari ponsel mereka, yang tentu saja merupakan layar yang lebih kecil, yang berdampak pada pengalaman mereka di semua laman (Google dapat menilai situs Anda di sini karena kemudahan smartphone di era yang semakin milenial ini).

- Apakah Blog / Situs Menggunakan Banyak Citra Beresolusi Tinggi ?

Selain apa yang sudah kita bicarakan di atas, apakah desain Anda menggunakan banyak citra beresolusi tinggi? Meskipun terlihat cantik, ternyata gambar di atas 500 piksel membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat-dan sebagian besar pengguna menginginkan waktu yang cepat untuk menampilkan halaman website yang mereka pilih. Dengan menampikan halaman web dalam waktu satu menit penuh untuk memuat mungkin akan mengurangi waktu kunjungan anda di lokasi website ataupun blog.

- Pastikan Desain Website Masuk Akal

Terakhir, pastikan desain Anda masuk akal. Warna, tema, dan navigasi merupakan pertimbangan penting. Tanyakan tim Anda-atau jika Anda bergerak dalam bidang bisnis kecil, mungkin beberapa rekan kerja dan jaringan Anda bisa anda rayu untuk mencoba situs Anda. Perhatikan umpan balik dari pada pembaca blog tersebut: Jika blog itu kita ibaratkan kapal pesiar mewah, maka halaman mana yang menyebabkan mereka meninggalkan kapal? Halaman mana yang mereka nikmati untuk menghabiskan lebih banyak waktu di halaman website ataupun blog anda? Kemudian, perbaruilah halaman-halam agar sesuai dengan halaman mana yang mereka nikmati untuk menghabiskan lebih banyak waktu.

3. Tetap Menarik dan Relevan

Bila blog yang Anda miliki ini mempunyai desain terbaik sekalipun dan juga jumlah jeda visual yang sempurna untuk teks Anda, masih ada dua pertimbangan akhir yang perlu untuk dipertimbangkan yaitu tentang relevansi dan minat pembaca terhadap blog ataupun website anda.

- Relevansi Blog, Perbaharui Konten Blog Anda

Katakanlah ada halaman di situs Anda yang mendapatkan waktu kunjungan rata-rata yang sangat rendah di situs. Kemungkinan hal ini bisa terjadi dikarenakan dari isi / konten blog itu sendiri. Apakah isinya sudah pernah diperbarui sejak tahun 2010? Apakah gambarnya ketinggalan jaman? Seberapa relevan informasi yang disediakan untuk para pembaca nya?

Misalnya, anda memiliki halaman blog tentang cara mendaftar untuk email alert. Namun saat pembaca blog anda mendarat di halaman ini, deskripsi untuk mendaftar email menyebutkan buletin yang sudah tidak ada lagi ataupun sudah tidak relevan lagi isinya. Atau, tidak ada cukup informasi untuk membuat pembaca melakukan tindakan yang diperlukan yang sesuai dengan apa yang tertera di halaman website anda.

- Tambahkan / Mutakhirkan Isi Blog Anda

Pastikan konten yang ada di dalam website atau blog Anda adalah konten yang mutakhir, dan saat pengguna mendarat di laman blog anda, maka mereka akan mendapatkan apa yang mereka cari. Jangan mencoba umpan-dan-beralih dengan link yang kosong, seperti halnya Anda hanya menjanjikan kertas putih, kemudian mengirimkan kertas putih tersebut. Jika Anda mengatakan "klik di sini untuk video" dan video tidak ada atau terlalu lama umur videonya, maka anda bisa melakukan pembaharuan video tersebut. Ini semua tentang bagaimana memberi pembaca pengalaman akhir dan relevan!

- Menambahkan Cerita Sukses Orang-Orang Terkenal dan Berpengaruh

Kebanyakan orang suka pada cerita, dan ternyata banyak dari mereka lebih suka pada beberapa cerita sukses.

Berikan cerita sukses, anda bisa menceritakan mengenai sukses anda atau seorang yang memberikan inspirasi dalam hidup Anda. Hal semacam ini memberikan Anda peluang yang tinggi untuk menjadikan cerita tersebut viral.

Argumennya simpel. Kebanyakan orang ingin mellihat bagaimana orang lain bisa mencapai kesuksesan di dalam hidupnya.

- Tunjukkan Kepercayaan Terhadap Blog Anda

Pengunjung ingin tahu mengapa mereka harus percaya kepada website Anda.

Menambahkan foto orang-orang pada halaman website akan membuat blog atau website anda tampak jauh lebih dapat dipercaya.

Sebisa mungkin tambahkan data dan testimonial pada halaman website / blog  Anda.

Menghubungkan blog / website ke profil sosial Anda juga dapat membantu Anda membangun kredibilitas dan membangun pengaruh.

Menambahkan tanda untuk menambah kepercayaan seperti tanda secure site, penghargaan dan sertifikasi untuk website Anda.

Hal ini akan menambah rasa percaya pengunjung untuk berbagi informasi atau melakukan bisnis di website Anda.

- Melakukan Komunikasi Terhadap Pengunjung Yang Akan Meninggalkan Blog

Selanjutnya, pengunjung blog anda pastinya juga akan meninggalkan website situs Anda.

Tapi jadikan hal tersebut bukan akhir dari kegiatan pengunjung di blog Anda. Masih tetap ada yang dapat Anda kerjakan. Yakni, memberi satu peluang paling akhir untuk mengkonversi peluang tersebut menjadi subscriber atau customer.

Anda bisa mencoba tools dari Exit-Intent® technology untuk membidik kapan persisnya pengunjung blog akan meninggalkan website Anda.

Anda juga bisa memakainya untuk menawarkan potongan harga spesial, memohon mereka untuk berlangganan, atau tunjukkan pada mereka sebagian fitur bagus yang mungkin saja mereka terlewat membaca nya.

Dengan membidik pengunjung yang akan meninggalkan website Anda, sesungguhnya hal semacam ini bisa meningkatkan kembali pengunjung serta menurunkan bounce rate website Anda.


Dengan mengikuti ketiga tip tersebut, maka diharapkan Anda mampu menempatkan pengalaman pembaca blog atau website Anda di garis depan dan menciptakan hubungan yang positif antara blog, situs web dan merek Anda. Dan pada akhirnya apa yang akan anda dapatkan? Ya, hal ini akan meningkatkan waktu tinggal para pembaca di situs blog anda dan menciptakan asosiasi konten dan pembaca yang lebih baik dan pada akhirnya akan meningkatkan konversi konten blog anda atau pun produk yang terdapat di dalam website anda menjadi lebih besar. Dengan kata lain nilai bouncing rate dari situs website milik anda menjadi lebih kecil.

Apakah langkah-langkah di atas akan berhasil terhadap website yang sedang kita bangun? Untuk membuktikannya tips blog mengenai bouncing rate ini, kita bisa mencobanya bersama-sama. Saya juga akan berusaha dengan blog uang banyak ini, apakah panduan dari master blogger di atas juga akan bisa berhasil di blog uang banyak ini.

Dalam kesempatan yang lain, akan saya coba update mengenai berhasil atau tidaknya tips dan trik blogging untuk membuat pembaca lebih betah di blog ini. Atau saya akan coba update informasi hasil bounce rate yang ada di laporan statistic dari google web master tools.

Semoga sukses akan kita dapatkan untuk memperkecil bouncing rate blog kita, dan rekan2 blogger serta mastah2 yg kemungkinan tidak sengaja membaca blog ini bisa berbagi mengenai pengalaman nya di kolom komentar di bawah, bagaimana kemudian dengan pengalaman para mastah sekalian mampu memperkecil bouncing rate di blog idaman.

Masih penasaran dengan Video yangbakalan jadi best seller di 2018, nih di simak lagi deh ..



Refference :
addthis.com
idcloudhost.com


Post A Comment:

0 comments: