Widget HTML Atas

8+ Investasi Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Saat ini, Masyarakat Indonesia semakin mengerti tentang manfaat dan pentingnya berinvestasi. Banyak yang kemudian mencari jenis-jenis investasi yang paling menguntungkan untuk mereka. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perkembangan ekonomi kita semakin besar setiap tahunya dan terus tumbuh yakni mencapai 5,06% pada kuartal pertama 2018 yang disumbang oleh perkembangan investasi. Kondisi ini setidaknya menunjukkan trend berinvestasi pada tahun 2018 yang selalu mengalami penambahan dan bahkan juga akan semakin diminati oleh sebagian masyarakat di Tanah Air. 

Data berdasarkan lembaga penelitian lain, menyebutkan investasi di Indonesia bertambah pada kuartal pertama 2017 sebesar 1,53% jadi 2,54% pada kuartal pertama 2018. Sumbangannya juga naik dari 2,45% pada kuartal ke empat 2017.
Anda bisa memulai investasi yang menguntungkan dengan modal kecil, seperti Reksa dana, saat ini investasi reksa dana bisa di mulai dengan modal atau setoran hanya Rp. 100.000. Reksa dana sendiri merupakan jenis investasi yang menguntungkan di bank, selain tabungan, deposit dan produk lainya yang ada di bank.





Bagi anda yang ingin investasi yang menguntungkan buat masa depan, bisa mencoba dengan berinvestasi emas atau logam mulia juga bisa berinvestasi berupa saham, karena emas dan saham merupakan investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Biasanya kentungan bisa anda rasakan setelah berinvetasi sekitar 5 tahunan. Emas selain menguntungkan sering kali di gunakan sebagai asset untuk mempertahankan nilai tukar. Emas dan Deposito merupakan investasi terbaik untuk pemula.



 

Pengertian Investasi 

Yang di maksude dengan investasi adalah satu kegiatan dimana suatu perusahaan atau seseorang memberikan sejumlah dana untuk di kembangkan dan di kelola dengan harapan pada periode waktu kedepan akan mendapatkan keuntungan berbentuk uang. Beberapa produk yang sering menjadi pilihan dalam berinvestasi yang menguntungkan adalah investasi berbentuk kepemilikan tanah, saham perusahaan, sampai emas. Diluar itu asuransi dapat juga menjadi pilihan investasi di zaman moderen ini.

Investasi bisa juga didefinisikan menjadi andil untuk membeli barang modal yang mempunyai tujuan untuk produksi. Hasil produksi itu di harapkan bisa memberi keuntungan atau imbal balik yang besar untuk para penanam modal. Pemilik investasi pun bisa di katakan menjadi seorang eksekutif kantoran dengan pendapatan selangit hingga dapat melakukan pembelian sejumlah besar saham perusahaan terttentu. Sebenarnya pada zaman sekarang ini investasi menjadi suatu yang lebih mudah serta bisa dikerjakan oleh kebanyakan orang. Berikut ini contoh sederhana investasu untuk Anda.

Anto merupakan seseorang mahasiswa jurusan tehnik Elektro yang mengisi waktu luang di antara kuliahnya dengan berprofesi sebagai pengajar privat matematika serta fisika untuk pelajar SMP serta SMA selama beberapa tahun. Sejumlah upah yang diperolehnya dari para siswa dan orang tua siswa, akan digunakan untuk memenuhi keperluan kuliah dan beberapa biaya operasional dan sisa dari penghasilan akan ditabung di sebuah bank. Sekarang ini jumlah tabungannya bisa dikatakan sudah cukup. Sayangnya sempat terjadi krisis ekonomi secara global serta inflasi yang cukup tinggi hingga nilai uang semakin lama semakin berkurang. Untuk menangani masalah ini dan harus tetap memenuhi kehidupan keluarganya, Anto terkuras semua. Sisa tabungan yang di miliki kemudian Ia belikan sejumlah  logam mulia di pegadaian. 

Anto merasa jika keputusan ini cukup baik karena seperti yang banyak diketahui jika harga emas hampir tidak pernah mengalami penurunan yang cukup significant atau emas bisa mempertahankan nilai tukar dari tahun ke tahun. Sampai saat ini nilai emas, baik berbektuk logam mulia dan perhiasan semakin bertambah. Suatu saat jika Anto memerlukan uang dalam waktu yang cukup mendesak,  Anto bisa langsung menjual kembali koin emas atau logam mulia untuk mendapatkan uang dalam jumlahnya yang lebih besar dari tabungannya sekarang ini. Dari contoh diatas, kita pasti dapat melihat jika Anto sedang melakukan investasi untuk hari esok berbentuk emas atau logam mulia. Di sarankan untuk investasi emas ada baiknya berbentuk logam mulia di bandingkan perhiasan. Selalu simpan surat pembelian dan keaslian logam mulia anda karena akan mempengaruhi nilai jual jika sampai surat tersebut hilang.

Manfaat Investasi

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya bahwa investasi diharapkan memberikan keuntungan finansial yang lebih besar daripada metode konvensional dan selain itu berkaitan dengan keperluan serta keinginan setiap orang yang tak terkendali dan cenderung sangat banyak. 

Di bawah ini ada sebuah contoh lagi tentang pentingnya investasi:


“Setelah lulus dari studi Wati cukup mujur dapat di terima pada perusahaan swasta yang lumayan besar dan sudah bekerja dalam kurun waktu 3 tahun. Karena merasa jika gaji yang diterimanya sudah cukup lumayan, Maka Kemudian dia memutuskan untuk membeli satu unit mobil mungil menjadi fasilitas transportasi ke tempat kerjanya. Wati juga melakukan survey pada beberapa showroom mobil dan mengambil keputusan akan mengambil kendaraan dengan range harga 200 juta yang menjadi pilihannya. Jika hasil gaji Wati Setiap bulannya mencapai 8 juta rupiah dan kemudian dia menabung 2 juta setiap bulannya untuk dapat membeli mobil, dia akan memerlukan waktu selama 100 bulan atau sekitar 10 tahun untuk membeli mobil tersebut” 

Hal Semacam inilah jika memang sumber penghasilan Wati hanya dari kantor tempatnya kerja. 10 tahun ialah bukan waktu yang singkat untuk mendapatkan mobil itu. Apalagi 10 tahun lalu mobil itu sudah pasti tertinggal zaman serta versi barunya juga akan mempunyai harga yang lebih mahal, sebab inflasi atau pelemahan nilai rupiah terhadap dollar AS. Berikut penyebab Wati harus mencari pilihan yang lebih cepat untuk mendapatkan 200 juta itu dalam tempo yang lebih singkat. Karena hal inilah Wati harus menentukan dan mencoba investasi cepat menguntungkan.
Di bawah ini adalah beberapa contoh investasi terbaik dan menguntungkan di tahun 2019 yang bisa menjadi acuan untuk anda dalam menentukan jenis investasi mana yang ingin anda mulai. 





Investasi Property 

Investasi yang masih mengalami kenaikan pada setiap tahunnya dan kemungkinan untuk turun begitu kecil. Investasi ini disebutkan akan terus mengalami kenaikan di saat permintaan masih cukup tinggi dan  berimbas pada harga yang semakin tinggi. Jika anda mempunyai property berbentuk rumah yang cukup luas dan berada di lokasi strategis, Anda bisa menjadikan rumah itu sebagai tempat usaha, seperti kos-kosan karyawan atau mahasiswa. ditambah lagi dengan mengoptimalkan kos-kosan anda bisa membuka usaha lainya seperti jasa laundry atau menjual kebutuhan pokok.

Property yang disebut bidang perumahan di negara berkembang seperti Indonesia tidak terlalu punya pengaruh pada inflasi sebab lebih pada ekspektasi. Dalam hal ini, asset rill itu akan membuat perlindungan keuangan Anda terhadap inflasi. 

Investasi Emas atau Logam Mulia

Investasi emas atau logam mulia masih tetap menjasi investasi yang cukup banyak diminati di Indonesia. Ditambah lagi investasi ini adalah asset yang cukup mudah di jual atau diuangkan. 
Tapi tentunya, berinvestasi emas masih mempunyai tingkat resiko, diantaranya bentuk fisiknya yang kurang praktis hingga memerlukan tempat untuk menyimpan yang diperlengkapi keamanan tambahan. Risikonya semakin tinggi bila Anda mempunyai emas-emas batangan dalam jumlah yang besar hingga tidak bisa menyimpannya dalam tempat yang keci, Namun anda jangan khawatir jika investasi emas atau logam mulia anda sudah banyak dan bingung menyimpanya saat ini sudah ada beberapa bank yang menawarkan jasa penyimpanan emas atau biasa di sebut dengan Save Deposite Box. Dengan membayar biaya penitipan, logam mulia anda akan terjaga baik keamanan dan bentuknya.

Investasi Reksadana 

Sederhananya, dengan berinvestasi reksa dana berarti kamu telah berinvestasi di saham, obligasi, serta deposito, tetapi dengan bantuan penghubung yang di namakan dengan manajer investasi yang melakukan pengelolaan dana secara profesional. Manajer investasi di sini bekerja untuk menghimpun dana dari masyarakat dan mereka yang mengurus investasi anda dengan strategi yang mereka punya. 
Buat mereka yang belum memiliki pengalaman cukup di bagian investasi, reksa dana bisa menjadi pilihan. Dengan adanya seseorang manajer investasi yang professional anda hanya cukup menyerahkan dan mempercayakan dana yang anda investasikan ke manajer investasi. 



Tapi, bukan berarti mereka yang sudah memiliki pengalaman tidak cocok dengan investasi ini. Bila mereka yang memiliki pengalaman dan ingin diversifikasi investasinya, reksa dana bisa saja pilihannya sebab relatif aman. Diluar itu, tingkat keuntungan yang di dapatkan dari reksa dana pun tidak bergantung dari besar atau kecilnya nilai pembelian awal investor. Besarannya, bergantung dari pengelola atau manajer investasi dalam mengurus reksa dana itu. 

Investasi Saham

Investasi saham merupakan investasi yang cukup banyak di minatai saat ini. Saham adalah surat berharga yang menunjukan bukti kepemilikan dari satu badan usaha. Investasi ini dapat di katagorikan menjadi investasi periode jangka panjang. Bila kamu berinvestasi saham secara langsung anda dapat juga disebut sebagai pemilik dari perusahaan itu. Tapi, bagian kepemilikannya sama dengan jumlah investasi yang anda miliki di perusahaan itu. 




Saham sendiri berbentuk selembar kertas yang mengatakan jika nama yang tertera diatas kertas itu adalah pemilik saham/perusahaan sama dengan bagian atau berapakah banyak penyertaan dalam perusahaan itu. Bila perusahaan tersebut berjalan baik maka saham itu akan mempunyai nilai yang tinggi, begitu juga sebaliknya

Investasi Obligasi

Surat utang atau yang biasa dikenal dengan obligasi adalah instrumen investasi yang diperjual belikan di pasar sekunder Bursa Efek Indonesia (BEI). Meskipun begitu, tingkat pamornya tidak seperti investasi saham maupun investasi yang lain. 

Tapi, investasi obligasi masih tetap mempunyai peminat dii dunia pasar modal. Di lain sisi, investasi obligasi adalah investasi yang bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan tapi tingkat risikonya begitu minim. Beberapa produk Obligasi terkadang menawarkan bunga yang cukup tinggi, lebih tinggi di bandingkan dengan reksa dana. 

Investasi Peer to Peer(P2P) 

Berinvestasi di P2P Lending menjadi salah satunya pilihan investasi terbaik yang ada sekarang ini. Dengan berinvestasi di P2P Lending, Anda bisa mempunyai imbal hasil atau return yang semakin besar serta aman. 



Contohnya, dengan berinvestasi di P2P Lending Akseleran, anda dapat mendapatkan rata-rata imbal hasil sebesar 18%-21% per tahun. Investasi di sini pun menjanjikan tingkat keamanan tinggi sebab lebih dari 99% nilai portofolio utang beberapa pelaku usaha yang meminjam di basis Akseleran mempunyai jaminan. 
Akseleran pun memberi keringanan tiap-tiap orang untuk berinvestasi. Dari mulai Rp 100 ribu, Anda bisa memberikan utang atau jadi lender di Akseleran. Diluar itu, untuk terhubung Akseleran tinggal mengambil aplikasinya di Play Store untuk Android atau di App Store untuk piranti iOS. 

Investasi Deposito 

Keuntungan Deposito dari investasi lain adalah resikonya sangat kecil, bahkan hampir bisa di katakan tidak ada resikonya. Deposito bisa di cairkan dalam rentang waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun, tergantung kesepakatan anda dengan pihak bank, Jika anda mencairkanya di luar waktu yang telah di sepakati biasanya pihak bank akan memberikan pinalti yang harus anda bayarkan. Kelemahan deposito adalah bunga yang di dapatkan relative lebih kecil jika di bandingkan dengan reksa dana dan obligasi.

Investasi Koleksi Barang Antik 

Benda seni seperti lukisan, patung, Keris atau semacamnya tidak hanya dijadikan sebagai hobby saja tapi bisa anda manfaatkan menjadi sebuah investasi yang bernilai karena barang yang kita koleksi dan kumpulkan dari berbagai sumber bisa anda perjual-belikan. Harga benda antik terkadang sangat fantastis tidakterpengaruh dari harga pasar karena memang tidak ada patokan harganya. Sebagai contoh sebuah lukisan karya pelukis terkenal bisa di jual dari puluhan bahkan ratusan juta. Jadi selain mengkoleksi manfaatkan barang-barang seni anda menjadi sebuah investasi yang bernilai

Source : moneysmart.id, investasi.online

#investasi yang menguntungkan dengan modal kecil, #investasi yang menguntungkan di bank, #investasi yang menguntungkan buat masa depan, #investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang, #investasi cepat menguntungkan,  #investasi yang menguntungkan 2018, #investasi menguntungkan dengan modal 10 juta, #investasi terbaik untuk pemula

Tidak ada komentar untuk "8+ Investasi Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil"