Reksadana adalah tempat investasi yang mengumpulkan tabungan dari sejumlah investor di bawah skema tertentu yang dikelola oleh perusahaan manajemen aset (AMC)


Baca Juga di Uang Banyak


Bagaimana Berinvestasi dalam Reksa Dana?. Ada baiknya anda membaca uraian berikut ini sebagai panduan awal memulai investasi menguntungkan dengan modal kecil.

Ngomong-ngomong mengenai modal, ada juga lho kerjaan yang bisa dilakukan di rumah tanpa keluar modal operational alias kerja di rumah modal gratisan. Mau tau apa aja kerjaan yang bisa kita lakukan di rumah namun tetap memiliki potensi penghasilan yang bejibun ?

Silahkan anda baca ada di tulisan 13+ Kerja di Rumah Tanpa Modal namun Bisa Mendapatkan Uang Banyak.


Panduan memulai investasi menguntungkan dengan modal kecil reksa dana


Berinvestasi dalam Reksa Dana, Memulai Investasi Menguntungkan Dengan Modal Kecil


Kembali pada bahasa reksa dana, berikut ini tahapan-tahapan bagaimana berinvestasi dalam reksa dana yang cocok dalam memmulai investasi yang menguntungkan dengan modal kecil.


1. Bagaimana cara kerja Reksa Dana?


Reksadana adalah tempat investasi yang mengumpulkan tabungan dari sejumlah investor di bawah skema tertentu yang dikelola oleh perusahaan manajemen aset (AMC). Uang yang terkumpul kemudian diinvestasikan dalam sekuritas seperti saham ekuitas, obligasi sesuai dengan tujuan skema investasi.

Manajer dana, yang ditunjuk oleh AMC, mengelola portofolio investasi sesuai pergerakan pasar untuk menciptakan kekayaan bagi investor. Rumah dana membebankan biaya tahunan yang disebut rasio pengeluaran dari investor untuk mengelola portofolio mereka. 

Para investor biasanya menghasilkan uang dengan cara dividen / bunga reguler dan apresiasi modal. Mereka dapat memilih untuk menginvestasikan kembali capital gain melalui opsi pertumbuhan atau mendapatkan penghasilan reguler dengan opsi dividen.



2. Mengapa Anda Berinvestasi dalam Reksa Dana?


a. Kenyamanan

Berinvestasi dalam reksa dana sangat mudah. Dengan ada nya perjanjian di atas kertas dan pengawasan pasar yang jauh lebih sedikit, Anda bisa mendapatkan paparan pasar dan investasi berbasis luas sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, fasilitas peralihan antara dana dan penyeimbangan kembali portofolio membantu menjaga pengembalian dana Anda sesuai dengan harapan.

b. Investasi awal yang rendah

Reksa dana merupakan salah satu investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Dengan hanya mengeluarkan Rp 500.000, Anda bisa mendapatkan akses ke portofolio reksa dana yang terdiversifikasi.

Selain itu, Anda mendapatkan fleksibilitas untuk berinvestasi melalui lump sum atau rencana investasi sistematis (SIP). Dibandingkan dengan lump sum, SIP adalah cara yang baik untuk menurunkan biaya investasi keseluruhan dan menikmati kekuatan peracikan.

c. Penghematan pajak

Bagian 80C mengecualikan instrumen keuangan tertentu dari perpajakan dan reksa dana adalah salah satunya. Skema Penghematan Ekuitas Terkait (ELSS) telah menjadi opsi penghematan pajak yang populer untuk orang India dalam beberapa tahun terakhir, karena pengembalian yang lebih tinggi dan periode penguncian terpendek dalam 3 tahun.

d. Pengelolaan dana profesional

Dalam investasi reksa dana, uang Anda dikelola oleh manajer dana profesional yang didukung oleh tim peneliti. Dia merumuskan strategi investasi untuk melakukan alokasi aset. Dia mendapat akses real-time ke lingkungan keuangan dan menyesuaikan portofolio reksa dana Anda sesuai. Mereka memiliki keterampilan terkait investasi yang mungkin kurang dimiliki investor ritel.


3. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebagai investor pertama kali

a. Perbaiki tujuan investasi

Menentukan tujuan keuangan Anda dalam hal tujuan, anggaran, dan masa kerja bisa sangat berarti. Ini dapat membantu Anda memutuskan seberapa banyak Anda dapat menyisihkan untuk reksa dana dan mencari tahu selera risiko Anda. Investasi selalu bekerja paling baik dengan suatu tujuan.

b. Pilih jenis dana yang tepat

Dibutuhkan lebih dari membaca tentang jenis reksa dana yang berbeda untuk memutuskan kategori reksa dana yang cocok. Para ahli biasanya merekomendasikan dana berimbang atau utang untuk investor pertama kali karena memiliki risiko minimal sambil memberi Anda pengembalian yang lebih tinggi, katakanlah, FD.

c. Pilih daftar pendek dan pilih satu reksa dana

Dengan ratusan skema reksa dana dalam setiap kategori, Anda harus memilih satu yang telah berkinerja baik secara konsisten setidaknya selama 5 tahun. Jangan lupakan faktor-faktor lain seperti kredensial manajer dana, rasio pengeluaran, komponen portofolio, dan aset yang dikelola saat berada di sana.

d. Diversifikasi portofolio Anda

Pertimbangkan berinvestasi dalam lebih dari satu reksa dana (tapi usahakan jangan lebih dari 3). Portofolio dana akan membantu Anda melakukan diversifikasi antar instrumen dan gaya investasi. Itu juga akan meratakan risiko - ketika satu dana berkinerja buruk, yang lain menebusnya tanpa menurunkan seluruh portofolio Anda.

e. Gunakan SIP alih-alih investasi lump sum

Rencana Investasi Sistematik (SIP) lebih baik untuk pemula jika berinvestasi dalam ekuitas atau dana berorientasi ekuitas. Sementara investasi lump sum dapat menempatkan Anda pada risiko menangkap puncak pasar, SIP memungkinkan Anda untuk menyebar investasi Anda dari waktu ke waktu dan berinvestasi di tingkat pasar yang berbeda. Manfaat rata-rata biaya yang datang dengan SIP juga membantu Anda mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Jika Anda memiliki sejumlah besar dana untuk diinvestasikan, Anda dapat menginvestasikan seluruhnya dalam dana hutang dan memulai rencana transfer sistematis (STP) ke dana ekuitas.

f. Selalu perbarui dokumen KYC

Anda tidak dapat berinvestasi dalam reksa dana jika Anda tidak mematuhi Know Your Customer (KYC). KYC adalah peraturan pemerintah untuk sebagian besar transaksi keuangan. Untuk menjadi yang memenuhi persyaratan KYC, Anda membutuhkan kartu PAN dan bukti alamat yang valid. Cleartax bisa membantu Anda

g. Buka Akun Net Banking

Untuk berinvestasi dalam reksa dana, Anda juga akan memerlukan Akun Internet Banking. Reksadana memungkinkan investasi dilakukan melalui kartu debit dan cek, tetapi akun Net Banking adalah pilihan termudah dan teraman.

h. Mintalah saran dari pakar reksa dana

Seluruh proses berinvestasi dalam reksa dana yang dirinci di atas bisa membosankan dan luar biasa. Pertama, ada ribuan reksa dana untuk dipilih dan setelah dibeli, kinerja reksa dana harus dimonitor secara berkala. Anda mungkin perlu beralih dari dana bermasalah. Dapatkan layanan dari ahli dan distributor reksa dana, jika semua ini terlalu banyak untuk Anda.


4. Bagaimana Berinvestasi dalam Reksa Dana?


Banyak orang ingin berinvestasi dalam reksa dana hari ini. Namun, banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana memulai prosesnya. Sehingga tidak heran kalau banyak yang bertanya bagaimana cara saya mulai berinvestasi dalam reksa dana?

Identifikasi tujuan Anda

Sebelum menjawab pertanyaan, kami meminta investor untuk terlebih dahulu mencantumkan tujuan mereka. Ini, kami beri tahu mereka, akan membantu mereka memutuskan investasi reksa dana mereka. Juga, mereka akan tahu berapa banyak yang harus mereka investasikan untuk mencapai setiap tujuan.

Idenya sangat sederhana: jika seseorang berinvestasi untuk mencapai tujuan jangka pendek yang perlu dicapai dalam beberapa tahun, orang tersebut harus berinvestasi dalam skema utang. Ketika Anda memiliki tujuan jangka pendek, Anda tidak boleh mengekspos investasi Anda pada risiko yang tidak perlu. Anda tidak punya waktu jika ada masalah.

Namun, jika Anda memiliki tujuan keuangan yang harus dipenuhi setelah lima tahun atau lebih, Anda dapat bertaruh pada skema reksa dana saham untuk mencapainya. Ekuitas dianggap ideal untuk memenuhi tujuan jangka panjang karena memiliki potensi untuk menawarkan pengembalian yang unggul daripada kelas aset lainnya dalam jangka panjang.


Ketahui skema Anda

Ada sejumlah skema dalam keseluruhan reksa dana dan ekuitas. Bagaimana Anda memilih skema reksa dana yang tepat? Sederhananya, Anda harus memilih skema yang sesuai dengan tujuan Anda, cakrawala investasi dan profil risiko.

Anda dapat melihat cerita yang membahas berbagai skema reksa dana hutang dan siapa yang cocok untuk itu. Untuk detail lebih lanjut, anda bisa mencari tahu tentang skema reksa dana hutang Anda. Coba saja anda googling atau anda bisa membaca di halaman lain dari blog uang banyak ini.

Skema reksa dana saham mudah diikuti. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apakah itu cocok untuk seseorang dengan profil risiko seperti Anda. 

Pekerjakan penasihat reksa dana

Jika Anda baru berinvestasi di reksa dana, Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa jasa penasihat reksa dana. Kami tidak merekomendasikan investasi DIY kepada investor baru. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah cara yang pasti untuk kehilangan uang.

Seorang penasihat berpengalaman dapat membantu dengan formalitas dan bahkan merekomendasikan skema kepada Anda. Dia juga akan bersedia untuk mengklarifikasi pertanyaan Anda tentang investasi Anda. Sebagian besar penasihat juga membantu investor melacak investasi mereka dan rekomendasi penjualan tepat waktu. Hal-hal ini sangat penting untuk menciptakan kekayaan dalam jangka waktu yang lama.

Anda juga memiliki opsi untuk berinvestasi melalui situs perantara. Beberapa situs web ini menawarkan rekomendasi. Beberapa situs web menawarkan penasihat robo. Periksa dengan teman atau kolega Anda apakah situs ini dapat diandalkan sebelum mendaftar. Beberapa aplikasi seluler juga memungkinkan Anda berinvestasi dalam rencana reguler skema reksa dana.

Anda dapat mengambil alih investasi Anda

Apakah Anda cukup tahu tentang reksa dana? Apakah Anda pikir Anda dapat mengambil formalitas investasi, memilih skema, melacaknya, membeli / menjualnya dengan keputusan sendiri? Jika ya, Anda dapat melanjutkan dan berinvestasi dalam rencana reksa dana secara langsung.

Rencana skema langsung reksa dana menghemat komisi. Uang yang diinvestasikan dapat menawarkan pengembalian ekstra yang cukup besar untuk periode yang lama.

Seperti namanya, rencana langsung dimaksudkan untuk investor yang dapat berinvestasi langsung (baik online atau offline) dengan reksa dana. Jika Anda memiliki kartu PAN, buku cek, Anda dapat berinvestasi langsung melalui situs web reksa dana. Anda juga dapat mengunjungi cabang reksa dana, mengisi formulir dan menawarkan salinan PAN, dan memotong cek untuk melakukan investasi.

Beberapa situs web dan aplikasi seluler juga memungkinkan Anda berinvestasi dalam paket langsung. Investor yang berpengetahuan luas dapat menggunakan situs tersebut untuk berinvestasi dalam rencana langsung dari skema reksa dana.



Refference :
#investasiyangmenguntungkandenganmodalkecil, #reksadana, #reksadanasyariah, #reksadanasaham, #reksadanatokopedia, #reksadanabukalapak


Post A Comment:

0 comments: