Widget HTML Atas

13 Aplikasi Android Paling Berguna Untuk Produktivitas Blogger di Smartphone dan Tablet

Sobat uang banyak apakah anda tahu aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger? Buat anda yang suka mobile pasti mendambakan aplikasi android yang paling berguna untuk membuat dan mempublish artikel di blog kesayangan anda.


aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger
Photo by Matam Jaswanth on Unsplash

Aplikasi Android Paling Berguna Untuk Produktivitas Blogger


Buat seseorang blogger, tentu akan sangat menguntungkan bila anda dapat melakukan produktivitas dimana saja. Apakah itu di dalam rumah ataupun anda sedang berada di lingkungan kantor, atau dalam perjalanan serta ketika anda sedang melakukan kegiatan mobile. 

Untuk memberi dukungan produktifitas, salah satu hal penting yang dapat dikerjakan bagi blogger seperti anda yaitu dengan memaksimalkan smartphone yang anda miliki. Kenapa smartphone sangat bermanfaat bagi seorang blogger? Sebab smartphone bisa dijadikan sebagai alat yang begitu powerful serta digunakan dengan sebaik- sebaiknya untuk aktivitas blogging.

Apakah anda juga sering menggunakan smartphone untuk melakukan aktivitas blogging ? Tentunya untuk blogger smartphone bukanlah hal yang aneh lagi karena blogger membutuhkan paket data untuk melakukan aktivitas publishing artikel.

Salah satu langkah yang dapat dikerjakan bagi blogger dalam memanfaatkan smartphone selain menggunakan koneksi data nya yaitu dengan memakai aplikasi-aplikasi android pendukung yang bisa menolong dalam kegiatan blogging itu sendiri.

Apakah hanya aplikasi android yang bisa kita gunakan? Tentu saja tidak ya, untuk anda yang menggunakan smartphone besutan apple (iphone), tentunya ada juga aplikasi ios yang bisa anda gunakan. Namun saat ini kita lebih berfokus pada aplikasi android terbaik yang paling berguna untuk anda para blogger yang memiliki smartphone android.

Dari mulai mencari inspirasi content, menulis artikel, sampai mengendalikan semua asset seperti gambar serta photo, semua aktivitas blogging tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi android.

Android sebagai sebuah sistem operasi mampu berkembang dengan cepat berkat ketersediaan nya pada berbagai macam perangkat smartphone dan tablet serta banyaknya jumlah aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Hingga kini android sudah mengeluarkan android Q versi beta nya. Namun di sini kita tidak berbicara mengenai perkembangan android nya, yang kita bahas kali ini adalah mengenai Top 13 aplikasi android terbaik yang paling berguna untuk Blogger dalam membangun blognya. Sehingga dengan bantuan aplikasi android di smartphone blogger, maka pekerjaan Anda dalam aktivigtas blogging lebih mudah.

Hari ini ribuan aplikasi Android diluncurkan setiap harinya pada Google Play Store dan App Store. Tetapi beberapa dari aplikasi android yang ada tersebut benar-benar dapat berguna untuk aktivitas blogging dan content marketing.

Jika fokus utama anda pada blogging maka berikut ini adalah 13 aplikasi android paling berguna yang merupakan permata tersembunyi untuk Anda.


Top 13 Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger edisi 2019 


Hari ini setiap orang memiliki smartphone mereka sendiri. Sebagai seorang blogger, kita harus mengambil keuntungan dari smartphone ini dan membuat blogging lebih nyaman. Sebagian besar aplikasi android untuk Blogging ini sepenuhnya bebas biaya dan sangat user-friendly. Bahkan daftar aplikasi android terbaik ini dianjurkan oleh blogger pro.


1.  Aplikasi Android SwiftKey Keyboard

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Di google play store kita ketahui memang ada beberapa type aplikasi keyboard yang bisa di download. Dari mulai aplikasi yang cuma memprioritaskan penampilan, sampai aplikasi android keyboard yang kaya feature spesifik.

SwiftKey Keyboard ini sendiri dipandang menjadi salah satu keyboard apps yang terbaik untuk aplikasi android. Keyboard ini diperlengkapi dengan feature koreksi automatis yang begitu pas untuk dipakai oleh para blogger yang seringkali menulis via smartphone androidnya.


SwiftKey Keyboard pun memiliki algoritma pintar yang bisa mengidentifikasi kekeliruan tulisan si penulis, lalu mengkoreksinya secara otomatis. Apakah itu hanya sekedar untuk menulis draft atau satu artikel penuh, tool yang satu ini patut untuk anda miliki sebagai seseorang blogger yang ingin memaksimalkan smartphone nya supaya selalu produktif.

Download aplikasi SwiftKey Keyboard


2.  Aplikasi Android Hootsuite

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Hootsuite ialah salah satu tool aplikasi android simpatisan sosial media terbaik. Menjadi seorang blogger, pasti Anda tidak dapat menyanggah atau menganggap  enteng peranan besar media sosial dalam kegiatan blogging Anda. Dengan media sosial, Anda memiliki tool yang powerful dalam mempromosikan content blog Anda.

Sayangnya, bukan sesuatu yang gampang untuk mengurus banyak account media sosial. Bila kita meng-install semua aplikasi itu satu per satu, pasti sangat tidak efisien. Nah, dengan aplikasi android Hootsuite ini, Anda dapat mengurus semua akun social media anda itu melalui satu pintu. Anda dapat melakukan posting terjadwal, membalas komenter, sampai mengecek statistik dari tiap-tiap account sosial media Anda.

Bila Anda merasa media sosial merupakan factor penting untuk keberhasilan website Anda, maka coba lah aplikasi android terbaik yang satu ini.

Download aplikasi hootsuite


3.  Aplikas Android WordPress – Website & Blog Builder

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

WordPress merupakan tool blogging termudah dan paling banyak digunakan serta memiliki sistem manajemen konten website. WordPress adalah platform website yang sangat baik untuk berbagai situs web.

Sebagian besar blogger seperti Neil Patel, ShoutMeLoud diketahui menggunakan platform WordPress untuk mengelola situs web mereka dan banyak situs berita terkenal seperti The New York Times, CNN juga menggunakan Wordpress. (sumber : sayansamanta.com)

Dengan aplikasi android WordPress, Anda memiliki kekuatan untuk mempublikasikan posting blog atau halaman web. Anda dapat merespon Komentar terbaru Anda dan statistik traffic blog, dll.

Aplikasi WordPress memiliki lebih dari 5 juta download dengan 4.2 peringkat di Google Play Store. Aplikasi android paling berguna ini juga tersedia di App Store.

Download aplikasi WordPress.

Sebagai tambahan, jika Anda sedang mencari penyedia hosting terbaik WordPress maka Anda dapat menggunakan hosting di dewaweb. Saya sendiri menggunakan hosting di dewaweb untuk meng-host beberapa situs web saya.

Tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba dewa web sebagai salah satu penyedia hosting terbaik di tanah air saat ini. Jika anda tertarik langsung saja cek infonya di dewaweb.


4.  Aplikasi Android Blogger

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Sebagaimana hal nya WordPress, Blogger adalah sebuah sistem manajemen konten situs web yang di kelola oleh Google. Blogger adalah layanan sederhana yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah blog dan mempublikasikannya secara online.

Platform manajemen konten ini benar-benar gratis dan tersedia juga dalam bentuk aplikasi android yang bisa anda unduh di google play store. Anda dapat meng-host situs web Anda tanpa membayar sejumlah uang, sehingga anda bisa menghemat pengeluaran di awal membangun blog anda.

Jika Anda menggunakan Blogger untuk menghosting situs Anda kemudian aplikasi Blogger ini terbaik bagi Anda. Dengan aplikasi Blogger Android Anda dapat menulis posting atau halaman untuk menerbitkan. Anda juga dapat mengedit posting yang ada, label, lokasi, dll.

Blogger merupakan aplikasi android yang memiliki lebih dari 10 juta download dengan 3.8 peringkat Google Play Store.

Download aplikasi Blogger


5.  Aplikasi Android Feedly

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Seorang blogger yang produktif tentunya perlu untuk selalu belajar dari sumber bacaan yang baik. Maksudnya ialah supaya selalu mendapatkan supply informasi untuk sumber content artikel, atau sebatas mencari ide.

Salah satu langkah yang sering dikerjakan para blogger yaitu dengan rajin membaca website atau web dengan topik yang disukai. Bila sekarang ini Anda masih sering berkunjung ke website- website favorite secara manual, maka cobalah menggunakan aplikasi android terbaik yang satu ini untuk mulai meninggalkan rutinitas tersebut.

Dengan aplikasi android Feedly, Anda dapat menghimpun feed dari semua web favorite yang Anda ikuti, lalu menampilkannya di aplikasi. Sekarang, Anda tak perlu lagi mendatangi situs situs favorite Anda secara manual.

Download aplikasi android feedly


6.  Aplikasi Android Dropbox Paper

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Apakah anda sudah familiar dengan Dropbox? Ya, Dropbox Paper ini merupakan aplikasi catatan yang di kembangkan oleh Dropbox. Aplikasi android ini memiliki manfaat yang sama dengan aplikasi catatan semacam seperti Simplenote, Evernote, serta yang lain.

Banyak yang memiliki pendapat aplikasi ini merupakan aplikasi catatan android yang terbaik dibanding dengan aplikasi pesaing serupa. Dropbox Paper memiliki penampilan yang sederhana, tetapi masih terlihat mewah hingga gampang dipakai serta membuat blogger masih memiliki waktu untuk konsentrasi mengolah satu content.

Keunggulan yang lain, tool ini terintegrasi secara penuh dengan Dropbox, hingga blogger dapat memasukkan gambar atau photo yang sudah pernah diletakkan di Dropbox. Bagaiman? Sangat praktis, kan?

Download Aplikasi Android Dropbox Paper

7.  Aplikasi Android Snapseed – Photo Editor

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Setiap Blogger tentunya memerlukan editor foto yang berkualitas baik pada smartphone mereka. Sebagian besar tech geek merekomendasikan aplikasi android Snapseed untuk mengedit foto. Snapseed adalah aplikasi android paling berguna untuk editor foto lengkap dan profesional yang dikembangkan oleh Google.

Kebanyakan aplikasi android editing photo tidak benar-benar gratis, mereka menawarkan beberapa layanan premium. Tapi berbeda dengan aplikasi android Snapseed, aplikasi android terbaik yang benar-benar gratis dan memiliki banyak fitur.

Snapseed dilengkapi dengan 29 tools dan filter, termasuk fitur healing, brush, struktur, HDR dll. Banyak blogger menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi utama untuk photo editing.

Aplikasi android snapseed memiliki lebih dari 50 juta download dengan peringkat nilai 4,5 di Google Play Store. Anda juga dapat menggunakan aplikasi android Adobe photoshop untuk mengedit foto Anda. Jika Anda menggunakan iPhone maka anda bisa mendownload Spapseed dari App Store.

Download aplikasi android Snapseed


8.  Aplikasi Android Google Analytics – Monitor Traffic

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Google Analytics adalah layanan gratis Web analytics yang menyediakan statistik dan alat analisis traffic website. App mobile ini dapat membantu Anda memantau bisnis yang bisa anda lakukan di mana saja. Jika Anda memiliki sebuah situs web dan Anda ingin mengelola lalu lintas web, maka aplikasi android ini merupakan aplikasi android terbaik yang bisa Anda gunakan.

Dengan aplikasi android Google Analytics Anda dapat memeriksa metrik kunci dalam laporan built-in, Monitor secara real-time dan banyak lagi. Yang perlu anda lakukan cukup masuk dengan akun Google Anda untuk menggunakan Google Analytics.

Google Analytics memiliki lebih dari 1 juta download dengan peringkat nilai 4.6 di Google Play Store. Anda juga dapat menggunakan Google Analytics Dashboard pada plugin WordPress untuk memantau lalu lintas situs web Anda.


Download aplikasi Google Analytics


9.  Aplikasi Android SocialPilot – Social Media Tool

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Kita semua tahu manfaat dari Media sosial. Ada banyak aplikasi android Media sosial diinstal pada perangkat Android Anda. Di sini kita berbagi aplikasi yang luar biasa, untuk mengelola semua aplikasi Media sosial dalam satu aplikasi. Sebelumnya kita juga sudah membahasa tentang aplikasi android hootsuite untuk mengelola akun media social dalam satu platform aplikasi.

SocialPilot adalah tool media sosial yang digunakan untuk penjadwalan & pemasaran yang mengotomatiskan konten Anda saat berbagi di Facebook, Twitter, LinkedIn, Google +, Pinterest, Instagram dari cukup dari satu aplikasi android SocialPilot ini.

Aplikasi SocialPilot memiliki lebih dari 10k pengguna mingguan dengan peringkat nilai 3.9 di Google Play Store.

Download aplikasi SocialPilot.


10. Aplikasi Android Google My Business

aplikasi android terbaik untuk produktivitas para blogger

Google tampaknya selalu punya fokus yang intens pada penyediaan aplikasi yang berbasis lokal dan usaha kecil dengan dorongan dalam dunia bisnis. Bisnis yang melayani wilayah geografis tertentu atau bisnis dengan lokasi fisik yang diberikan manfaat lebih.

Dengan aplikasi Google My Business, Anda dapat menanggapi ulasan, pesan dengan pelanggan Anda, dan melihat follower Anda pada tab pelanggan dll. Anda juga dapat mengedit profil bisnis dan banyak lagi hal yang bisa anda lakukan.

Aplikasi android Google My Business memiliki lebih dari 10 juta Download dengan peringkat 4,5 di Google Play Store.

Download Aplikasi Android Google My Business


11.  Aplikasi Android Google Adsense


Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa setiap blogger memiliki keinginan untuk mendapatkan uang dari Blog yang mereka bangun. Demikian juga dengan anda dan saya.

Aplikasi android Google Adsense adalah pilihan terbaik bagi Anda. Ada banyak cara untuk menguangkan kunjungan ke situs Anda, dan kebanyakan dari mereka yang berhubungan dengan iklan produk pihak ketiga atau layanan untuk pengunjung situs Anda.

Salah satu keuntungan dari Adsense adalah jumlah penerbit dan pengiklan yang besar.

Google Adsense memungkinkan Anda untuk mengakses fitur laporan di mana saja, langsung dari perangkat mobile Anda. Dengan salah satu aplikasi android paling berguna ini Anda dapat mengelola penghasilan Adsense Anda, unit iklan teratas, saluran, situs, negara dan banyak lagi.

Aplikasi Google Adsense memiliki lebih dari 5 juta download dengan peringkat 4.4 di google play store.

Download aplikasi android Google Adsense


12.  Aplikasi Android Evernote


Evernote adalah layanan berbasis perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mengatur dan menyimpan berbagai file media. Aplikasi android ini berguna untuk mengelola segala macam aspek pribadi dan profesional yang berbeda dari kehidupan Anda secara online.

Aplikasi android evernote membantu Anda mengetik catatan atau memasukkan scan tulisan tangan menjadi catatan. Tambahkan to-do, foto, Gambar, halaman web dll. Jika Anda seorang Blogger maka salah satu aplikasi android terbaik ini dapat membantu Anda dengan ide konten dan gaya menulis konten dll.

Aplikasi Evernote memiliki lebih dari 100 juta download dengan peringkat 4,5 di Google play. Aplikasi ini juga memiliki fitur premium untuk pengguna tingkat lanjut.

Download aplikasi android Evernote


13.  Aplikasi Android Google Drive


Google Drive adalah tempat yang aman untuk semua file Anda dan tentu saja dengan menempatkan file-file anda di dalam google drive membuatnya berada dalam jangkauan smartphone, tablet, atau komputer. Sebagian besar blogger menggunakan Google Drive untuk menyimpan foto, video, atau file penting lainnya.

Dengan aplikasi android Google Drive akan membuat aman menyimpan file Anda, dengan mudah berbagi file dan folder dengan orang lain, melihat rincian file dan kegiatan, dan mengakses gambar dan video dari Google foto dll.

Aplikasi Google Drive ini dilengkapi dengan semua perangkat android. Aplikasi ini memiliki lebih dari 1 miliar download dengan peringkat nilai 4.4 di Google Play Store.

Download aplikasi android Google Drive


Kesimpulan untuk 13 Aplikasi Android Paling Berguna untuk Produktivitas Blogger Mobile

Deretan daftar aplikasi android terbaik di atas tentunya menjadi aplikasi android yang sangat berguna bagi blogger mobile seperti anda.

Dengan deretan aplikasi android terbaik tersebut, maka siapa pun dapat meningkatkan produktifitas sebagai blogger. Apakah Anda mempunyai rekomendasi aplikasi lainnya?

Jika Anda terbantu dengan daftar aplikasi android terbaik untuk blogger mobile ini, silahkan untuk berbagi artikel ini ke teman dan keluarga Anda. Jika Anda memerlukan bantuan apapun maka silahkan untuk memberikan komentar pada bagian komentar.

Semoga bermanfaat!


Refference :
#aplikasiandroid, #aplikasiandroidpalingberguna, #smarthphoneblogger, #aplikasiandroidterbaik

Tidak ada komentar untuk "13 Aplikasi Android Paling Berguna Untuk Produktivitas Blogger di Smartphone dan Tablet"