Widget HTML Atas

Tips Cara Memilih Nama Domain Yang Baik dan Mudah Diingat

Inilah alasan kenapa memerlukan domain berbayar
Anda mungkin sudah meluangkan waktu untuk mengumpulkan gambar, membuat atau membeli template yang bagus, kemudian mengisinya dengan kontent yang menarik. Saat ini anda mungkin melihat web anda sudah siap untuk online. Semua mungkin terlihat hebat sampai anda akan memutuskan untuk menghosting situs anda pada akun hosting dan domain gratis. Ini adalah awal kesalahan besarnya. Setiap web profesional tentu mempunyai domain sendiri dan juga ada di hosting server mereka sendiri. Begitu halnya anda, bila anda ingin membentuk bisnis online, pikirkanlah untuk memiliki nama domain dan server anda sendiri. anda ingin tahu kenapa?, mari kita lihat beberapa alasanya berikut ini.

Nama domain bisa membangun kepercayaan pengunjung


Salah satu kendala paling besar dalam bisnis online adalah minimnya komunikasi secara face to face. Saat orang tidak dapat lihat Anda, mereka mungkin lebih sulit untuk percaya kepada anda. Dengan tidak terdapatnya komunikasi face to face, web menjadi suatu yang penting untuk berkomunikasi serta membangun kepercayaan pengunjung. Mendaftarkan nama domain adalah langkah terpenting untuk membangun kepercayaan pengunjung. Yang perlu diingat adalah diperlukan waktu yang lama untuk membangun kepercayaan, tapi hanya perlu waktu sebentar saja untuk menghancurkannya.

Nama domain adalah portable

Bila anda memakai domain gratis, anda akan terjerat pada situs hosting dari penyedia domain itu. Demikian sebaliknya, bila anda mempunyai nama domain sendiri, anda bisa mengalihkannya ke penyedia situs hosting yang anda pilih. Saat anda membangun traffic dengan domain gratis dan perlahan-lahan situs anda semakin naik di peringkat mesin pencari, kemudian anda berencana akan merubah nama domain maka tentu saja akan ber pengaruh besar pada traffic web anda. Demikian sebaliknya, bila anda hanya  merubah host situs anda, itu tidak akan berpengaruh terhadap traffic.



Contohnya, bila web anda tidak diduga memperoleh lonjakan traffic, anda mungkin perlu mengupgrade situs hosting ke yang lebih tinggi spesifiaksinya. Tetapi, bila anda tidak mempunyai nama domain sendiri, kemungkinan besar anda akan kehilangan banyak traffic. Dari 2 fakta di atas, bisa anda ketahui  manfaat utama dari nama domain?. Awalilah dengan memiliki nama domain sendiri, cegahlah setiap kemungkinan yang menyebabkan perginya konsumen karena ketidak tahuan anda saat harus berganti nama ke hosting. Nama domain Anda merupakan jati diri usaha Anda.


Bagi siapa pun yang baru mengenal domain dan ingin membelinya, tentu akan merasa bingung, bagaimana cara membeli domain, dimana tempat membelinya, berapa harga domain dan lain sebagainya. Butuh waktu untuk membeli sebuah domain, karena perlu analisa dan pencarian  nama yang sesuai dengan tema website.

Buat anda seseorang pelaku bisnis online atau seseorang blogger profesional, mempunyai satu situs dengan domain yang unik merupakan suatu keharusan karena bisa menjadi jati diri anda serta situs anda. Banyak diskusi online yang mengulas mengenai bagaimanakah cara memilih serta membeli domain yang baik untuk sebuah website

Tujuan dan tema membuat blog atau website

Jika anda ingin membangun sebuah website secara serius dan sudah memiliki ide untuk menulisnya, maka sudah seharusnya anda menggunakan domain TLD untuk web atau blog yang nantinya akan anda bangun. Misalkan anda ingin menulis soal keuangan, bisnis bisa membuat domain seperti uangbanyak.com. Intinya adalah sesuaikan isi artikel dengan nama artikel, kebayangkan kalau nama websitenya tidak sejalan dengan isi artikelnya…

Sebelum lebih jauh, kita kenalan dulu apa sih yang di maksud dengan domain, Berikut ini adalah penjelasan domain menurut Wikipedia:


“Domain adalah nama khusus atau unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti situs server atau e-mail server di jaringan komputer atau internet. Manfaat Domain adalah untuk memudahkan pengguna di internet saat melakukan akses ke server, selain fungsi tadi domain juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa perlu membaca barisan angka yang sulit, yang lebih di kenal sebagai IP address.

Nama domain merupakan satu kesatuan dari sebuah situs seperti halnya “wikipedia.org”. Nama domain dapat juga di istilahkan dengan URL, atau alamat web.”

Di bawah ini adalah beberapa tips memilih domain yang baik untuk situs anda:


12 Tips memilih domain SEO dan mudah di ingat

1. Gunakan Kata Kunci SEO

Kenapa harus menggunakan SEO, karena SEO menentukan jumlah persaingan untuk bantuan menemukan SEO anda bisa menggunakan bantuan google keyword planner. Jika nantinya anda membuat website otomotif usahakan juga nama domainya mengandung kata yang berkaitan dengan dunia otomotif.


Tapi perlu di perhatikan apakah situs yang anda buat kedepanya akan di perluas pembahasanya seperti jasa pembuatan website, bisnis keuangan dan lain sebagainya, Namun saat anda membuat dengan domain otomotif sudah tentu pembahasanya hanya seputar dunia otomotif saja. Maka dari itu fikirkan juga nama domain yang luas pembahasanya agar relevan dengan artikel anda.

Mungkin anda berfikiran bisa melakukan penggantian nama domain, Hal ini sangat tidak di sarankan karena akan beresiko sekali dengan website anda.

Penggantian nama sebuah domain akibatnya adalah :

Mesin pencari akan memulai dari awal untuk mengenal nama website anda, jika sebelumnya website anda di halaman 1 maka akan langsung hilang entah ada di halaman berapa.

Melakukan pemasaran ulang tentang perubahan nama domain anda, berarti anda akan kerja ekstra untuk menyebarkan dan mengenalkanya lagi seperti awal sebuah website.

Pendapatan Ads, sudah barang tentu juga akan mempengaruhi pendapatan yang di hasilkan dari adsense, kenapa…karena pembaca akan kesulitan mencari nama domain yang sudah mereka kenal.

2. Target lokasi pembaca artikel anda

Jika isi artikel atau website anda targetnya adalah pembaca lokal, maka anda bisa menggunakan  nama dengan bahasa Indonesia atau jika di suatu daerah anda juga bisa memasukan nama daerahnya pada nama domain anda. Sehingga para pembaca akan mudah menemukan website atau blog anda.

3. Gunakan nama domaian yang unik, kreatif dan mengandung brandable

Seperti yang sudah di sebutkan, nama domain juga akan menjadi identitas anda di dunia maya. Agar mudah di ingat dan di kenal gunakanlah nama domain yang kreatif dan memiliki brand sesuai dengan tema artikel di website anda.

Yang di Maksud dengan brandable adalah
Nama yang berbeda, memiliki karakter, tapi menonjol di bandingkan dengan nama domain pada artikel web yang sejenis. Tentunya tidak hanya sekedar unik, tapi harus mudah di ingat.

3 Cara menemukan dan mencari nama yang brandable

Buatlah Kata-kata Baru. Anda bisa membuat kata baru yang terdengar unik dan berkarakter tujuanya untuk menarik mesin pencarian yaitu Google dan yahoo, setidaknya 2 mesin pencari ini lah yang cukup besar dan di kenal masyarakat.

Cari dan Gunakan Kata-kata menarik yang sudah ada, Jika anda bingung membuat kata-kata baru, maka carilah nama yang sesuai dengan website anda, tapi tetap menggunakan kata yang unik dan mudah di ingat.

Gunakan Mesin Generator Nama Domain, Ini yang paling mudah, anda bisa menggunakan bantuan ini pada situs yang menjual domain..tinggal memasukan kata yang anda inginkan, apakah nama tersebut tersedia atau sudah di gunakan.

Cari nama domain yang sudah pernah di gunakan orang lain, kenapa beli yang bekas…tujuanya adalah nama yang sudah pernah di gunakan akan lebih di kenal karena sudah lebih dahulu di post ke dunia maya. Untuk membeli domain bekas yang sudah tidak di perpanjang oleh user sebelumnya ada beberapa faktor sebelum membelinya, Satu di antaranya adalan memiliki nilai Backlink yang tinggi.

4. Domain sesuai dengan dengan nama atau usaha anda

Pilih nama domain yang sesuai dengan nama anda atau usaha anda
Jika anda membuat sebuah web/ website untuk tujuan promo atau jualan produk/ Jasa – seperti menjual produk minyak wangi – maka lebih baik bila anda memilih nama domain yang terkait dengan minyak wangi. Contohnya membuat web/ website untuk promo atau jual minyak wangi original, sebaiknya pilihlah domain seperti: parfumoriginal.com | jualparfumoriginal.com | parfumoriginalmurah.com | dan sebagainya.

Anda sebaiknya melakukan penelitian keyword terlebih dulu sebelum memutuskan membeli nama domain, Usahakan agar domain anda, memiliki kandungan keyword usaha anda atau tema artikel yang akan anda bahas. Memiliki penelusuran yang cukup banyak di mesin pencari, dan kata kuncinya tidak terlalu susah, mudah di ucapkan dan mudah juga di ketik. Gunakan bantuan Google Adwords: Kata kunci (keyword) Tools Google Kata kunci (keyword) Planner untuk membantu anda menemukan kata kunci (keyword) yang pas untuk nama domain anda.

Jika anda membuat web/ website pribadi, maka anda sebaiknya memakai nama anda atau nama panggilan anda menjadi domain.

5. Pilih nama domain yang mudah diingat

Pakai domain yang mudah disampaikan, dipahami, dan di ingat. Saat anda memperkenalkan nama domain ke teman atau ke forum akan lebih mudah mereka ingat jika nama domainya pendek dan mudah di sebutkan, Bisa anda bayangkan jika nama domain anda terlalu panjang, bisa jadi mereka akan lupa nama domainnya saat ingin mengunjungi website anda

6. Memakai Top Level Domain (TLD)

Anda sebaiknya memakai TLD (Top Level Domain) berekstensi dot com untuk nama domain anda. TLD .com merupaka eksetensi domain yang mudah diingat orang. Contohnya saat ada domain dalam kata yang sama – contohnya minyak wangi original – umumnya orang akan coba buka situs berekstensi dot com terlebih dulu. Untuk mengecheck tersedianya nama domain, anda dapat memakai bantuan situs domain


7. Hindari nama domain yang jelek

Jangan sampai memilih dan menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN sebab ini akan memberi efek buruk pada situs anda serta tentu saja image anda sendiri. Mesin pencari seperti google umumnya fokus pada keyword, jika domain yang anda memiliki terkandung beberapa kata yang bebau SARA, hal ini bisa menyebabkan situs anda diblacklist oleh mesin pencari, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada jumlah pengunjung situs anda.

8. Jauhi menambahkan tanda baca pada domain

Sangat di sarankan dan jika memungkinkan, hindari menambahkan beberapa kata atau tanda baca yang tak perlu pada domain anda. Contohnya pemakaian sinyal minus, angka, atau huruf penambahan – ini bisa memengaruhi kemampuan SEO sebuah situs. Tetapi jika memang kondisinya sangat terpaksa memberikan tanda baca pada domain, di sarankan anda sebaiknya memakai tanda baca minus (-) biasanya di gunakan untuk menghubungkan kata

9. Jangan menggunakan merk dagang perusahaan lain

Sangat di sarankan untuk tidak membeli nama domain yang sudah menjadi merk dagang, contohnya: amazon.com, jangan sampai berfikir untuk beli domain yang serupa dengan domain itu sebab kemungkinan anda akan dituntut oleh perusahaan pemilik merk dagang. Di samping itu anda akan sulit bersaing dengan nama yang sudah memiliki banyak pengunjung. Blog anda bisa jadi akan di nilai kurang professional.

10. Gunakan extention domain yang sesuai

Yang di masksud dengan extention domain adalah akhiran yang ada pada sebuah domain seperti, com, id, net di akhir alamat website. Untuk saat ini extention dengan akhiran .com memang lebih popular dan sering di gunakan di bandingkan dengan extention lain, karena .com sudah di gunakan dalam kurun waktu yang lama. Maka dari itu cukup sulit menemukan extention .com dengan kata yang pendek dan mudah di ingat.

Saat ini ada beberapa generic top level domains seperti, .photography atau .guru, mungkin extention ini bisa membantu anda menemukan nama domain yang baik dan relevan dengan lebih mudah.

Di bawah ini adalah beberapa extention domain yang paling umum dan sering di gunakan :


  • .info : Lebih sering di gunakan untuk website yang informative.
  • .net : Biasanya di gunakan untuk website yang membahas tentang hal-hal teknis atau berkaitan dengan  infrastruktur internet.
  • .co : Di gunakan untuk website perusahaan, komersial atau komunitas.
  • .org : Yang satu ini sering di gunakan untuk organisasi non komersial atau non profit.
  • .biz : Kebalikan dari .org, ini lebih sering di gunakan untuk website bisnis dan komersial, seperti halnya website e-commerce.
  • .me : Biasanya di gunakan untuk blog atau website personal.



11. Beli domain dari registrar rerpercaya

Belilah domain hanya dari registrar yang terpercaya dan mendapatkan harga yang terjangkau. Saat ini cukup banyak situs penjual domain yang bagus dan terpercaya, tidak hanya harga nya murah fasilitasnya cukup menguntungkan.
Untuk penjual domain local ada beberapa rekomendasi yang bisa anda pertimbangkan. Di antaranya adalah :

  • Domainesia.com
  • Niagahoster.co.id
  • Jagoanhosting.com
  • Rumahweb.com
  • Dapurhosting.com
  • Masterweb.net
  • Dewaweb.com

12. Lindungi dan bangunlah brand untuk website anda

Bagaimana cara melindungi domain, caranya adalah anda bisa membeli domain dengan beberapa extention yang berbeda, tapi memiliki nama domain yang sama. Tujuanya apa? Untuk mencegah competitor menggunakan nama yang sama dengan brand anda dengan extention yang berbeda. Keuntungan untuk anda adalah pada saat pengunjung datang ke website anda dengan extention berbeda, tapi asalkan namanya sama bisa anda sambungan ke domain utama.

Kesimpulanya adalah, Domain yang bagus, pendek dan mudah di ingat biasanya sulit di temukan, saat anda menemukanya segeralah beli Karena yang menginginkanya cukup banyak, jika sudah memiliki sebuah domain yang baik di sarankan juga untuk memiliki Hosting, kenapa harus punya hosting bukankah cukup dengan domain saja. Agar anda mengerti pentingnya hosting bisa membacanya di Pengertian Hosting. Yang terakhir belilah di website terpercaya dan biasanya memberikan garansi untuk webhosting yang sudah anda beli.

1 komentar untuk "Tips Cara Memilih Nama Domain Yang Baik dan Mudah Diingat"

Eni Nur Hidayati mengatakan…
Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://jos.co.id/
. Sukses selalu