Apakah anda seorang blogger? Lalu apakah pentingnya key performance indicator terhadap blog yang anda bangun? Sebenar nya bukan hanya blogger yang memerlukan key performance indicator


Baca Juga di Uang Banyak


16 Key Performance Indicator Agar Anda Tahu Bagaimana Performance Blog Anda - Apakah anda seorang blogger? Lalu apakah pentingnya key performance indicator terhadap blog yang anda bangun? Sebenar nya bukan hanya blogger yang memerlukan key performance indicator, namun siapa pun yang mengelola bisnis sebaiknya menentukan apakah key performance indicator dari bisnis yang mereka bangun.


key performance indicator agar anda tahu bagaimana performance blog anda

Apakah Key Performance Indicator Itu ?

Definisi Key Performance Indicator / KPI

Key Performance Indicator adalah nilai terukur yang menunjukkan seberapa efektif sebuah perusahaan mencapai tujuan bisnis nya. Organisasi menggunakan KPI di beberapa tingkatan untuk mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mencapai target. 

KPI tingkat tinggi dapat berfokus pada kinerja pada keseluruhan Bisnis, sedangkan KPI tingkat rendah dapat berfokus pada proses di departemen seperti penjualan, pemasaran, SDM, dukungan, dan lainnya.

Jadi apa definisi KPI? Apa arti KPI? Apa yang dimaksud dengan KPI? Berikut adalah beberapa definisi lainnya dari Key Performance Indicator (KPI):


  • Pengertian KPI dari Kamus Oxford: ukuran yang dapat diukur, digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan organisasi, karyawan, dll dalam memenuhi tujuan untuk kinerja.
  • Definisi KPI Investopedia: satu set pengukuran yang dapat dikuantifikasi yang digunakan perusahaan untuk mengukur kinerjanya seiring waktu.
  • Definisi KPI dari kamus MacMillan: sebuah cara untuk mengukur efektivitas suatu organisasi dan kemajuannya dalam mencapai tujuannya.


Jadi apakah diperlukan key performance indicator bagi anda yang sedang membangun blog?

Jawabannya adalah Ya!. Kenapa ? Karena dengan adanya KPI maka anda sebagai blogger akan dapat memantau performance blog dari waktu ke waktu.

Sisi baik dari penggunaan Key Performance Indicator adalah, KPI dapat sangat bermanfaat dari prespektif Return-on-Investment.

Wah, istilah apalagi nih? Bagi anda yang sedang membangun bisnis pasti sedikit banyak akan belajar mengenai ini. Tapi bagaimana Anda tahu jika semua komitmen itu sebenarnya mengarah ke ROI yang positif? Tentu saja anda harus menganalisa nya. 

Sebagai seorang blogger, anda pastinya selalu menarik laporan bulanan dari google analytic misalnya, Kenapa? Karena dengan adanya metric-metrik yang ada di laporan google analytic berguna untuk melaporkan kemajuan dan keberhasilan upaya blogging yang anda lakukan selama ini.

Langsung saja ya.. Berikut ini 16 Key Performance Indicator / KPI yang bisa anda gunakan untuk melakukan analisa performance blog yang sedang anda bangun.

1) Keseluruhan Kunjungan Blog

Dengan kata lain, berapa banyakkah  kunjungan yang terjadi pada blog Anda secara keseluruhan dalam dalam jangka waktu tertentu? 

Dengan menggunakan pelacakan bulanan seperti ini, salah satu faktor key performance indicator ini tentu akan memberikan kemudahan bagi anda untuk memonitor pertumbuhan lalu lintas / traffic blog yang anda bangun dari waktu ke waktu. Apalagi laporan ini bisa disajikan dalam bentuk trend bulanan. 

Sebagai contoh, Apakah pada bulan Januari biasanya blog anda memiliki traffic yang tinggi? Apakah ada pada bulan bulan tertentu kinerja blog anda menurun dan pada bulan bulan tertentu kinerja blog anda naik?

Dengan mengambil tren ini memungkinkan Anda untuk merencanakan strategi yang berbeda di setiap bulan nya. Dengan tantangan seperti ini, anda bisa menyusun strategi dalam satu tahun (12 bulan).

Bagi anda yang saat ini menjadi blogger dengan kondisi kantong yang pas pasan, seperti saya ini misalnya he..he.., apakah harus pasrah dengan kondisi blog kita dengan traffic yang pas-pasan?

Tentu saja anda bisa katakan tidak..! Untungnya google masih berbaik hati dengan adanya google analytic yang memungkinkan kita untuk melakukan monitoring performance website atau blog kita setiap harinya.

Dengan google analytic, anda bisa mendapatkan gambaran performance blog seperti berikut ini :

all blog visitor via google analytic



2) Mendapatkan Rincian Sumber Lalu Lintas Blog

Dari mana lalu lintas / traffic ke blog Anda berasal? Apakah dari Media sosial? Pencarian organik? Link? Atau dari sumber yang lainnya?

Dari sumber-sumber traffic di atas, yang berasal dari social network misalnya, anda bisa mengetahui kata kunci dan situs web yang di kunjungi oleh social network anda. 

Dengan mengetahui bagaimana blog anda dikunjungi, hal ini tentunya akan memberikan wawasan dalam meningkatkan dan memanfaatkan artikel-artikel yang ada di blog anda dengan maksimal.

rincian sumber traffic blog


Lalu, di manakah peluang terbesar saya untuk bertumbuh? Mungkin itu yang kemudian menjadi pertanyaan di benak anda.

Untuk bisa menjawabnya, tentunya anda dapat melakukan analisa terhadap rincian sumber traffic blog yang anda bangun, bisa saja melalui email pelanggan blog Anda dengan menggunakan beberapa optimasi untuk mendorong lebih banyak lalu lintas ke blog Anda.  Kemudian, apakah dengan begitu Anda dapat mengabaikan SEO blog Anda?


3) Banyaknya Kunjungan ke Homepage Blog 

Dari keseluruhan kunjungan ke blog Anda, apakah anda pernah mencari tahu berapa banyak yang dapat dikaitkan dengan homepage blog Anda? 

Pengetahuan ini akan memberikan informasi apakah para visitor menggunakan blog anda sebagai situs tujuan(seperti misalnya traffic secara langsung merupakan pendorong besar bagi kunjungan anda, dan biasanya visitor memasukkan URL blog anda ke dalam browser mereka untuk terhubung secara langsung dengan blog anda) atau mungkin saja salah satu halaman blog anda yang ditemukan melalui tautan tidak langsung. 

Semua pengetahuan tersebut akan memberikan rasa yang berbeda pada berbagai jenis pengunjung yang datang ke website blog  anda.

Sebagai contoh, banyaknya traffic langsung merupakan indikasi dari pengunjung berulang, sedangkan lebih banyak lalu lintas website dari sumber tidak langsung biasanya menunjukkan proporsi pengunjung baru yang lebih tinggi. 

Situs detik dot com misalnya, siapa yang tidak kenal dengan detik.com. Berapa banyak orang yang langsung mengetikkan domain (home page) tersebut di kolom address web browser mereka. Anda mungkin salah satu penggemarnya. Saya dulu juga sering melakukan nya, begitu sampai di depan monitor dan terhubung dengan internet, buka browser dan kata-kata yang diketikkan pertama kali di address url adalah detik.com

Lebih jauh lagi, jika Anda melihat bahwa situs blog Anda menghasilkan banyak lalu lintas bagi Anda, Anda mungkin ingin mendiagnosis efisiensi dari homepage. Apakah sudah dioptimalkan untuk men-generate prospek? Atau apakah ada potongan-potongan yang hilang dari situs web anda? 

Untuk keperluan tersebut, anda dapat memonitor kinerja halaman blog anda melalui google analytic. Siapa tahu beberapa tahun ke depan situs anda akan sering dituliskan langsung oleh pembaca di address bar mereka.


4) Jumlah Posting yang Diterbitkan 

Melacak banyaknya jumlah postingan di blog yang diterbitkan dalam jangka waktu tertentu memang cukup mudah dan bagus untuk mengidentifikasi korelasi antara volume blogging / frekuensi dan hasil lain seperti lalu lintas dan peningkatan yang lainnya. 

Dengan perbandingan data berikut ini menunjukkan bahwa blogging lebih mengarah ke lebih banyak lalu lintas dan prospek, tapi bagaimana dengan blog Anda pada khususnya?

Metrik ini mudah dihitung secara manual, tetapi anda perlu melakukan ekspor laporan kinerja halaman blog anda dari tool analytic seperti google analytic dengan mudah juga.

Seperti berikut ini, anda bisa melihat banyaknya artikel yang sudah di posting di halaman dashboard blogger. dengan melakukan drilldown ke menu post, maka anda juga bisa melihat secara detail sudah berapa banyak view yang terjadi pada setiap artikel yang anda publish.

jumlah postingan blogger


Di halaman google analytic pun anda bisa melihat kinerja setiap artikel yang anda publish.

kinerja postingan artikel google analytic



5) Postingan Artikel Yang Berada di Puncak

Apakah postingan artikel anda memiliki traffic yang nyata? Melakukan identifikasi pada postingan-postingan artikel ini dapat membantu Anda menganalisis topik, jenis, dan format posting blog yang mendapatkan kunjungan dari para pembaca. 

Apakah anda memiliki masalah terhadap traffic blog? Sekarang Anda akan tahu jenis posting yang akan anda buat selanjutnya untuk menyelesaikan permasalahan traffic di blog yang anda bangun tersebut! 

Dengan menggunakan google analytic anda bisa melakukan analisa  halaman-halaman blog yang berada di posisi teratas. Jika anda memiliki 100 artikel di blog anda, maka anda bisa melihat 20 top teratas dari halaman blog anda.

Masih bingung bagaimana membuat blog anda memiliki traffic yang terus berkembang?

Anda perhatikan artikel dengan tema apa saja yang berada di daftar 20 teratas dari blog anda. Langkah selanjutnya, anda cukup meluangkan waktu untuk membuat artikel denga tema-tema yang mirip dan serupa dengan artikel-artikel teratas yang ada di blog anda.

So, mudah bukan.. ? Kini anda bisa dengan cepat menjadikan traffic di blog meningkat dengan pencarian organic. Jadi key performance indicator untuk kali ini yaitu tema apa saja yang berada di urutan teratas top 20 di blog kesayangan anda.


6) Average View per post (Rata-rata Lamanya orang Melihat Posting Artikel)

Metrik ini baik untuk memahami bagaimana setiap postingan artikel di dalam blog berkontribusi untuk keseluruhan lalu lintas pada blog anda. 

Key performance indicator blog yang satu Ini juga merupakan metrik yang bagus untuk memahami korelasi antara volume/frekuensi dan hasil yang dicapai. 

Apabila anda sudah mempublikasikan banyak artikel, dan pada saat anda melihat postingan anda secara detail satu persatu sebagaimana seperti tertera pada laporan google analytic, ternyata setiap postingan artikel yang anda publish memiliki volume penayangan yang sedikit.

Ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda mengorbankan kualitas demi kuantitas dan ternyata hal ini menghasilkan hasil yang sama. 

Pertanyaan nya adalah, bisakah Anda menghasilkan hasil yang sama dengan jumlah artikel yang lebih sedikit, tetapi dengan kualitas artikel yang jauh lebih tinggi pada setiap postingan artikel  yang anda lakukan? 

Dengan demikian anda akan membangun blog dengan kualitas yang lebih tinggi secara keseluruhan. Anda bisa melihat suatu postingan artikel memiliki kualitas yang baik atau tidak dengan melihat berapa banyak artikel tersebut di share ke social media. Seperti artikel-artikel yang ada di situs backlinko misalnya.

Dengan anda memcoba mengekspor laporan kinerja blog anda yang ada di google analytic, maka anda melakukan analisa terhadap setiap artikel yang anda publish. Sejauh mana traffic yang dihasilkan oleh setiap artikel yang anda terbitkan. Dari sana, anda akan mengetahui seberapa berkualitas nya setiap artikel yang anda publish di blog anda.


7) Rata-Rata Inbound Link yang Terdapat di Setiap Posting Artikel

Apakah Anda sudah membuat konten yang layak untuk ditautkan?  Ya, pada key performance indicator blog di bagian ketujuh ini kita membahas mengenai inblound link

Apa itu inbound link ?

Inbound link adalah ibarat mata uang yang sangat berharga di ranah mesin pencari. Dengan adanya inbound link Ini menunjukkan ke mesin pencari bahwa konten Anda berharga untuk orang lain dan memiliki nilai peringkat yang baik di hasil pencarian. 

Dengan melacak rata-rata inbound link berarti sama juga anda mengawasi kualitas content dari artikel-artikel yang sudah anda publish, apalagi dengan adanya inbound link ini artikel anda akan menjadi lebih penting daripada sebelumnya di mata mesin pencari terutama mbah google.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa inbound link berdampak pada otoritas pencarian di situs blog yang anda bangun, hingga patut untuk dimasukkan menjadi salah satu indicator dalam key performance indicator.

Google bisa membantu anda untuk melacak inbound link yang ada di setiap artikel yang anda publish dengan memanfaatkan google webmaster.


8) Rata-rata Komentar yang Ada untuk Setiap Posting Artikel

Mengapa komentar bisa masuk ke dalam point pada key performance indicator dari blog yang kita buat? 

Karena dari komentar-komentar yang ada, kita bisa tahu dan melacak keterlibatan dan sentiment di anatara pembaca blog kita. Reaksi dari pembaca blog inilah yang ingin kita dapatkan.

Anda bisa menggunakan komentar dari pembaca untuk mengukur reaksi audiens anda terhadap konten artikel anda pada akhirnya akan mendorong bagaimana melibatkan komunitas yang anda bangun.

Jika ternyata keterlibatan dari pembaca blog rendah, anda bisa melakukan ekperiman dengan cara menggali keingintahuan para pembaca, misal: 

  • anda bisa mengajukan pertanyaan di dalam artikel 
  • mencoba jenis konten baru yang bisa menimbulkan pertanyaan maupun tanggapan dari pembaca
  • turut serta dan terlibat diskusi di komentar postingan blog anda

Ketika pembaca blog anda merasa lebih terlibat dengan konten anda, maka sangat memungkinkan mereka akan kembali lagi di masa yang akan datang untuk melihat-lihat update situs blog anda.

Para pembaca juga bisa berbagi postingan artikel blog anda dengan orang lain, dan juga pada akhirnya dapat membantu untuk memperluas jangkauan blog anda.

Bagaimana saya bisa tahu artikel saya memiliki komentar? Mudah saja, anda bisa melihat notifikasi komentar di setiap artikel yang anda publish. Contoh nya bisa anda lihat berikut ini, yang diambil dari dashboard blogger.

komentar artikel blogger



9) Sosial Media Sharing pada Setiap Artikel

Seberapa penting adanya tombol sharing media social pada blog anda? Kenapa ini menjadi salah satu factor key performance indicator yang penting dalam menentukan kesuksesan artikel yang anda publish?

Jumlah share media social pada setiap postingan tentunya akan memberikan anda rasa yang baik dan percaya diri dari jenis konten yang berarti artikel anda memiliki kinerja yang baik di media social dan berbagai jaringan social media milik anda.

Dari top traffic artikel yang ada di blog anda, top artikel tersebut dapat menginformasikan keputusan tentang jenis konten yang akan dipromosikan di social media untuk ROI terbaik anda. Anda pun dapat menentukan jenis konten apa yang akan anda sebarkan di media social seperti apa. 

Apakah konten artikel anda cocok untuk media social twitter, ataukah facebook, atau lebih cocok jika di sebarkan di media social seperti linkedin. Anda mungkin mendapatkan bahwa konten yang berkinerja baik di twitter misalnya, ternyata tidak terlalu buruk dalam jejaring social seperti linkedin.

Gunakanlah wawasan key performance indicator ini untuk meningkatkan strategi pemasaran media sosial Anda yang berhubungan dengan promosi blog anda.

Untuk melacak postingan artikel anda yang ada di media social, bagaimana cara mengetahuinya? 

Secara khusus ada tools gratisan yang diciptakan oleh HUbSpot yang berfungsi untuk melacak konten artikel anda yang tersebar di jejaring media social. Tools tersebut bisa anda akses secara online di linktally.com, yang diciptakan oleh ilmuwan social media HubSpot dan Zarrella.

linktally shared url social media


10) Menjadi Blog Lead (Prospek) Baru

Lalu lintas pada blog tentunya membuat situs blog anda baik dan bagus, namun dengan menjadi blog lead (blog yang memimpin dalam hal traffic di search engine dan juga dengan banyaknya subscriber) adalah indicator bahwa blog anda berada pada “bottom line” tema yang tepat.

Key performance indicator yang satu ini digunakan untuk melacak seberapa baik blog anda berkontribusi pada prospek dan generasi pelanggan dengan seiring waktu.

Dengan demikian, Anda akan dapat mengidentifikasi korelasi antara variabel seperti volume konten, frekuensi penayangan content artikel, dll dan efektivitas generasi/pelanggan. Anda juga akan dapat mendiagnosis ketidakefisienan dalam memimpin strategi gen Anda. Apakah blog Anda yang sebenarnya dioptimalkan untuk Lead gen?

Untuk mengukur prospek dan pelanggan dari blog Anda, Anda memerlukan perangkat lunak dengan kemampuan pelaporan loop tertutup.

Pengguna HubSpot, misalnya, dapat mengukur kontak baru dan pelanggan yang dihasilkan oleh blog mereka melalui laporan sumber untuk halaman arahan mereka (Lihat referensi, lalu subdomain blog Anda), atau, untuk pelanggan Enterprise, dengan membuat laporan kontak kustom (Lihat di bawah) untuk melacak data ini.


11) Sumber-Sumber Teratas di Blog yang bisa di Breakdown 

Untuk Key Performance Indicator yang berikutnya, anda bisa membuat selangkah lebih jauh ke depan dengan cara mengidentifikasi asal dari sumber-sumber prospek blog anda.

Apakah Anda menghasilkan lebih banyak traffic blog yang mengarah dari email dan kemudian dari media sosial? 

Anda dapat memasangkan sumber data lalu lintas blog anda untuk digunakan sebagai wawasan metric.

Sebagai contoh, apabila anda melihat sumber lalu lintas blog sebagian besar tidak mengarah dari social media, namun anda meilhat bahwa ternyata social meda merupakan salah satu penyumbang traffic untuk blog anda, mungkin saja anda bisa mencoba focus pada mencari cara untuk memperbaiki perbedaan itu.

Dengan memperbaiki sumber lalu lintas dari media social, maka anda dapat mengenerate lebih banyak lalu lintas / traffic situs blog anda yang berasal dari media social.

Anda bisa menggunakan tool gratisan maupun yang berbayar untuk memonitor pergerakan traffic di social media, seperti buzz Sumo, Hootsuite, Hubspot, dll. 


12) Top Lead Berdasarkan Postingan yang di Generate oleh Pelanggan / Subscriber 

Pada Key Performance Indicator blog kali ini, apabila Anda ingin meningkatkan prospek (atau pelanggan) yang memiliki potensi generation untuk  blog Anda, maka Anda perlu menggali data lebih dalam lagi. 

Salah satu cara yang bagus untuk melakukan ini adalah dengan menganalisis masing-masing postingan demi efektivitas Lead generation. 

Laporan yang memecah generation yang mengarah pada blog Anda melalui postingan akan memberi Anda jenis tema pada konten yang besar untuk menghasilkan lead. 

Apakah topik itu penting? Bagaimana dengan formatnya? Dengan cara analisa seperti ini, Anda dapat mempelajari jenis postingan artikel  yang Anda lakukan dan memiliki wawasan yang berguna setiap kali posisi blog anda turun, sehingga anda dapat terus focus pada tujuan anda untuk meningkatkan posisi blog anda. Hal ini juga berlaku untuk menghasilkan subscriber blog! 

Dengan menggunakan tool HubSpot, anda dapat menggunakan laporan sumber untuk arahan halaman blog dan menggali satu tingkat lebih dalam untuk melihat kontak baru/jumlah pelanggan untuk setiap postingan artikel yang anda buat. 


13) Tingkat Konversi

Tingkat konversi dalam blog menjadi salah satu factor key performance indicator blogging. 

Hitunglah rasio konversi yang terjadi di blog anda (kunjungan menjadi prospek dan prospek menjadi pelanggan/subscriber) untuk memahami hubungan antara Traffic, prospek, dan pelanggan. 

Ini dapat membantu Anda menentukan apa yang harus anda fokuskan pada saat membuat perbaikan di blog Anda. Jika Anda meningkatkan rasio konversi kunjungan menjadi prospek misalnya, Anda dapat menghasilkan lebih banyak prospek dari jumlah lalu lintas blog yang sama. 

Di sisi lain, Anda juga bisa meningkatkan generasi prospek/pelanggan dengan meningkatkan lalu lintas dan menjaga tingkat konversi Anda tetap stabil. Pelacakan tingkat konvesi ini bisa dilakukan seiring waktu untuk memahami bagaimana perubahan pada strategi dan taktik blog Anda dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengkonversi pengunjung dan prospek.

Apakah anda penasaran ingin menggunakan kalkulator online untuk menghitung tingkat konversi blog anda?Anda bisa langsung menuju Kalkulator online untuk menghitung tingkat konversi blog anda. 


14) Active RSS Subscribers

Berapa banyak orang yang berlangganan ke blog Anda melalui RSS? Lebih penting lagi, berapa banyak pelanggan yang secara aktif memeriksa feed Anda? Kenapa hal ini penting ? Karena jumlah pelanggan aktif yang Anda miliki adalah metrik besar untuk mengevaluasi berapa banyak pembaca setia dan berdedikasi yang telah Anda pikat dan Pertahankan. 

Ini juga merupakan indikator besar bahwa blog Anda melejit. 

Apakah orang hanya mengunjungi blog Anda sekali, dan tidak pernah kembali lagi? Atau apakah mereka mencintai konten Anda begitu besar sehingga mereka memiliki keinginan untuk terus datang kembali untuk mendapatkan informasi lebih di blog yang anda bangun? 

Dengan menghasilkan lebih banyak dan lebih besar dari jenis terakhir pengunjung blog , hal ini dapat berarti bahwa blog anda telah tumbuh dengan banyak pelanggan setia yang lebih mungkin untuk berbagi konten artikel yang anda publish. Selalu menantikan postingan artikel baru di blog anda dan mampu memperluas jangkauan anda untuk lebih banyak menjangkau para calon pembaca yang lainnya pada blog anda.

Untuk anda yang telah melakukan register di  HubSpot, RSS pelanggan dapat diakses melalui Page Performance. Perlu diingat bahwa laporan HubSpot memberi Anda informasi mengenai jumlah pelanggan aktif yang telah mengakses feed blog Anda pada hari terakhir, menyaring pelanggan yang tidak aktif yang mungkin telah menambahkan feed Anda ke RSS Reader mereka , tetapi tidak pernah diperiksa kemudian dan memberikan Anda laporan yang lebih akurat mengenai pelanggan RSS Anda. 

Selain di HubSpot, anda juga bisa memeriksa RSS feed anda menggunakan tool seperti netvibes, flowreader, feeder, feedforall, dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa anda temukan dengan mencari di mbah google.


15) Email Subscribe 

Key performance indicator untuk blog yang satu ini sepertinya sudah sering kita, anda dan saya ketahui dan jelas tidak sedikit yang sudah menggunakannya. 

Email pelanggan memiliki semua manfaat yang sama dengan RSS feed subcriber dan bahkan memiliki beberapa kelebihan tambahan yang lain, karena ketika pembaca blog anda melakukan subscribe email, itu artinya pengguna/pembaca blog anda ini telah memberikan Anda akses ke kotak masuk berharga mereka. 

Akibatnya, email subscriber yang ada di blog anda akan memiliki korelasi langsung antara jumlah email pelanggan yang Anda miliki dan jumlah lalu lintas email yang Anda hasilkan ke blog Anda. 

Jika Anda belum menaruh banyak usaha untuk menghasilkan email pelanggan, Anda sedang duduk di sebuah tambang emas kesempatan, teman-temanku. Mulailah dengan tips ini untuk mengubah pengunjung biasa menjadi pelanggan berdedikasi. 

Kemudian tumbuhkan dan besarkan email pelanggan blog Anda sehingga Anda akan mampu mendapatkan sebagian besar dari pembaca blog anda dengan praktik terbaik ini.

Bagi anda yang sudah melakukan register di HubSpot dapat melacak metrik email pelanggan di tempat yang sama dengan pelanggan RSS feed. 

Namun bagi anda yang menyukai tool gratisan dan berbayar anda bisa menggunakan tool email marketing gratisan seperti mailchimp, freshmail, campaign monitor, dan masih banyak lagi yang lainnya.


16) Pageviews by Device

Contoh KPI (Key Performance Indocator) berikutnya ialah mengetahui jumlah pageview dari type piranti atau piranti yang digunakan oleh beberapa visitors dalam terhubung ke halaman blog Anda. 

Perhitungan metric dari bagian ini menjadi relevan sebab, contohnya saja, saat Anda megetahui lebih dari 70% pembaca Anda ternyata adalah pemakai smartphone, maka hal ini berarti inilah saat nya  Anda melakukan upgrade blog Anda menjadi mobile optimized (mobile friendly).

Dengan membuat blog anda menjadi mobile friendly, berarti pembaca tidak lagi melihat layout yang amburadul atau tidak nyaman saat blog Anda dibaca lewat smartphone. 

Di Google Analytics, Anda dapat memperoleh informasi tentang pageview blog by device dengan cara click tab “Audience”, lalu pilih “Mobile” serta “Overview”. 


Kesimpulan dari Blog Key Performance Indicator  

Saat ini, Anda sudah mempunyai pengetahuan yang matang dan mumpuni tentang contoh KPI (Key Performance Indicators) dalam memantau performa blog Anda. 

Semua variabel ini bisa dihitung atau diukur lewat angka atau grafik dengan jelas. 

Mulai dari anda kini mengetahui jumlah pembaca dari artikel yang paling popular, jumlah rata-rata pengunjung blog kesayangan anda, jumlah link yang digunakan di web lain, artikel-artikel mana saja yang sudah disebarkan di sosial media sampai piranti yang digunakan oleh pembaca blog Anda. 

Sesudah mengetahu beberapa contoh KPI tersebut, kunci yang menjadi sangat penting dalam lihat Key Performance Indicator (KPI) ialah menganalisis dengan cermat tiap point yang sudah dijelaskan diatas supaya terbentuk taktik serta strategi yang selalu berkaitan dengan dinamika yang ada. 

Selamat menerapkannya!

Apakah pembaca uang banyak memiliki jenis metrik blog lainnya yang  bisa Anda Lacak secara teratur? Silahkan anda berbagi dengan kami di kolom komentar, atau anda bisa subscribe email kami untuk mendapatkan update-update terbaru dari blog uang banyak.

Terima kasih atas partisipasi pembaca sekalian, sampai jumpa di artikel lainnya. JIka memang artikel ini bermanfaat, silahkan anda share ke setiap kenalan anda.


pencarian terkait :
#keyperformanceindicator, #performance, #performanceblog, #blog, #keyperformanceindicatorsadalah

Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: