Widget HTML Atas

Analisis Kata Kunci Pesaing: 5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Lalu Lintas Organik Anda

5 Cara Mudah Analisis Kata Kunci Untuk Meningkatkan Traffic Blog – Terapkan analisis kata kunci ini maka anda akan terkejut dengan hasilnya.

Apakah dalam bisnis, anda menginginkan pangsa pasar yang abadi? Maka yang perlu anda lakukan adalah mengawasi pesaing anda. Tanpa memiliki wawasan mengenai kekuatan dan kelemahan para pesaing anda, maka bisnis anda tidak akan mampu berkompetisi dengan para pesaing anda.

Ternyata dalam dunia digital, hal tersebut tidak berbeda.

Analisis Kata Kunci Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Jika Anda mengelola kehadiran pencarian organik dengan kata kunci google dari sebuah situs web, pada satu titik atau yang lain, klien atau bos Anda akan meminta Anda untuk memiliki pengetahuan tentang SEO yang pastinya berkaitan dengan kata kunci unik google yang kompetitif. Ada banyak alasan mereka mungkin menginginkan hal tersebut antara lain :


  • Tetap kompetitif: anda atau bos anda tentunya tidak ingin berada terus di belakang para pesaing anda dengan query kata kunci unik google yang sama.
  • Menemukan peluang baru: anda dan bos anda dapat menemukan niche-niche baru yang mungkin dapat bekerja untuk orang lain, namun anda atau bos anda belum sempat terpikirkan mengenai niche-niche tersebut. 
  • Mendiagnosis masalah kinerja: anda tentunya ingin mengetahui dan memahami bagaimana para pesaing anda dapat mengungguli anda atau bagaimana mereka bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas / traffic organic, namun tidak dengan anda. Bagaimana itu bisa terjadi?

Apa sebenarnya analisys yang anda perlukan untuk memahami nya?

Apa yang harus disertakan dengan analisis pesaing?

Apakah analisis pesaing (atau "analisis kompetitif") akan tergantung pada tujuan unik Anda.


Sebagai contoh, jika Anda focus pada perkembangan backlink profil Anda, maka anda bisa melakukan analisis link pesaing.

Dengan opsi ini, Anda dapat memilih untuk melihat halaman terkait pesaing untuk mendapatkan ide untuk aset linkable atau menganalisis URL perujuk mereka untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang metode bangunan tautan yang mereka gunakan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima metode yang berbeda untuk menemukan ide kata kunci yang dapat Anda gunakan dalam strategi pencarian organik Anda.

Dengan menganalisis kata kunci apa yang ditargetkan kompetitor anda, maka anda dapat menemukan ide untuk konten baru atau meningkatkan konten yang ada dengan tujuan untuk menangkap lebih banyak Traffic penelusuran organik.


Sebelum Anda memulai: Bagaimana mengidentifikasi pesaing Anda ?

Sebelum terjun ke dalam analisis pesaing, penting untuk mengetahui siapa pesaing Anda.

Jenis pesaing yang paling jelas adalah kompetitor "langsung" atau "pasar". Ini adalah bisnis yang menawarkan produk/layanan yang sama atau serupa seperti yang Anda lakukan. Cobalah mulai berfikir bagaimana Coke vs Pepsi atau Nike vs Adidas, atau lainnya.

Namun, saat Anda beralih ke Google, game akan berubah. Anda mungkin memiliki pesaing yang berbeda untuk setiap kata kunci yang penting untuk bisnis Anda, banyak di antaranya bahkan bukan pesaing langsung Anda.

Mari kita ambil query "belajar web design" misalnya. Maka kita akan mendapatkan webdesign.tutsplus.com dan pindexain.com menduduki peringkat yang mencolok untuk query dengan kata kunci tersebut.

Hal ini membuat mereka menjadi pesaing digital meskipun tutsplus adalah web yang berisi tentang turorial programming web dan design, dan pindexain adalah blog yang berisi materi design dan tutorial.
Terkadang pesaing pasar Anda juga akan menjadi pesaing digital Anda, tetapi tidak selalu demikian. 

Coba tips di bawah ini untuk mengetahui domain atau halaman pesaing anda, ini akan menentukan dalam pemilihan halaman pesaing anda.

Sekarang mari kita menyelam lebih dalam!


1. Cari Rank Kata Kunci Pesaing yang Bukan Milik Anda

Salah satu metode yang paling sering digunakan dari analisis pesaing SEO adalah menemukan peringkat kata kunci yang baik bagi pesaing Anda namun tidak untuk blog anda.

Untuk melakukan ini, Anda akan memerlukan alat bantu untuk penelitian kata kunci yang memungkinkan Anda melihat tidak hanya kata kunci apa dan peringkatnya untuk setiap domain, tetapi juga memungkinkan Anda untuk membandingkan peringkat kata kunci dari dua atau lebih domain.

Sebagai contoh, mari kita gunakan pesaing pasar webdesign.tutsplus dan pindexain. Kita akan berpura-pura pindexain sedang mencoba untuk menemukan peringkat kata kunci webdesign.tutsplus yang bukan merupakan peringkat kata kunci pindexain.

moz keyword explorer untuk analisa keyword kompetitor


Anda dapat menggunakan tool seperti Moz keyword explorer (explore berdasarkan situs) untuk mengevaluasi peringkat kata kunci dari kedua domain secara berdampingan. Anda mungkin memiliki tool lain selain Moz, maka anda bisa menggunakan nya untuk menganalisa kata kunci unik google yang digunakan oleh domain-domain pesaing blog anda.

Pada contoh ini kemudian, anda pilih webdesign.tutsplus dan atur posisi Rank untuk menunjukkan hanya posisi 1-10 untuk melihat peringkat kata kunci webdesign.tutsplus di Halaman 1 untuk pindexain tersebut.

Anda juga bisa memilih area yang tumpang tindih atau beririsan di tengah untuk melihat kata kunci Anda yang potensial dan peringkat kata kunci pesaing, dan kemudian urutkan berdasarkan peringkat tertinggi dari kata kunci pesaing Anda.

Ini akan mengungkapkan area tempat anda mungkin sudah memiliki konten dengan ciri-ciri kata kunci yang sama dengan pesaing anda, namun kata kunci tersebut hanya tidak berkinerja sebaik pesaing Anda.


Tentunya anda akan mendapatkan daftar kata kunci yang menunjukkan:


  1. Konten yang ada saat ini yang perlu anda tingkatkan: kata kunci yang sudah ada dan anda targetkan, hanya saja kata kunci tersebut tidak berkinerja dengan baik.
  2. Kesenjangan konten yang mungkin ingin anda isi: kata kunci yang belum ada atau belum anda targetkan dan kemungkinan anda bisa mempertimbangkannya untuk membuat konten berdasarkan kata kunci yang belum ada di blog anda tersebut.

2. Coba Untuk Menemukan Kata Kunci dari Pesaing yang Tidak Cocok Dengan Kata Kunci Anda namun Memiliki Ranking yang Tinggi.

Prioritas Google adalah menyajikan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan pengguna. Untuk melakukan ini, algoritma Google mencoba menentukan peringkat konten yang paling sesuai dengan maksud dari pertanyaan pengguna tersebut.

Apa yang di query oleh pengguna itulah yang disebut sebagai kata kunci. Jadi kata kunci google adalah kata-kata yang dimasukkan pengguna saat mencari informasi di google.

Saya suka berpikir ini sebagai kesesuaian "content yang diinginkan" . Dengan kata lain, ada kecocokan antara apa yang mungkin dicari pencari dan konten pada halaman web. Hal ini sebagaimana apa yang ingin di temukan oleh pencari ketika mereka mengetik pertanyaan mereka pada Google.

Misalnya, jika Anda mengetikkan "cara mengganti ban" Anda mungkin akan mencari petunjuk langkah demi langkah, bahkan mungkin dengan gambar, untuk memandu Anda cara mengganti ban dengan mudah.

cara mudah meningkatkan traffic organic web blog


Sebuah halaman penjualan untuk toko ban atau bentuk artikel yang panjang  tentang Ban akan jauh lebih relevan, dan karena itu kita bisa mengatakan bahwa mungkin kata kunci dari competitor ini tidak cocok untuk anda ambil alih.

Bagaimana cara yang bisa membantu dalam konteks analisis konten pesaing?

Nah, terkadang website menentukan peringkat untuk query yang tidak "sesuai" untuk diberi peringkat. Bisa saja kemungkinan peringkat yang didapatkan tidak sesuai dengan halaman yang di query. 

Karena Google memprioritaskan pengalaman penelusur, jika Anda datang dengan konten yang lebih relevan dan bermanfaat, ada kemungkinan bahwa Anda dapat menyebabkan pesaing anda kalah peringkat untuk queri kata kunci tersebut.

Sekali lagi, gunakanlah alat penelitian kata kunci, fokuskan di domain pesaing untuk melihat kata kunci apa yang mereka buat untuk berada di peringkat page 1 mesin pencari.

Bagian selanjutnya adalah sedikit lebih manual, lakukan klik untuk membuka URL yang memiliki peringkat untuk setiap query dan tanyakan pada diri Anda, "jika saya bertanya mengenai frasa ini dan mendarat di halaman ini, apakah saya akan sepenuhnya puas dengan informasi yang disajikan halaman web ini?"

Jika jawaban Anda adalah "tidak", maka anda dapat membuat halaman artikel yang lebih relevan dengan query kata kunci tersebut.


3. Cari Kata Kunci Pesaing yang Berbayar agar Anda Mendapatkan Peringkat

Menggunakan tool seperti SEMrush, Anda dapat melihat kata kunci pesaing pasar anda apa saja yang berbayar dan yang  belum mendapatkan peringkat organik.

Mengapa kita melihat kata kunci berbayar dalam analisa posting blog pesaing organik?

Jika pesaing Anda membayar untuk persyaratan ini, yang berarti hampir semua kata kunci tersebut berharga dan menghasilkan lalu lintas yang sangat berkualitas.

Daripada membayar untuk memunculkan kata kunci tersebut, idenya adalah untuk melihat apakah ada kesempatan untuk mendapatkan lalu lintas gratis dengan peringkat organik untuk kata kunci yang berbayar.

Dalam banyak kasus, kata kunci yang Anda temukan melalui rute ini akan didominasi kata kunci dengan tujuan komersial. Ini bisa saja berarti bahwa SERP penuh sesak dengan hasil iklan berbayar dan domain yang sangat kuat.

Meskipun masih ada beberapa peluang organik yang tersedia, anda juga dapat melakukan penelitian untuk pencarian kata kunci yang berbayar dari para pesaing anda. 

Misalnya, jika pesaing anda menjalankan PPC untuk kata kunci "tool email otomatis", maka Anda bisa menargetkan kata kunci "cara membuat email otomatis."


4. Mengidentifikasi Topik Berharga dengan Mencari Aset Konten yang Memiliki Investasi Tinggi

Apakah Anda tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan kertas putih?

Bagaimana dengan ebook atau webinar?

Sementara usaha membuat artikel blog yang bervariasi, kita dapat mengatakan dengan pasti bahwa hambatan untuk masuk ke dalam format konten yang bagus ini biasanya jauh lebih tinggi daripada melakukan posting / publish blog.

Perusahaan cenderung tidak menginvestasikan banyak waktu dan sumber daya pada proyek yang tidak mereka harapkan akan menghasilkan lalu lintas dan prospek yang berharga.

Jika pesaing pasar telah memilih topik untuk proyek dengan konten besar, pertimbangkan bahwa gagasan awal yang diinginkan pelanggan anda kemungkinan akan membuatnya tertarik. 

Sebagai contoh, jika pesaing Anda hosting webinar dengan kata kunci "memahami arus kas anda" mungkin ide yang baik adalah untuk mengetikkan ungkapan kata kunci dasarnya yaitu "arus kas" ke dalam alat penelitian kata kunci pilihan anda dan melihat bagaimana anda bisa mulai memiliki topik/niche serta kata kunci turunannya secara organik.

analisa kata kunci pesaing dengan keyword everywhere


Anda bahkan dapat menggunakan Google itu sendiri yang dikombinasikan dengan plugin seperti keyword everywhere untuk menemukan sejumlah besar kata kunci secara topikal yang relevan untuk mulai anda targetkan.


5. Temukan Ide Peningkatan Konten dengan Melihat Kata Kunci Kompetitor yang Tumpang Tindih

Apakah konten anda tidak memiliki peringkat yang bagus untuk kata kunci yang anda targetkan?

Gunakan analisis pesaing untuk melihat topik apa saja yang mungkin hilang atau ternyata belum ada dari konten Anda!

Salah satu cara favorit saya untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan Moz Keyword Explorer untuk membandingkan kata kunci dengan halaman yang tepat.

Katakanlah anda mencoba menentukan peringkat untuk frasa kata kunci "cara berlari cepat". Lakukan Penelusuran Google untuk istilah tersebut dan ambil dua atau tiga URL peringkat teratas (pesaing digital anda) dan masukkan ke dalam tool tersebut.

Kemudian, klik pada area yang paling tumpang tindih dan atur filter untuk melihat peringkat kata kunci di Halaman 1.

Apa yang akan anda tinggalkan adalah daftar ide kata kunci terkait yang dapat anda gunakan untuk membuat halaman anda dengan target kata kunci "cara berlari yang benar" yang mungkin lebih relevan! 

Jika pilihan teratas Google untuk jawaban terbaik pada kata kunci "cara berlari cepat" juga menyentuh konsep ini, itu adalah indikator bahwa konten anda juga harus melakukan cara yang sama.

cara mudah analisa keyword untuk blog




Baca Juga : 17 Penghasil Uang dengan Custom Shortener URL
Teruslah berusaha dan lakukan analisa! (Tapi Lanjutkan dengan perhatian)

Salah satu metode analisis pesaing yang disebutkan dalam artikel ini dapat menawarkan ide bagus untuk menangkap lebih banyak lalu lintas organik, tetapi ada beberapa peringatan besar di sini:


  • Jika strategi anda hanya imitasi, maka yang terbaik yang anda lakukan adalah hanya bisa menjadi versi terbaik kedua dari pesaing anda. 
  • Plagiarisme dapat membuat anda kesulitan: kesulitan dengan mesin pencari, kesulitan secara legal, dan dapat merusak reputasi anda. Karena itu jangan coba-coba untuk melakukan plagiat blog/artikel orang lain, apalagi kalo copas sampe ke meta dan kata kunci nya juga.
  • Jangan menjadi lemming. Membabi buta mengikuti pesaing anda bisa menggiring anda ke atas tebing yang terjal, dan siap menjungkalkan anda ke dalam jurang yang dalam. Seburuk-buruknya, website anda akan terjungkal ke dalam sandbox google.
  • Sebelum melakukan analisis pesaing, pastikan anda sudah terbiasa dengan tujuan dan prioritas bisnis anda saat ini.

Setelah anda melakukannya, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi strategi pesaing mana yang harus anda gunakan untuk menginformasikan kepada anda sendiri dan supaya bisa menjadi yang terbaik.

Baiklah, bagaimana kelanjutan analisa kata kunci yang anda lakukan? Akhirnya semua berpulang pada diri anda, segeralah untuk bertindak, berikutnya client anda ataupun bos anda di kantor meminta anda untuk melakukan analisa competitor perusahaan, maka anda dengan mudah sudah memiliki beberapa rahasia baru yang bisa anda terapkan pada website perusahaan anda.

Selamat mencoba .. semoga informasi ini bisa membuat saya dan anda lebih bersemangat nge-blog dan nge-blog lagi. Karena apa yang kita peroleh di masa yang akan datang adalah hasil dari apa yang sudah kita lakukan saat ini.



#katakunci
#katakunciunikgoogle
#katakunciadalah
#katakunciiklan
#katakuncigoogle

Refference :
searchenginejournal.com 

Tidak ada komentar untuk "Analisis Kata Kunci Pesaing: 5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Lalu Lintas Organik Anda"