Reksa dana terbaik, reksa dana pasar uang terbaik, memilih reksa dana onlinle


Baca Juga di Uang Banyak


Reksadana Pasar Uang

A. Pengertian Reksdana Pasar Uang

Secara definisi reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana dimana dana investor yang telah terkumpul akan di alokasikan oleh Manajer Investasi pada instrument pasar uang sebagai underlying asset-nya secara mayoritas. Yang di maksud instrumen pasar uang adalah obligasi atau surat hutang yang waktu jatuh temponya kurang dari satu tahun. Oleh karena itu surat hutang jenis ini biasanya jarang di perdagangkan di pasar, dimana Manajer Investasi lebih memilih untuk Hold to Maturity (disimpan) sampai surat hutang itu jatuh tempo

B. Tipe Investor Reksadana Pasar Uang

Reksada dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang memiliki resiko terkecil dengan imbal hasil yang paling rendah dibandingkan dengan tipe reksadana lainnya. Oleh karena itu reksa dana pasar uang sangat cocok untuk investor konvesional yang baru melirik reksa dana sebagai instrument inevestasi yang dapat memberikan imbal hasil satu langkah lebih tinggi di bandingkan deposito.

C. Cara Kerja Reksa Dana Pasar Uang

Karena underlying asset-nya berupa surat hutang atau obligasi yang di Hold to Maturity, Investor akan mendapat keuntungan dengan Coupon atau Yield yang di berikan oleh surat hutang tersebut setiap harinya yang dapat terefleksi dari pertumbuhan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per Unit per hari.

D. Keuntungan dari Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Walaupun imbal hasil yang di dapat relatif lebih rendah di bandingkan reksa dana lainnya, reksa dana pasar uang dapat memberikan imbal hasil yang relative stabil kepada investornya. Oleh karena itu, reksa dana pasar uang sering di gunakan para investor retail maupun institusi sebagai alat cash management atau tempat parkir uang jangka pendek pengganti giro dan deposito, Karena return-nya yang lebih tinggi di bandingkan dengan deposito.

Reksa dana pasar uang juga fleksibel, dimana investor dapat berinvestasi dan menarik dananya anytime (kapanpun) dan any amount (jumlah berapapun) tanpa ada ikatan. Selain itu, biaya Subscription (pembelian unit investasi) dan juga Redemption (penarikan dana) biasanya di kenakan sebesar 0% dari Manajer Investasi kepada investor, baik retail Maupin institusi. Selain itu, reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang paling cepat untuk di cairkan imbal hasilnya di bandingkan reksa dana lainnya. Dalam kurun waktu H+1. Artinya investor hanya perlu menunggu satu hari untuk hasil dana investasi tersebut sampai pada rekening bang sang investor.

E. Hal Yang Perlu di Perhatikan

Kestabilan Imbal Hasil Investasi

Kestabilan hasil investasi sangatlah penting dalam reksa dana pasar uang untuk memaksimalkan imbal hasil dan ketenangan psikologi para investor dalam berinvestasi. Sebagai contoh, saya yakin investor akan merasa lebih tenang mendapatkan coupon harian sebesar 0,015% per hari secara konsisten dibandingkan coupon yang berfluktuasi sebesar 0,015%, 0,018% dan 0,009% dalam tiga hari.

Untuk mencari reksa dana pasar uang yang memiliki imbal hasil yang tinggi dan juga stabil secara historis, Anda dapat menggunakan portal website Ipot Fund Evaluator yang dapat Anda akses pada https://www.indopremier.com/ipotfund/evaluator.php


source indopremier.com

pada website tersebut Anda juga bisa melihat beberapa tipe reksa dana terbaik seperti reksa dana saham, reksa dana campuran. Web ini bisa menjadi acuan saat anda ingin mencoba berinvestasi melalui online seperti di reksa dana tokopedia, reksa dana bukalapak ataupun reksa dana bank.

Lalu bagaimana cara menginterpretasi dan menggunakanya? Saat browser internet Anda menampilkan gambar itu, pastikan Anda mengklik pada tab Money Market dan klik juga pilihan Available for Purchase untuk memastikan hasil rangking yang di berikan oleh Ipot Fund Elevator adalah reksa dana  yang di buka untuk umum, bukan hanya untuk investor tunggal.

Setelah itu Ipot Fund Elevator akan menampilkan 10 reksa dana pasar uang yang sudah di-ranking berdasarkan imbal hasil dan konsistensi pertumbuhan NAB-nya (atau NAV). Yang perlu di perhatikan investor di sini bukanlah hanya ranking secara overall tetapi konsistensi dari return yang dapat di berikan reksa dana tersebut secara priodik. Pada gambar, Ipot Fund Evaluator memberikan time horizon (periode waktu) per 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Time horizon ini sangat penting bagi investor yang ingin memantau konsistensi imbal hasil reksa dana tertentu dari sisi kestabilan jangka pendek, mengengah maupun jangka panjang.

Untuk memantau konsistensi imbal hasil dari reksa dana yang di tampilkan oleh Ipot Fun Evalator, investor dapat melihat angka penilaian yang tertera di bawah time horizon pada setiap reksa dana yang melambangkan peringkat reksa dana tersebut dari masa ke masa, yang di bandingkan dengan semua reksa dana pasar uang yang di peruntukan untuk investor umum.

Dari sini, Investor bisa mendapatkan kesimpulan bahwa semakin kecil angka total ranking dari sebuah reksa dana, semakin bagus pula imbal hasil yang di berikan. Namun secara konsistensi, kita dapat melihat bahwa reksa dana PNM Puas memberikan imbal hasil paling tinggi dan konsisten seiring kemampuanya untuk mempertahankan renking 1 di berbagai time horizon yang di berikan.

Selain itu, investor juga perlu melihat data pada kolom unit growth pada Ipot Fun Evaluator karena data ini dapat memberi gambaran kepada investor tentang aktivitas dana yang masuk dan keluar pada reksa dana tersebut pada jangka waktu tertentu.

Saat pertumbuhan NAB membukukan pertumbuhan yang positif di sertai dengan pertumbuhan unit growth  yang juga positif, ini menandakan bahwa banyak investor yang melakukan subscription  atau berinvestasi pada reksa dana tersebut saat harga dari underlying asset-nya terapresiasi atau mengalami kenaikan harga. Di sisi lain, saat pertumbunan NAB membukukan pertumbuhan kerja yang positif namun di sertai dengan pertumbunan unit growth  yang negative, ini menandakan bahwa banyak investor yang melakukan redemption atau melakukan penarikan dana  saat reksa dana tesebut mengalami kenaikan.

Sebagai investor, kita ingin mencari reksa dana yang memiliki NAB yang stabil dan juga di topang oleh pertumbuhan unit growth yang solid untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pertumbuhan yang stabil mengindikasikan bahwa reksa dana ini cocok untuk tujuan investasi jangka panjang, dan pertumbuhan unit growth yang solid mengindikasikan bahwa lebih banyak lebih banyaj profil investor dalam reksa dana ini yang memiliki pandangan investasi jangka panjang di bandingkan trader yang lebih suka mengambil kesempatan dalam jangka pendek.

F. Mencari Tahu Profil Investor

Ini sangat penting terutama Anda sebagai investor retail yang dana investasinya masih relative kecil di bandingkan total dana kelolaan (AUM) dari reksa dana tersebut. Jika reksa dana pasar uang tersebut lebih di penuhi oleh institusi investor besar yang hanya menitipkan uangnya dalam jangka waktu pendek dalam kurun mingguan atau bahkan harian, sedangkan Anda sebagai intestor retail berfikir untuk meletakan uang dalam kurun waktu satu tahun, mungkin lebih baik Anda menjauhi produk tersebut. Ini karena produk reksa dana pasar uang dengan investor institusi yang sering keluar masuk, akan membuat sang Manajer Investasi lebih banyak menyisihkan kas dalam bentuk deposit on call (DO) demi kepentingan likuiditas.

Alhasil, Manajer Investasi tidak dapat mengalokasikan secara maksimal portofolionya pada instrument pasar uang yang merupakan surat hutang atau obligasi bertenor pendek, dimana ini akan berakibat pada hasil yang tidak maksimal pada reksa dana tersebut. Kesimpulanya, sebagai investor retail yang ingin memaksimalkan imblah hasil dari pada reksa dana pasar uang, pilihlah reksa dana dengan progil investor yang tidak sering keluar masuk dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Note : Untuk para investor muslim lebih di sarankan memilih reksa dana syariah, agar sesuai dengan tuntunan yang di sarankan oleh MUI

#reksa dana terbaik, #reksa dana pasar uang, #reksa dana pasar uang terbaik,# reksa dana online,#reksa dana tokopedia, #reksa dana bukalapak


source : Liyanto Sudarso, CSA - terbitan alex media komputindo - Taktis Berinvestasi Reksa Dana
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: