Widget HTML Atas

Ini Dia Cara Sukses Usaha Nasi Goreng

Ini Dia Cara Sukses Usaha Nasi GorengSiapa yang tidak mengenal nasi goreng? Tentu hampir semua orang Indonesia pasti mengenalnya. Nasi goreng adalah nasi yang di goreng lalu di campur dengan bumbu dapur dan pelengkap lainnya. Makanan yang satu ini memang banyak digemari oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai yang dewasa, bahkan yang sudah tua sekalipun. 




Untuk menyajikan nasi goreng tidaklah sulit. Kita hanya membutuhkan nasi sebagai bahan dasar dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, dan lainnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjadikan nasi goreng sebagai ladang penghasilan. Bagaimana caranya? Dalam artikel kali ini saya akan membahasnya.

Untuk usaha nasi goreng memang sudah sangat menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Kita dapat dengan mudah menjumpai penjual nasi goreng di pinggir jalan, restoran bahkan penjual nasi goreng sampai keliling kampung

Dalam penyajian nasi goreng setiap penjual juga berbeda-beda. Ada yang menambahkannya dengan daging ayam, kambing, sapi, dan lain-lain. Dengan banyaknya penjual nasi goreng yang ada, anda tidak perlu khawatir akan tidak laku atau kalah bersaing. Anda hanya butuh inovasi dan pelayanan yang lebih untuk menarik pembeli.

Persiapan Usaha Nasi Goreng

Sebelum memulai, anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang wajib anda miliki. Sangat sulit usaha untuk berkembang tanpa persiapan yang matang. Lalu apa saja yang perlu di persiapkan, simak di bawah ini ya 

Pertama Anda harus mempunyai keahlian memasak. Hal ini menjadi sangat penting karena usaha yang akan anda geluti adalah usaha di bidang makanan/kuliner. Jangan sampai ada pelanggan yang kecewa terhadap rasa nasi goreng yang anda buat. 
Sebelum memulai usaha nasi goreng ada baiknya Anda bisa belajar dulu membuatnya di rumah dan minta keluarga atau teman anda mencicipi hasil masakan anda, jika komentarnya enak anda sudah bisa berjualan nasi goreng.

Yang kedua adalah tempat. Untuk tempat, usahakan anda memilih tempat yang strategis dan ramai. Selain itu lihatlah apakah disitu sudah ada yang menjual nasi goreng juga. Berbeda jika anda menjual dengan cara ider/keliling. Anda tidak membutuhkan tempat. Yang anda butuhkan hanyalah gerobak. Anda hanya berhenti ketika ada yang membeli nasi goreng anda.

Ketiga adalah peralatan. Peralatan yang anda butuhkan diantaranya adalah wajan, kompor dan tabung gas, talenan, gerobak, terpal, dan masih banyak lagi. Tergantung metode apa yang akan anda gunakan.

Metode atau cara penjualan

Ada banyak metode berjualan nasi goreng yang sering digunakan diantaranya adalah :
  • Berjualan di pinggir jalan menggunakan gerobak dan terpal.
  • Berkeliling kampung untuk mencari pelanggan.
  • Mendirikan rumah makan atau restoran yang khusus menjual nasi goreng.


Apa Yang Membuat Dagangan Anda Laku?

Dengan banyaknya penjual nasi goreng yang tersebar mungkin akan menjadi persaingan yang ketat. Namun anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan strategi yang dapat memancing pembeli untuk lebih memilih membeli kepada anda.

Pelayanan

Pelayanan yang ramah dan murah senyum akan sangat memuaskan hati para pelanggan. 

Delivery Order

Anda dapat menyediakan dan memanfaatkan fasilitas ini. Umumnya penjual nasi goreng buka pada waktu malam hari. Tapi bagaimana jika cuaca hujan? Tentu pembeli akan melas bepergian. Dengan fasilitas yang anda sediakan ini, pembeli tidak perlu repot2 mendatangi anda. Cukup dengan memesan lewat telepon saja, tapi saat ini anda bisa bekerja sama dengan Gojek dan Grab untuk menjadi mitra usahanya. Pembelipun bisa lebih mudah memesan melalui aplikasi dan nasi goreng pesanan anda akan di ambil dan di antar oleh ojek online, baik Grabfood atau GoFood.

Pemasaran

Promosi di sosial media juga dapat memancing para pembeli dengan jangkauan yang lebih luas.

Cara Penyajian

Penyajian juga dapat mempengaruhi. Jika rasa nasi goreng buatan anda lebih enak dibandingkan yang lain tentu orang-orang akan kembali beli kepada anda.
Kelengkapan penyajian tidak ketinggalan. Jika penjual nasi goreng yang lain hanya menyediakan telur. Anda bisa menambahkannya dengan daging ayam, kambing ataupun sapi.

Kebersihan tempat dan lingkungan.

Point ini juga sangat penting dan menentukan dari semua point di atas, Jika tempat anda berjualan bersih tidak ada bau yang tidak sedap dan tidak ada lalat, maka akan menjadi nilai positif dari para pembeli saat makan di tempat ataupun sekedar menunggu makanan di bawa pulang. 



Berikut tips jualan nasi goreng yang menguntungkan :

1. Lokasi Usaha

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai perjuangan jualan nasi goreng yaitu anda harus mencari lokasi perjuangan yang strategis. Lokasi yang strategis akan membantu kelangsungan usaha nasi goreng anda. Nasi goreng yaitu makanan yang tidak memandang status sosial jadi anda bisa berjualan di perempatan jalan atau taman kota yang penting adalah di daerah yang ramai. 

Pastikan juga anda berjualan di tempat yang sudah di atur oleh pemda agar tidak kena penertiban saat ada sidak dari satpol PP

Jika modal yang anda miliki lumayan banyak anda mampu membuka warung nasi goreng. Namun kalau modal anda pas - pasan anda mampu menjual nasi goreng dengan gerobak dorong dan menjualnya berkeliling ke rumah - rumah penduduk dan di komplek perumahan.

Berjualan dengan cara di pikul juga pernah saya lihat

2. Perlengkapan Usaha

Perlengkapan untuk perjuangan nasi goreng ini tidak jauh berbeda dengan perlengkapan perjuangan masakan lainnya. Perlengkapan perjuangan ini termasuk kedalam modal usaha. Karena membutuhkan biaya untuk membeli banyak sekali perlengkan nya mirip etalase atau gerobak , peralatan memasak , peralatan makan , kompor dan tabung gas , dan lainnya.

Modal awal berfariasi tergantung perjuangan yang anda jalankan mirip apa. Jika memungkinkan anda mampu menekan biaya untuk perlengkapan ini dengan menggunakan perabotan yang ada dirumah. Sehingga modal tidak terlalu banyak.

3. Rasa Nasi goreng

Nah rasa dari nasi goreng ini yaitu hal yang utama dalam perjuangan masakan anda ini. Pasalnya ini yang akan menentukan kelangsungan perjuangan anda. Rasa nasi goreng yang enak akan membuat pelanggan suka dan menjadi pelanggan tetap anda.

Ciptakan banyak sekali inovasi rasa untuk nasi goreng anda. Inti dari perjuangan nasi goreng ini yaitu ciptakan nasi goreng yang enak dan lezat sehingga menarik minat pembeli. Anda juga harus kreatif dalam menyajikan nasi goreng buatan anda sehingga tampilan nasi goreng anda tidak membosankan.

4. Harga

Harga juga menjadi faktor penting selain rasa. Rasa yang enak dan harga yang akrab akan membuat pelanggan lebih memilih membeli nasi goreng anda. Pastikan anda menjual nasi goreng dengan harga yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah alasannya yaitu akan merugikan anda sendiri.

Segmen apa yang akan dibidik?
Kenapa segmen? karena ini menentukan seting ruangan, harga dan cara melayani. Masak sih kita nawari produki sisir rambut ke orang gundul yang habis masuk OPSPEK? Nah segmentasi ini sebagai bentuk upaya agar rumah amakan nasi goreng ini akan cepat diserap pasar.

Segmentasi ini tidak harus rumit, yang terpenting agar respon pasar sangat baik, karena memang sebagai permulaan dengan respon baik akan menambah semangat. Segmentasi dalam strategi marketing menjadi kunci awal.. mungkin bisa baca artikel lain  tentang segmentasi di   
              

Ciri Khas Masakan Nasi Goreng

Nah sekarang tinggal menentukan pembedanya, differensiasinya, sehingga nanti nasi goreng ini menjadi mudah di kenali, kenapa? karena rasa-rasanya di Indonesia ini sudah begitu banyak penjual nasigoreng, sehingga perlu suatu upaya pembeda, berbeda dalam hal ini ada beberapa sisi :
Harga, harga ini bisa berbeda, bahkan kadang ada yang memanfaatkan psiskolohi harga dengan menulis Rp. 9.999, tapi itu bukan jaminan, masih ada hal  lain yang lebih penting untuk mengukur sejauh mana harga ini sesuai segmentasi yang dituju.
Layanan, bisa dimulai dari pakaian semua crew, tempat usaha dengan warna tertentu, sajian bumbu yang wangi sekali, ramah dan bersahabat, ada SMS pemesanan dan aSMS Komplain, tidak puas SMS bonus minuman.
Persepsi yang akan ditanamkan, positioning –> Karena usaha ini banyak yang melakukannya maka perlu juga membangun kesan yang tak terlupakan, atau persepsi yang ditanamkan ke pasar, melalui media atau orang2 yang pernah berkunjung, untuk mendongkrak mulut ke mulut. Namun mohon diingat persepsi yang ditanam sebaiknya juga ada nilai keunggulan dan keunikan, misal menggalai persepsi dari  apa yang dimiliki, misal cara menyajikan, tampilan, aroma, rasa, cara masak tetap menggunakan arang dari kayu asam, gerobak dengan ayam bergelantungan, cekatan dalam mengolah dll
Misal  Nasi goreng kambing awalnya menjadi unik dan menarik banyak pihak yang ingin mencoba, kemudian banyak yang meniru namun jika kita kemudian menyebutkan yang pertama di wilayah XXXX, adalah keunggulan tersendiri.

Variasi Menu

Tidak semua sedang ingin nasi goreng, sehingga mungkin sedang pengen mie rebus, sehingga variasi menu ini menjadi daya tarik agar tetap ada penjualan meski dari menu yang berbeda. Harapannya adalah ketika ada peminat berupa anggota kelompok dan semuanya ingin makan malam, mungkin saja kesemuanya tidak suka nasi goreng sehingga bisa mencoba yang lain

Inovasi menu

inovasi sajian menggunakan piring mewah kelas hotel.
inovasi menu menggunakan kambing afrika, nasi goreng kambing afrika
inovasi dalam sajian meja maka mulai dari botol kecap, saos dibuat  elegan dengan merek dari usaha kita

inovasi dari sisi kenyamanan bisa menggunakan kursi yang nyaman, klasik dari kayu, lebar
inovasi dari harga, bagi yg merayakan acara teretntu diskon tertentu juga
inovasi dalam cara masak misal dengan atraksi bunyi, lempar, kosntum ala KOKI Hotel dll
Promosi

Bisa menggunakan sistem kolektif, artinya mendekati pasar kolektif, misal ke kampus2 , kantoe, instansi, dengan kupon makan gratis per instansi ada 5 porsi dengan tanggal yang bergantian setiap instansi, agar bisa merata dan warung terlihat selalu terisi.  Selain itu juga dalam beberapa even di kampung dll, memberikan voucer makan gratis atau souvenir, dengan tujuan agar terjadi kesadaran usaha/merek. Karena meman untuk warung makan berbasis nilai tradisional tidak harus menggunakan promosi TV, Radio dan koran, tentu pendekatan mulut ke mulut akan lebih cepat stabil dalam promosi.
Kekuatan sebuah minuman dalam suasana

Mungkin bisa dibayangkan makan mie rebus saat hujan deras malam hari didampingi dengan secangkir Wedang Ronde, secangkir Jahe, tentu akan meningkatkan rasa nikmat terhadap nasi goreng itu sendiri, karena memang keduanya hangat dan menghangatkan.  Sehingga siapkan minuman untuk menjadi lebih unggul dari warung lain.
Waktu tunggu manfaatkanlah

Sambil menunggu proses masak nasi goreng jangan lewatkan momentum ini misal dengan camilan kacang dll, juga ada minuman pembuka dengan gelas kecil.. Selain itu jangan lupa mungkin koran atau majalah bisa menjadi pengisi wkatu tunggu agar tidak terkesan bosan menunggu, atau kata lain menunggunya 30 menit makannya cuma 10 menit, sehingga jagalah waktu tunggu itu sebaik mungkin.