Widget HTML Atas

Pengoptimalan penelusuran suara: 6 perubahan besar yang harus Anda lakukan

Pengoptimalan Penelusuran Suara - Sebagian besar dari kita tentunya masih ingat ketika siri pertama kali keluar pada tahun 2011 sebagai alat bantu penelusuran suara. Bagaimanakah sebenarnya penelusuran suara itu? Kita saat ini mengenal suara google voice, ok google, google assistant atau asisten google.

Ketika itu, teknologi ini merupakan hal baru, tool keren untuk menguji, dengan tool siri sebagai alat penelusuran suara terkadang informatif dan lain kali kita dibuat tertawa dengan tanggapan dan pertanyaan suara dari smartphone kita.

Tidak banyak orang yang meramalkan bahwa tool penelusuran suara akan menjadi tren digital besar di masa depan.

Pengoptimalan penelusuran suara
Pengoptimalan Penelusuran Suara


Tapi pencarian dengan penelusuran suara telah berubah banyak sejak saat itu.

Sekarang ada berbagai teknologi suara-diaktifkan di pasar (misalnya, Cortana, Amazon Alexa, Google Assistant).

Orang menggunakan pencarian suara pada perangkat mobile mereka, dan lebih dari 420.000.000 Voice Assistant telah terjual.

Orang yang sudah menggunakan asisten suara lebih dari cara mereka untuk digunakan, sebagian besar menggunakannya untuk perintah (misalnya, mengatur alarm, panggilan Mom). Tapi masih ada banyak potensi untuk digunakan sebagai pencarian pemasaran.

Penelusuran suara dapat dilakukan sebagian besar karena teknologi AI di belakang pencarian suara telah menjadi sangat akurat. Menurut Google, akurasi pengenalan suara telah berkembang menjadi 95 persen sejak 2013:

Manfaat Perintah Suara untuk Pencarian

Saat ini teknologi pengenalan suara menjadi lebih akurat dan serbaguna, pengguna mulai menyadari lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan perintah suara untuk pencarian.

Menurut penelitian Google, berikut adalah alasan utama orang menggunakan suara mereka diaktifkan untuk pencarian penelusuran suara:

  • Hal ini memungkinkan mereka untuk lebih mudah multitask.
  • Hal ini memungkinkan mereka untuk melakukan sesuatu yang lebih cepat daripada perangkat lain.
  • Ini memberdayakan mereka untuk segera mendapatkan jawaban dan informasi.
  • Itu membuat rutinitas sehari-hari mereka lebih mudah.

Perintah suara google voice adalah alat yang hebat ketika Anda sedang memasak dan perlu memeriksa resep tapi tangan Anda ditutupi tepung. Ini juga merupakan metode hands-free populer untuk mendapatkan informasi bisnis lokal saat mengemudi.

Pada saat yang sama, hampir semua orang dapat mengajukan pertanyaan dengan keras dan lebih cepat daripada mereka mengetikkannya, terutama ketika menggunakan perangkat mobile.

Sementara banyak orang saat ini masih belajar manfaat menggunakan pencarian suara untuk mendapatkan informasi, maka penelusuran suara ini dapat menjadi alat yang berharga untuk menyederhanakan proses pencarian dan dengan cepat mendapatkan jawaban tanpa mengganggu tugas sehari-hari Anda yang lain.

Mengoptimalkan Pencarian Suara di Search Marketing

Sementara adopsi teknologi pencarian suara masih terus berkembang, marketer yang smart akan mulai mengoptimalkan penelusuran suara untuk mendapatkan yang terbaik dari pencarian pemasaran dalam jangka panjang.

Optimasi penelusuran suara menjadi penting untuk usaha dalam skala besar ataupun usaha local yang kecil. Orang sering menggunakan pencarian suara saat mengemudi, mengajukan pertanyaan tentang lokasi bisnis, jam toko, dll.

kemudian usaha kecil dan perusahaan rantai distribusi yang sedang mencari cara untuk mengoptimalkan SEO lokal haruslah sudah mengambil permintaan penelusuran suara ini ke dalam pertimbangan bisnisnya.

Ada yang mengatakan bahwa informasi lokasi yang spesifik bukan satu-satunya hal yang orang ingikan dari asisten suara mereka. Menurut survei Google, orang ingin mendapatkan informasi tentang transaksi dan penjualan, tips pribadi, informasi tentang acara mendatang, dukungan pelanggan, dan banyak lagi:

Di smartphone yang kekinian kita juga sudah bisa mencoba penelusuran suara google assistant. Saat pertama kali kita gunakan bisa test dengan mengatakan “ok google “ di smartphone android kita.

Mengoptimalkan Pencarian Suara di Search Marketing
Siri Apple


Kebanyakan bisnis mengoptimalkan pencarian suara hari ini dan melakukannya sebagai renungan. Mereka mencoba membuat perubahan pada konten yang ada agar lebih cocok untuk hasil penelusuran suara. Sementara pendekatan tersebut bisa lebih efektif, penelusuran suara tidak akan bermanfaat dalam jangka panjang.

Lebih banyak bisnis yang mengoptimalkan pencarian suara setiap hari, menggunakan strategi yang sama dan memiliki kesamaan yang kompetitif.

Jika Anda ingin tampil beda dari kebanyakan untuk mesin telusur, Anda harus mempertimbangkan pengoptimalan penelusuran suara saat mengembangkan konten sejak awal.

Berikut adalah enam perubahan besar yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan pencarian suara baik dengan menggunakan penelusuran suara google voice, maupun dengan dengan mesin penelusuran suara lainnya.

1. Riset Kata Kunci untuk Pencarian Suara

Riset Kata Kunci untuk Pencarian Suara
riset kata kunci

Anda harus mempertimbangkan perbedaan semantik dalam permintaan.

Orang yang sedang mengetik tentunya berbeda dengan orang yang sedang berbicara.

Katakanlah seseorang menyukai fitur pencarian suara di ponsel mereka dan ingin berinvestasi dalam asisten suara rumah baru. Dengan keyboard, mereka mungkin mencari "asisten suara rumah," tetapi dengan pencarian suara mereka bisa mengatakan, "apakah asisten suara rumah terbaik?"

Jadi, Anda perlu melakukan brainstorming jenis pertanyaan apa yang orang mungkin tanyakan terkait dengan kata kunci target Anda.

Banyak tool yang dapat membantu Anda untuk melakukan hal ini.

Sebagai contoh, jawaban publik saat ini telah menjadi tool SEO yang populer. Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan kata kunci utama, dan itu akan mengembalikan peta dan daftar pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan kata kunci tersebut:

Google Penelusuran juga memiliki fitur "orang juga bertanya" yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan lebih banyak ide pertanyaan. Cukup ketik pertanyaan yang sudah anda lakukan dan itu akan menampilkan pertanyaan terkait lainnya:

Melakukan analisa kata kunci dari website pesaing juga perlu kita lakukan agar kita bisa melakukan kompetisi secara fair untuk mendapatkan traffic organik dari para pengguna search engine. Anda bisa mencari tahu mengenai 5 langkah untuk melakukan analisa kata kunci terhadap website pesaing.

2. Struktur Situs Web & Pengembangan Konten

Saat membangun strategi konten untuk pengoptimalan penelusuran suara, Anda perlu untuk memetakan pertanyaan ke berbagai titik perjalanan user, yang memastikan pertanyaan anda tersebut tersedia melalui penelusuran suara pada setiap tahap kebutuhan user.

Pertimbangkan contoh di poin ini pada history pelanggan / user:


  • Kesadaran: "apa asisten suara rumah terbaik?"
  • Ketertarikan: "Bisakah Anda melakukan panggilan telepon melalui Google Home?"
  • Evaluasi: "Siapakah yang cerdas Siri atau Google?"
  • Pembelian: "Berapa biaya Amazon echo?"
  • Dukungan pelanggan: "Mengapa Google Home terkadang tidak merespons?"
  • Loyalitas: "produk apa yang berfungsi dengan Google Home?"
Cobalah untuk mengatur pertanyaan yang Anda ucapkan ke dalam kategori yang berbeda yang memetakan ke perjalanan pelanggan.

Seorang internet marketer Benu Aggarwal baru-baru ini membahas pengembangan konten pencarian suara di SMX Advanced, menjelaskan tiga jenis konten utama yang bekerja dengan baik untuk optimasi pencarian suara:


  1. Tujuan dari informasi (panduan, How-TOS, dll.)
  2. Tujuan dari navigasi (lokasi toko, Layanan, siaran pers, Info Layanan pelanggan)
  3. Tujuan dari transaksi (video, informasi produk, perbandingan, cerita produk)

Strategi aggarwal yakni dengan melakukan integrasi halaman FAQ ke dalam setiap bagian utama dari situs Anda.

Berikut adalah arsitektur situs dan konten terkait contoh dari presentasinya:

Strateginya bukan satu-satunya cara Anda dapat mengoptimalkan untuk pencarian suara, tetapi menggambarkan bagaimana optimasi suara yang detail dapat menembus ke dalam struktur situs Anda dan strategi konten, jika Anda membiarkannya.

Ada beberapa perubahan tingkat permukaan yang dapat dibuat pada konten agar lebih ramah suara, tetapi jauh dari tingkat pilihan Anda.

Jika Anda ingin memaksimalkan kemampuan pencarian suara, Anda harus membeli dari berbagai penyedia layanan (pengembang, perancang, pembuat konten, dsb.).

3. Pengoptimalan Data Terstruktur

Pengoptimalan Data Terstruktur
web struktur data

Bagaimana anda mampu untuk mengoptimalkan penelusuran suara / pencarian suara. Mengetahui mana yang sedang hits dan mana yang tidak.

Tidak seperti ketika anda mendapatkan hasil pencarian biasa, di mana hasil kedua untuk permintaan pencarian cenderung menarik banyak lalu lintas yang berharga, pencarian suara hanya mengembalikan satu jawaban ke pencari dari satu hasil optimal terbaik.

Jadi kunci nyata untuk optimasi pencarian suara adalah membuat konten Anda serelevan mungkin dengan Google untuk query tertentu.

Memastikan halaman Anda mudah untuk merangkak (di crawling) adalah salah satu bagian dari ini. Jika Anda belum melakukannya, buat sitemap dan kirimkan ke Google Search Console.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu Google bots lebih memahami konten Anda dan relevansinya adalah dengan menggunakan data terstruktur (skema) markup.

Markup data terstruktur membantu Anda membuat metadata untuk konten yang memberi tahu Google tentang hal yang akan terjadi namun tidak memengaruhi tampilan konten Anda di sisi pengguna.

Berikut ini contoh beberapa jenis informasi yang dapat Anda identifikasi untuk Google bot sehingga mereka lebih memahami relevansi konten Anda terhadap queri penelusuran suara:

  • Produk
  • Tempat
  • Orang
  • Organisasi
  • Peristiwa
  • Resep
  • Ulasan
  • Cara-untuk konten
  • Artikel berita dan karya kreatif lainnya

Markup data terstruktur tidak mempengaruhi peringkat Anda secara langsung, tetapi dapat membantu memberikan dorongan dalam hasil penelusuran suara dengan mengilustrasikan relevansi konten Anda untuk kueri tertentu.

Menggunakan data terstruktur juga merupakan praktik SEO yang baik secara keseluruhan, karena dapat membantu Google menampilkan elemen konten Anda di hasil penelusuran.

Setelah menerapkan markup data terstruktur untuk halaman yang dioptimalkan untuk Suara, Anda dapat menggunakan alat pengujian data terstruktur Google untuk memeriksa pekerjaan Anda. Lalu, kirim sitemap baru itu ke Search Console.

4. Pertimbangkan untuk Membuat Google Actions atau Alexa Skills


Strategi lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten Anda lebih mudah diakses untuk asisten rumah pengguna adalah menciptakan tindakan pada Google App atau membangun keterampilan kustom di Alexa.

Tindakan ini pada dasarnya adalah perangkat lunak yang memperluas kemampuan Google assistant (atau Alexa) untuk berinteraksi dengan konten Anda (atau aplikasi jika Anda memilikinya).

Tindakan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan bolak-balik dengan aplikasi atau konten Anda, membuatnya lebih relevan dan berharga bagi pengguna perintah suara terutama dalam hal penelusuran suara.

Direktori Google Assistant sudah diisi dengan banyak tindakan yang tidak terpakai yang pemasar buat hanya demi "pengoptimalan penelusuran suara."

Jika Anda membuat Action dan menginginkannya agar menjadi terbiasa, maka hal tersebut harus berguna dan dioptimalkan untuk kebutuhan pengguna asisten suara seperti suara google voice atau google assistant.

Anda dapat Membuat Berbagai Tindakan untuk Aplikasi.

Jika Anda ingin memiliki tindakan yang berbasis konten, sebagai contoh misalnya anda memerlukan untuk podcast, resep, atau publikasi berita yang sudah menggunakan markup data terstruktur dan Accelerated Mobile Pages (AMP), maka semua yang perlu Anda lakukan adalah mengklaim tindakan Anda melalui direktori.

5. Mobile Friendly adalah Ramah Suara


Update algoritma pencarian dalam beberapa tahun terakhir telah membuat pemasaran mesin pencari pada lingkungan "Mobile-fisrt".

Tidak ada yang tahu apakah pada suatu hari nanti prioritas mobile first akan beralih pada hasil suara yang ramah, tetapi tidak akan membuahkan hasil akhir yang mengejutkan berdasarkan manfaat pencarian penulusuran suara dan lintasan pertumbuhan saat ini.

Untungnya, mengoptimalkan untuk masing-masing pengalaman strategi pencarian ini tidak saling tergantung secara eksklusif.

Ingat bahwa sebagian besar pencarian suara sebenarnya berasal dari perangkat mobile. Dan banyak dari apa yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan pencarian suara atau penelusuran suara juga bermanfaat untuk optimasi Mobile-First.

Sebagai contoh:

Dengan penelusuran suara mampu meningkatkan kecepatan situs

Situs internet marketing ternama seperti Backlinko misalnya, telah melakukan analisis potensi faktor peringkat pencarian suara dan menemukan bahwa hasil loading pencarian suara 52 persen lebih cepat daripada rata-rata Halaman:

Kecepatan halaman adalah faktor peringkat terhadap penggunaan seluler karena pengguna mengharapkan hasil yang cepat saat mencari informasi di mana saja.

Jadi meningkatkan kecepatan halaman dan situs yang berharga untuk kedua strategi yaitu.

Menggunakan AMP & data terstruktur

Seperti yang dijelaskan di atas, menggunakan data terstruktur dapat membantu membuat konten Anda lebih relevan untuk hasil penelusuran suara, dan Anda harus menggunakan AMP jika ingin memiliki tindakan di Google App.

Data terstruktur juga dapat membuat konten Anda mudah diringkas dan dikonsumsi dalam hasil penelusuran yang muncul di ponsel. Halaman yang dioptimalkan AMP juga sangat diprioritaskan dalam hasil penelusuran seluler.

Mengoptimalkan untuk Hasil Pencarian Lokal

Persentase yang jauh lebih tinggi dari penelusuran seluler dan suara adalah query yang  berbasis lokasi.

Orang menggunakan browser web seluler atau kemampuan penelusuran suara telepon untuk mendapatkan informasi (mis., lokasi, jam kerja, produk yang tersedia) tentang bisnis lokal yang mereka rencanakan untuk dikunjungi.

Jadi, semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan situs Anda dan konten untuk hasil pencarian lokal, maka akan semakin baik terhadap peringkat website anda terhadap penelusuran pada search engine.

Mengklaim listingan bisnis Anda melalui Google Mybusiness adalah langkah pertama. Kemudian kembangkan konten yang dengan mudah menjawab pertanyaan berbasis lokasi.

6. Bersiaplah untuk Perkembangan Masa Depan


Sampai di sini sudah ada banyak langkah yang dapat Anda ambil hari ini untuk memasukkan optimasi penelusuran suara ke dalam strategi SEM (Search Engine Marketing) Anda, dan semua ini barulah permulaan.

Asisten suara seperti google assistant saat ini menjadi populer.

Orang belajar lebih banyak tentang kemampuan tool penelusuran suara ini, dan mungkin juga menjelajahi lebih banyak kemampuan perintah suara pada perangkat mobile mereka dan dapat melihat bagaimana hasilnya.

Sementara itu, Google, Amazon, Microsoft, dan pemain utama lainnya terus-menerus mengembangkan fitur baru dan kemampuan untuk membantu pertumbuhan penggunaan pencarian dengan penelusuran suara.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tetap di atas permainan pencarian dengan penelusuran suara adalah untuk selalu siap dengan perkembangan masa depan saat mereka datang.

Semakin banyak orang mengadopsi teknologi, semakin banyak wawasan yang akan anda dapatkan mengenai bagaimana bisnis Anda dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui pencarian penelusuran suara.

Fakta bahwa Google memiliki rencana untuk menambahkan data query suara ke Search Console di masa mendatang adalah salah satu contoh penting pengembangan yang dapat kita nantikan.

Menambahkan data query suara ke dalam Search Console berarti Anda akan memiliki wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan dipersonalisasi tentang bagaimana pengguna telah menjangkau situs web Anda melalui penelusuran suara.

Kesimpulan

Pada titik ini, tidak ada cara untuk mengetahui apakah perintah penelusuran suara suatu hari akan mendominasi query pencarian.

Apa yang sudah jelas: perintah penelusuran suara yang siap untuk memiliki dampak besar pada search engine marketing.

Mengingat bahwa hampir semua langkah yang dapat Anda ambil untuk mengoptimalkan pencarian suara yang bermanfaat untuk upaya SEM (Search Engine Marketing) Anda secara keseluruhan, keputusan untuk fokus pada optimasi penelusuran suara harus menjadi sesuatu yang mudah.

Menggabungkan strategi ini ke dalam upaya Anda melakukan optimasi secara keseluruhan dapat membantu memastikan Anda siap untuk menangkap lalu lintas suara baru sebagai adopsi yang terus berkembang.



Reff :
#penelusuransuara, #suaragooglevoice, #okgoogle, #googleassistant, #asistengoogle, #downloadgoogle suara
searchenginejournal(dot)com

No comments for "Pengoptimalan penelusuran suara: 6 perubahan besar yang harus Anda lakukan"

Berlangganan via Email