Widget HTML Atas

BAGAIMANA MENINGKATKAN TRAFFIC ORGANIK ARTIKEL LAMA HINGGA 150 % dalam 30 HARI

Bagaimana cara meningkatkan lalu lintas organik dari artikel yang sudah pernah kita publish? 

Ini adalah rahasia SEO yang diabaikan oleh para profesional SEO yang paling berpengalaman sekalipun.

meningkatkan traffic organik artikel lama google

Dalam artikel studi kasus kali ini di ambil dari studi kasus Sandeep Malya yang ia bagikan di web blog nya 99signals dot com.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana ia mampu meningkatkan lalu lintas organik ke salah satu posting nya sebesar 146% hanya dalam 30 hari?

Dalam artikel ini, saya akan membagikan proses 5 langkah tepat yang ia gunakan untuk meningkatkan lalu lintas pencarian untuk artikel lama yang kehilangan lalu lintas.

Tidak hanya itu, pos ini yang awalnya diterbitkan pada pertengahan 2017, berada di peringkat # 5 di Google untuk kata kunci yang sudah tertarget. Tepat sebulan kemudian, peringkatnya ada di posisi # 1.

Sejak itu, ia telah mencoba teknik SEO yang sangat efektif ini dengan beberapa postingannya yang lain juga dan itu bekerja seperti sulap.

Dan di pos ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda bisa mencoba teknik ini dan menyaksikan hasil yang fenomenal.

Mari kita mulai.


Mendapatkan Inspirasi: Optimalisasi Historis dan Peluncuran Kembali Konten

Saya akan melakukan ketidakadilan jika saya tidak menghargai pos yang mengilhami saya untuk mencoba teknik ini. Ada dua posting yang membuka jalan bagi eksperimen SEO Sandeep Malya.

Yang pertama adalah posting oleh HubSpot berjudul, "The Blogging Tactic No One Is Talking About: Optimizing the Past"

traffic organic seo backlink berkualitas

(sumber gambar: 99signals)

Dalam posting tersebut, Pamela Vaughan dari HubSpot mengungkapkan strategi blogging yang disebut "optimasi historis."

Inilah cara dia mendefinisikannya:

Optimalisasi historis berarti memperbarui dan mengoptimalkan konten blog "lama" Anda menjadi lebih segar, terkini, dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak konversi dan lalu lintas pencarian organik daripada yang sudah ada.

Dengan kata lain, optimisasi historis adalah proses meluncurkan kembali artikel lama dengan informasi baru dan terbaru dalam upaya untuk meningkatkan lalu lintas pencarian dan konversi.

Menggunakan optimasi historis, HubSpot mampu meningkatkan jumlah tampilan pencarian organik bulanan dari posting lama dengan peningkatan rata-rata menjadi sekitar 106%.

traffic organic seo backlink berkualitas 2

(sumber gambar: 99signals)

Sejak itu, optimasi historis telah menjadi bagian integral dari strategi blogging HubSpot, dan mereka memiliki banyak posting blog, studi kasus, dan bahkan sebuah e-book yang didedikasikan untuk proses tersebut.

Posting kedua yang mendorong Sandeep Malya untuk mencoba teknik ini adalah posting peluncuran konten Brian Dean yang disebut, "Bagaimana Mendapatkan 260,7% Lebih Banyak Lalu Lintas Organik Dalam 14 Hari."

traffic organic seo backlink berkualitas 3

(sumber gambar: 99signals)

Secara kebetulan, artikel optimasi historis HubSpot mengilhami Brian Dean untuk mencoba teknik SEO ini di Backlinko. Dalam waktu 2 minggu setelah memperbarui dan meluncurkan kembali posting lama, lalu lintas mesin pencari organik untuk posting itu naik sebesar 260,7%.

Setelah mengetahui tentang pertumbuhan eksponensial dalam traffic yang dicapai oleh HubSpot dan Backlinko, saya tahu saya harus mencoba teknik ini untuk melihat apakah itu berhasil.

Maka mulailah eksperimen SEO Sandeep Malya yang akan kita baca setelah ini ...

Eksperimen SEO yang Menghasilkan Peningkatan Lalu Lintas Pencarian

Dia pertama kali mencoba teknik SEO ini dengan artikel ini:

traffic organic seo backlink berkualitas 4

(sumber gambar: 99signals)

Pada saat mengoptimalkan posting, posisinya berada di posisi # 5 untuk istilah kata kunci target, "movies for entrepreneurs." Kata kunci / keyword tersebut mengambil hampir 2.500 pengunjung organik bulanan, tetapi dia telah melihat tren turun dalam lalu lintas pencarian dalam 3 bulan terakhir.

Dia tahu itu bisa mendorong lebih banyak lalu lintas organik dan berpotensi menjadi peringkat # 1 dengan beberapa penyesuaian.

Jadi dia memutuskan untuk memperbarui dan meluncurkan kembali artikel tersebut.

Tepat satu bulan kemudian, posting blog mendapatkan 146% lebih banyak lalu lintas organik (mis., 5.956 kunjungan vs. 2.419 kunjungan.)

traffic organic seo backlink berkualitas 5

(sumber gambar: 99signals)

Selanjutnya, artikel tersebut telah naik dalam peringkat pencarian. Artikel tersebut sekarang berada di posisi # 1 untuk kata kunci volume tinggi seperti "movies for entrepreneurs" dan "entrepreneur movies," mengungguli pesaing otoritatif seperti HubSpot, Entrepreneur, dan Lifehack.

traffic organic seo backlink berkualitas 6

(sumber gambar: 99signals)

Setelah dia melihat traffic dan rangking yang diterima posting ini, dia yakin teknik ini benar-benar berhasil. Jadi dia memutuskan untuk memperbarui dan meluncurkan 5 artikel lainnya di blog Sandeep Mallya.

Inilah hasilnya:
  • Cara Mendapatkan Tautan Balik Berkualitas Tinggi dengan Infografis mendapatkan peningkatan lalu lintas pencarian sebesar 16,91%
  • 10 Acara TV Terbaik untuk Pengusaha mendapatkan peningkatan 94,43% dalam lalu lintas organik
  • 27 Podcast Pemasaran Terbaik menerima peningkatan traffic pencarian sebesar 15,96%
  • 10 Saluran YouTube Terbaik untuk Pengusaha mendapatkan peningkatan 59,21% dalam lalu lintas pencarian
  • Cara Melacak Iklan Facebook di Google Analytics menerima peningkatan lalu lintas organik sebesar 693,44%.

Betul. Posting terakhir yang ditampilkan di sini menghasilkan peningkatan 693,44% dalam lalu lintas pencarian. Tetapi lebih lanjut tentang itu nanti.

Mari pertama-tama jelajahi proses 5 langkah yang memungkinkan anda untuk meningkatkan lalu lintas organik dari blog anda.

Proses 5 Langkah ke Tingkatan Tinggi

Langkah 1: Identifikasi postingan yang membutuhkan pembaruan

Langkah pertama, dan mungkin yang paling penting, adalah mengidentifikasi posting di blog Anda yang membutuhkan pembaruan.

Anda harus memilih posting yang sudah mendapatkan jumlah lalu lintas organik yang layak dan yang sudah mendapatkan peringkat di halaman 1 untuk kata kunci target Anda.

Ini bukan untuk mengatakan posting yang berperingkat di luar halaman 1 tidak layak mendapat pembaruan. Mereka tentu saja sangat bisa untuk mendapatkan pembaharuan juga. 

Panduan Sandeep untuk melacak iklan Facebook di Google Analytics, yang dia perbarui dan luncurkan kembali, sedang menggelepar di halaman 2 Google.

Setelah diluncurkan kembali, lalu lintas organik ke postingan mampu melambung tinggi.

traffic organic seo backlink berkualitas 7

(sumber gambar: 99signals)

Karena itu, Anda harus memiliki prioritas. Setelah selesai mengoptimalkan postingan organik teratas yang kehilangan lalu lintas, Anda dapat beralih ke postingan yang lainnya.

Jadi, bagaimana Anda mengidentifikasi posting yang kehilangan lalu lintas organik?

Anda dapat melakukan ini dengan cara manual dengan menggali data Google Analytics Anda untuk melihat halaman mana yang berkinerja buruk.

Atau Anda dapat menggunakan Animalz Revive Tool, alat gratis yang disinkronkan dengan data lalu lintas Google Analytics Anda untuk menunjukkan kepada Anda mana dari posting Anda yang kinerjanya buruk.

traffic organic seo backlink berkualitas 8

(sumber gambar: 99signals)

Anda hanya perlu memasukkan alamat email Anda dan dalam beberapa jam, Animalz akan berbagi laporan rinci yang menunjukkan semua halaman di situs Anda dengan penurunan lalu lintas terbesar.

Untuk memulai, Anda dapat memilih salah satu dari posting ini dan melanjutkan ke langkah # 2.

Langkah 2: Tingkatkan konten Anda dengan informasi baru

Setelah Anda mengidentifikasi postingan artikel yang membutuhkan pembaruan, langkah selanjutnya adalah memutakhirkan artikel Anda dengan informasi baru.

Artikel "Best Movies for Entrepreneurs" awalnya diterbitkan pada 26 Juli 2017. Saat itu, daftar hanya terdiri dari 14 film. Menjadi penggemar film seperti anda, anda tahu kalau anda bisa menambahkan lebih banyak. Plus, ada rilis dari 2018 dan 2019 yang bisa membuat artikel lebih segar.

Dia juga memperhatikan bahwa artikel lain yang berada pada peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk istilah kata kunci yang dia targetkan hanya memiliki 10-15 film yang ditampilkan dalam daftar mereka. Jadi dia tahu dia bisa membuat artikel nya yang menonjol dengan memasukkan lebih banyak rekomendasi film untuk pengusaha, dan mungkin, mengungguli pesaing nya dalam hasil pencarian.

Jadi dia menambahkan 7 film lagi ke daftar, melengkapi daftar menjadi 21 film.

Sandeep juga meningkatkan struktur tautan internal dengan menambahkan tautan ke sumber daya lain yang relevan bagi pengusaha di blog nya di tempat-tempat strategis dalam artikel.

traffic organic seo backlink berkualitas 9

(sumber gambar: 99signals)

Dia juga memastikan bahwa artikel itu memiliki keyword / kata kunci telah dioptimalkan, yang membawa dia ke langkah selanjutnya.

Langkah 3: Optimalkan kata kunci target Anda

Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan kata kunci target Anda.

Dia terutama menargetkan kata kunci "movies for entrepreneurs" dan "entrepreneur movies" - keduanya memiliki volume pencarian global bulanan 7.300.

traffic organic seo backlink berkualitas 10

(sumber gambar: 99signals)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, artikel Sandeep berada di peringkat #5 untuk kata kunci ini, jadi dia tahu ada ruang untuk perbaikan.

Ada dua elemen penting yang perlu diingat saat mengoptimalkan kata kunci di situs Anda:
  1. Frekuensi kata kunci
  2. Kata Kunci LSI

Frekuensi kata kunci / Keyword


Frekuensi kata kunci adalah berapa kali kata kunci target Anda muncul di postingan Anda.

Dia menyarakan untuk Anda menggunakan kata kunci tertarget dengan hemat dalam konten Anda. Ada saat ketika itu adalah praktik umum dalam SEO untuk memasukkan kata kunci di mana saja di konten Anda. Google mengakhiri praktik black hat ini ketika meluncurkan pembaruan algoritma Panda pada 2011.

Jika Anda mengisi banyak kata kunci hari ini, situs Anda akan dihukum oleh Google dan peringkat pencarian Anda akan sangat terpengaruh.

Jadi jangan berlebihan dengan kata kunci target Anda. Ulangi mereka tidak lebih dari 2-3 kali di konten Anda.

Alih-alih, gunakan variasi kata kunci yang berbeda dari kata kunci unggulan Anda di tempat-tempat strategis. Dan gunakan hanya jika Anda yakin mereka akan menambah kedalaman dan nuansa pada konten Anda.

Langkah ini akan membawa anda ke poin berikutnya ...


Kata Kunci LSI


Kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI) adalah "sinonim dan istilah yang terkait erat" yang digunakan Google untuk menentukan relevansi dan kualitas konten Anda. Dengan kata lain, kata kunci LSI adalah frasa yang terkait erat dengan kata kunci utama Anda.

traffic organic seo backlink berkualitas 11

(sumber gambar: 99signals)

Ketika datang ke kata kunci LSI, komunitas SEO terpecah. Beberapa percaya menambahkan kata kunci LSI membantu Google memahami konten Anda lebih baik sementara yang lain percaya itu membuang-buang waktu.

Dalam pengalaman saya, saya telah melihat bahwa menambahkan kata kunci LSI membantu meningkatkan peringkat. Dan tentu saja membantu dalam kasus ini.

Saat Anda menerbitkan artikel bentuk panjang, kemungkinan Anda akan menggunakan kata kunci LSI secara alami di konten Anda.

Karena itu, tidak ada ruginya untuk meneliti kata kunci LSI Anda sebelumnya dan memeriksa berbagai metrik kata kunci untuk semua variasi kata kunci yang pada akhirnya akan Anda gunakan dalam konten Anda.

Dia menggunakan Alat Sulap Kata Kunci SEMrush dan pencarian terkait Google untuk tugas ini, tetapi Anda dapat menemukan kata kunci LSI dengan alat penelitian kata kunci apa pun yang saat ini Anda gunakan.

Iterasi pertama postingan Sandeep kurang pada kata kunci LSI. Jadi dia memutuskan untuk menaburkan beberapa frasa terkait di sana-sini.

Pertama, saya menghubungkan kata kunci target saya ke SEMrush’s Keyword Magic tool:

traffic organic seo backlink berkualitas 12

(sumber gambar: 99signals)

Dia telah menemukan hampir 300 variasi untuk kata kunci target nya, tetapi berdasarkan konteks posting nya, ini adalah kata kunci yang akhirnya dia gunakan:
  • "movies every entrepreneur should watch"
  • “best biography movies”
  • “best entrepreneur movies”
  • “inspiring movies for entrepreneurs”
  • “best startup movies”

Selanjutnya, dia menggunakan pencarian Google dan menemukan pencarian terkait ini tepat di bagian bawah halaman 1:

traffic organic seo backlink berkualitas 13

(sumber gambar: 99signals)

Karena dia sudah menerima beberapa validasi dari SEMrush sebelumnya, dia akhirnya menggunakan istilah kata kunci "inspiring movies for entrepreneurs" beberapa kali dalam konten nya.

Catatan situs: Jika Anda ingin menjelajahi fitur-fitur utama SEMrush, dapatkan akses gratis ke paket GURU SEMrush selama 30 hari dengan mengklik di sini (bernilai $ 199,95)

Langkah 4: Tambahkan visual baru

Menambahkan visual ke konten Anda adalah kunci dalam meningkatkan keterlibatan dan meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda.

Ketika digunakan secara strategis, gambar dan video dapat melengkapi konten Anda dan memberikan jeda visual dari teks.

Metrik keterlibatan untuk artikel yang Sandeep perbarui sudah cukup baik, tetapi dia tahu ada satu perubahan besar yang bisa dia lakukan, yaitu, untuk mengubah grafik blog utama atau gambar utama untuk posting tersebut.

Ketika dia pertama kali menerbitkan artikel ini pada tahun 2017, dirinya merancang sendiri grafis blog menggunakan alat desain online seperti Canva dan Venngage. Sejak itu, blog nya telah melalui perombakan desain utama dan dia mengalihdayakan sebagian besar pekerjaan desain nya ke Design Pickle.

Seperti halnya dengan sebagian besar gambar fitur lainnya di blog nya, dia mempercayakan desainer berdedikasi di Design Pickle untuk membayangkan kembali gambar unggulan untuk artikel ini.

traffic organic seo backlink berkualitas 14

(sumber gambar: 99signals)

Seperti yang Anda lihat, ada perbedaan yang luar biasa dalam hal kualitas desain ini. Jelas, yang terakhir dirancang oleh desainer profesional dengan pengalaman bertahun-tahun.

Sekarang saya tidak menyarankan Anda menyewa perancang khusus untuk blog Anda (meskipun itu mungkin membantu). Yang saya sarankan adalah Anda menambahkan gambar unik, tangkapan layar, dan bahkan video untuk menguraikan beberapa poin Anda.

Dengan beberapa posting nya yang lain di mana topiknya sedikit lebih kompleks, dia telah menggunakan grafik dan tangkapan layar explorer di mana pun relevan, seperti dalam postingan ini di sini:

traffic organic seo backlink berkualitas 15

(sumber gambar: 99signals)

Jadi pastikan artikel Anda yang diperbarui memiliki visual baru dan lebih baik untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan waktu tinggal di situs Anda.

Langkah 5: Luncurkan kembali posting

Setelah pos Anda yang diperbarui siap, sekarang saatnya untuk meluncurkannya kembali.

Inilah langkah penting: Anda perlu mengubah tanggal "terbitan" artikel Anda. Perubahan kecil ini tidak hanya akan memastikan bahwa posting Anda yang diperbarui ada di bagian atas umpan blog Anda, tetapi tanggal "diterbitkan" juga akan disorot di halaman hasil pencarian.

traffic organic seo backlink berkualitas 16

(sumber gambar: 99signals)

Tidak ada yang mau mendarat di artikel yang sudah ketinggalan zaman. Karena Anda telah memperbarui artikel Anda dengan informasi baru dan segar, masuk akal jika Anda mengubah tanggal "diterbitkan".

Hampir semua blog dan publikasi utama mengikuti praktik ini. Faktanya, ini adalah bagian dari strategi inti Ahrefs.

traffic organic seo backlink berkualitas 17

(sumber gambar: 99signals)

Pastikan Anda menambahkan catatan di akhir artikel sehingga pembaca Anda tahu itu adalah posting yang diperbarui.

traffic organic seo backlink berkualitas 18

(sumber gambar: 99signals)

Untuk mengubah tanggal "terbitkan" Anda di WordPress, navigasikan ke bagian "Terbitkan" dari posting Anda, klik edit, ubah tanggal menjadi hari ini, dan klik "Perbarui."

traffic organic seo backlink berkualitas 19

(sumber gambar: 99signals)

JIka itu semua sudah anda lakukan, Anda sudah siap.

Setelah selesai memperbarui dan meluncurkan kembali artikel, Anda dapat kembali ke langkah #1 dan ulangi seluruh proses lagi untuk posting blog lain yang berkinerja buruk di SERP.

Langkah Bonus: Curi Backlink Pesaing Anda

Terkadang konten yang bagus tidak memerlukan peringkat backlink yang otoritatif. Dengan artikel khusus ini, tentu saja itu karena dia dapat peringkat di halaman 1 Google tanpa secara aktif mencoba membangun backlink. Semua tautan yang saat ini mengarah ke artikel ini dibuat secara alami.

Mungkin Matt Cutts benar selama ini ...

traffic organic seo backlink berkualitas 20

(sumber gambar: 99signals)

Tapi dia tidak pernah seberuntung ini.

Dalam sebagian besar kasus, dia harus membuat authoritative backlink untuk mulai memberi peringkat pada halaman 1 untuk kata kunci target nya. Dalam hal demikian, saya hampir selalu mengandalkan kombinasi riset pesaing dan penjangkauan blogger.

Inilah cara Anda harus melanjutkan:

Periksa semua halaman peringkat teratas untuk kata kunci target Anda. Anda bisa mendapatkan data ini dengan menggunakan SEMrush atau Ahrefs

Publikasikan konten yang lebih baik daripada pesaing Anda seperti yang dijelaskan pada langkah # 2. Tambahkan sesuatu yang unik seperti yang disorot di langkah # 4.
Lakukan kampanye penjangkauan tautan dengan mengirim email yang dipersonalisasi ke setiap publikasi / blogger yang telah menautkan ke pesaing Anda.

Sorot beberapa hal yang unik dalam konten Anda dan berikan alasan mengapa posting Anda lebih mendalam daripada pesaing Anda. Anda dapat menggunakan alat penjangkauan ini untuk tugas khusus ini.

Tidak semua blogger dan publikasi akan menanggapi email Anda. Tidak apa-apa. Jika konten Anda informatif dan mendalam, dan Anda telah memberikan alasan kuat dalam email Anda mengapa mereka harus menautkan ke konten Anda, Anda akan segera mencapai keberhasilan dalam upaya membangun tautan Anda.

Membangun tautan bisa dibilang salah satu aspek SEO paling menantang. Tapi itu bukan tidak mungkin. Dibutuhkan waktu, keterampilan, dan upaya untuk menguasai teknik ini, tetapi begitu Anda melihat hasilnya, Anda akan memahami mengapa ini adalah salah satu keterampilan SEO yang paling dicari.

Berikut adalah beberapa sumber di blog saya yang dapat membantu Anda dengan analisis pesaing dan pembuatan tautan:

  • Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi (25 Teknik Terbukti)
  • Bagaimana Melakukan Analisis Pesaing dengan SEMrush [Panduan Lengkap]
  • Cara Mendapatkan Tautan Balik Berkualitas Tinggi dengan Infografis

Akhir Kata

Sekarang setelah Anda mengetahui proses 5 langkah untuk meningkatkan lalu lintas organik, saatnya Anda mencoba teknik SEO ini.

Tapi ingat: Pembaruan konten tidak boleh menjadi pengganti untuk menerbitkan konten baru. Pastikan Anda mematuhi kalender konten dan mempublikasikan artikel baru pada waktu yang tepat untuk membuat pembaca Anda tetap terlibat.


Berlangganan via Email