Widget HTML Atas

CARA MEMBUAT NASI UDUK YANG ENAK DENGAN RESEP NASI UDUK

Nasi Uduk merupakan salah satu jenis makanan yang sering kita jumpai, bagaimana tidak nasi uduk menjadi salah satu makanan yang sering ada pada saat sarapan. Tidak heran nasi uduk cukup mudah di temui di warung-warung atau di pinggir jalan dekat rumah kita. Bahkan sekarang restoran ternama mengelurkan menu Nasi Uduk MCD tentunya dengan harga yang lebih mahal di bandingkan dengan nasi uduk deket rumah.

Nasi Uduk
Nas Uduk


Pada artikel kali ini kita akan coba memberikan tips resep nasi uduk, cara membuat nasi uduk yang bisa anda coba langsung di rumah, siapa tau nanti hasil masakannya enak dan di sukai keluarga anda dan bisa di jadikan sebagai peluang usaha rumahan.

Sejarah Singkat Nasi Uduk

Nasi uduk atau dalam bahasa Belanda Rijst vermengd met onrust van de liefde atau disingkat Jaloerse rijst adalah nama makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. 

Makanan ini ditemukan oleh penduduk pulau Jawa sekitar tahun 1910-1924 dan dipopulerkan oleh Hindia Belanda setelahnya. 

Nasi uduk biasa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar / telur goreng yang teriris, dan abon kering, tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun serta sambal kacang. 

Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam. Pada malam hari, biasanya nasi uduk dijual di pinggir jalan raya di kota-kota besar. 

Nasi uduk banyak dijual di kota-kota dan berbagai wilayah di Indonesia Selatan, yaitu pulau Jawa, dan cukup sulit untuk ditemukan di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan lain-lain.

Resep nasi uduk

Bumbu Nasi Uduk

  • 300g beras, cuci bersih
  • 250 ml air
  • 200 ml santan encer dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 cm lengkuas
  • 1.5 sdt Royco Kaldu Ayam

Bahan bumbu kacang

  • 250 g kacang tanah, sangria
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 buah cabai merah, sangria
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk limau, ambil airnya
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm Bango Kecap Manis Light
  • 300 ml air matang

Cara Membuat Nasi Uduk

Rebus air dan santan, lalu masukkan daun salam, serai, lengkuas dan Royco Kaldu Ayam. Aduk hingga mendidih.

Masukkan beras, masak dengan api sedang hingga air habis. Matikan api.

Siapkan panci kukus dan tuang campuran beras ke dalam dandang. Kukus selama 25 menit hingga nasi matang dan tanak.

Cara membuat bumbu kacang: Masukkan kacang bersama cabai merah, daun jeruk, air jeruk limau, gula dan garam ke dalam blender dan haluskan. Tuangkan Bango Kecap Manis Light. Haluskan lagi hingga semua tercampur rata. Tuangkan air matang dan aduk hingga rata.

Nasi uduk siap disajikan dengan taburan bawang goreng, bersama bahan pelengkap sesuai selera, seperti tahu, tempe goreng, dan telur dadar.

Cara Membuat Nasi Uduk dari Rice Coocker

Perhatikan takaran santan

Gunakan santan dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang nasi uduk yang dibuat dengan cara manual. Perhatikan pula santan yang digunakan. Santan kental akan menghasilkan nasi uduk yang gurih, tapi kurang mekar. Sementara itu, santan encer akan menghasilkan nasi uduk yang kurang gurih, tetapi mekar. 

Bila nasi uduk disuguhkan hanya bersama telur suwir, lebih baik gunakan santan kental. Jika lauknya banyak, gunakan santan cair.

Jangan langsung buka penutup rice cooker, ketika nasi sudah matan

Cara membuat nasi uduk dengan rice cooker selanjutnya, jangan terburu-buru untuk membuka penutup rice cooker ketika nasi sudah matang. 

Tunggu sampai uapnya hilang. Barulah buka penutup rice cooker. Apabila tutup rice cooker terlalu cepat dibuka, maka uapnya akan keluar. Hasilnya, nasi akan cepat keringnya.

Setelah nasi hilang uapnya, kamu bisa membuka tutup rice cooker. Aduklah nasi hingga gembur. Tutup lagi rice cooker dan biarkan selama 5-10 menit hingga nasi uduk benar-benar matang.

Pilihlah jenis beras yang baik dan pulen.

Sebaiknya, cuci beras dan rendam selama kurang lebih 5-10 menit agar lebih cepat matang.Pastikan takaran beras dan santannya pas, yakni 1:2.

Itulah tips cara membuat nasi uduk dengan rice cooker yang tepat. Selanjutnya yuk langsung praktek membuat nasi uduk sendiri di rumah dengan menggunakan rice cooker.

Mengenal Nasi Uduk McD

Bermula dari sosial medianya pada 21 Maret, McD mengenalkan menu "Nasi Uduk McD" dengan tiga pilihan paket. Di antaranya paket komplit, paket spesial, dan a la carte (nasi uduk dan sambal terasi).

Nasi Uduk McD
Nasi Uduk McD


Dengan tagline "rasa yang tak pernah kamu lupakan", paket komplitnya terdiri dari nasi uduk, ayam krispi, telur goreng, sambal terasi, bawang goreng, dan minuman. Harganya dibanderol Rp 33 ribu (termasuk pajak).
Jika perlu tambahan nasi dan sambal, kamu bisa membayar Rp 13.364 (sebelum pajak), sedangkan untuk sambal saja hanya Rp 4.545 (sebelum pajak).

Review Nasi Uduk McD

Pilihan paket jatuh ke Paket Nasi Uduk McD Komplit dengan Ayam Crispy dan Paket Nasi Uduk McD Komplit dengan Ayam Spicy McD yang dibanderol dengan harga yang sama, yakni Rp 37,5 ribu (sebelum pajak).

Kedua paket ini terdiri dari nasi uduk, ayam goreng tepung, telur mata sapi, sambal terasi, bawang goreng yang dikemas menggunakan wadah plastik. Porsi nasinya cukup sedikit, kira-kira seukuran kepalan tangan orang dewasa. 

Berbeda dengan sambal terasi dan bawang gorengnya yang cukup banyak dan pas untuk satu porsi menu makan.

Aroma wangi santan langsung semerbak saat bungkus nasi dibuka. Sayangnya, saat dicicipi, rasa gurih khas santan justru kurang terasa meski cita rasa santannya cukup kuat. Tekstur dari nasinya pun cukup lembek dan lengket, berbeda dengan nasi uduk pada umumnya yang memiliki tekstur sedikit keras dan bulir-bulir nasinya terpisah.

Begitu juga dengan sajian sambalnya. Sambal terasinya tidak terasa pedas, justru lebih mirip dengan saus tomat, baik dari segi tekstur maupun rasa. Dan, telur mata sapinya pun cenderung bercita rasa hambar.

Untuk sajian ayam gorengnya, rasa dari Ayam Crispy sendiri justru 'tenggelam' di balik rasa nasi uduk. Berbeda dengan Ayam Spicy McD, cita rasa pedasnya mampu menyatu dengan baik saat dikombinasikan dengan nasi uduk. Ditambah dengan taburan bawang goreng yang renyah dan gurih, perpaduan ini menghasilkan perpaduan rasa pedas gurih yang pas.

Menu Nasi Uduk McD tersebut dijual dalam berbagai paket yang berbeda, mulai dari Paket Spesial yang terdiri dari nasi uduk, scramble egg, bawang goreng, dan sambal terasi dengan harga Rp 22,5 ribu (sebelum pajak), hingga Paket Nasi Uduk McD Komplit yang terdiri dari nasi uduk, telur mata sapi, ayam goreng tepung, bawang goreng, sambal terasi, dan teh kemasan seharga Rp 37,5 ribu (sebelum pajak).

Menu ayam gorengnya pun memiliki beberapa varian, yakni berupa Ayam Crispy dan Ayam Spicy McD yang dapat dipilih sesuai selera. Bahkan, menu nasi uduk juga dijual secara terpisah dengan harga Rp 12,5 ribu per buah (sebelum pajak). Sama halnya dengan sambal terasi dan bawang goreng, yang memiliki pilihan paket sendiri seharga Rp 5 ribu (sebelum pajak).

Bagi kamu yang ingin mencicipinya, semua paket ini telah tersedia di seluruh gerai McDonald's Indonesia secara offline maupun melalui delivery.

Tidak ada komentar untuk "CARA MEMBUAT NASI UDUK YANG ENAK DENGAN RESEP NASI UDUK"