Widget HTML Atas

TERNYATA INI YANG DILAKUKAN GOOGLE SAAT ALGORITHMA UPDATE CORE JUNI 2019

Apakah anda tahu kalo ternyata google sering melakukan update algorithma nya? Nah salah satu update core algorithma yang pernah dilakukan google pada tahun 2019 yaitu pada bulan Juni 2019.

Update algorithma inti (core algorithma google) pada kali ini merupakan update core algorithma yang memiliki dampak luas. Ini merupakan update core algorithma sebagai perbaikan yang berani untuk spesialis SEO yang biasanya dirahasiakan oleh simbah :)

Update Google Algorthma Core

GOOGLE UPDATE ALGORITHMA

Lalu seberapa besar efek dari update core algorithma ini terhadap blog anda ? bagaimana efeknya? Apakah berpengaruh secara positif atau kah justru berpengaruh secara negatif terhadap traffic blog anda ?

Seperti halnya update update core algorithma yang dilakukan google, maka update core algorithma google pada Juni 2019 ini pun pasti akan ada pemenang dan juga pecundang yang akan keluar dari hasil perubahan core algorithma google.

Apakah pada tahun ini juga ada update core algorithma? Tentu saja, pada awal tahun ini pun terdapat perubahan / update algorithma google yang akan coba kita ulas pada tulisan yang lain. Semoga para pembaca uang banyak bisa segera mendapatkan informasi update tentang algorithma google tahun ini di uangbanyak.com

Mari kita lihat apa saja yang dilakukan google terhadap perubahan core algorithma nya yang terjadi pada Juni 2019, dan apakah ini berarti akan berdampak pada SEO yang anda lakoni selama ini di blog anda ?


Pembaruan Inti (Core) pada Juni 2019

Sebagaimana kita ketahui, Google telah mengumumkan update algoritma inti (core algorithma nya) pada 2 Juni 2019. Google SearchLiaison dipasangkan dengan menciak, dimana informasi ini sebelumnya mereka posting pada Oktober 2018 lalu. 

Kata menciak adalah merupakan sebuah update tentang update, dan menyebabkan banhyak pembaca yang mencoba untuk menganalisis apakah artinya. Sejatinya, mesin pencari pada dasarnya memberitahu kita untuk tetap tenang dan menghindari membuat perubahan atau "memperbaiki" efek dari update core algorithma tersebut.

Hal ini ditegaskan oleh Danny Sullivan, wajah penghubung pencarian, ketika ia juga dikaitkan dengan menciak tertentu. Seperti juga pada banyak situasi, ini adalah contoh utama tentang bagaimana pencegahan lebih baik daripada mengobati. Dalam jenis contoh ini, konten dapat menghindarkan Anda terkena update setelah di publish. Kualitas konten masih menjadi taruhan terbaik Anda untuk mendominasi SERPs, karena dengan konten yang berkualitas anda sudah memiliki pembaca yang setia. Jangan pernah anda sekali-kali melupakan kualitas konten di blog anda.


Pada hari Senin 3 Juni 2019, Google mengumumkan update core algorithma tersebut dan menggelar jumpa pers nya di pusat data Google:

"Core update Juni 2019 sekarang hidup dan bergulir ke berbagai pusat data kami selama beberapa hari mendatang." demikian uraian di pusat data google tersebut.

Sampai hari ini, Core update algorithma google pada Juni 2019 tidak menunjukkan tanda alarm yang signifikan. Dengan perkiraan volatilitas SERPs masih relatif tenang.

Apakah yang sebaiknya kita lakukan dalam menghadapi update core algorithma google tersebut ?


Berikut ini merupakan panduan resmi yang bisa kita jadikan rujukan dalam menghadapi algorithma google ini

Mungkin sudah banyak publisher dan profesional digital marketing yang membagikan saran-saran mereka. Namun alangkah lebih baik apabila kita merujuk langsung dari panduan resmi google yang merupakan pembuat update core algorithma google sendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Berdasarkan panduan resmi simbah google mengatakan tidak ada yang perlu diperbaiki.

Google terkadang membutuhkan waktu satu minggu sampai sepuluh hari untuk menjalankan update algorithma nya. Jadi yang terbaik adalah menunggu sebelum membuat kesimpulan sendiri mengenai apa yang sedang terjadi dengan website anda.

Update core algorithma google ini berpengaruh luas tanpa menargetkan ceruk tertentu. 

Definisi dari luas di sini berarti sesuatu yang memiliki cakupan yang luas. Siapapun yang menyatakan bahwa update core algorithma ini menargetkan ceruk tertentu misal menargetkan situs dengan niche “kesehatan” misalnya, maka hal tersebut kemungkinan besar keliru.

Pembaruan core algorithma google yang luas ini bisa dikaitkan dengan relevansi konten. Kualitas situs web atau blog yang anda buat tetaplah menjadi faktor yang penting Namun hal ini bukanlah satu-satunya yang menjadi fokus dari algorithma Google yang baru ini.

Perlu anda ketahui bahwa pembaharuan core algorithma Google dengan cakupan yang luas , bukan hanya tentang pembaharuan “kualitas situs”.


Lalu kenapa peringkat blog dan situs web milik saya jadi terjun bebas ?

Ketika anda mencoba untuk mencari tahu kenapa blog yang anda bangun kini peringkatnya terus melorot, jangan lah anda terus mencari apa yang seharusnya anda perbaiki. Sebaliknya, mungkin akan lebih membantu apabila anda bertanya pada diri anda sendiri mengapa situs web dan blog yang anda bangun tidak dilihat oleh google. Ini berarti google menganggap isi blog anda tidak relevan lagi.
Terkadang akan lebih produktif jika anda tidak bertanya-tanya tentang apa yang salah dengan blog ataupun sistus web yang anda bangun.

Jauh lebih produktif untuk mempertimbangkan apa saja yang lebih relevan pada situs-situs yang memiliki peringkat yang baik di mata google.


Relevansi dan Konten Untuk SEO


Tetaplah untuk membuat konten yang relevan melalui konten situs yang berkualitas dan mengoptimalkan situs web akan mampu membantu anda untuk mengatasi pembaharuan algorithma google.

Ketika anda melihat bahwa situs web anda tidak lagi memiliki peringkat di mesin pencari, pasti ada sesuatu yang salah pada konten yang anda sajikan di dalam blog ataupun situs web anda. Anda bisa melihat relevansi situs web anda dan mencoba menempatkan diri dalam prespektif google.


Bagaimana mengetahui relevansi konten kita dengan google ?

Cara terbaik untuk melihat relevansi konten artikel dengan memahami panduan pengujian kualitas penelusuran di mesin pencari seperti google.

Anda bisa lebih banyak melakukan eksperimen dan mencatat semua hasil ekspreimen tersebut hingga bisa membandingkan eksperiman mana yang lebih layak untuk anda terapkan di situs blog anda.

Algorithma pencarian merupakan teman yang bisa kita katakan sudah cukup jadul dan untuk menghadapi banyak suasana hati yang tak menentu akibat hasil pencarian keyword dari blog anda di mesin pencari, maka anda bisa mulai meneliti dengan berpedoman dengan kualitas pencarian google.

Dan hal seperti ini lah yang banyak dikesampingkan oleh para pemain SEO atau pemilik blog. Karena biasanya secara budaya kita yang sangat malas untuk membaca sehingga meskipun sudah ada panduan yang menjelaskan di dokumentasi yang disediakan oleh google, tetap saja kita tidak mau membacanya. (Dalam hal ini mungkin saya termasuk di dalam nya he..he.. )

Apalagi jika ternyata bahasa yang ada di dokumentasi google tidak kita mengerti sebagai orang Indonesia.. :) 

Dapat dipastikan bahwa para pembaca setia situs blog yang anda bangun pasti membutuhkan konten, tidak peduli trend apakah yang saat ini ada di dunia digital dan bagaimana pemanfaatan SEO yang anda terapkan akan berkembang jika Anda tahu bagaimana untuk melayani tujuan Google dan tentu saja untuk memenuhi permintaan pembaca setiap situs web / blog yang anda bangun. 

Maka dari itu jadilah relevan, Anda tidak akan membantu siapa pun dengan konten yang usang. Mungkin inilah cara terbaik bagi anda untuk tetap membaca perspektif ini di dalam pikiran anda. 
Dan hal seperti itulah yang banyak dan sering dilupakan oleh seorang webmaster.

Jadilah produktif dan Hindari memperbaiki hal yang tidak perlu diperbaiki. Terus Optimalkan bloh anda untuk tetap menjaga relevansi. Bersainglah dengan mereka yang memiliki peringkat lebih baik melalui konten dan kualitas link yang baik.


FAVICONS di Search Bar


Meskipun tidak ada yang mengkonfirmasi bahwa ini merupakan bagian dari update core algorithma google, namun anda bisa melihat bahwa akan terllihat favicon di bar pencarian ketika anda sedang melakukan aktivtias pencarian di search bar google.

Ini merupakan perkembangan  baru dari awalnya pencarian itu hanya berupa teks yang ada di search bar, tapi saat ini anda akan melihat favicon dari content artikel yang sedang anda cari di mesin pencarian google, sebagaiman anda bisa lihat berikut ini :


 (gambar)

Atau, bisa jadi google hanya merombak tampilan antarmuka (user interface) di halaman pencarian google.

Tapi apakah ini sinyal bahwa FAVICONS mungkin saja merupakan faktor yang akan diperhitungkan dalam system pemeringkatan website di masa yang akan datang? Siapa tahu, kan?

Ini bisa saja menjadi pertanda bahwa google akan lebih waspada dalam hal pengawasan di wilayah SERPs. Wah apa tuh SERPs, kok saya masih belum tahu hal tersebut.

Bagi para pembaca uang banyak yang belum tahu apa itu SERPs bisa coba googling, karena terlalu banyak artikel yang sudah membahas hal tersebut. Atau anda hanya ingin tahu mengenau SERPs dari website uang banyak, maka anda bisa juga membaca artikel nya di sini .

Dari metode ini, anda mungkin saja berfikir bagaimana kita bisa membangun otoritas yang mampu untuk meningkatkan SERPs web kita di ceruk tertentu. 

(gambar)
Pengetahuan ini didapatkan hanya dari pengamatan semata. Dan sepengetahuan saya belum ada pengumuman yang resmi dari google sendiri, hingga hal ini cukup menarik untuk dijadikan bahan diskusi.

Apakah anda kemudian akan mengoptimalkan favicon blog anda setelah mengetahui informasi ini?

Apa yang harus dilakukan sekarang?

Menurut Google, yang harus anda kerjakan hanyalah duduk dengan tenang. Core algoritma yang berubah tidak berarti anda harus memperbaiki sesiatu di situs web ataupun blog milikm anda.

Sebagai seorang webmaster, maka anda harus selalu memperhatikan laporan kemajuan dan melacak efek pembaharuan secara terus menerus.

Pada pembaharuan kali ini dimaksudkan untuk mengjakarkan pada kita bahwa perbaikan pada konten akan membawa blog anda menjadi tidak terkalahkan apalagi jika kemudian google mengendus situs pesaing anda tidak sesuai dan melanggar kebijakan, maka peringkat kompetitor anda akan terjun bebas

(gambar)

Ketika ada update google algorithma, biasanya akan ada banyak situs yang akan tergulung ombak. Anda bisa melakukan monitoring terhadap situs web anda selama kurang lebih satu minggu sampai sepuluh hari.

Yang perlu anda ketahui, dengan update core algorithma maka ini akan berdampak secaar luas, bukan hanya menarget pada niche tertentu.


Kesimpulannya adalah :

Update core algorithma google pada Juni 2019 merupakan upaya google untuk selalu bisa mendapatkan blog dengan konten yang berkualitas untuk dapat bertengger di halaman deepan google search. Intinya adalah buatlah konten sesuai arahan yang sudah diberikan oleh google.

Relevansi antara konten yang berkualitas dengan otorisasi akan menjadi faktor terbaik yang bisa anda lakukan untuk memenangkan kompetisi pada mesin pencari terutama google.


Berlangganan via Email