Widget HTML Atas

ISTILAH PENTING DALAM INVESTASI REKSADANA OBLIGASI DAN EMAS

Mengenal Istilah dalam Investasi Reksadana Obligasi dan Emas

Saat ini yang namanya investasi sudah cukup di kenal oleh masyarakat banyak. Investasi pada saat ini sudah menjadi sebuah pilihan untuk mendapatkan tambahan penghasilan selain dari penghasilan utama dari hasil kerja ataupun usaha.

Jenis Investasi saat ini cukup beragam, contohnya seperti Invetasi Emas, Investasi Reksadana dan Investasi Obligasi. Ada juga jenis Investasi lain yang tidak memiliki resiko yang biasa di kenal dengan Deposito.

Sebelum anda menentukan pilihan jenis investasi mana yang cocok untuk anda, ada baiknya anda ketahui beberapa istilah untuk Investasi Reksadana sebagai pengetahuan dasar anda. 
Yuk simak lengkapnya di bawah ini :

investasi reksa dana
Investasi Reksa dana

Jenis-jenis Reksa Dana yang dijual terdiri dari

a. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana yang menempatkan 100% dananya pada instrumen pasar uang, seperti deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia), atau efek yang bersifat utang yang memiliki masa jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

b. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 % dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat utang baik yang diterbitkan oleh Pemerintah ataupun Perusahaan.

c. Reksa Dana Saham

Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas.

d. Reksa Dana Campuran

Reksa Dana yang dapat melakukan investasi baik dalam efek bersifat ekuitas, efek bersifat utang dan efek pasar uang dengan komposisi maksimal 79% untuk masing-masing instrumen tersebut.

e. Reksa Dana Indeks

Reksa Dana  dengan  komposisi portofolio mengacu pada indeks tertentu sehingga kinerja yang diberikan akan mencerminkan atau mendekati dengan kinerja indeks yang dijadikan acuan.

f. Reksa Dana Terproteksi

Reksa Dana yang memproteksi 100% pokok investasi pemodal pada saat jatuh tempo, pada umumnya menggunakan underlying asset dari obligasi sehingga karakteristik dan risiko produk melekat sesuai dengan underlying asset-nya.

g. Reksa Dana Penyertaan Terbatas

Wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari Pemodal Profesional, untuk selanjutnya diinvestasikan oleh Manager Investasi pada portofolio efek atau portofolio yang berkaitan langsung dengan proyek.

Reksa Dana

Reksa Dana adalah Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Manajer Investasi

Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para Nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok Nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bank Kustodian

Bank yang memberikan jasa penitipan Efek dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Underlying asset

Aset keuangan yang menjadi dasar portofolio reksa dana.

Obligasi
Obligasi

Selanjutnya kita akan bahas beberapa istilah dalam Investasi Obligasi
Investasi obligasi adalah investasi di surat utang (dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah bond) dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun. Surat utang dalam jangka kurang dari 1 tahun disebut instrument pasar uang (money market instrument). Periode jatuh tempo obligasi dapat mencapai 30 puluh tahun. 

Dalam sebuah obligasi terdapat beberapa informasi penting (indentur obligasi/bond indenture), seperti:


  • Nama pihak (perusahaan/lembaga) yang berutang.
  • Berapa bunga yang harus dibayarkan (bunga obligasi disebut kupon/coupon).
  • Periode pelunasan (satuan tahun).
  • Periode pembayaran (misal setiap tiga bulanan).
  • Penjamin pelaksana emisi obligasi (bond underwriter).
  • Wali amanat (trustee).
  • Jumlah pokok utang yang harus dibayar (face value, par value, nilai nominal).
  • Informasi spesifik lainnya.

Nilai Nominal atau Nilai Par (Par Value) 

Arti nilai nominal adalah nilai pokok yang diperoleh si pemegang obligasi saat jatuh tempo. Ilustrasinya bisa dicontohkan sebagai berikut :

PT A, mengeluarkan obligasi dipasaran dengan nila Rp10 miliar. Syarat pembelian minimal adalah Rp1 miliar. Harga jual tersebut dalam persen adalah 100 persen (nilai yang 1 miliar = 100 persen tersebutlah yang disebut dengan nilai par).

Kemudian obligasi tersebut bisa ditransaksikan berikutnya dengan harga 110 persen, 112 persen ataupun 117 persen. Yang disebut sebagai nilai nominal tetap yang 100 persen tadi.

Tingkat Bunga atau Kupon

Merupakan imbal hasil yang diikutsertakan dalam nilai nominal dan wajib dibayar pada pemegang obligasi. Kupon ini dibayarakan secara periodik tertentu. Misalkan setiap kuartal atau semester.

Jenis kupon obligasi ini bisa saja fixed coupon ataupun floating coupon. Perbedaanya adalah untuk fixed coupon besarnya bunga selalu tetap sebagaimana kesepakatan awal.

Sementara untuk floating coupon adalah persentase kupon yang berubah-ubah di mana bergantung terhadap suku bunga BI.

Waktu Jatuh Tempo (Maturity Date) 

Pengertian maturity date adalah waktu jatuh tempo pengembalian dana sesuai nominal dari penerbit obligasi pada pemegang obligasi. Tempo waktu dalam obligasi ini berbagai macam, ada yang setiap 12 bulan, 5 tahun, 10 tahun, dan lainnya.

Biasanya jika makin lama waktu tempo, maka kupon (bunga) akan semakin besar. Hal ini mengingat perbedaan nilai uang dari waktu ke waktu disertai adanya ketidakpastian dalam beberapa tahun ke depan.

Hal itu yang menjadi keuntungan bagi para pemegang obligasi, sehingga imbal hasil nya lebih tinggi atau lebih premium, untuk mengkompensasi risiko ketidakpastian itu sendiri.

Penerbit atau Emiten (Issuer) 

Pihak yang menerbitkan obligasi atau surat utang. Dengan kata lain, ini adalah orang yang berhutang pada investor jika investor memiliki obligasi.

Untuk membeli obligasi sebagai alternatif investasi, inilah yang harus diperhatikan dengan baik. Sebab jika tidak ada kemungkinan  pihak ini tak mampu mengembalikan dana nilai nominal obligasi investor.

Bagi investor yang memang ingin membeli obligasi bisa mengacu pada rating atau peringkat efek yang telah dibuat oleh Pefindo, untuk mengetahui emiten yang dalam keadaan baik dan kemungkinan mampu membayar utangnya.

Klaim Aset dan Pendapatan 

Jika suatu waktu terjadi kemungkinan tidak mampu membayar atau penerbit obligasi bankrupt. Maka, salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah menjual aset penerbit obligasi dan memberikan hasil penjualan pada pemegang obligasi.

Wali Amanat

Wali amanat merupakan pihak untuk perwakilan para pemegang obligasi. Tugas paling penting dari wali amanat ini adalah sebagai pelindung bagi pemegang obligasi untuk terhindar dari hal hal yang merugikan.

Istilah Umum pada Investasi Emas

Gold Reserve (Cadangan emas)

Istilah merujuk pada cadangan emas bullion yang disimpan sebagai kas bank sentral suatu negara ataupun kantor kas negara. Cadangan emas berkontribusi pada kredibilitas negara dalam menerbitkan uang dan obligasi.

Bullion

Istilah investasi emas ini merujuk pada emas dengan kadar kemurnian 99,5% dan banyak ditemukan dalam bentuk koin atau emas batangan. Emas bullion lazim menjadi aset investasi. Istilah ini berakar dari bahasa Inggris merujuk pada nama atau tempat pelelehan (“rumah pelelehan bullion”) pada abad pertengahan, berasal dari bahasa Perancis boillon yang merujuk pada suatu cairan mendidih atau kaldu.

Investasi Emas
Invetasi Emas

Gold grade (peringkat emas)

Peringkat emas merujuk pada kualitas atau kemurnian emas dalam kontrak berjangka (futures). Definisi grade akan berbeda pada setiap bursa dan setiap kontrak. Bursa emas di dunia menyediakan produk beragam, dengan kualitas dan harga berbeda.

Fineness

Istilah investasi emas ini mengacu pada kemurnian emas. Emas batangan 24 karat yang diproduksi Antam memiliki kemurnian 999,9%.

Karat

Perhitungan kemurnian suatu emas. Istilah ini kerap disingkat ‘kt’ atau ‘ct’. Nilai karat tertinggi adalah 24, yang berarti emas sangat murni. Istilah ini berakar dari bahasa Yunani “kerátion” (κεράτιoν), yang berarti buah dari pohon carob, pohon yang dianggap menghasilkan buah dengan biji Carob yang beratnya sama dan seimbang.
Emas atau logam mulia cenderung dilebur dengan logam lain lantaran sifatnya yang lunak. Saat terjadi peleburan, dihasilkan kadar karat emas yang bervariasi. Dalam standar yang berlaku secara global, kadar kemurnian emas yang umum ditemui adalah sebagai berikut:

  • 24 karat: emas murni (99,9%)
  • 23 karat: komposisi 94,8-98,89% emas
  • 22 karat: komposisi 90,60-94,79% emas, dicampur bahan lain 8% (biasanya perak)
  • 21 karat: 86,50-90,59% emas
  • 20 karat: 82,30-86,49% emas
  • 19 karat: 78,20-82,28% emas
  • 18 karat: 75,40-78,19% emas

Troy ounce (troy ons)

Bagian dari sistem pengukuran berat logam mulia, permata, dan bubuk mesiu di abad pertengahan, dikenal sebagai berat Troy. Istilah investasi emas ini diperoleh dari kata Troyes, nama sebuah kota di timur laut Perancis.

Fine ounce

Satu troy ons emas dengan kemurnian minimal 99,5%.
Standard ounce: Satu troy ons emas dengan kemurnian 91,66% (22 karat).

Pool account

Istilah investasi emas ini merujuk pada pembelian emas oleh pelanggan, dan emas tersebut disimpan oleh dealer atau toko yang menyediakan pool account.

Dinar dan dirham

Berdasarkan standar World Islamic Mint, merujuk pada ketetapan pada zaman kekhalifahan Umar bin Khattab, dinar dan dirham berarti:
  • Dinar emas (dinar): koin emas berkadar 22 karat (91,70%) seberat 4,25 gram
  • Dirham perak (dirham): koin perak murni seberat 2,975 gram.

London Gold Fix

Istilah investasi emas ini digunakan sebagai patokan jual-beli emas, muncul dua kali dalam sehari, dikarenakan harga emas berubah setiap waktu mengikuti nilai mata uang dolar, sehingga diperlukan patokan harga tetap untuk melakukan jual beli.

COMEX

Singkatan dari commodity exchange, divisi di bawah bursa komoditas New York, New York Mercantile Exchange (NYMEX), yang mengelola perdagangan komoditas berjangka berupa emas, perak, tembaga, dan aluminium. Selain COMEX, bursa perdagangan emas internasional lain yang dikenal ialah Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) dan London Metal Exchange (LME).
 

Tidak ada komentar untuk "ISTILAH PENTING DALAM INVESTASI REKSADANA OBLIGASI DAN EMAS"