Widget HTML Atas

MAKAN DENGAN TANGAN TANPA SENDOK MENURUT KESEHATAN DAN ISLAM

Nikmatnya makan dengan tangan tanpa sendok

Seringkali kita jumpai orang yang makan langsung dengan tangan tanpa menggunakan sendok terkesan lebih nikmat dan lahap, entah karena sedang lapar atau memang makananya jadi lebih nikmat jika makan dengan tangan langsung. Seperti saat kita ke rumah makan Padang atau ke warung pecel lele, Umumnya para pengunjung akan melahap makan mereka langsung dengan tangan dan cukup jarang yang menggunakan bantuan sendok dan garpu, Tentunya sebelum makan di sarankan untuk mencuci tangan dahulu dengan sabun ya.

makan dengan tangan
Makan dengan tangan


Ternyata dalam kesehatan dan islam ada banayak manfaatnya loh makan langsung dengan tangan. Kita akan coba lihat dari sisi kesehatan dan menurut pandangan secara islami.

Makan dengan tangan menurut kesehatan

Mengontrol porsi makan

Makan dengan tangan membuat kita makan lebih pelan, sehingga kita bisa dengan mudah merasakan kenyang.
Bahkan, sudah banyak banget penelitian yang menemukan bahwa kita bisa mengontrol porsi makan dengan lebih mudah kalau kita makan dengan tangan, lho!

Olahraga

Makan dengan tangan ternyata juga salah satu bentuk olahraga, karena adanya peningkatkan sirkulasi darah yang mirip dengan olahraga!
Jadinya, kita bisa membakar kalori juga saat makan, deh!

Bantu tubuh lebih cepat kenyang

Ditulis dalam jurnal Appetite, ditemukan bahwa orang yang makan cemilan dengan tangan sambil nonton atau membaca bakalan lebih cepat kenyang, lho!
Dengan kata lain, penelitian tersebut menemukan bahwa makan dengan tangan membuat kita lebih cepat kenyang dan puas daripada makan dengan alat makan, seperti sendok dan sumpit.
Artinya, kita juga bisa lebih gampang menurunkan berat badan, deh!

Melancarkan pencernaan

Dalam kitab Weda, tangan dan jari kita termasuk salah satu organ yang paling penting.
Jari kita juga punya elemennya masing-masing, yaitu jempol yang me, telunjuk yang melambangkan angin, jari tengah yang melambangkan api, jari manis yang melambangkan air, dan kelingking yang melambangkan tanah.

makan sehat dengan tangan
Makan Sehat dengan tangan

Tangan Mengandung Enzim

Adanya kandungan enzim pada tangan kita bisa membantu proses dan percepatan pencernaan dalam tubuh kita jika kita makan dengan tangan langsung di bandingan dengan sendok

Ketika kita makan pakai tangan, kelima jari dan kelima elemen tersebut akan menstimulasi bagian perut dan bikin pencernaan jadI lebih lancar!

Selain itu, pada tangan kita juga ada bakteri yang melindungi tubuh kita dari beragam ancaman. Jadi kalau kita makan pakai tangan, bakteri tersebut ikut masuk ke dalam tubuh dan menjaga tubuh kita dengan lebih baik, deh!

Mencegah diabetes tipe 2

Berdasarkan penelitian dari Clinical Nutrition, ditemukan bahwa orang yang punya diabetes tipe 2 ternyata makan lebih cepat dan lebih sering makan dengan alat makan dari pada makan dengan tangan.

Makan dengan sendok, garpu, dan sumpit membuat kita makan lebih cepat, sehingga gula darah jadi enggak seimbang dan lama-lama sebabkan diabetes tipe 2!

Jauh lebih bersih

Hah, bukannya makan dengan tangan itu kotor? Yup, kalau kita makan tanpa mencuci tangan lebih dulu.
Lagipula, kita bisa merasakan kalau tangan kita jorok dan akhirnya memutuskan untuk mencuci tangan biar makan lebih nyaman. Kita juga enggak tahu seberapa joroknya sendok atau sumpit yang kita gunakan untuk makan kan?

Makan dengan tangan langsung menurut pandangan Islam

MAKAN dengan menggunakan tangan kanan ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Fakta ini baru terungkap 14 abad setelah Rasulullah ﷺ menganjurkan umatnya menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum.

Bahkan Rasulullah menyamakan orang yang makan dan minum dengan tangan kiri sebagai setan. Pasalnya setan makan dan minum dengan tangan kiri.

Rasulullah bersabda “Jika salah seorang kalian makan hendaklah dia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum hendaklah dia minum dengan tangan kanannya, karena sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya,” (HR. Muslim. no. 2020).

Dikutip dari baitulmaqdis.com, salah satu penelitian yang dilakukan oleh Dr. Charles Gerba dari Universitas Arizona, mengatakan bahwa kita tidak mungkin menghalangi kuman dan bakteri masuk ke dalam lingkungan kita.

Namun kita bisa memerangi kuman dengan cara mencuci tangan setiap sebelum dan selesai beraktivitas. Cairan pembersih masih dianjurkan karena fungsinya adalah menghancurkan membran sel bakteri sehingga aktivitasnya nyaris terhenti. Lagipula, tubuh sudah memiliki sistem kekebalan sendiri yang bisa dioptimalkan dengan berbagai cara.

Banyak orang beralasan makan menggunakan sendok sebagai alasan lebih higienis dibandingkan makan dengan tangan. Padahal belum tentu benar. Menurut penelitian, sendok dan tangan memungkinkan terjadinya kontaminasi dengan bakteri.

Sendok bisa lebih bersih dari tangan jika sendok memang dikondisikan pada suatu tempat yang higienis. Paling tidak, kelembapan udara di ruangan selama sendok itu didiamkan tidaklah tinggi. Sebab uap air adalah medium bakteri berpindah tempat. Namun apakah sendok sendok di rumah kita mendapat penjagaan ketat seperti itu? Lalu bagaimana dengan tangan?

Tangan sering terkontaminasi dengan bakteri akibat aktifitas tubuh kita. Sehingga jika kondisi tangan sebelum dicuci, jelas persentasi bakteri dalam tangan akan lebih besar dibandingkan pada sendok yang baru saja dicuci. Maka kita perlu mencuci tangan kita. Ini tidak membunuh bakteri namun menghapus bakteri. Kondisinya sama seperti kita menghapus minyak pada tangan kita dengan sabun.

Pada kondisi yang sama sama telah dicuci baik sendok maupun tangan, tangan memiliki kebersihan yang lebih terjamin. Karena tangan mengandung enzim RNAase yang disekresikan oleh tangan kita. Enzim ini berfungsi untuk kekebalan tubuh kita dan proteksi terhadap bakteri. Enzim ini selalu disekresikan.

Ketika tangan Anda kotor, enzim ini sedang mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri itu tidak dapat maksimal. Namun jika sangat kotor maka persentase bakteri akan jauh lebih besar sehingga bakteri akan menaklukan pengaruh dari RNAase.

Saat tangan dicuci, bakteri terkikis sehingga persentase enzim menjadi lebih banyak. Dan ketika makan, enzim ini terus mengikat bakteri dan masuk ke dalam tubuh. Enzim tersebut membunuh bakteri selama proses pencernaan.

Bagaimana dengan sendok? ketika sendok dicuci, tidak semua bakteri terkikis. Termasuk masih menempelnya bakteri yang membahayakan tubuh sebab bakteri tidak sepenuhnya merugikan. Ketika Anda makan dengan sendok, bakteri yang membahayakan tersebut akan masuk ke dalam tubuh tanpa adanya perlawanan dari enzim RNAase.

Lalu bagaimana dengan pemakaian cairan pembersih? Tidak apa apa, sebab sistem kerjanya adalah merusak lapisan membran terluar pada bakteri sehingga bakteri akan lebih non-aktif.

Makan dengan menggunakan tangan adalah sunnah. Karena memang memakai tangan itu lebih safety dibandingkan memakai sendok. Bahkan Nabi mengemut kelima jarinya satu persatu setelah makan.

Kesimpulanya : 

Makan dengan tangan langsung dan menggunakan tangan kanan baik untuk kesehatan kita akan mengetahui kondisi tangan kita sendiri dan langsung mencucinya sebelum makan. 

Di bandingkan dengan sendok dan garpu yang kita sendiri belum tau betul kebersihanya, namun jika tidak biasa menggunakan tangan langsung sebaiknya membersihkan sendok dan garpu dulu sebelum makan.

Tidak ada komentar untuk "MAKAN DENGAN TANGAN TANPA SENDOK MENURUT KESEHATAN DAN ISLAM"