Widget HTML Atas

Syarat dan Cara Usaha Tabung Gas Agar Sukses



Buat anda yang sedang bingung ingin usaha sampingan di rumah sebagai penghasilan tambahan atau anda yang memiliki modal cukup ingin memiliki usaha yang cukup menghasilkan, Anda bisa mencoba salah satu jenis usaha ini.


Peluang usaha tabung gas elpiji merupakan jenis usaha yang menjanjikan karena hampir semua kalangan masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan pasti menggunakan gas sebagai bahan bakar memask untuk kebutuhan sehari hari. Semenjak beralihnya minyak tanah sebagai bahan bakar memask ke tabung gas membuat kebutuhan ini menjadi kebutuhan utama


Harga tabung gas 3kg di warung eceran saat ini berkisar di harga Rp. 22.000, jika anda memiliki modal kecil anda bisa mencoba usaha ini dengan menjadi pengecer dan bisa membuka usaha ini di rumah saja, namun jika modal anda cukup besar anda bisa membuka sebagai agen. Selain modal yang besar sebuah agen juga harus memiliki tempat yang luas yang nantinya akan di gunakan sebagai tempat penyimpanan tabung gas
 

Keuntungan Usaha Gas Elpiji

Hal yang perlu anda ketahui mengapa banyak sekali baik warung, toko, rumah tangga, dll yang menjalankan bisnis gas elpiji.
Alasannya yaitu karena usaha ini bisa dikatakan sangat praktis, menguntungkan, menjanjikan untung besar tanpa perlu direpotkan dengan proses produksi dan pemasaran.
Nah berikut inilah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh melalui bisnis gas elpiji, antara lain:

1. Mudah dijalankan

Kelebihan utama dari usaha penjualan gas elpiji 3 kg, 5 kg dan 12 kg pertamina yaitu adalah mudah sekali dijalankan. Anda tinggal memasang papan, spanduk atau banner di depan warung, toko atau rumah tempat anda berjualan dengan tulisan “ada gas LPG”. Umumnya Para pembeli akan datang dengan sendirinya.

2. Dibutuhkan dan dicari Orang

Jualan gas 3 kg elpiji akan selalu laku dan dicari orang.
Apalagi ketika terjadinya kelangkaan akibat kurang pasokan dari pihak pertamina.
Saat harga gas tiba tiba naik anda bisa meraih keuntungan lebih banyak lagi, sehingga jika anda membeli gas lpg dalam jumlah besar anda tidak akan pernah rugi.
Alasan apa yang membuat gas elpiji 3 kg selalu dicari orang ?
Seperti yang telah saya jelaskan diawal yaitu Karena gas 3 kg elpiji merupakan kebutuhan utama kegiatan rumah tangga saat ini. Terutama untuk keperluan memasak di dapur.
Karena kita tau sekarang bahan bakar lain seperti minyak tanah sudah digantikan oleh gas elpiji semenjak ada program konversi dari minyak tanah ke gas 3 kg.
Selain diperlukan untuk keperuan rumah tangga gas lpg 3kg juga diperlukan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Misalnya seperti penjual somai, penjual bakso, dan usaha kecil lainnya.

3. Modal biusa disesuaikan dengan budget yang anda miliki

Untuk awal usaha berjualan gas elpiji 3 kg bisa anda mulai dengan modal Rp 300 ribu atau dengan dua tabung. Harga pertabung gas elpiji 3 kg dan isinya sekitar Rp150 ribu.
Semakin banyak jumlah tabung dan gas lpg yang bisa anda jual tentu akan semakin besar keuntungan yang didapatkan.

4. Harga Stabil Serta Jarang Terjadi Penurunan

Kelebihan lain dari usaha gas elpiji adalah harga jualnya yang selalu stabil bahkan selalu mengalami kenaikan setiap kali terjadi kelangkaan.
Umumnya kenaikan ini terjadi pada saat menjelang bulan puasa Ramadhan dan menjelang hari raya idul fithri dan 10 hari setelahnya.
Tapi tidak menutup kemungkinan juga hari biasa juga gas lpg mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan Karena minimnya pasokan sedangkan kebutuhan masyarakat sangatlah besar.
Sementara itu, cara mudah dan sukses memasarkan bisnis gas elpiji 3 kg adalah menjalin kerjasama dengan pemilik rumah makan, usaha produksi makanan, pabrik cemilan, dll untuk menyediakan gas elpiji 3 kg dalam jumlah tertentu.

Tips Memulai Usaha Gas Elpiji

berikut ini adalah langkah-langkah persiapan dan modal usaha yang nantinya diperlukan dalam memulai bisnis gas elpiji 3 dari tahap awal sampai berdiri:

1. Anda harus punya Lokasi/Tempat Usaha

Untuk lokasi usaha bisa dimulai di rumah. Gunakan ruangan yang kosong untuk menyimpan stok tabung gas elpiji 3 kg, 12 dan 5 kg yang anda miliki. Pastikan memasang pemberitahuan jika anda menjual Gas LPG Agar tetangga, dan masyarakat sekitar mengetahui keberadaan bisnis kita

Penting:
Untuk menjaga keamanan bisnis gas elpiji anda pastikan lokasi usaha sangat jauh dari jangkauan anak anak dan sumber api.

2. Kendaraan Operasional

Selanjutnya unuk memudahkan proses angkut anda memerlukan sebuah alat transportasi. Alat transportasi ini bisa sesuaikan dengan ayang anda miliki. Anda bisa menggunakan mobil, colt, truk atau sepeda motor.

baca juga : peluang usaha aqua galon

3. Mencari Cari Supplier

Setelah mempunyai lokasi usaha yang memadai, tepat yang strategis dan memiliki modal alat transportasi mobil atau sepeda motor, langkah selanjutnya adalah mencari pemasok.
Pasokan bisa berasal dari pangkalan gas elpiji 3 kg (agen gas yang resmi) . seperti ini proses bisnisnya:
  • biasanya konsumen membeli gas 3 kg elpiji dari pengecer.
  • Dan pengecer mengambil pasokan dari pangkalan.
  • Dan pangkalan pasokan dari agen resmi setempat.
  • Dan agen mengambil pasokan gas dari distributor pusat.
  • Jika anda memutuskan menjadi pengecer maka hendaknya mencari pemasok atau penyedia gas yang lokasinya terdekat dengan lokasi usaha anda.
Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah anda dalam proses pengiriman dan menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi.
Tanyakan pada mereka apakah masih menerima pengecer gas 3 kgm karena seringkali pangkalan sudah menerima banyak pelanggan dari kalangan pengecer.
Oleh karenanya, pilih pangkalan paling dekat yang masih jarang pelanggan atau pengecer. Sebab itu, peluang anda sebagai pengecer gas yang dapat pasokan dari pangkalan terbuka lebar.

4. Mempersiapkan Tabung Gas LPG

Jika anda hendak membuka usaha gas LPG maka anda harus memiki tabung gas
Sebenarnya dengan tabung 10 buah sudah bisa memulai usaha jual beli gas, tapi jika anda memiliki tabung lebih banyak tentu akan lebih bagus karena persediaan tabung anda bisa bertahan beberapa hari dan tidak perlu sering sering belanja Gas.
Untuk memiliki tabung gas kosong anda bisa membelinya langsung dari pangkalan, agen atau dari pengguna langsung. Anda juga bisa membeli tabung dari orang yang mungkin berniat membeli tabung misal karena akan pindahan dan lain lain, karena harganya bisa di runding dan umumnya lebih murah.

5. Berapa Harga Tabung Gas Elpiji 3 Kg Kosong

Berdasarkan pengalaman saya membeli tabung, waktu itu perbiji tabung 3 kg elpiji yang kosong sebesar Rp 125 ribu pertabung. Sedangkan yang sudah ada isinya sekitar Rp 140 ribu Namun ada juga yang menjual dengan harga Rp 150 ribu 1 tabung.
harga berbeda-beda tergantung situasi dan wilayah setempat tempat anda tinggal.
 


Cara dan Syarat Menjadi Agen Gas Elpiji:


Mendaftaarkan diri Anda terlebih dahulu sebagai agen gas elpiji di daerah Anda. Caranya dengan mengakses situs resmi pertamina yaitu sppbe.pertamina.com. Di website tersebut silakan Anda daftarkan diri sebagai agen utama di daerah Anda sendiri.

Anda harus memiliki usaha berbadan hukum, misalnya koperasi atau PT. Mengapa begitu? Karena nantinya calon agen gas elpiji akan membuat surat perjanjian usaha yang salah satu poinnya menyatakan kesanggupan untuk menjual satu ton lebih gas elpiji per hari.

Melengkapi dengan dokumen, dan berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji pertamina:

Surat Perjanjian Kerjasama

Di dalam surat ini dijelaskan mengenai kesanggupan Anda menjadi mitra usaha pertamina sebagai agen gas elpiji dan siap memberikan jaminan modahl
SIUP
Anda juga harus melengkapi surat ijin perdagangan usaha atau SIUP, Surat Ijin Gangguan, Surat Tanda Daftar Perusahaan, dll. Untuk membuat surat dokumen tersebut, Anda bisa mendatangi kantor dinas perjanjian setempat.

Surat Rekomendasi

Surat yang dibuat oleh pemerintah desa setempat yang menyatakan memberikan ijin dan rekomendasi untuk membuka usaha agen gas di wilayah Anda. Untuk membuat surat rekomendasi agen gas ini, Anda harus meminta persetujuan dari ketua RT dan RW hingga kelurahan.

Fotokopi kartu tanda penduduk

Tak kalah penting, Anda juga harus melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk atau KTP dan foto berwarna sebagai syarat pengajuan menjadi agen gas. Selain itu, sebagai tambahan Anda juga harus membuat surat pernyataan kepatuhan terhadap segala ketentuan dari Pertamina.

Tips berjualan gas untuk pengecer agar maju dan berkembang :

Sebaiknya usaha gas di kalangan pengecer di jual bersama dengan barang dagangan lainya, misalkan gas 12 kg dan blue gas. Bisa juga anda tambahkan usaha aqua galon atau air galon isi ulang.
Akan lebih baik jika anda sudah membuka warung kelontong sehingga secara langsung bisa di lihat oleh para pembeli yang biasa datang kewarung anda.

Untuk usaha ini sering di isukan dengan kecurangan terkait isi gas dalam tabung, saran kami berusaha lah dengan jujur karena hasilnya akan lebih berkah baik buat diri sendiri maupun untuk orang banyak.