Widget HTML Atas

Cara Merawat Sepeda Lipat Dengan Benar


Jika anda sudah memiliki sepeda lipat sesuai dengan kebutuhan dan selera, sudah saatnya anda melakukan perawatan pada sepeda lipat kesayangan anda.

Seringnya penggunaan sepeda lipat membuat beberapa komponen perlu perawatan, khususnya di bagian yang sering bergerak juga bagian yang lipatan sepeda.

Di bawah ini ada beberapa jenis perawatan yang sebaiknya anda lakukan


Berikan pelumas pada lipatan sepeda

Pemberian pelumas pada lipatan sepeda ini adalah untuk menghindari adanya karat. Karat akan membuat sepedat anda sulit untuk berputar dan sulit untuk dilipat. Tidak lucu bukan bila namanya sepeda lipat tapi ternyata tidak bisa dilipat karena berkarat.
Oleh karena itu pastikan Anda merawat lipatan sepeda dengan mengoleskannya oli pelumas atau grease secara berkala. Demikian pula jika terkena air hujan maka segera siram sepeda dengan air biasa. Air hujan memiliki kandungan asam yang tinggi yang bisa menimbulkan karat pada body sepeda lipat anda.

Selalu kencangkan lipatan sepeda

Lipatan sepeda harus pas tingkat kekencangannya, jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu kendor. Jika lipatan terlalu kencang maka, sepeda akan sulit untuk dilipat.
Sedangkan jika lipatan terlalu kendur, maka akan membahayakan diri anda sendiri saat berkendara. Oleh karena itu pastikan anda selalu memberi perhatian pada masalah kekencangan lipatan sepeda ini.

Bersihkan sepeda lipat

Sebaiknya anda juga harus berkala membersihkan sepeda. Hindari mencuci sepeda lipat anda menggunakan semprotan air yang deras dan keras agar air tidak masuk pada sela-sela komponen yang dapat menimbulkan munculnya karat pada sepeda.
Dengan demikian saat mencuci sepeda upayakan untuk menyiramnya secara perlahan lalu bersihkan permukaan sepeda menggunakan lap.

Lumuri bagian Shifting Bike Gears

Kadang orang meremehkan bagian ini karena letaknya yang tidak langsung dapat dilihat. Shifting gears yang tidak memiliki pelumas, akan susah untuk menggunakannya. Pelumas ini juga bukan hanya untuk shifting gears, tetapi juga untuk bagian rantainya. Jika bagian rantai tidak memiliki pelumas, maka kan mengganggu kenyamanan anda bersepeda.

Cek rem

Rem merupakan bagian penting dalam mengontrol sepeda terutama untuk mengatur laju sepeda. Agar rem tersebut tetap berfungsi dengan baik maka lakukan perawatan secara rutin dan memastikan tidak ada bagian rem yang berkarat sehingga kinerja rem tetap optimal saat dipakai bersepeda.

Cek tekanan angin ban

Tekanan angin setiap ban akan berbeda tergantung dari jenis ban tersebut. Pemeriksaan tekanan angin sebaiknya dilakukan setiap hari untuk menjaga kenyamanan dalam bersepeda.
Sebaiknya ban jangan terlalu keras karena bisa jadi anda merasakan tidak nyaman saat mengendarainya. Sedangkan ban sepeda yang terlalu gembes atau miliki tekanan angin yang rendah tidak akan bisa dikendarai.

Hindari tempat kotor dan berlumpur

Kalau anda ingin sepeda anda tetap awet, sebaiknya hindarilah tempat-tempat yang berlumpur dan kotor saat bersepeda. Kondisi tempat yang berlumpur akan membuat kotoran menempel dan sulit dibersihkan sehingga membuat sepeda mudah berkarat dan mengalami kerusakan di beberapa bagiannya.

Tempat Penyimpanan

Setelah proses perawatan selesai di lakukan, sebaiknya anda menyimpan sepeda di tempat yang bersih dan di dalam ruangan untuk menghindari terkena hujan dan debu yang lama kelamaan bisa memicu timbulnya karat
Saat ini beberapa sepeda lipat sudah di sediakan tas untuk penyimpanan juga agar mudah di bawah kemana-mana, tentu saja tas ini membantu anda dalam menjaga kondisi sepeda agar bebas debu.

Kesimpulan : 


Rawat dan sayangilah sepeda lipat anda, karena semahal apapun sepeda lipat anda, tapi jika tidak di rawat maka akan cepat rusak dan tidak nyaman di gunakan.


source :

reviewaja(.)com
gambar bukalapak(.)com