Widget HTML Atas

Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik Untuk di Koleksi

Buat kamu yang mencari obat atau kegiatan penghilang stres, ada baiknya kamu coba memelihara ikan hias, salah satunya ikan cupang. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa memelihara ikan hias dapat menghilangkan stress.

Mendengar suara gemercik air dan melihat dari warna-warni ikan membuat kepala jadi lebih ringan.
Memelihara ikan hias, khususnya ikan cupang, tidaklah sulit. Kamu cukup membeli akuarium dan membeli makanan. Plus, ikan cupang juga cukup mudah didapatkan. Soalnya, ikan dengan warna yang menarik tersebut berhabitat di Asia Tenggara. Kamu tinggal datang ke toko atau pasar ikan hias atau membelinya secara online.

Nah, kali ini, BukaReview akan membahas jenis-jenis ikan cupang terbaik yang bisa kamu pelihara.

Jenis-jenis Ikan Cupang Hias Yang Layak di Koleksi


1. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon ini mempunyai bentuk ekor dan sirip seperti bulan sabit atau dikenal dengan nama Big Ear. Dari bentuknya ini kamu bisa melihat keanggunannya dan kecantikannya ketika bergerak dalam akuarium.



Ikan cupang hasil perkawinan yang dilakukan oleh breeder Amerika Serikat, yaitu Peter Goettner ini mempunyai harga dari Rp40 ribuan untuk anakan ikan cupang halfmoon. Sementara, untuk dewasa dan indukan harga ikan cupang halfmoon dibanderol Rp80 ribuan dan Rp100 ribuan. Nah, untuk ikan cupang haflmoon dijual Rp500 ribuan.

Kisaran harga Ikan Cupang Halfmoon: Rp40.000-500.000

2. Ikan Cupang Serit

Selanjutnya, Ikan Cupang Serit dibilang cukup unik karena mempunyai sobek-sobek seperti habis bertarung dengan cupang lainnya. Sobekan ikan inilah yang membuatnya menjadi terlihat mahal.



Dan, jangan salah ikan ini sudah dipertandingkan di ajang internasional di International Betta Congress (IBC). Untuk Ikan hasil perkembangbiakan para breeder Jakarta ini mempunyai harga anakan kisaran Rp15 ribuan. Sementara, untuk harga indukan dan juara ikan serit sekitar Rp60 ribuan dan Rp300 ribuan.

Kisaran harga Ikan Cupang Serit: Rp15.000-300.000

3. Ikan Cupang Slayer

Banyak yang enggak tahu, kalau ikan Cupang Slayer merupakan hasil perkawinan silang ikan cupang Halfmoon dan Serit. Selain itu, Ikan cupang Slayer sempat menjadi tren di sekolah-sekolah, siswa membeli cupang Slayer untuk diadu dengan cupang slayer lainnya.



Untuk harga cupang Slayer juara dibanderol sekitar Rp300 ribuan. Namun, untuk cupang Slayer anakan di kisaran harga Rp25 ribuan.

Kisaran harga Ikan Cupang Slayer: Rp25.000-300.000

4. Ikan Cupang Double Tail

Berikutnya, ikan cupang Double Tail terbilang banyak peminatnya, namun ikannya jarang atau bisa dibilang susah didapatkan. Tak heran, ikan cupang Double Tail ini sangat mahal.



Ikan Double Tail ini mempunyai keunikan dari siripnya yang bercabang atau ganda. Siripnya yang bercabang ini bukan disebabkan dari cacat atau kelainan genetik, melainkan hasil perkawinan silang antar indukan cupang.

Kisaran harga Ikan Cupang Double Tail: Rp150.000

5. Ikan Cupang Fancy

Nah, ikan yang satu ini tergolong ikan cupang kualitas mantap punya. Kenapa bisa dibilang gitu? Karena ikan ini mempunyai kombinasi warna yang cantik bak cat warna dalam lukisan.



Ikan yang pertama dipopulerkan oleh peternak dari Thailand ini, untuk harga anakan terbilang mahal kisaran Rp100 ribuan. Untuk ikan dewasa dan indukan Fancy kisaran Rp300 ribuan ke atas. 

Untuk ikan cupang Fancy juara dibanderol sekitar Rp2 jutaan.

Kisaran harga Ikan Cupang Fancy: Rp100.000-2.000.000

6. Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat memiliki tampilan yang sangar, ikan yang diambil namanya dari bahasa Thailand yang memiliki makna petarung. Walaupun mempunyai tampilan yang sangar dan disebut petarung, ikan ini mempunyai sirip yang indah.



Ikan Cupang Plakat Dewasa dijual mulai dari harga Rp200 ribuan. Untuk ikan cupang Plakat juara dibanderol Rp2 jutaan di pasaran.

Kisaran harga Ikan Cupang Plakat: Rp200.000-an

7. Ikan Cupang Giant

Ikan Cupang Giant terbilang sangat agresif. Ikan ini banyak ditemukan di sungai-sungai dan danau di Thailand. Ikan ini mempunyai ukuran lebih besar daripada ikan cupang lainnya.



Ikan anakan ini dibanderol mulai dari Rp25.000-an, dan untuk indukan dijual di harga Rp90.000-an.
Kisaran harga Ikan Cupang Giant: Rp25.000-90.000

8. Ikan Cupang HMPK


Ikan Cukang ini terlahir setelah melalui proses breeding silang antara halfmoon dengan plakat yang kemudian di singkat menjadi HMPK. Ikan jenis ini cukup menuai pujian karena corak dan ekornya menjadi paduan yang cantik.



Harga Ikan Cupang HMPK di situs jual beli online berkisa antara Rp. 40.000 - Rp. 500.000

9. Ikan Cupang Big Ear


Dinamakan demikian sudah tentuk ikan cupang ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu memiliki sirip yang lebih besar seperti sayap di bandingkan dengan jenis ikan cupang pada umumnya. Menurut informasi ikan cupang jenis ini masih belum terlalu banyak di temukan.



Dari sembilan jenis ikan cupang hias di atas, Manakah yang sesuai dengan selera anda. Semoga dengan anda memelihara ikan cupang hias ini bisa mengurangi stress karena penatnya bekerja, apalagi untuk sebagian orang yang bekerja di rumah saat terjadi pandemi Covid 19 atau corona

Berlangganan via Email