Widget HTML Atas

Kopi Ampirono Nikmati Rasa Minum Kopi Dekat Dengan Alam

Trend ngopi di Negara kita saat ini sepertinya sudah menjadi budaya dan menyebar luas ke berbagai  daerah. Bahkan seperti sudah menjadi bagian dari kebiasaan atau malah gaya hidup. 

Bagi masyarakat perkotaan kedai kopi yang sering di kunjungi biasanya seperti starbuck, Janji jiwa sampai filosofi kopi namun sebagian lainya juga tetap bisa menikmati kopi dari Alfamart, Indomaret, Fimily mart dan lainya. Jika harganya masih cukup mahal masih ada solusi lainya yaitu membeli kopi dari pedagang keliling, biasanya mereka menawarkanya sambil berkeliling dengan bersepeda.

Ada berbagaimacam cara menikmati secangkir kopi, baru-baru ini telah di buka kedai kopi yang bernama Kopi Ampirono. Kopi Ampirono, Resto beralamat di Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta ini bisa jadi pilihan untuk makan dan menikmati suasana asri pedesaan. Menikmati menu-menu ndeso sambil melihat pemandangan persawahan, jadi paduan yang pas.

kopi ampirono
kopi ampirono


Lokasi Kopi Ampirono berada di area perbukitan pegunungan Menorehbagian bawah yang dikelilingi oleh terasering persawahan. Rute termudah menuju tempat ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat melewati Jalan Godean.

Ikuti jalan lurus ke arah barat hingga menyebrangi jembatan Sungai Progo dan menemukan perempatan lalu lintas Kenteng Nanggulan. Pilih jalan lurus ke arah Pasar Kenteng Nanggulan atau mengikuti papan petunjuk arah menuju ke obyek wisata Kedung Pedut dan Goa Kiskendo. Sesampai di area Pasar Wage Kenteng, ikuti jalan tersebut hingga perlahan-lahan naik dan melewati jembatan.
Posisi rumah makan ini berada pada sebuah tanjakan jalan pada sisi kiri jalan.

Bangunan tempat makannya berbentuk joglo, sehingga suasana pedesaan Jawa cukup terasa. Untuk sampai ke tempat makan, pengunjung akan melintasi anak tangga. Dari joglo tersebut pengunjung bisa bersantap sambil menikmati pemandangan area persawahan dari ketinggian.

Tempat ini belum lama mulai beroperasi, tepatnya setelah lebaran tahun 2019. Sharif Omela, pengelola, mengatakan, tempat ini mengangkat konsep warung ndeso dengan pemandangannya.

kopi ampirono
kopi ampirono


Menu utama yang ditawarkan Kopi Ampirono adalah sajian kopi dan teh khas perbukitan Menoreh. Selain itu menu makanan dan minuman lain yang ditawarkan tergolong standar dan hampir sama dengan warung atau rumah makan yang lain. 

Masakan khas desa yang disediakan ada sayur brongkos, sayur lodeh, sayur daun ketela, dan sop sayur. Lauk yang disediakan ada telur dadar goreng, cakar bacem, tahu bacem, dan ikan pindang. Untuk minuman sendiri, warung ini menyediakan jeruk, serai, soda gembira, jahe, dan teh bunga rosella. Tidak ketinggalan camilan seperti pisang goreng. tempe goreng, dan tentu saja geblek khas Kulon Progo.

kopi ampirono
kopi ampirono


Untuk menunya, tempat ini memiliki sayuran ndeso dan kopi sebagai andalan. Ada pula aneka menu wedangan. “Special di sini lodeh, sama kopi. Untuk lodeh ada 3 macam, lodeh kluwih, lodeh terong, dan lodeh tempe,” katanya.

Kopi di tempat ini juga dijual dengan harga murah. Untuk kopi jos, kopi klotok, kopi menoreh robusta dan arabika bisa dinikmati dengan harga Rp 5000-Rp 8000. Coba anda bandingkan harga kopi Ampirono dengan harga kopi Starbuck atau harga kopi Janji Jiwa akan Teresa sangat jauh sekali selisih harganya bukan.

kopi ampirono
kopi ampirono


Untuk harga, ada paket makan sepuasnya yang terdiri dari lodeh, ikan gereh, dan terong seharga Rp 10.000. Sedangkan harga lauk seperti tempe, telur crispy, hingga ikan pindang berkisar Rp 2000 hingga Rp 4000.

Selain itu, tempat ini juga mengangkat makanan khas Kulon Progo, yakni geblek. Ada juga camilan pisang goreng, mendoan, dan yang lainnya.

Pengelola juga menyediakan sepeda ontel yang disediakan untuk pengunjung berfoto. Selain itu ada beberapa spot lain yang juga menarik untuk jadi latar belakang foto. “Spot favorit di tangga, di bawah pohon, lalu di pojok juga. Kalau sore kelihatan Gunung Merapi dan Merbabu,” kata Sharif.
Untuk menuju tempat ini, dari perempatan Kenteng, Nanggulan, ambil arah ke barat sekitar 2 KM.

Lokasi Kopi Ampirono

Lokasi kedai Kopi Ampirono berjakar sekitar 21Km dari pusat kota Yogyakarta
Jalan Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kab Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Jam Buka Kopi Ampirono

Buka Setiap hari mulai jam 10:00  sampai 21:00

Fasilitas di Kopi Ampirono

Fasilitas dan kesiapan di sini cukup lengkap, buat yang bawa kendaraan baik motor atau mobil tidak perlu bingung untuk cari tempat parkir karena sudah di sediakan selain itu juga ada toilet dan tempat Ibadah.

Daftar menu di Kopi Ampirono


  • Teh manis dingin/ panas Rp. 3000
    Teh Kalibiru Rp. 4000
    Teh tubruk gula batu Rp. 5000
    Kopi Klothok Rp. 5000
    Kopi Joss Rp. 5000
    Kopi Joss Susu Rp. 7000
    Kopi menorah/ Merapi Robusta Rp. 5000
    Kopi menorah/ Merapi Arabica Rp. 5000
    Lodeh/ Kluwi/ Terong/ Tempe Rp. 10.000
    Gorengan Rp. 5000-Rp. 8000
    Dan masih ada beberapa menu lainnya
Bagaiamana anda tertarik minum kopi di sana, silahkan coba rasakan sensasinya bersama teman atau keluarga anda.