Widget HTML Atas

Optimisasi Mesin Pencari: Tingkatkan SEO Anda untuk Mendapatkan Traffic Organik Gratis dari Google

Anda pastinya tahu bahwa SEO itu penting untuk peringkat organik situs Anda ... namun bisa jadi Anda tidak tahu harus mulai dari mana? Dalam panduan ini kita akan belajar bersama mengenai semua informasi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan ranking / peringkat yang benar di Google.

optimasi search engine seo



Kami mulai menulis blog di uangbanyak dot com sebenarnya sudah cukup lama namun terbengkalai karena padatnya aktivitas offline kami dan memulai membuat konten lagi di Web pada pertengahan tahun 2020 ... dan kami mungkin juga memberi tahu Anda bahwa kami tidak tahu apa-apa tentang pencarian SEO dan organik. 

Pada saat ini, kami hanya menuliskan apa yang ada di internet yang sudah dilakukan banyak pakar internet marketing, berpikir bahwa informasi yang kami bagikan mungkin berguna bagi pembaca internet dan blog uang banyak lainnya. Kami tidak bertanya-tanya bagaimana orang akan akan menemukan artikel kami, kami hanya menerbitkannya di blog kami dan membagikannya di media sosial. 😉

Tetapi setelah beberapa saat (mungkin 1-2 tahun), kami menyadari bahwa beberapa artikel kami lebih banyak dibaca daripada yang lain. Ketika kami menganalisis situasinya sedikit, kami menyadari bahwa orang-orang yang membaca artikel spesifik ini sebenarnya berasal dari tempat yang sama: mesin pencari Google! Pengamatan ini adalah pemicu nyata bagi kami dan pada saat itulah kami mulai menaruh minat lebih serius pada dunia SEO dan pencarian organik yang menakjubkan.

Akhirnnya kami kembali fokus untuk mempublish tulisan-tulisan di blog uang banyak. Dengan harapan blog ini mampu untuk menghadirkan alternatif informasi yang bisa membantu para blogger pemula seperti kami dalam mempelajari tenang SEO dan blogging.

Dan percayalah, pembelajaran dan pengujian SEO (Search Engine Optimization) adalah investasi yang sangat baik di zaman kita! Ini tentu faktor utama yang memungkinkan kita untuk hidup dari blog kita hari ini.

traffic organic google analytic


Jelas, kami tidak melakukan semuanya dengan benar sejak awal dan kami tidak berakhir dengan lalu lintas yang lebih dari saat ini (dimana lebih dari 80% di antaranya berasal dari Google). Kita juga tahu bahwa SEO bisa menjadi subjek yang menakutkan dan sulit dipahami karena sangat luas! Tapi jangan khawatir, kita di sini mencoba untuk belajar dengan cara menyederhanakannya sedikit.

Dalam panduan ini, kami hanya akan menjelaskan kepada Anda apa itu SEO / organik dan memberi Anda metode yang bisa kita  pelajari bersama sehingga Anda juga dapat meningkatkan peringkat di google dan mendapatkan lalu lintas gratis dari mesin pencari ini.

Apakah Anda siap untuk serius tentang SEO? Jadi di sini kita mulai untuk belajar bersama !

Apa itu SEO dan Traffic Organik?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Nah, ketika anda mengatakan "mesin pencari", anda sebenarnya hanya berbicara tentang Google kita yang terhormat karena lebih dari 90% pencarian dilakukan di Google yang telah mendominasi pasar ini selama setidaknya 15 tahun! Oleh karena itu SEO mencakup semua praktik yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas organik ke situs Anda (pahami bahwa lalu lintas gratis yang berasal dari teman kita adalah Google).

Mengapa SEO dan lalu lintas organik penting?

Memiliki lalu lintas yang berkualitas adalah dasar yang mendasar dari semua perusahaan di Internet. Ini sebenarnya cukup sederhana, tidak masalah jika Anda menjual produk / layanan online, memiliki blog, situs showcase ... semakin banyak lalu lintas berkualitas yang Anda miliki di situs Anda, maka semakin baik bisnis Anda!

Tentu saja ada beberapa cara untuk mendapatkan lalu lintas ke situs Anda:

Media sosial: Ketika kami mulai menulis blog lagi, media sosial mewakili sebagian besar lalu lintas kami. Kami cukup membagikan artikel kami di halaman facebook kami (atau di grup yang berbeda, di komentar dll ...) dan orang-orang yang mengikuti kami melihat konten kami melewati feed mereka dan mengkliknya jika mereka tertarik. 

Sayangnya, selama beberapa tahun terakhir, aturan permainan telah berubah dan Anda harus membayar untuk dapat dilihat di facebook atau instagram. Jika Anda menaruh tautan ke situs Anda di kiriman Facebook, hanya sebagian kecil dari orang yang mengikuti Anda yang akan melihatnya (Facebook mencoba membuat Anda tetap berada di situs mereka). Ada Pinterest yang masih bisa menjadi sumber lalu lintas yang menarik, tetapi tanpa membayar, Anda tidak akan melangkah terlalu jauh di jejaring sosial.

social media traffic google


Itu sebabnya kami bukan penggemar jaringan sosial pada saat ini! Sekalipun kita masih berbagi beberapa foto dan artikel di sana-sini (dan tentu saja kita masih menghabiskan terlalu banyak waktu di sana), itu tidak lagi sepadan dengan pendapat kita dan kita harusnya lebih suka menginvestasikan waktu kita di tempat lain!

Iklan berbayar: Untuk beberapa bisnis, iklan berbayar (di google tetapi juga facebook atau situs web lainnya) dapat menjadi sumber lalu lintas yang menguntungkan. Jika Anda dapat mengukur berapa biaya klik Anda dan berapa banyak uang yang Anda hasilkan, Anda dapat menerapkan strategi yang menguntungkan. Tapi, anda jangan lupa bahwa di Google, misalnya, hanya 4% dari orang yang melakukan pencarian klik pada iklan yang ada. Ini berarti peluang lalu lintas terbesar ada di tempat lain, terutama karena gratis.

SEO: Seperti yang sudah Anda pahami dengan baik, peluang lalu lintas terbesar jelas berada di sisi pencarian organik di Google (karena mesin pencari lainnya praktis bisa diabaikan). Berikut adalah beberapa alasan yang harusnya bisa meyakinkan Anda bahwa menginvestasikan waktu untuk meningkatkan SEO adalah ide yang bagus:
      
  • Potensi lalu lintas lebih besar daripada di tempat lain: Google adalah situs yang paling banyak digunakan dan dikunjungi di Internet! Jika Anda dapat memposisikan diri di bagian atas halaman 1 google untuk istilah pencarian yang relevan, Anda akan dihargai dengan banyak lalu lintas berkualitas.
  • Lalu lintas organik gratis dan persisten: Di sinilah menariknya… tentu membuat konten yang berperingkat baik di Google membutuhkan waktu. Tetapi jika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan lalu lintas gratis untuk waktu yang lama.
  • Belajar tentang SEO gratis: Jika Anda termotivasi, semua informasi untuk belajar SEO dapat ditemukan di internet (seperti dalam panduan ini 😉). Anda hanya perlu rela menginvestasikan sebagian waktu Anda untuk berlatih.
  • Google ada di sini pada akhirnya: Evolusi Google telah jauh lebih stabil dibandingkan dengan jejaring sosial dalam 10 tahun terakhir dan Google tentu akan menjadi mesin pencari utama untuk waktu yang lama. Keterampilan yang akan Anda kembangkan dengan mempelajari SEO akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan lalu lintas gratis selama bertahun-tahun yang akan datang.

Distribusi Lalu Lintas di Halaman 1 Google

Bahkan jika kami baru saja memberi tahu Anda bahwa evolusi Google telah cukup stabil dalam 10 tahun terakhir (dibandingkan dengan media sosial), kami masih jauh dari daftar hasil sederhana yang ada di awal di halaman pertama Google (Anda mungkin ingat beberapa disponsori hasil di awal halaman kemudian daftar hasil pencarian). Hari ini halaman pertama Google jauh lebih kaya dan lebih mirip seperti ini tergantung pada permintaan:

(gambar 3)

 Dengan melihat 3 halaman hasil Google ini, kita dapat melakukan pengamatan berikut:
  • Google mencoba menjawab pertanyaan dari pengguna Internet secara langsung di halaman hasil pencarian. Pada tahun 2019, 50% kueri tidak menghasilkan klik apa pun, yang berarti bahwa 50% pengguna Internet tidak perlu mengklik hasil pencarian untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka (tren yang sedikit menakutkan bagi pembuat konten).
  • Halaman pertama tidak lagi terlihat seperti daftar sederhana hasil pencarian, ada juga banyak konten yang diperkaya dengan gambar, peringkat, pertanyaan dan jawaban ... (kaya dengan cuplikan). Kita akan kembali ke titik ini nanti.
  • 4-5% dari pencarian berakhir dengan klik pada konten yang disponsori (iklan)
  • Rata-rata, 45-46% pencarian berakhir dengan klik pada hasil organik, yang masih mewakili sejumlah besar lalu lintas. Dan inilah bagian dari penelitian yang akan tertarik dalam konteks SEO.
  • Jika kami sekarang mempertimbangkan 45-46% ini yang menghasilkan lalu lintas organik, juga menarik untuk mengetahui distribusi klik sesuai dengan posisi Anda di Google. Jelas, posisi pertama akan memberi Anda lebih banyak klik, tetapi sejauh mana?

Apakah anda masih penasaran dengan lanjutan dari artikel ini? Nantikan update selanjutnya di selasa depan.

  

Tidak ada komentar untuk "Optimisasi Mesin Pencari: Tingkatkan SEO Anda untuk Mendapatkan Traffic Organik Gratis dari Google"