Widget HTML Atas

Rekomendasi Pilihan Sepeda Lipat Terbaik 2020


Bingung mau pilih sepeda lipat yang mana, memang saat ini jenis sepeda lipat cukup banyak di keluarkan oleh beberapa pabrikan, harganya pun bervariasi mulai dari 1 jutaan bahkan sampa dengan puluhan juta.

Banyak faktor yang membuat sebuah sepede lipat menjadi mahal. Beberapa faktor yang paling sering adalah bahan material dari rangka sepeda, aksesoris sepeda, jumlah lipatan sepeda dan terakhir brand sepeda itu sendiri


Cara Memilih Sepeda Lipat Murah Tapi Bagus

Perhatikan Merk sepeda lipat

Ada banyak produsen sepeda lipat, ini artinya ada banyak brand sepeda lipat yang beredar dipasaran. Sepeda lipat dengan brand terkenal pastinya lebih mahal dibandingkan dengan sepeda lipat tanpa merk.

Hal ini disebabkan sepeda lipat dengan brand pastinya memiliki model sendiri dengan desain unik, bahkan performa dan daya tahan dari sepeda dengan brand pun akan lebih bagus. Oleh karena itu usahakan untuk memilih sepeda lipat dengan brand yang sudah pasti saja ya.

Perhatikan jenis transmision gear nya

Adanya transmisi membuat anda mudah melewati berbagai jenis rintangan ketika anda sedang berada di jalan dengan medan yang sulit.
Ada dua jenis transmisi gear dalam sepeda lipat yaitu tipe tuas dan tipe grip. Tentunya setiap tipe transmisi gear ini memiliki kelebihan masing – masing.

Perhatikan bentuk lipatan

Semakin bentuk lipatannya tepat, maka desain sepeda pun akan semakin mudah untuk dibawa baik itu dimasukkan dalam mobil ataupun dibawa dalam kendaaraan umum.

Dengan demikian jika ingin mudah dibawa kemana-mana, maka bagian yang menonjol seperti sadel dan pegangan sepeda sebaiknya juga bisa “disembunyikan” sehingga tidak mengganggu orang yang ada disekitar anda.

Fitur tenaga elektrik

Untuk yang satu ini tergolong baru  dan hanya di beberapa jenis sepeda lipat saja yang memilikinya. Fitur tenaga elektrik ini bisa membantu anda ketika anda sedang membawa barang berat , menanjak, ataupun sedang malas mengayuh. Tentunya sepeda lipat dengan fitur ini harganya akan lebih mahal dibandingkan sepeda lipat umumnya ya.

Berat sepeda

Semakin berat sepeda, maka akan semakin susah untuk dibawa. Padahal sepeda lipat ini tujuannya untuk memudahkan penggunanya. Pada umumnya, berat sepeda lipat adalah 10 hingga 20 kg. Jika anda ingin membawa sepeda masuk kedalam ruangan maka pilih sepeda dengan berat 10 kg.


Ukuran ban sepeda

Untuk ukuran ban sepeda yang biasa digunakan adalah 14 sampai 20 inchi. Semakin kecil ukuran ban sepeda, maka akan semakin kecil sepeda tersebut bisa dilipat. Namun tentu saja, sepeda dengan roda yang sangat kecil tidak akan aman untuk anda. Sedangkan bila ukuran roda terlalu besar maka akan semakin sulit untuk dibawa. Jadi sesuaikanlah dengan jarak dan kebutuhan anda.

Periksalah cara melipatnya

Metode melipat yang paling umum adaladh dengan melipat bagian setang dan badan sepedanya. Semakin banyak bagian yang bisa anda lipat maka semakin praktis sepeda tersebut bisa dibawa. Namun jika terlalu banyak lipatan maka sepeda akan semakin kurang stabil dan berbahaya untuk dikendarain.

Perawatan

Salah satu kelemahan dari jenis sepeda yang satu ini adalah mudah sekali bermasalah pada bagian lipatannya, apalagi jika tidak dirawat secara tepat. Oleh karena itu ketika anda hendak membeli sepeda, tanyakan kepada penjualnya tentang cara merawat sepeda lipat tersebut. Jika memungkinkan, mintalah buku panduan kepada penjual.

Medan atau kondisi jalan anda

Sepeda lipat hanya diperuntukkan untuk medan jalan yang mulus dan beraspal. Oleh karena itu jangan gunakan pada medan dengan jalan yang berat ataupun untuk atraksi freestyle. Selain itu karena tidak ada shock dibagian depan, maka lebih baik anda juga menghindari jalan yang berlubang dan bergeronjal apalagi yang ada polisi tidurnya.

Hindari membeli sepeda lipat yang terlalu murah


Biasanya faktor harganya sangat menentukan, Harga murah biasanya akan berpengaruh pada daya tahan sepeda lipat terutama pada bagian lipatan sepeda jika semakin lama lipatan membuat berkendara tidak stabil tentu saja akan berbahaya untuk anda, apalagi jika di pakai untuk jarak yang jauh dan pemakaian yang sering.

Namun jika untuk anak-anak sepertinya masih bisa di tolelir karena mereka biasa menggunakan untuk jarak dekat saja

Merk Sepeda Lipat Bagus dan Berkualitas

Sepeda Lipat Viva Cycle

Vivacycle merupakan sebuah perusahaan sepeda yang masuk dalam Vivamas group. Berdiri sejak 1962 dengan usaha awal produksi sepeda, sekarang berkembang menjadi bentuk perusahaan Holding Company dibawah naungan bendera PT.Vivamas Tatanusa.


Sepeda Lipat Evergreen

Siapa yang tidak mengenal sepeda merek Evergreen? Merek yang satu ini sudah memproduksi berbagai model dan variasinya seperti sepeda lipat Evergreen, sepeda anak, sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda statis, dan lain-lain. Ini adalah salah satu brand sepeda yang mendunia. Namun, perlu dicatat bahwa Evergreen adalah salah satu sepeda lokal yang diproduksi oleh PT Kartika Agrapuspa.

Sepeda Lipat Dahon

Dahon adalah produsen sepeda lipat terbesar di dunia, dengan dua pertiga pangsa pasar pada tahun 2006. Perusahaan ini didirikan oleh David T. Hon, seorang fisikawan, pada tahun 1982 dan bermarkas di Los Angeles, California, dengan pabrik perakitan di Cina, Makau, dan Bulgaria. Produksi utama Sepeda Lipat Dahon dikerjakan di perusahaan utama di Shenzhen, Cina.



Mulai tahun 2012, semua merek sepeda lipat Dahon untuk Eropa akan dibuat di Bulgaria. Semua sepeda untuk pasar Eropa akan dibuat dengan sertifikat ISO 9001: 2008, yang mengkhususkan diri dalam pembuatan sepeda dan fitur state-of-the-art teknologi mesin dan peralatan inspeksi kualitas modern.

Sepeda Lipat United

United bike merupakan salah satu merk lokal yang sudah mendunia. Dengan pengalaman 50 tahun di dunia persepedaan, pastinya merk United sudag memiliki formulasi sepeda yang nyaman untuk digunakan.

Dari segi harganya pun sepeda ini termasuk sepeda yang masih bisa dijangkau. Untuk pemain lokal tetapi kualitas internasional, perusahaan United Bike bekerjasama dengan brand Shimano dan Alloy untuk penyediaan komponennya.

Sepeda Lipat Xiaomi

Xiaomi tampaknya tak ingin cuma dikenal sebagai produsen smartphone. Vendor asal China itu melebarkan sayap bisnisnya ke lini lain, mencakup drone, peralatan rumah tangga hingga sepeda. Sudah terdapat dua varian sepeda lipat yang digagas oleh merk ini. tidak hanya ingin dikenal sebagai sepeda lipat dengan fitur biasa, Xiaomi pun memperkenalkan fitur smart bike pada sepeda lipat buatannya.


Sepeda Lipat London taxi

London Taxi pada dasarnya bukanlah perusahaan yang memproduksi sepeda melainkan mobil, t-shirt dan boneka. Adalah Chau Lap, pengusaha asal China, yang membeli lisence London Taxi untuk kemudian dikembangkan menjadi produsen sepeda. mobil, t-shirt dan boneka. Adalah Chau Lap, pengusaha asal China, yang membeli lisence London Taxi untuk kemudian dikembangkan menjadi produsen sepeda.



Di Indonesia sendiri distributor resmi London Taxi ini dipegang oleh Jeffery. Sepeda lipat London Taxi sendiri memiliki desain unik karena merk ini terkenal dengan desainnya yang konvensional.

Kesimpulan

Bersepeda memang merupakan aktifitas yang menyenangkan. Menggunakan sepeda lipat tidak hanya mampu membuat tubuh anda lebih bugar, tetapi juga mampu menghemat budget anda dari berbagai bidang mulai dari ongkos kendaraan, biaya maintainence hingga biaya pajak.
Jika anda termauk pekerja atau pun orang yang sering menggunakan sepeda lipat ketika anda bekerja, maka ada baiknya anda memilih sepeda lipat dengan beban ringan karena hal ini akan memudahkan anda untuk membawanya. Namun demikian anda juga harus menyesuaikan jenis sepeda lipat dengan budget yang anda miliki ya.