Widget HTML Atas

Tips Memilih Sepeda Lipat Sesuai Dengan Kebutuhan


Di luar dugaan kebutuhan sepeda di saat sedang pandemic saat ini cukup tinggi, entah untuk kebutuhan olah raga atau pun untuk sarana transportasi tempat kerja demi menghindari keramaian dari pada naik angkutan umum.

Ada jenis sepeda yang cukup fungsional untuk beberapa kondisi yang bisa anda pilih karena bisa untuk olah raga untuk anak dan dewasa bisa juga anda gunakan untuk sarana transportasi. Sepeda lipat merupakan pilihan yang tepat untuk semua kondisi di atas.



Sebelum kita lanjut memilih jenis-jenis sepeda lipat, ada baiknya kita tengok sejarah sepeda lipat untuk manambah wawasan anda.

Sepeda lipat, pertama kali di patenkan menjadi hak cipta pada 16 September 1887, oleh Emmit G. Latta seorang penemu dari Amerika. Sejak saat itu, banyak produsen dan lembaga yang mengembangkan dan menyempurnakan sepeda lipat dengan hak cipta lanjutan.  Yang menarik pada perkembangannya adalah pada tahun 1890an, militer dari Inggris dan Prancis menggunakan sepeda lipat sebagai sepeda tempur (dipakai oleh bicycle infantry). Militer Inggris membuat sepeda lipat dengan bobot sekitar 8 kg dan menggunakan ban 24 inchi, lengkap dengan tempat penyimpanan senjata rifle. 

Pada perang dunia kedua, militer Inggris juga menciptakan sepeda lipat dengan bahan yang lebih tahan banting, dan kuat karena sepeda ini nantinya akan dijatuhkan dengan parasut dari pesawat. Sepeda lipat ini mempunyai berat 16 kg, ketika diterjunkan dengan parasut, stang atau handlebars dan tempat duduk yang pertama menyentuh tanah, sehingga menjaga roda yang lebih rapuh agar tidak rusak. Setelah perang dunia kedua tersebut, tidak banyak perkembangan berarti pada sepeda lipat untuk militer.

Tahun 1970, sepeda lipat mulai banyak ditemui di pasaran umum. Baru pada 1980 sepeda lipat berkembang pesat dengan teknologi dan bentuk sepeda lipat yang lebih beragam dan modern, sehingga terus berevolusi menjadi sepeda lipat yang kita temui sekarang

Alasan memilih sepeda lipat

Sepeda lipat sangat praktis

Bisa kita bawa-bawa dengan mudah ke dalam kereta, bus, untuk perjalanan yang jauh. Atau jika anda harus melewati jalan pintas yang tidak bisa dilewati kendaraaan (seperti jembatan atau gang kecil), kita bisa mengangkat sepeda dan melanjutkan perjalanan lagi setelahnya.

Mudah di bawa kemana-mana

Tidak perlu khawatir meninggalkan sepeda lipat, karena sepeda lipat bisa dibawa kemana kita pergi. Bisa dibawa ke dalam kantor, atau ke mall, rekreaski bersama keluarga dan kemana saja. Beberapa jenis sepeda lipat bisa dimasukkan ke dalam tas, sehingga lebih mudah untu di bawa.


Lebih Hemat Tempat

Bentuknya yang kecil, membuat sepeda lipat bisa disimpan di kolong meja kantor, dalam lemari, bagasi, sehingga tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar. Cocok untuk dipakai orang yang tinggal dalam apartemen yang sempit, untuk menghemat tempat.



Orang yang pertama kali melihat sepeda lipat mungkin merasa seperti sepeda sirkus. Tetapi coba anda perhatikan bentuk dan fitur pada pada sepeda cukup keren. Ditambah jika kita melipat sepeda dan mengangkatnya dalam waktu cepat,

Akselerasi super

Ban yang kecil membuat sepeda ini sangat gampang berakselerasi, mengalahkan akselerasi sepeda ukuran normal. Umunya ukuran ban sepeda lipat adalah 16, 18 dan 20

Biaya perawatan murah

Sepeda lipat dirancang tahan banting, karena pada pemakaiannya pasti dibuka-lipat, angkat-turunkan. Jadi untuk biaya perawatan juga relative lebih rendah, sebab sudah lebih kuat struktur dan desainnya.

Banyak kenalan

Sesama pengguna sepeda lipat biasanya cepat untuk berkenalan dan membagi cerita saat ketemu dalam perjalanan ke kantor atau saat anda sedang berolah raga, karena merasa memiliki kesenangan yang samakin semakin asyik bercerita.

Bahan Material Frame

Agar sepeda lipat menjadi ringan dan fleksibel, maka pemilihan bahan harus menjadi perhatian.

Steel

Paling murah diantara bahan yang lainnya, tetapi bobotnya paling berat. Karena bobotnya yang berat, sepeda menjadi lebih seimbang dan bisa membantu menyerap guncangan atau getaran.

Aluminum: Atau alloy

Biasanya dipakai oleh sepeda kelas menengah ke atas. Aluminium dan alloy tidak terlalu mahal tetapi ringan. Dengan frame aluminium, sepeda lebih mudah dikontrol dan bermanuver.

​Carbon Fiber

Bahan material yang sangat kuat, sangat ringan dan bagus untuk menahan getaran kecil, kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal, dan sifatnya yang getas (langsung patah, tidak bisa bengkok)

Titanium

Bahan kelas atas untuk sepeda lipat kelas atas. Harganya yang paling mahal dari yang lain.

Metoda Lipat

Setiap jenis dan pabrikan bisa mempunyai teknik melipat yang berbeda, dan penamaan yang berbeda pula. Untuk memperkecil ukuran sepeda lipat, ada beberapa teknik atau metode yang secara umum dipakai, diantaranya:

Biasanya semakin banyak lipatan harga sepeda menjadi lebih mahal.

Mid-Folding

Tipe yang paling sering kita temui, pada sepeda  lipat dengan bentuk frame diamond. Sepeda lipat ini memiliki engsel atau hinge di tengah frame. Untuk membongkar struktur bisa menggunakan quick release atau pun baut yang mudah diputar. Tempat duduk dan handlebars juga bisa dengan mudah dilipat. Tipe mid folding, sepeda dilipat dengan memutar roda depan secara horizontal ke arah roda belakang  dengan engsel sebagai titik putarnya.

Vertical Folding

Sepeda ini memiliki satu atau dua engsel pada tengah frame (top tube), atau pada penopang rantai atau pada penopang tempat duduk (seat stay). Sepeda akan dilipat ke atas, sampai roda depan dan belakang sejajar. Biasanya sepeda type ini menghasilkan ukuran lipatan sepeda yang lebih kecil atau lebih padat.

Triangle Hinge

Dengan engsel pada frame, sepeda ini bisa memutar triangle atau frame segitiga belakang sepeda beserta rodanya. Frame segitiga dan roda belakang sepeda didorong ke bawah, lalu ke depan sampai menyatu dengan roda depan. Bisa juga memiliki engsel tambahan pada frame depan. Kelebihannya adalah bisa dilipat lebih dari satu kali.

Magnet Folding atau Suspension Holding

Penggunaan magnet digabung dengan suspensi belakang menjadi mekanisme pelipatan sepeda. Roda belakang sepeda ditahan oleh magnet, dengan mematikan medan magnet, maka ban belakang bergeser ke depan, lalu sepeda dilipat dari bawah. Tipe ini menungkinkan pada keadaan terlipat, sepeda bisa ditarik dengan tumpuan pada roda belakang yang masih bisa berputar.

Breakaway

Sepeda lipat ini memiliki struktur untuk dilepas, tidak memiliki engsel sebagai pivot untuk melipat sepeda. Tanpa melepad mur atau baut, sepeda ini sudah bisa dibongkar. Tujuannya adalah agar sepeda bisa dilepas dan disusun sesuai dengan keingingan, apakah untuk menyesuaikan bentuk koper, atau bagasi. Sehingga membuat bentuk penyimpanan yang lebih fleksibel. Tetapi dibanding sepeda lipat tipe yang lain, menyusun sepeda ini membutuhkan waktu yang lebih lama.

Tips : Belilah sepeda sesuai kebutuhan anda tidak perlu gengsi karena malu beli yang murah, tapi maksimalkan fungsi dan manfaatnya itu lebih penting, kecuali anda memiliki uang banyak maka silahkan saja membeli sepeda dengan kwalitas bagus agar dapat rasa nyaman dan puas saat menggunakannya.

Berlangganan via Email