Widget HTML Atas

11 Cara Promosi Produk Yang Mudah dan Efektif


Cara Promosi Produk Yang Mudah dan Efektif


1. Promosi Memanfaatkan Media Sosial

Cara promosi produk yang paling cepat, mudah dan murah yang bisa kita lakukan adalah dengan  memasarkannya melalui media sosial. Media sosial selain digunakan untuk berinteraksi secara online dengan orang lain, sering juga digunakan untuk sara promosi.

Media sosial yang paling sering digunakan untuk promosi adalah Facebook, Instagram, Google+, dan Twitter. Namun, menurut saya, Facebook dan Instagram adalah sosmed yang paling efektif untuk promosi saat ini. 

Ke dua media social tersebut saat memiliki lebih banyak member dan paling sering di buka oleh para membernya sehingga peluang promosinya lebih besar.

Promosi barang di media sosial bisa dilakukan dengan cara gratis maupun dengan cara berbayar. Yang pasti, Anda harus punya tim yang secara khusus menangani kegiatan promosi di media sosial ini.

Bila Anda ingin merasakan proses yang lebih cepat, maka Anda bisa memanfaatkan Sociabuz dimana di sana terdapat banyak influencer yang bersedia memberikan endorse pada bisnis Anda di media social dan tentu saja ini sepertinya tidak gratis.

2. Mengadakan Lomba Menulis Tentang Bisnis Anda

Jika bisnis Anda menjual produk tertentu yang sering dibahas oleh para blogger, maka cara promosi produk Anda tersebut bisa dilakukan dengan mengadakan lomba menulis artikel tentang bisnis atau produk Anda. 

Misalnya bisnis Anda adalah menjual layanan travel murah kepada para backpacker, maka lomba menulis ini sangat cocok Anda tawarkan kepada para travel blogger.

Dengan ketentuan khusus, para blogger diharuskan menulis ulasan mengenai layanan travel yang Anda tawarkan. 

Ini akan memberikan dampak yang sangat besar karena para pembaca blog para travel blogger tersebut akan langsung mengetahui bisnis Anda.

Jika Anda tidak mau repot mengadakan lomba menulis, Anda bisa memanfaatkan para blogger untuk menulis artikel tentang bisnis Anda. Salah satu layanan yang bisa Anda gunakan adalah iBlogmarket, dimana Anda bisa membayar para blogger untuk menulis tentang bisnis Anda.

3. Menjadi Sponsor Sebuah Event

Cara promosi produk berikutnya adalah dengan menjadi sponsor untuk kegiatan tertentu yang berhubungan dengan bisnis Anda. 

Ada cukup banyak event yang bisa menjadi sarana promosi produk yang Anda jual, pilih salah satu atau beberapa yang dianggap paling memberikan dampak.

Misalnya bisnis Anda menjual produk yang berhubungan dengan pendidikan. Maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi salah satu sponsor untuk event-event pendidikan yang rutin diadakan.

4. Memberikan Produk Secara Gratis

Ini adalah salah satu cara promosi produk yang cukup banyak dilakukan oleh para pebisnis sekarang ini. 

Biaya untuk promosi bisa dialokasikan dengan cara memberikan contoh produk kepada target market yang kemungkinan tertarik dengan produk yang Anda jual. Tujuanya adalah agar pasar dapat merasakan terkait produk yang anda jual.

Belajar dari para pebisnis provider hosting dan domain, contoh promosi yang sering mereka lakukan adalah memberikan domain gratis untuk setiap pembelian hosting dengan kapasitas tertentu. Memang pada awalnya Anda terlihat rugi, tapi ini adalah salah satu cara terbaik mendapatkan konsumen baru.

Pada akhinya Anda akan untung ketika konsumen puas dengan layanan bisnis Anda dan terus menggunakan layanan bisnis Anda untuk jangka waktu yang lama.

5. Memberikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi

Mempromosikan produk dengan cara seperti ini dianggap sangat efektif dan efeknya sangat besar. 

Alasannya, calon konsumen biasanya lebih percaya pada rekomendasi dari rekan atau keluarga mereka ketimbang iklan seperti biasanya.

Apalagi bila bisnis Anda adalah bisnis yang baru dimulai dengan produk yang punya cukup banyak pesaing. 

Cara promosi produk dengan memberikan insentif pada orang yang berhasil merekomendasikan bisnis Anda akan memberikan dampak positif pada brand Anda. Dengan kata lain, Anda melakukan branding secara efektif.

6. Memanfaatkan Jasa Endorse dari Artis

Cara promosi produk berikutnya yang terbukti dapat meningkatkan angka penjualan adalah dengan memanfaatkan jasa endorse dari para artis Indonesia. Ada banyak bisnis yang menggunakan metode ini, dan memang memberikan dampak yang signifikan dalam hal penjualan dan juga peningkatan audiens di media sosial.

Bagi sang artis, tentu saja ini merupakan salah satu penghasilan tambahan. Dengan memanfaatkan banyaknya followers, para artis ini mendapatkan uang dengan mempromosikan sebuah produk 
Instagram mereka. 

Anda bisa membaca artikel yang membahas beberapa artis dengan tarif endorse Instagram termahal di Indonesia.

7. Memasang Iklan di Google dan Publishernya

Memasang iklan di Google adalah cara promosi produk secara online yang paling efektif menurut saya. 

Kita tahu bahwa pengguna internet selalu menggunakan Google ketika mencari informasi tentang sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan mereka. Dan itu masih terus berlangsung hingga saat ini, mungkin selama masih ada internet di dunia.

Iklan yang tampil pada hasil pencarian Google dan juga pada situs jaringan publisher Google adalah spot yang sangat efektif bagi para pebisnis untuk memasarkan produk mereka secara online. 

Selain itu, menurut banyak informasi dari para pengiklan, konversi penjualan iklan di Google dan jaringan publishernya jauh lebih baik ketimbang iklan di media sosial.

8. Memasang Iklan di website/ Blog Tertentu

Promosi produk dengan cara memasang iklan di web/ blog tertentu juga bisa menjadi opsi yang bisa Anda pertimbangkan. 

Namun, jangan memasang iklan di sembarang website/ blog karena akan sangat berpengaruh pada konversi penjualan.

Pastikan website tempat beriklan sangat berhubungan dengan produk yang Anda jual. Misalnya sebuah blog yang khusus membahas tentang parenting dan tips merawat anak, maka bisnis yang paling cocok beriklan di website ini adalah produk untuk ibu dan anak.

9. Promosi yang Mempengaruhi Calon Konsumen

Kegiatan promosi produk yang disebutkan di atas kurang lengkap bila tidak disertai dengan materi promosi yang bisa mempengaruhi calon konsumen. 

Berikut ini adalah beberapa cara promosi produk dengan memanfaatkan materi promosi yang menarik:
  • Memberikan diskon
  • Bonus untuk pembelian nominal tertentu
  • Penawaran Free Service bila produk bermasalah
  • Memberikan kalender gratis
  • Layanan pengiriman barang gratis
  • Memberikan tutorial dan informasi mengenai produk
  • Dan lain-lain

10. Promosi Dengan Membagikan Selebaran

Cara ini membutuhkan usaha ekstra, namun anda bisa juga meminta bantuan dari teman dan keluarga di rumah. Promosi dengan selebaran biasanya cukup efekti karena kita langsung memberikan produk yang kita jual ke setiap orang bahkan di lingkungan anda sendiri.

Jangan lupa meninggalkan no anda yang bisa di hubungi jika ada orang yang terterik untuk bertanya, mencoba atau membeli produk anda.

Jika cara ini berhasil biasanya akan berlanjut ke promosi dari mulut ke mulut berdasarkan pengalaman pembeli yang sudah mencobanya. Jadi pastikan pelayananya baik ya.

11. Promosi melalui aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi chatting terfavorit dan menjadi andalan saat ini. dengan WA anda bisa bertukar informasi dengan cepat tanpa memotong pulsa anda, karena systemnya memang menggunakan kuota internet.

Promosi melalui WhatsApp menjadi cukup efektif karena hampir setiap orang menggunakanya. Anda tinggal blast atau sebarkan ke anggota yang ada di WhatsApp anda maka semua akan melihat promosi produk anda.

Berlangganan via Email