Widget HTML Atas

Peluang Usaha Membuat dan Mengembangkan Software secara Online

Saat ini ada kebutuhan yang tak terpuaskan untuk perangkat lunak / software yang berguna.

Baik itu aplikasi konsumen yang penting, aplikasi spesialis untuk memecahkan masalah terhadap niche tertentu, atau bahkan permainan yang membuang waktu yang dapat Anda mainkan di ponsel, Anda dapat membuat bisnis yang yang dapat bertumbuh dan sukses besar jika Anda membangun perangkat lunak yang bisa membantu orang banyak. 

peluang usaha mengembangkan software secara online


Lihatlah kebangkitan Slack perangkat lunak komunikasi tim yang beralih dari proyek sampingan menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar hanya dalam 2 tahun.

Sekarang, saya tahu apa yang Anda pikirkan. Sebagian besar perangkat lunak dan aplikasi yang Anda gunakan secara teratur dibuat oleh perusahaan besar atau software house yang ada. Baiklah. 

Tetapi banyak juga aplikasi yang sukses, terutama yang ada di Apple Store dan Google Play Store, dibuat dan dipasarkan oleh individu dan pengusaha bisnis kecil. Faktanya, pengembang independen bisa menghasilkan $ 20 miliar di App Store pada tahun 2016 saja.

Usaha Pengembangan Perangkat Lunak Secara Online


Ada dua cara dasar untuk menghasilkan uang secara online dengan membuat produk perangkat lunak
  1. Mengikuti Jalur Startup
  2. Memiliki Design dan Team Development Sendiri
Yang pertama mengikuti jalur startup yang kami uraikan sebelumnya dan juga anda bisa mendapatkan tips mengenai membangun dan mengembangkan bisnis startup.

Anda memiliki ide menarik untuk aplikasi atau perangkat lunak, maka Anda dapat  memvalidasi ide tersebut dengan orang-orang yang bisa menjadi konsumen aplikasi perangkat lunak anda, dan kemudian mengumpulkan uang untuk menyewa pengembang atau software house untuk membangun, meluncurkan, dan mengukur skala perangkat lunak Anda. 

Jika Anda telah melakukan segalanya dengan benar, perangkat lunak Anda akan diterima di Apple dan Google Stores dan Anda akan menghasilkan uang setiap kali seseorang mengunduhnya atau membayar untuk fitur premium.

Jalur kedua (dan lebih murah) mengasumsikan bahwa Anda memiliki desain dan melakukan development sendiri untuk membangun perangkat lunak impian Anda. 

Secara alami, ini akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dapat merelease produk Anda, tetapi dengan cara mem-bootstrap pengembangan perangkat lunak Anda memungkinkan Anda mempertahankan kepemilikan yang lebih besar dalam bisnis Anda dan lebih mengendalikan jalur yang Anda rintis, menjadikannya lebih murah, tetapi investasi waktu yang lebih tinggi untuk menghasilkan uang dengan menjual aplikasi buatan anda sendiri.

Jika Anda bersedia meluangkan waktu untuk mempelajari keterampilan pengembangan yang diperlukan untuk membangun produk perangkat lunak berkualitas tinggi (atau bahkan MVP untuk membantu Anda mendapatkan dana), ada daftar platform pembelajaran online terkemuka seperti Treehouse, CodeAcademy, dan Skillcrush yang dapat memberi Anda keterampilan yang Anda butuhkan.

Dalam mengembangkan bisnis anda tanpa adanya tim untuk penjualan, pemasaran atau dukungan pelanggan, maka anda dapat menemukan beberapa hal yang sangat efektif yang masih dapat Anda lakukan jika Anda membuat produk software yang mampu melakukan hal tersebut untuk Anda.

Anda dapat memasarkan perangkat lunak tanpa uang.

Dimulai sebagai pendatang baru di pasar yang sangat kompetitif, pemasaran dapat menjadi satu-satunya kesempatan Anda untuk menyebarkan berita tentang produk Anda dan bertahan hidup. Tanpa uang, saatnya untuk mendapatkan sumber daya dan menggunakan apa yang Anda miliki.

Jika yang Anda miliki hanyalah produk perangkat lunak Anda, maka anda bisa barter. Temukan tempat online di mana Anda dapat membeli lalu lintas dengan imbalan perangkat lunak gratis. Temukan forum dan jejaring sosial yang relevan untuk membantu menumbuhkan basis awal Anda. Membangun umpan balik positif membuat bola bergulir dan mengarah ke perhatian dan rujukan tambahan.

Tawarkan Versi Gratis Perangkat Lunak dengan Cara yang Benar.

Saat menawarkan versi gratis dan berbayar dari perangkat lunak Anda, kenali tindakan penyeimbangan dengan perlakuan yang hati-hati dan berikan pemikiran yang diperlukan.

Membuat versi gratis dari perangkat lunak dengan waktu terbatas dapat meningkatkan konversi dari gratis ke berbayar, tetapi juga akan mengurangi basis pengguna yang mencoba perangkat lunak dan merekomendasikannya ke perusahaan lain, sehingga memperlambat pertumbuhan pengguna baru Anda. 

Namun, jika versi gratis menyertakan terlalu banyak fungsionalitas, hanya akan ada sedikit pengguna yang akan meningkatkan ke versi berbayar, sehingga dapat mengurangi pendapatan Anda.

Harus ada keseimbangan yang optimal antara menumbuhkan basis pengguna dan pendapatan yang harus selalu Anda capai. Fitur dan fungsi versi gratis Anda adalah tuas kontrol Anda.

Desain Produk Perangkat Lunak Anda untuk Mendukung Dirinya Dendiri.

Cara terbaik untuk tumbuh tanpa perlu dukungan khusus adalah membuat produk Anda melakukan pekerjaan. Rancang produk Anda sehingga pelanggan bisa mendapatkan yang terbaik tanpa dukungan dari Anda. 

Bahkan dengan mengorbankan fungsionalitas produk, pengurangan beban pada help desk Anda memberikan efisiensi bisnis yang dibutuhkan bagi perusahaan yang masih muda.

Perhatikan antarmuka pengguna Anda, dan sertakan instruksi yang jelas dan spesifik. Tidak ada yang membaca tooltips lebih dari empat baris, dan jika ternyata pengguna tidak mengerti tombol apa yang harus ditekan bagaimana ? Yah, itu tidak menjadi masalah, kalau hanya sedikit pengguna yang tidak faham.

Menyederhanakan produk tidak hanya mengurangi biaya dukungan, tetapi juga mempengaruhi penjualan di semua tahap. Produk sederhana lebih mungkin untuk dicoba, dan adanya manfaat yang jelas dari berbagai versi akan meningkatkan konversi berbayar pada perangkat lunak anda.

Jadikan Produk Perangkat Lunak Anda Sebagai Tim Penjualan Anda.

Saat mengoptimalkan konversi, perlakukan antarmuka Anda sebagai tenaga penjualan. Kembangkan setiap halaman atau segmen antarmuka Anda untuk memberikan motivasi untuk meningkatkan ke versi berbayar. Dengan setiap visual atau potongan teks, pertimbangkan: bagaimana kami menampilkan fitur berbayar?

Sangat mungkin untuk menjual tanpa tenaga penjualan jika Anda menempatkan informasi tentang seperangkat fitur dan manfaat dari versi berbayar perangkat lunak Anda dengan benar.

Gunakan Robot Email.

Email otomatis dapat sangat membantu dalam mengirim undangan berulang untuk meningkatkan ke versi berbayar untuk setiap pelanggan baru. Jika pengguna belum memutakhirkan setelah beberapa bulan, taktik yang bagus adalah mengirimi mereka kupon diskon. 

Menguji dan mengoptimalkan surat Anda saat mendapatkan lebih banyak pemahaman tentang basis pengguna Anda yang membutuhkan peningkatan.

Sebuah produk yang dirancang untuk menjual dan menciptakan dukungannya sendiri dapat menumbuhkan usaha Anda secara organik, dan, tentu saja, menawarkan keuntungan dari kesederhanaan dan efektivitas biaya. 

Model ini dapat membantu Anda mempertahankan kemandirian Anda, tumbuh cepat dan tetap sadar akan pengalaman pelanggan Anda saat Anda menyesuaikan produk perangkat lunak Anda dengan kebutuhan pelanggan.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Usaha Membuat dan Mengembangkan Software secara Online"