Widget HTML Atas

Memulai Usaha Membangun Situs E-commerce Serta menjual Produk Fisik Dari Nol

Industri bisnis situs e-commerce meledak. Situs e-commerce banyak menjamur di Indonesia. Beberapa tumbuh menjadi situs e commerce terbaik di Indonesia seperti tokopedia dan bukalapak. Toko bata dan mortir yang ditutup sementara mungkin tidak akan pernah buka lagi.

usaha situs e-commerce menjual produk

Berbelanja online dulunya adalah kenyamanan dan kemewahan, sekarang - itu adalah kebutuhan. Bisnis e-commerce tempat saya bekerja tidak dapat menyimpan cukup banyak produk. Ecommerce telah berkembang untuk sementara waktu, dan angka-angka di bawah ini tidak memperhitungkan peristiwa terbaru yang mengarah pada peningkatan penjualan e-commerce.


Definisi E Commerce

Di lansir dari definisi e-commerce, e-commerce (perdagangan elektronik) adalah aktivitas pembelian atau penjualan produk secara elektronik pada layanan online atau melalui Internet. Perdagangan elektronik mengacu pada teknologi seperti perdagangan seluler, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen inventaris, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce pada gilirannya didorong oleh kemajuan teknologi industri semikonduktor, dan merupakan sektor terbesar dari industri elektronik.

Ini adalah salah satu cara lama untuk menghasilkan uang secara online, yaitu dengan membangun situs e-commerce

Banyak pengusaha digital telah menciptakan bisnis yang berkelanjutan yaitu:
  • Menciptakan produk fisik yang mereka tahu orang-orang di ceruk pasar mereka akan suka
  • Membeli barang berbiaya rendah yang diproduksi di luar negeri, mengemas ulang atau menggabungkannya dengan produk lain, dan menjualnya dengan harga lebih tinggi di pasar online domestik
Walaupun Anda pastinya akan memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi jika Anda dapat membuat dan memasarkan produk unik milik Anda sendiri, dari pengalaman banyak pengusaha online, saya tahu biaya dan risiko yang sangat tinggi terkait dengan memulai produk bisnis berbasis produk.

Alih-alih, jika Anda dapat menemukan produk padat yang sudah diproduksi dengan harga yang wajar dari pasar seperti AliExpress, LightInTheBox, atau DinoDirect dan memasarkannya ke audiens Anda, maka Anda akan memulai mesin situs e-Commerce anda yang bisa menghasilkan uang.

Cara Memulai Bisnis Situs E-commerce (Langkah-demi-Langkah)

Ritel online adalah bisnis yang berkembang pesat. Tetapi saya telah melihat terlalu banyak bisnis e-commerce berjuang untuk mendapatkan daya tarik. Perlu bertahun-tahun bagi saya untuk mempelajari segala sesuatu yang termasuk dalam bisnis retail online ini, dari mulai perencanaan hingga membuat situs e-commerce 

Termasuk juga informasi yang uang banyak dapatkan dari beberapa situs yang membahas tentang bisnis e-commerce ini. Anda bisa menggunakan informasi di sini untuk mengatur toko situs e-commerce Anda, melindungi diri Anda secara hukum, mendapatkan keuangan Anda sendiri, serta memasarkan dan menjual produk Anda, dan mulailah membangun toko online Anda sendiri dengan membuat situs e-commerce anda sendiri.

Tidak ada yang lebih bermanfaat dan membanggakan dengan memulai bisnis dari nol dan menyaksikannya tumbuh. Anda membangunnya dan tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda. Anda bisa menjual produk fisik maupun menjual produk digital buatan anda sendiri. 

Selain anda bisa menjual produk anda di dalam negeri, andapun bisa menjual produk ke luar negeri. Dengan kemampuan dan penerapan SEO, maka produk yang anda jual bisa menjangkau pelanggan situs e-commerce milik anda dengan jangkauan seluruh dunia. Contoh situs website e-commerce seperti ini adalah amazon.

Membangun bisnis situs e-commerce membutuhkan lebih dari sekadar memilih nama merek, menulis daftar produk, dan mulai menjual produk secara online. Bahkan ide bisnis terbaik dapat gagal jika Anda tidak mengarahkan lalu lintas yang cukup ke situs Anda. 

Langkah 1: Meneliti Model Bisnis E-commerce untuk Situs E-commerce Milik Anda

Memulai penelitian Anda adalah langkah penting pertama. Jangan mengikuti firasat. Menumbuhkan bisnis online apa pun itu adalah investasi. Perlakukan hal tersebut seperti itu, termasuk ketika anda membangun situs e-commerce yang anda idam-idamkan.

Tidak ada struktur bisnis tunggal yang berfungsi untuk semua orang. Bisnis berbasis layanan, perangkat lunak, penjualan produk digital, dan produk fisik hanyalah puncak gunung es.

Sebelum Anda dapat memutuskan apa yang akan dijual secara online, Anda perlu memahami berbagai model bisnis yang tersedia.

Pengetahuan mengenai model bisnis e-commerce bukanlah ilmu roket, tapi dengan adanya situs e-commerce akan mampu untuk mempengaruhi struktur bisnis Anda.

Jika Anda ingin mendapat keuntungan tanpa menyentuh produk Anda atau berinvestasi besar-besaran di awal, maka dropshipping adalah pilihan cerdas pada bisnis anda.

Jika Anda menyukai gagasan memiliki gudang sendiri yang penuh barang, Anda berinvestasi lebih banyak di awal dan bekerja dengan model grosir atau pergudangan. Punya ide bisnis untuk ide produk yang sempurna atau produk favorit yang Anda harap bisa Anda jual dengan merek Anda? Lihatlah “white label” dan manufaktur.

Dan kemudian ada langganan, di mana Anda dengan hati-hati memilih satu set produk atau satu produk untuk dikirimkan secara berkala kepada pelanggan Anda.

Model bisnis dari situs e-commerce yang paling menarik bagi saya adalah kategori produk tunggal dimana Anda menjadi pelengkap dengan pemasaran afiliasi. Anda dapat mengontrol konten pemasaran dan pencitraan merek yang fokus pada produk dan memfokuskan sisa energi Anda untuk mendorong penjualan dengan menghasilkan uang dari lalu lintas website/ situs e-commerce anda.

Langkah 2: Mulai Penelitian Mengenai Niche E-Commerce untuk Situs E-Commerce Anda

Menyakitkan saya ketika orang mengirimi saya situs e-commerce dan diisi dengan ratusan produk, puluhan kategori, dan tidak ada fokus yang nyata. Seperti toko yang menjual produk yang beragam.

Jika Anda tidak memiliki anggaran yang besar bahkan bisa dibilang dengan anggaran yang tiada batas, maka Anda tidak bisa menjadi Best Buy atau Amazon berikutnya. Anda harus menyesuaikan diri untuk menjalankan toko situs e-commerce yang menguntungkan bagi anda.

Mulailah merencanakan situs e-commerce yang menjual produk digital tertentu ataupun menjual produk fisik tertentu. Dan jangan hanya bercita-cita menjual produk di dalam negeri, tapi lebih jauh lagi mampu untuk menjual produk ke luar negeri, bahkan menjangkau penjualan produk ke seluruh dunia.

Memilih niche adalah langkah paling penting dalam membuka bisnis online yang Anda rintis. Mulailah proses ini ketika anda hendak membangun situs e-commerce dengan mengidentifikasi perusahaan sukses yang sudah bekerja di ruang ini.

Pastikan bahwa daerah itu kompetitif - tidak adanya persaingan biasanya menunjukkan bahwa tidak ada pasar juga. Hanya akan sia-sia anda mengembangkan situs e-commerce di area ini.

Namun, jangan memilih ceruk yang terlalu ramai, dan lewati apa pun yang didominasi oleh merek-merek besar. Jika Anda mengalami masalah dengan ini, telusuri lebih lanjut apa yang ingin Anda lakukan - semakin Anda spesifik, semakin sedikit kompetisi yang akan Anda hadapi.

Ceruk juga memberi Anda manfaat memiliki banyak ceruk "bahu", terkait dengan apa yang Anda lakukan, tetapi tidak identik. Anda dapat bekerja sama dengan pemilik bisnis di ceruk tersebut untuk mempromosikan secara silang misalnya, menjadi (atau memperoleh) afiliasi, dan menumbuhkan basis pelanggan Anda melalui situs e-commerce milik anda sendiri.

Pilih kategori produk dengan minimal 1000 kata kunci dan fokus pada ceruk yang bagus di media sosial, di mana penerbit di wilayah tersebut adalah afiliasi di Amazon misalnya. Jika Anda bisa mendapatkan beberapa peluang pemasaran afiliasi, Anda tidak perlu khawatir tentang pengiriman produk sebanyak-banyaknya, karena Anda masih bisa mendapat untung dari sini.

Langkah 3: Validasi Target Pasar dan Gagasan Produk Untuk Situs e-Commerce Anda

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi ceruk dan model bisnis, Anda mungkin tergoda untuk mulai mencari produk untuk dijual di situs e-commerce yang anda bangun.

Tidak. Sebelum Anda berpikir tentang gagasan produk, pikirkan tentang kepribadian. Anda tidak dapat mengharapkan orang untuk membeli produk Anda jika Anda tidak tahu dengan siapa Anda menjual. Jadikan situs e-commerce yang anda bangun mewakili karakter dan kepribadian anda.

Kamu siapa? Apa yang diwakili toko? Siapa pelanggan ideal Anda? Anda perlu memproyeksikan citra merek yang konsisten (perjalanan yang dimulai dengan nama merek Anda) melalui situs e-commerce. Perusahaan benih organik yang mulai menjual pupuk konvensional tidak akan bertahan lama.

Setelah Anda mengidentifikasi gambar yang ingin Anda proyeksikan dan pelanggan yang Anda layani, saatnya untuk datang dengan ide-ide produk. Saya sarankan mulai dengan satu - Anda akan berinvestasi lebih sedikit di awal, dan jika Anda ingin menawarkan lebih banyak Anda dapat menguji peruntungan dengan pemasaran afiliasi.

Dengan produk yang spesifik, anda lebih mudah untuk membangun situs e-commerce idaman anda dalam waktu singkat

Dalam contoh perusahaan benih organik, Anda dapat menemukan produk organik populer di situs e-commerce Amazon dan membuat konten untuk mengirimkan lalu lintas ke produk afiliasi tersebut. Jika ada sesuatu yang terjadi, Anda dapat mempertimbangkan membuat merek Anda sendiri untuk produk itu di situs e-commerce anda sendiri. Jika Anda tidak 100% yakin apa yang harus dijual, Anda dapat menggunakan pemasaran afiliasi untuk memvalidasi ide Anda.

Namun, sebelum Anda berinvestasi dalam produk, evaluasilah dengan cermat. Bahkan jika Anda memilih model dropshipping, Anda ingin mengujinya dengan cermat dan merasakan sendiri produk tersebut sehingga Anda dapat mengidentifikasi masalah potensial dan menyiapkan skrip layanan pelanggan untuk menjawab pertanyaan umum. Jadikanlah situs e-commerce yang anda bangun menjadi “one stop solution” bagi pelanggan anda.

Langkah 4: Ketika Membangun Situs E-Commerce, Daftarkan Bisnis Ecommerce & Nama Merek Anda

Jika Anda ingin memulai bisnis yang sukses, Anda memerlukan merek yang terhubung dengan kepribadian Anda. Mengidentifikasi kepribadian Anda membuat membangun merek dari situs e-commerce lebih mudah. Anda dapat menghindari warna dan gambar yang terlalu feminim jika Anda menjual produk ke pebisnis wanita yang tertarik menjalani kehidupan yang berkelanjutan.

Tetapi sebelum Anda membuat situs e-commerce dan mendirikan toko online Anda dan masuk ke seluk-beluk membangun sebuah merek - ada beberapa langkah dasar yang perlu Anda ambil.

Daftarkan Bisnis Situs E-commerce Anda.

Pilih nama bisnis dan daftarkan perusahaan Anda. Ada perlindungan hukum dan manfaat pajak untuk dimasukkan, jadi jangan lewatkan.Dengan taat hukum, maka andapun menjadi lebih aman dalam berbisnis.

Pilih Nama Toko Online Anda

Nama situs Anda dan nama resmi bisnis Anda tidak perlu sama, tetapi tetap konsisten akan bermanfaat. Pastikan apa pun yang Anda pilih cocok dengan niche Anda - Anda tidak perlu memilih nama merek pada menit terakhir.

Dapatkan Lisensi Bisnis Anda

Jika Anda tidak terbiasa dengan proses ini, Asosiasi Bisnis Kecil memiliki banyak sumber daya untuk membantu Anda memulai, termasuk jaringan anak didik mentor dan kursus tentang dasar-dasar bisnis kecil. Carilah mentor secara aktif - saran mereka bisa sangat berharga, bahkan untuk hal-hal kecil seperti mendapatkan lisensi bisnis. Salah satu keputusan paling cerdas yang pernah saya buat adalah menemukan seseorang yang bisa menunjukkan kepada saya tali pengikat.

Ajukan Izin Usaha Toko Online Anda

Mengoperasikan toko online tidak mengecualikan Anda dari memerlukan lisensi dan izin bisnis tertentu. Periksa dengan kota, kabupaten, dan negara bagian Anda untuk melihat jenis lisensi pajak penjualan atau lisensi bisnis rumah yang Anda butuhkan, dan dapatkan persetujuan sebelum Anda mulai menjalankan bisnis online dan mempublish situs e-commerce yang anda bangun.

Temukan Vendor yang Tepat

Anda akan memiliki banyak kompetisi yang menjual produk secara online, jadi demi kepentingan Anda untuk menemukan kualitas terbaik dan harga terbaik untuk produk yang Anda jual atau bahan yang Anda gunakan untuk membuat produk Anda. Berbelanjalah sampai Anda menemukan vendor yang ingin berbisnis dengan anda secara jangka panjang - termasuk juga perangkat lunak e-commerce yang akan Anda gunakan untuk membangun situs e-commerce. Pikirkan secara scalable dari awal.

Pembuatan Logo untuk Situs E-commerce

Jangan terlalu khawatir, tetapi pastikan itu tidak digunakan oleh perusahaan lain di ceruk pasar Anda. Namun, desain logo tidak harus sangat orisinal.

Dapatkan Visual

Pertimbangkan warna merek Anda, citra yang akan Anda gunakan, dan jenis huruf atau font yang akan Anda gunakan dengan hati-hati di dalam situs e-commerce yang anda dirikan. Jika Anda memiliki anggaran, Anda mungkin ingin menyewa perusahaan pemasaran untuk membuat brief desain untuk perusahaan Anda. Jika tidak, Anda dapat membuatnya sendiri. Tetap konsisten dan baca tips pemasaran yang dirancang untuk membantu meningkatkan merek Anda ketikan membangun situs e-commerce.

Langkah 5: Finalisasi Rencana Bisnis E-commerce Anda

Sekarang Anda harus memiliki ide yang bagus tentang seperti apa bisnis Anda nantinya. Situs E-commerce Anda memiliki target pasar, ceruk produk dan nama merek Anda.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mundur dan meletakkan rencana bisnis Anda di atas kertas dan menentukan anggaran awal dan pengeluaran bulanan Anda.

Aspek terpenting dari bisnis adalah aspek finansial. Cari tahu titik impas bisnis situs e-commerce Anda, baik dalam penjualan unit dan durasi (dalam bulan). Setiap bisnis nyata adalah investasi sumber daya. Sebenarnya itu adalah salah satu hal pertama yang kita pelajari di sekolah MBA. Peran CEO adalah untuk mengambil sumber daya dan mengubahnya menjadi pengembalian.

Namun, ternyata masih banyak pengusaha tidak meluangkan waktu untuk memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran mereka.

Tahap perencanaan bisnis ini diperlukan ketika Anda ingin menyelesaikan detail seperti staf Anda, sumber produk, logistik dan anggaran pemasaran dari situs e-commerce anda.

Langkah 6: Buatlah Toko Online / Situs E-Commerce Anda

Setelah Anda mendaftarkan bisnis Anda secara legal dan mulai berpikir tentang desain, Anda harus mendaftarkan nama domain Anda dan URL pengalihan apa pun yang mungkin relevan. Anda akan memerlukan info desain yang Anda selesaikan di langkah terakhir sekarang, ketika Anda akhirnya membangun toko online atau situs e-commerce Anda.

Desain apa pun yang Anda pilih dari situs e-commerce yang anda bangun harus kompatibel dengan perangkat lunak e-commerce Anda juga.

Ada ratusan platform software untuk mengembangkan situs e-commerce. Memilih perangkat lunak e-commerce yang tepat tidaklah mudah. Anda perlu hati-hati mengevaluasi hal-hal seperti kecepatan memuat, fitur, kompatibilitas dengan gateway pembayaran yang berbeda, kompatibilitas dengan struktur bisnis Anda, keterampilan pengembangan web Anda, fitur SEO friendly, dan banyak lagi. 

Setelah Anda memutuskan solusi situs e-commerce Anda, jangan pekerjakan "CRO Expert" atau perusahaan pengembang yang mahal. Cukup gunakan tema. Anda mungkin perlu membayar sedikit biaya sekitar $100 atau lebih untuk mendapatkan template yang bagus, tergantung pada apa yang Anda pilih dan apa yang mereka tawarkan.

Ada banyak tema untuk BigCommerce, Shopify, dan WooCommerce yang bisa anda terapkan di situs e-commerce milik anda.

Jika Anda tidak ingin khawatir tentang mengambil pembayaran kartu kredit, Anda dapat menjual produk secara online di pasar seperti Amazon.

Suka ide real estate digital Anda sendiri? Pastikan platform situs e-commerce Anda dapat meningkatkan skala dengan Anda dan berintegrasi dengan pasar e-commerce populer untuk meningkatkan paparan Anda.

Menyiapkan toko online Anda lebih dari sekadar menambahkan produk dan konten Anda di situs e-commerce. Anda perlu mengatur pemasaran dan otomasi email Anda juga.

Ini penting untuk diatur SEBELUM Anda mendapatkan traffic. Email marketing sangat penting untuk mengarahkan konversi. Pastikan Anda mengatur kupon, email terima kasih, dan kenaikan harga sehingga Anda dapat mengubah pengunjung menjadi pembeli. Anda juga harus memikirkan dukungan pelanggan.

Langkah 7: Menarik Pelanggan ke Toko Online / Situs E-commerce Anda

Menarik untuk memberikan permintaan maaf kepada penggemar Field of Dreams misalnya, tetapi jika Anda membangunnya, tidak ada jaminan mereka akan datang ke situs e-commerce anda. Anda perlu memasarkan toko online Anda.

Ketika Anda memilih keranjang Anda, saya bilang untuk memikirkan fitur ramah terhadap mesin pencari. Situs e-commerce tidak semuanya sama.

Hari-hari dengan isian kata kunci pada awal 2000-an sudah lama berlalu, tetapi SEO masih hidup dan sehat. Anda perlu mengingat kata kunci dan istilah pencarian di setiap halaman situs e-commerce Anda, di URL Anda, dan dalam kampanye iklan Anda. Anda juga perlu memikirkan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs e-commerce Anda.

Situs e-commerce terbaik berinvestasi banyak dalam pemasaran online. Jika Anda tidak memiliki dana, Anda lebih baik memiliki banyak strategi lainnya. Berlangganan buletin pemasaran atau dengarkan podcast pemasaran digital agar Anda tahu tentang industri pemasaran digital dan dapatkan kiat pemasaran Anda.

Apakah Anda akan menggunakan konten yang disponsori, media sosial, iklan bayar per klik (PPC), atau kombinasi strategi? Bagaimana Anda akan memantau kampanye apa yang mengarahkan lalu lintas ke toko online Anda? Jika pemasaran situs e-commerce Anda tampaknya luar biasa, apakah Anda akan menyewa bantuan?

Situs e-commerce Anda bukan satu-satunya hal yang Anda perlukan untuk mengarahkan lalu lintas. Produk yang Anda pilih juga perlu dimasukkan dalam anggaran pemasaran penjualan produk Anda.
Misi Anda adalah menjual produk, bukan mengarahkan lalu lintas. Untuk menjual produk, Anda harus berpikir di luar situs e-commerce Anda dan mencari area ekspansi.
Tidak peduli apa dan bagaimana Anda memutuskan untuk menjual produk anda, langkah pertama adalah membuat daftar email. Tempatkan freebie opt-in di situs web Anda, luncurkan kampanye media sosial untuk mendapatkan pelanggan, atau beri hadiah gratis di mana 'biaya' entri adalah alamat email pelanggan Anda.

Menjalankan giveaway adalah taktik pemasaran untuk mendapatkan lalu lintas dan pelanggan dengan cepat. Hadiah memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan kehadiran merek Anda dan visibilitas produk. Membangun daftar email memberi Anda sekelompok lead hangat yang siap bekerja dengan anda, membuat proses penjualan lebih mudah.

Memberi konsumen kupon dan konten melalui email membantu menjaga merek Anda tetap di benak mereka, meningkatkan penjualan, dan membangun kredibilitas. Buat email Anda tetap menarik - mintalah masukan dari pelanggan Anda sesering mungkin, termasuk ulasan. Menanggapi dengan cepat layanan pelanggan dan masalah kualitas produk, dan bekerja membangun hubungan. Tidak ada interaksi penjualan tentang penjualan pertama; selalu fokus pada yang berikutnya.

Di situs e-commerce Anda, lihat bagaimana dan di mana lalu lintas mengalir. Apakah halaman produk Anda ditargetkan untuk persona Anda? Apakah Anda kehilangan calon pelanggan di tempat yang sama? Jika Anda mengarahkan lalu lintas ke toko online Anda tetapi tidak ada yang menjual, perbaiki kebocoran di saluran penjualan Anda dengan mengoptimalkan setiap halaman dengan cermat dan memperhatikan daftar produk Anda dengan cermat. Gunakan analitik untuk membantu tugas ini. Ada tool yang dapat membantu Anda memantau dan mengoptimalkan setiap langkah dari proses penjualan. Manfaatkan mereka.

Lihatlah ke mitra dan pemasaran afiliasi untuk meningkatkan kehadiran merek Anda dengan menawarkan opsi pemasaran afiliasi dan bermitra dengan pengecer di ceruk bahu Anda. Jika Anda gugup mendekati pengecer lain, lihat opsi seperti JVZoo (www.jvzoo.com), ClickBank (www.clickbank.com), dan Amazon Associates.

Anda juga dapat menawarkan kepada blogger di niche Anda sampel gratis produk Anda dengan imbalan ulasan. Jika Anda menjual produk di Amazon, satu cara mudah untuk mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan konsumen (dan ulasan) adalah dengan meminta umpan balik. Sertakan kartu dengan setiap produk yang meminta peninjauan yang jujur dan memberikan informasi kontak untuk perusahaan Anda (email sudah cukup, kecuali jika Anda memiliki saluran telepon layanan pelanggan khusus).

Situs E-Commerce Terbaik di Indonesia

Sebagaimana dilansir dari 10 situs e-commerce terbaik di Indonesia, berikut ini daftar peringkat 10 situs e-commerce terpopuler yang ada di Indonesia selama tahun 2019. Bisa dikatakan daftar di bawah ini adalah top 10 e-commerce indonesia 2019
  1. Situs e-commerce Tokopedia, dengan banyaknya kunjungan sebesar 1.2 milyar kunjungan di tahun 2019
  2. Situs e-commerce Shopee, dengan banyaknya kunjungan sebesar 837 juta kunjungan di tahun 2019
  3. Situs e-commerce Bukalapak, dengan banyaknya kunjungan sebesar 823 juta kunjungan di tahun 2019
  4. Situs e-commerce Lazada, dengan banyaknya kunjungan sebesar 445 juta kunjungan di tahun 2019
  5. Situs e-commerce Blibli, dengan banyaknya kunjungan sebesar 353 juta kunjungan di tahun 2019
  6. Situs e-commerce JD ID, dengan banyaknya kunjungan sebesar 105 juta kunjungan di tahun 2019
  7. Situs e-commerce Orami, dengan banyaknya kunjungan sebesar 89 juta kunjungan di tahun 2019
  8. Situs e-commerce Bhinneka, dengan banyaknya kunjungan sebesar 63 juta kunjungan di tahun 2019
  9. Situs e-commerce Sociolla, dengan banyaknya kunjungan sebesar 51 juta kunjungan di tahun 2019
  10. Situs e-commerce Zalora, dengan banyaknya kunjungan sebesar 45 juta kunjungan di tahun 2019

Siap Memulai Bisnis Online Anda?

Apakah posting ini menjawab pertanyaan Anda tentang memulai toko e-commerce? Menjalankan situs web e-commerce yang sukses tidak harus menjadi perjuangan yang mahal.

Jika Anda punya sedikit dana dan waktu, Anda bisa meluncurkan toko online yang menguntungkan dengan biaya beberapa ratus dolar per bulan.

Keberhasilan Anda penting bagi saya. Jika Anda meluangkan waktu untuk membaca sumber daya di atas, Anda akan menghemat ratusan jam kerja dan Anda akan tahu di mana Anda akan lebih mungkin mendapatkan uang Anda dalam situs e-commerce. Saya sangat berharap Anda menikmati wawasan di atas tentang memulai bisnis e-commerce. Jika saya melewatkan sesuatu yang ingin Anda liput, beri tahu saya di komentar.

Tidak ada komentar untuk "Memulai Usaha Membangun Situs E-commerce Serta menjual Produk Fisik Dari Nol"