Widget HTML Atas

7 Cara Terbaik Investasi Untuk Mahasiswa, Cara Anda Kaya di masa Tua

Anda masih kuliah? Ingin tahu cara terbaik investasi untuk mahasiswa? Sebagai mahasiswa pastinya anda pernah berfikir bagaimana anda bisa berinvestasi meskipun masih berada di bangku kuliah. Jenis program investasi untuk mahasiswa yang bagaimana yang cocok dengan anda?

Pindah dari rumah, mencari teman baru, pergi ke kelas tepat waktu dan mencuci pakaian adalah beberapa perubahan besar yang mungkin anda hadapi sebagai mahasiswa ketika memulai petualangan akademis baru setelah anda menyelesaikan sekolah menengah. 

Dengan semua kegiatan tersebut, anda akan tumbuh menjadi dewasa, sungguh mengherankan bahwa ternyata ada waktu untuk hal lain yang bisa anda lakukan, apakah juga termasuk berinvestasi? Namun pastinya anda bingung program investasi seperti apa yang sesuai untuk mahasiswa ?

Namun yang mengejutkan, jika anda tahu ternyata perguruan tinggi sebenarnya adalah salah satu peluang terbaik untuk memulai dunia investasi. 

Bahkan bagi mereka yang hanya memiliki sedikit uang dapat mulai membangun portofolio, dan ini sebenarnya bisa menjadi keuntungan karena Anda akan belajar bagaimana berinvestasi dan menghadapi beberapa kerugian yang tak terhindarkan tanpa risiko kehilangan sejumlah besar uang. Dan andapun akan mengetahui macam-macam program investasi untuk mahasiswa.

program investasi yang cocok untuk mahasiswa
investasi untuk mahasiswa



Program Investasi yang Sesuai Untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Apakah saat duduk di perguruan tinggi adalah waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi?

Tentu, kuliah bisa menjadi salah satu momen tersulit untuk mendapatkan perubahan ekstra hanya untuk melakukan hal-hal yang perlu Anda lakukan, apalagi hal-hal yang ingin Anda lakukan. 

Tetapi tidak perlu banyak uang untuk masuk ke dalam program investasi yang cocok untuk mahasiswa. Dengan semua opsi gratis atau berbiaya rendah yang tersedia saat ini, anda bisa melakukan investasi hanya dengan mulai dari Rp. 10.000, yang sederhana dapat membuat Anda ikut serta dalam program investasi online seperti di bareksa, bibit atau tanamduit. Lebih penting lagi, hal itu membuat Anda berpikir tentang investasi.

Faktanya, bagian tersulit dari mulai berinvestasi adalah mulai menganggap diri Anda sebagai investor - baik sebagai pemilik sebenarnya dari perusahaan publik atau bahkan pemegang hutang pemerintah.

Misalnya, Anda ingin mengambil mentalitas jangka panjang pemilik terhadap kepemilikan Anda, menganalisis apa yang terjadi di pasar secara berkala, dan membuat pergerakan yang terlihat memiliki peluang bagus untuk membuahkan hasil, misalnya. 

Cobalah untuk mempelajari semua tentang investasi lebih awal karena anda masih duduk bangku kuliah, pelajari saat tidak mahal dan itu adalah sebuah pelajaran berharga bagi anda

Meskipun biasanya kita menganggap investasi hanya untuk orang kaya, sebenarnya tidak harus seperti itu. Mahasiswa harus mempertimbangkan bagaimana mereka dapat menggunakan investasi untuk menciptakan dan mengamankan masa depan keuangan mereka, bahkan sebelum mereka mendapatkan gaji penuh waktu.

7 Cara Investasi Untuk Mahasiswa

Berikut tujuh cara dan alasan bagi mahasiswa untuk mulai berinvestasi, dari yang super aman hingga yang berani, sebagaimana di sadur dari situs bankrate dot com. Cara investasi untuk mahasiswa yang manakah yang cocok untuk anda ?

Belilah SD (Sertifikat Deposito) berisiko rendah 

Seringkali penabung tidak menganggap produk bank (seperti sertifikat deposito, atau SD) sebagai investasi, padahal sertifikat deposito merupakan salah satu jenis investasi. Dan produk sertifikasi deposito dikatakan sebagai salah satu alternatif teraman bagi anda yang ingin berinvestasi. 

SD akan memberi Anda tingkat bunga yang telah ditetapkan sebagai imbalan Anda menyerahkan uang ke bank untuk jangka waktu tertentu. Investasi ini bisa menjadi tempat yang baik untuk memarkir uang yang tidak Anda butuhkan sampai waktu tertentu di masa depan.

Misalnya, jika Anda memiliki uang untuk biaya sekolah tahun depan, Anda mungkin bisa menyimpannya dalam akun yang sangat aman yang tidak akan berfluktuasi dengan pasar saham. Seritifikat Deposito sesuai dengan tagihan untuk persyaratan semacam ini.

Jadi bisa dikatakan ini merupakan salah satu program investasi yang cocok untuk mahasiswa 

Beralihlah ke Broker Gratisan atau Berbiaya Rendah

Jika Anda ingin terjun ke dalam investasi, biayanya bisa sangat murah untuk memulai program investasi anda sebagai mahasiswa. 

Ada banyak broker online berbiaya rendah yang mengesankan seperti Fidelity Investments dan Charles Schwab di luar negeri. DI dalam negeri anda bisa mengenal investasi online yang sudah memiliki broker (manager investasi) seperti bareksa atau bibit.

Mereka sering kali menyediakan tool penelitian dan pendidikan yang bagus untuk membantu Anda untuk memulai program investasi. Baik Fidelity dan Schwab, misalnya, mendapat nilai tertinggi di bidang ini dan terkenal karena layanan klien mereka secara keseluruhan dan keramahan investor.

Tetapi jika Anda ingin yang benar-benar gratis dan ini sangat bagus untuk mahasiswa yang ingin menghemat biaya, maka Anda dapat beralih ke Robinhood. Nilai jual utama Robinhood adalah bebasnya berdagang di platform, termasuk saham, ETF, dan opsi. 

Namun Robinhood Gold yang baru-baru ini diperkenalkan juga menyediakan riset Morningstar dengan harga yang relatif murah $ 5 per bulan. Dengan aplikasi seluler, perdagangan di mana saja dapat dilakukan, Robinhood membuat pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghemat biaya seminimal mungkin.

Apakah anda merasa program investasi ini cocok bagi anda yang masih mahasiswa ?

Melakukan Program Investasi Sedikit Namun Setiap Bulan

Jika Anda mendapatkan manager investasi yang berbiaya rendah, Anda akan dapat menginvestasikan jumlah yang sedikit setiap bulannya tanpa khawatir modal Anda dimakan oleh biaya yang timbul. 

Jadi lebih banyaknya uang benar-benar masuk ke saham atau dana Anda. Anda bahkan cukup menyisihkan beberapa ratus ribu dalam sebulan, dan mulai melihat uang anda beraksi di pasar saham.

Penting untuk memulai salah satu program investasi yang cocok untuk mahasiswa ini, bagaimanapun dengan apa yang terhadi pada perekonomian yang sedang berlangsung. 

Bahkan dengan sedikit investasi, Anda kemungkinan akan lebih termotivasi untuk mengikuti pasar. Dan yang terpenting, Anda bisa mulai menganggap diri Anda sebagai investor. 

Memiliki uang yang diinvestasikan juga mendorong Anda untuk melakukan penelitian dan menganalisis kepemilikan Anda. Jadi, memulai dengan sedikit saja bisa sangat bermanfaat.

Membeli dana indeks S&P 500

Salah satu cara termudah bagi investor untuk memulai adalah dengan membeli dana indeks, dan banyak dari dana indeks paling populer didasarkan pada indeks 500 perusahaan besar Amerika Standard & Poor's (S&P 500). Investasi jenis inipun merupakan program investasi yang cocok untuk mahasiswa 

Reksa dana indeks menyimpan saham dari semua saham dalam indeks, dalam kasus S&P 500 bahkan bisa sampai ratusan. Dengan memegang begitu banyak saham di berbagai industri, dana tersebut sangat terdiversifikasi dan biasanya menawarkan pengembalian yang tidak mudah berubah daripada memiliki saham individu .

Keuntungan lain dari dana indeks adalah Anda tidak perlu tahu banyak untuk memulai. Membeli dana indeks S&P 500 sama seperti membeli pasar, dan Anda akan mendapatkan keuntungan pasar. Ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari cara kerja investasi, dan ini adalah strategi yang direkomendasikan untuk sebagian besar investor oleh investor dan miliarder legendaris Warren Buffett.

Mendaftar Program Investasi yang Memiliki Robo Advisor

Jika Anda belum siap untuk memilih saham individu atau bahkan reksa dana indeks, maka Anda dapat memilih investasi berdasarkan robo advisor. 

Apakah investasi yang satu ini merupakan salah satu cara investasi untuk mahasiswa yang jadi pilihan?

Robo advisor secara otomatis membuat portofolio untuk Anda, membeli pilihan dana berdasarkan profile Anda dan seberapa agresif Anda ingin dengan investasi Anda. 

Investor pemula dapat memulai dengan sedikit uang, bahkan dengan beberapa ratus ribu rupiah, maka robo advisor dapat membantu Anda dan Anda dapat menambahkan uang secara bertahap tanpa biaya transaksi tambahan.

Untuk layanan mereka, robo advisor biasanya membebankan persentase dari aset Anda, seringkali sebesar 0,25 persen setiap tahun, meskipun ada juga yang membebaskan biaya untuk akun kecil. 

Bareksa merupakan aplikasi yang memiliki program investasi online yang melaunching robo advisor pada hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2020 dengan taggar mereka #merdekafinansial.

Biasanya Anda tidak akan membayar biaya tambahan apa pun kepada robo advisor, meskipun dana apa pun yang Anda miliki biasanya memiliki biaya berdasarkan jumlah yang Anda miliki.

Anda juga akan sering mendapatkan keuntungan lain, termasuk suku bunga setoran yang menarik dan biasanya Anda tidak perlu mengunci uang Anda.

Beralih ke Aplikasi Investasi

Mahasiswa merupakan kaum millenial, yang segala sesuatunya dapat dilakukan dengan menggunakan gadget. So, cara investasi untuk mahasiswa yang banyak di cari adalah cara investasi dengan menggunakan aplikasi yang terinstall in smartphone.

Salah satu cara untuk menyederhanakan proses investasi lebih jauh adalah dengan aplikasi investasi. Salah satu aplikasi seluler populer yang dapat membantu di sini disebut Stash, dan ini memungkinkan Anda untuk membeli beberapa saham individu atau pilihan ETF. 

Hanya dibutuhkan $ 5 untuk memulai, dan biaya akun dasar $ 1 per bulan. Jika Anda tidak tahu cara mulai berinvestasi tetapi ingin belajar dan melakukannya sendiri, Stash akan membantu Anda.

Di dalam negeri, anda bisa mengunduh aplikasi bibit ataupun bareksa di playstore. Dan mulailah melakukan resgistrasi di dalam aplikasi tersebut, dan mulai berinvestasi secara online.

Bareksa sendiri untuk saat ini sudah terintegrasi dengan OVO yang semakin memudahkan anda untuk melakukan investasi secara online.

Membuka Tabungan Pensiun

Anda mungkin akan berfikir, “saya ini masih kuliah, buat apa saya membuka tabungan untuk pensiun. Kerja saja belum, sekarang mah saatnya hura2”.

Tetapi sebenarnya tabungan dana pensiun bisa menjadi peluang besar untuk membangun tabungan masa depan anda, apalagi anda yang masih di bangku kuliah. Ini merupakan program investasi untuk mahasiswa yang patut anda perhitungkan.

Semakin awal anda mulai berinvestasi, maka semakin lama anda dapat menggunakan kekuatan gabungan dana anda untuk memaksimalkan kekayaan anda di masa depan. Ini merupakan salah satu cara yang mudah untuk melakukan investasi untuk mahasiswa seperti anda.

Inti dan Kesimpulan

Poin terpenting bagi mahasiswa yang ingin berinvestasi juga yang paling mendesak adalah mulailah anda berinvestasi pada program investasi yang cocoak untuk mahasiswa hari ini juga.

Semakin cepat Anda mulai belajar tentang pasar, semakin cepat Anda dapat mulai merencanakan masa depan keuangan Anda dan memahami bagaimana Anda dapat membangun keamanan finansial. 

Mahasiswa dapat memulai dengan jumlah uang yang sedikit dan mudah-mudahan dapat mengembangkan pengetahuan dan portofolio anda sebagai mahasiswa.

Selamat memilih program investasi yang cocok untuk mahasiswa dan bagi anda pemeluk agama islam, pilihlah investasi yang sesuai dan halal secara syariat. Dan saya yakin andalah salah satunya.



Tidak ada komentar untuk "7 Cara Terbaik Investasi Untuk Mahasiswa, Cara Anda Kaya di masa Tua"