Widget HTML Atas

Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Membuat Kursus Online dan Tipsnya

Apakah kursus online bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet ? Bagaimanakah tips nya jika kita mau mendirikan kursus secara online ? Apalagi saat ini sudah banyak kursus online gratis.

Jika Anda sudah ahli dalam suatu bidang, baik melalui pekerjaan yang anda geluti saat ini, bisnis freelance, atau pembinaan, maka Anda dapat mengemas pengetahuan itu ke dalam kursus yang bernilai tinggi dan anda tentu saja bisa menjualnya untuk tahun-tahun mendatang.

Dan yang perlu anda ketahui bahwa untuk membangun, meluncurkan, dan memasarkan kursus online memang membutuhkan banyak upaya di awal, akan tetapi potensi penghasilan nya akan terus meningkat (terutama dibandingkan dengan banyak cara online untuk mendapatkan uang dari internet lainnya yang sudah kita bicarakan di artikel lainnya).

cara mendapatkan uang dari internet membuat kursus online gratis
kursus online gratis

Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Membuat Kursus Online

Kursus dan produk pengetahuan lainnya seperti e-book, adalah apa yang disebut sebagai pendapatan pasif. Itu berarti bahwa setelah waktu dan upaya di di awal yang anda lakukan, hanya dengan sedikit pemeliharaan dan pemasaran rutin, Anda akan dapat terus menjual dan menghasilkan uang selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun.

Jadi, bagaimanakah Anda menyusun kursus online Anda? Salah satu kisah sukses kursus online favorit saya berasal dari Bryan Harris dari Videofruit, yang membangun dan meluncurkan kursus online dan hanya dalam 10 hari mampu menghasilkan $ 220.750! atau jika dirupiahkan pada saat ini sekitar 3.2 M rupiah.

Menjual kursus online adalah salah satu cara paling terukur untuk menghasilkan uang secara online, dan merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dibilang paling menggiurkan. Dan bahkan saat ini banyak bermunculan kursus online gratis.

Untuk mencapai tujuan yang luar biasa ini, Bryan mengikuti proses empat tahap tips untuk menemukan, memvalidasi, dan meluncurkan kursus online nya:

Tahap 1: Jelajahi dan temukan topik terbaik untuk kursus online berdasarkan postingan terpopuler dari blognya. Ini memastikan dia tahu konten itu sudah berharga bagi audiensnya.

Tahap 2: Validasi bahwa orang benar-benar akan membayar kursus online yang anda bangun dengan mensurvei pembaca dan mendapatkan pesanan di muka. (Ini adalah bagian penting yang dilupakan begitu banyak orang. Jangan pernah menghabiskan waktu secara serius untuk membangun sesuatu kecuali Anda tahu ada orang yang ingin membayar untuk itu).

Tahap 3: Menulis, merekam, dan mengedit konten kursus dengan cepat. Karena dia sudah tahu bahwa ada permintaan, masuk akal untuk membuat konten secepat mungkin. Dia selalu dapat kembali dan memperbarui atau mengedit berdasarkan umpan balik dari siswa awalnya.

Tahap 4: Luncurkan peluang kursus online ke daftar list email client anda. Keberhasilan kursus Anda bergantung pada menampilkannya di depan orang yang tepat. Dan audiens Anda sendiri, sekecil apa pun, biasanya merupakan tempat terbaik untuk memulai. Karena itu, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang rencana peluncuran Anda sebelum menayangkannya.

Sekarang, bagaimana jika Anda tidak memiliki blog dengan postingan populer? Atau daftar email untuk dipasarkan? Mari kita lihat bagaimana Anda dapat membangun kursus online Anda sendiri tanpa pengalaman sebelumnya, termasuk bila anda ingin membuat kursus online gratis:

Mulailah dengan mengambil kursus lain yang Anda minati: Bukan hanya sekedar pentingnya persaingan dan analisis peluang, tetapi juga supaya dapat memberi Anda gambaran tentang bagaimana kursus bisa atau seharusnya terlihat dan terasa. 

Seperti apa mondar-mandirnya? Apakah melalui email, video, obrolan langsung? Setelah Anda memahami bagaimana Anda ingin kursus Anda terlihat, sekarang saatnya untuk memutuskan apa yang harus disertakan. 

Kursus yang sama itu adalah tempat awal yang bagus. Bagaimana Anda bisa membuat kursus online Anda lebih baik atau lebih menarik? Apakah Anda memiliki pengalaman yang tidak dimiliki orang lain?

Pilih ceruk Anda dan periksa permintaan

Kombinasi kursus online yang bernilai emas adalah ketika Anda dapat menemukan ceruk dalam permintaan yang selaras dengan keterampilan dan pengalaman unik Anda. 

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Google Trends, Google Keyword Planner, dan tool blogging utama lainnya untuk melakukan penelitian kata kunci dan mencari volume penelusuran bulanan rata-rata untuk kata kunci yang terkait dengan usulan konten kursus online Anda. 

Atau di awal anda bisa membuat banyak konten blog untuk kursus online gratis anda. Raih sebanyak-banyak nya pembaca dan pada akhirnya akan ada audiens yang tertarik dengan konten-konten yang anda buat.

Apakah orang-orang secara aktif mencari informasi berkualitas tinggi tentang subjek ini? Tentu saja, jika Anda sudah membuat konten untuk blog, layanan pelatihan, atau situs seperti Medium, Anda dapat menguji permintaan dengan cara ini secara gratis seperti yang dilakukan Bryan.

Temukan mitra khusus, kolaborator, dan juara Anda

Saat Anda membuat kursus, carilah orang-orang terkenal yang juga membuat konten di ruang tersebut. 

Lihatlah bagaimana bisnis mereka beroperasi dan menggabungkan hal tersebut ke dalam rencana Anda sendiri. Anda juga dapat menjangkau influencer mana pun dan menjadikan mereka afiliasi untuk kursus online Anda sendiri. 

Dengan cara ini, mereka akan diberi insentif untuk membagikan konten Anda dengan audiens mereka sendiri (yang dapat menjadi cara utama untuk menghasilkan penjualan pertama Anda. Hal inipun akan membantu jika Anda menggunakan salah satu CRM terbaik untuk bisnis kecil / UMKM dan mulai membangun komunitas anda sendiri!)

Ciptakan pengalaman kursus yang luar biasa

Dengan kursus online Anda yang divalidasi dan sedang dikerjakan, Anda perlu mencari tahu bagaimana orang akan mengambilnya. 

Sebagian besar pembuat kursus online memilih untuk menyelenggarakan kursus mereka (setelah mempelajari cara membuat situs web) di blog mereka sendiri. Dengan cara ini, mereka mendapatkan semua nilai dengan membawa pelanggan kembali ke situs mereka secara teratur. 

Saya menyelenggarakan kursus saya sendiri dari subdomain di situs saya sendiri sehingga saya dapat menambahkan lebih banyak konten lagi dengan mudah. Pengalaman kursus juga sangat penting. Dan setelah mencoba sebagian besar solusi, saya sangat merekomendasikan Teachable, platform online yang dirancang khusus untuk kursus.

Untuk bahasa Indonesia, anda bisa lihat seperti ruangguru, dicoding, zenius, dan ruangpintar. Cobalah anda lihat dan pelajari bagaimana situs-situs kursus online tersebut bisa terus maju. Apalagi di saat pandemi seperti saat ini, yang menyebabkan sebagian besar kegiatan dilakukan secara online.

Bangun pemirsa Anda dalam komunitas kursus

Jika Anda baru saja mulai membangun pemirsa untuk diri Anda sendiri dan ingin memanfaatkan komunitas yang sudah aktif mencari konten, Anda dapat memilih untuk menyelenggarakan dan menjual kursus online Anda di situs seperti Skillshare atau Udemy

Ini adalah cara yang mudah dan hemat biaya untuk membangun audiens dan menguji ceruk pasar Anda untuk melihat apakah ada permintaan untuk itu, dan tentu saja menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet.

Pasarkan kursus online Anda

Keindahan menggunakan kursus online untuk menghasilkan uang secara online adalah Anda dapat terus menjualnya selama yang Anda mau. 

Cari komunitas khusus di Facebook, LinkedIn, atau Reddit yang mungkin mendapat manfaat dari konten Anda. Blog tamu di situs yang relevan. Carilah di mana pun Anda mungkin bisa tampil di depan orang yang tepat. Hanya dengan beberapa jam sebulan Anda dapat terus menghasilkan penjualan.


Kesimpulan

Pada akhirnya, Anda harus menarik beberapa jenis audiens untuk menjual kursus online Anda, dan jika Anda dapat melakukannya dengan baik, Anda akan berada di jalur untuk membangun bisnis online anda secara berkelanjutan dalam jangka panjang untuk diri anda sendiri.

Jadikan kursus online yang anda bangun sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet di zaman dan masa pandemi seperti sekarang.

Penasaran dengan artikel tentang cara mendapatkan uang dari internet lainnya. Pantengin terus artikel-artikel di uangbanyak.com. Atau anda bisa berlangganan artikel di bagian bawah tulisan ini. 

Jika tulisan-tulisan di uangbanyak.com bermanfaat bagi anda, silahkan anda share kepada orang-orang yang anda kenal. Semoga semakin banyak memberikan manfaat kepada para pembaca.

Berlangganan via Email