Widget HTML Atas

10+ Situs Belajar Online Terbaik di Indonesia Untuk Pelajar

Apakah anda seorang pelajar atau mahasiswa? Bingung menemukan situs belajar online terbaik di Indonesia? Bagaimana mendapatkan rekomendasi dan referensi tentang situs belajar online yang ada di Indonesia?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin saja sering terbersit di kepala anda. Apalagi bagi anda yang saat ini berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa.

Dikarenakan suasana pandemi yang sedang melanda dunia termasuk negeri kita Indonesia, maka mau tidak mau anda harus melakukan pembelajaran secara online sehingga kebutuhan situs-situs belajar online saat ini dirasa begitu diperlukan untuk mengoptimalkan proses belajar.

situs belajar online terbaik di indonesia


Blog uang banyak kali ini akan mengetengahkan lebih dari 10 situs belajar online terbaik yang ada di Indonesia. Sebagaimana yang diinfokan oleh situs niaga hoster, dan juga beberapa situs terkenal lainnya.

Situs Belajar Online Milik Pemerintah Dan yang Bekerja Sama dengan Pemerintah

Dilansir dari kompas yang bersumber dari halaman resmi Kemendikbud RI, setidaknya terdapat 12 aplikasi belajar online yang dapat diakses oleh siswa untuk belajar dari rumah. Hal ini dilakukan Kemendikbud dalam rangka mengantisipasi proses belajar siswa selama pandemi.

Rumah Belajar

situs belajar online terbaik rumah belajar


Dengan menggandeng beberapa perusahaan swasta penyedia layanan belajar online, Kemendikbud mengembangkan portal pembelajaran daring, Rumah Belajar! Rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan materi serta fasilitas pembelajaran untuk siswa dan pendidik dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK.

Yang istimewa dari situs Rumah Belajar, Anda bisa menemukan Buku Sekolah Elektronik (BSE). BSE menjadi alternatif bagi pelajar yang tidak memiliki buku fisiknya. Materi pembelajaran Rumah Belajar pun disajikan secara interaktif dalam bentuk video, audio, gambar, dan animasi.

Keunggulan dari Rumah Belajar :

  • Materi untuk jenjang pendidikan yang lebih luas (PAUD hingga SMA/SMK).
  • Memiliki bank soal yang berisi kumpulan soal dan materi evaluasi siswa.
  • Memiliki fitur ‘Laboratorium Maya’. Fitur ini berisi simulasi praktikum laboratorium dengan model praktikum yang interaktif. Dilengkapi dengan lembar kerja siswa dan teori praktikum.

Kekurangan:

  • Materi yang tidak lengkap.
  • Jumlah percobaan di fitur Laboratorium Maya yang masih terbatas.
  • Ketika tulisan ini dibuat, web terasa agak berat. Semoga saja saat ini sudah dilakukan optimisasi.

Meja Kita

situs belajar online terbaik meja kita


Berisi materi pelajaran, bahan materi ujian nasional, latihan soal ujian, catatan pelajaran, hingga diskusi mengenai pelajaran rumah (PR).

Materi pembelajaran di situs ini dapat diakses secara gratis. Sistem latihan soal dapat dilakukan secara online dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan dalam situs.

Selama mengerjakan, ada batasan waktu yang tersedia. Setelah semua soal selesai dikerjakan, akan ada pembahasan hasil latihan dan perolehan nilai.

Keunggulan dari Meja Kita

  • Ada fitur berbagi catatan
  • Penyajian materi dilakukan secara tematis
  • Ada forum diskusi yang bisa dijadikan sebagai forum tanya jawab
  • Terdapat fitur “Tanya PR”
  • Semua materi bisa di akses gratis

Icando

situs belajar online terbaik icando


ICANDO merupakan aplikasi pendidikan anak yang memiliki program pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan minigames yang akan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD.

Keunggulan dari Icando

  • Disajikan dengan metode Android-Based Test dari tingkat terendah (C1) ke tertinggi (C6) untuk mengukur tingkat kemampuan anak.
  • Konten pembelajaran dikembangkan dengan metode Problem-Based Learning.
  • Terdapat Ratusan mini-games yang menyenangkan dan menantang sebagai media belajar anak

IndonesiaX

situs belajar online terbaik indonesiax
Indonesia X


IndonesiaX merupakan platform pendidikan yang dilakukan secara daring. IndonesiaX menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang dengan tujuan utama yang mulia yaitu mencerdaskan bangsa.

Sebagaimana dikutip dari situs IndonesiaX bahwa “IndonesiaX adalah suatu inisiatif yang terfokus pada pengembangan edukasi dan pelatihan online berkualitas tinggi di Indonesia. Tujuan kami ialah untuk memperluas akses masyarakat kepada pendidikan dan keterampilan hidup yang berkualitas melalui sebuah platform kursus online terbuka secara besar-besaran atau massive open online course (MOOC) dengan perangkat sistem manajemen belajar atau learning management system (LMS) tercanggih. LMS kami didesain khusus untuk masyarakat Indonesia dan disajikan dalam bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengaktualisasikan visi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses masyarakat kepada pelatihan bersertifikat dan pendidikan terbaik.”

Keunggulan dari IndonesiaX

  • Anda bisa mendapatkan ilmu dari Universitas dan Institusi Terbaik
  • Mendapatkan Pengalaman Belajar Kelas Dunia
  • Dapat Diakses Dimana Saja dan Kapan Saja Gratis
  • Pengajar yang memiliki kompetensi di bidangnya
  • Memiliki variasi materi kursus
  • Adanya test di tiap satu sesi materi kursus

Google for Education

situs belajar online terbaik google education
Google for Education


Untuk mendukung belajar daring terutama yang diterapkan oleh berbagai daerah pada isu pandemi Covid-19, Google for Education menyediakan layanan menggunakan Chromebooks dan G-Suite yang memungkinkan pembelajaran virtual walaupun dengan konektivitas internet yang rendah.

Di google setiap siswa berhak mendapatkan kesempatan untuk meraih kesuksesan di bidang ilmu komputer. Karena dengan mempelajari keterampilan ilmu komputer, siswa dapat terbantu untuk meraih kesuksesan di dunia yang terus berkembang ini. Itulah sebabnya kami bertujuan untuk memastikan setiap siswa memiliki akses ke keterampilan kolaboratif, coding, kreativitas, dan teknis yang mampu membuka berbagai peluang baru, baik di dalam maupun di luar kelas.

Keunggulan dari Google for Education

  • Berkolaborasi di mana saja. Para siswa dapat mengedit dokumen, spreadsheet, dan presentasi bersama-sama secara real time.
  • Berkomunikasi sesuai kebutuhan siswa. Terhubung dengan siswa di kelas melalui email, chat, dan video.
  • Pengajar dapat mengelola kelas dengan mudah. Pengajar mampu membuat kelas, memberikan tugas dan kuis, serta hemat waktu saat melakukan penilaian.
  • Pengajar dan siswa bisa mengatur tugas nya. Menyusun daftar tugas, membuat pengingat tugas, dan jadwal rapat.
  • Admin dapat mengelola dan menyesuaikan akunnya. Mengelola siswa, perangkat, dan keamanan agar data tetap aman dan admin dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan

Kelas Pintar

situs belajar online terbaik kelas pintar
Kelas Pintar


Kelas Pintar menggunakan Kurikulum 2013 Revisi Januari 2017 yang diselaraskan dengan konten multimedia yang dibangun oleh para ahli yang berpengalaman di bidang pendidikan dan pembelajaran.

Situs belajar online gratis kepunyaan PT Extramarks Education ini menyediakan pembelajaran untuk kelas 1 sampai 12. Materi pembelajarannya sesuai kurikulum dan jumlah mata pelajaran.

Di kelas pintar, Anda bisa belajar melalui video animasi, audio-visual, dan ebook. Metode belajar yang interaktif akan membuat kegiatan belajar jadi lebih mudah. Metode pembelajarannya menggunakan pendekatan total learning yaitu learn, practise, dan test.

Keunggulan dari Kelas Pintar

  • Dapat di akses dari website maupun dari aplikasi seperti android
  • Belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja
  • Memiliki sistem pembelajaran yang terintegrasi
  • Memiliki fitur ‘Tanya’. Fitur ini memungkinkan siswa untuk bertanya dan mendapat solusi atas pertanyaan yang muncul ketika siswa belajar di rumah.
  • Siswa dapat belajar sesuai karakter (visual, audio, kinestetik)
  • Memiliki fitur ‘Assessment’. Dengan fitur ini, guru bisa melakukan interaksi layaknya proses belajar mengajar di sekolah.

Microsoft Office 365

situs belajar online terbaik office 365
Microsoft Office 365


Dari situs resmi milik microsoft dikatakan bahwa siswa dan pendidik di institusi yang memenuhi syarat bisa mendaftar untuk mendapatkan Office 365 Education gratis, yang mencakup Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan kini Microsoft Teams, plus alat ruang kelas tambahan.

Siswa dan guru bisa mengakses secara full dengan gratis, namun harus memenuhi syarat. Apa sih syaratnya? yaitu guru dan siswa harus menggunakan email dengan domain sekolah yang bersangkutan untuk mendapatkan layanan secara gratis dari microsoft office 365.

Keunggulan dari Microsoft Office 365

  • Siswa dan guru dapat menggunakan aplikasi microsoft office terbaru
  • Office 365 dapat diakses kapanpun dan dari manapun, dengan catatan anda harus terhubung dengan internet
  • Aplikasi-aplikasi office 365 sudah familiar karena sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia
  • Aplikasi dapat diakses dan diperbarui secara real time untuk membuat penyusunan kurikulum menjadi lancar dan mudah di Windows, Android, atau iOS, atau perangkat lain
  • Menjadi alat untuk menghemat waktu dan uang

Quippper School

situs belajar online terbaik quipper school
Quipper School


Quipper School adalah layanan pendidikan online baru khusus untuk guru dan siswa SMP dan SMA. Learning Management System ini dibuat untuk memfasilitasi guru dan murid dalam melaksanakan aktivitas belajar dan mengajar secara online.

Dengan platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah.

Sistem pembelajarannya sama seperti di sekolah. Guru punya peran sebagai fasilitator. Artinya ia punya tugas mengelola materi, mengadakan tes atau ujian, dan memantau perkembangan siswa. Sedangkan untuk siswa, mereka dapat belajar, mengerjakan pekerjaan rumah, dan mengikuti tes/ujian secara online.

Keunggulan dari Quipper School

  • Dilengkapi beberapa fitur seperti Portal Guru (QLink), Portal Siswa (QLearn), dan Portal pembuatan konten). Sehingga memudahkan guru dan murid melakukan perannya dengan maksimal.

Ruang Guru

situs belajar online terbaik ruang guru
Ruang Guru


Di salah situs belajar online terbaik di Indonesia ini, kamu bisa mengakses materi belajar secara gratis. Mulai dari materi untuk SD sampai dengan materi untuk SMA/SLTA.

Saat ini situs belajar online ruangguru berkembang menjadi situ belajar online terbesar di Indonesia.

Untuk dapat mulai belajar di ruangguru, anda bisa mengaksesnya dengan membuka situs belajar online Ruangguru atau mengunduh aplikasinya di Playstore atau App Store dan menginstallnya di smartphone anda.

Keunggulan dari RuangGuru

  • Membagi video per materi memudahkan pengguna memilih materi mana dulu yang ingin dipelajari.
  • Dilengkapi dengan kuis di aplikasi. Tidak butuh kertas dan pulpen untuk mengerjakan soal kuis.
  • Kualitas grafis dan visual yang baik.

Sekolahmu

situs belajar online terbaik sekolahmu
Sekolahmu


Sebagaimana dilansir dari kompas, sekolahmu menjadi simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi yang telah dikurasi untuk berkarya, dan juga menyediakan program kurikulum sesuai kebutuhan.

Situs belajar online sekolahmu menyediakan live streaming mata pelajaran dengan jenjang yang telah sisediakan. Diharapkan mampu untuk menumbuhkan kompetensi pada setiap anak di berbagai usia dan jenjang.

Keunggulan dari Sekolahmu

  • Tersedia live streaming sesuai mata pelajaran
  • Terdapat ribuan video belajar, latihan soal, dan rangkuman untuk setiap mata pelajaran utama dari jenjang SD, SMP, dan SMA
  • Dapat diakses melalui web maupuan aplikasi seperti android di smartphone

Zenius

situs belajar online terbaik zenius


Anda pasti nya sudah tidak asing dengan situs belajar onlilne yang satu ini. Zenius merupakan salah satu pioner situs belajar online yang ada di Indonesia. Didirikan pada tahun 2007, Zenius menyediakan materi-materi pendidikan untuk siswa SD sampai SMA. Materinya tersedia dalam bentuk video berbahasa Indonesia, dan ebook untuk kumpulan soal Ujian Nasional.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti kursus online Zenius. Yang pertama, Anda bisa mengakses website belajar online ini di www.zenius.net. Atau, bisa juga mengunduh aplikasinya di Playstore. Tinggal pilih mana yang paling nyaman menurut Anda.

Keunggulan dari Zenius

  • Hemat. Anda bisa mengakses dan mengunduh lebih dari 80.000 video pembelajaran secara gratis melalui aplikasinya.
  • Dilengkapi pembahasan untuk semua jenjang pendidikan dan kurikulum.
  • Hemat kuota. Anda hanya butuh kuota kurang lebih 20MB untuk belajar menggunakan Zenius.

Cisco Webex

situs belajar online terbaik cisco webex
Cisco Webex

 

Webex adalah sebuah aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari mana pun secara lebih mudah.

sumber : wikipedia

WebEx mengkombinasikan komunikasi lewat telepon dengan tampilan di layar Komputer. Guru akan mengajar seperti biasa melalui Video termasuk berbagi konten presentasi dan berinteraksi dengan papan tulis digital melalui layar komputer / smartphone.

Cisco Webex juga menyediakan ruang kelas digital berbasis messaging, sehingga guru dan murid dapat tetap berdiskusi dan berbagi materi melalui fitur group chat di Cisco Webex Teams.

Keunggulan dari Cisco webex

  • Memiliki sistem keamanan yang terjamin
  • Mampu menyembunyikan lokasi ketika sedang melakukan meeting / belajar online
  • bisa mengganti background dengan pilihan background yang sudah disediakan oleh pihak Cisco Webex.
Demikian untuk situs belajar online terbaik di Indonesia saat ini yang sudah bekerja sama dengan pemerintah.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat kursus online tentunya bertanya tanya bagaimana cara untuk membuat kursus online. Anda bisa membaca artikel lain di uangbanyak yang membahas cara sukses membuat situs kursus online.
  

Tidak ada komentar untuk "10+ Situs Belajar Online Terbaik di Indonesia Untuk Pelajar"