Widget HTML Atas

Cara Terbaik Memahami Apa Itu Podcast Dengan Cepat

Podcast sangat populer saat ini. Apa itu podcast dan mengapa orang-orang banyak yang menggandrungi nya?

Dengan kesibukan yang makin meningkat setiap harinya, semakin banyak orang yang mencari cara untuk menikmati content secara pasif. Tentu saja hal ini menjadi suatu peluang besar untuk membangun audiens dan menghasilkan uang secara online dari trafik internet.

apa itu podcast
Design by Canva



Dan meskipun akan membutuhkan waktu untuk membangun audiens yang cukup besar untuk menarik pengiklan dan cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari nya, peluangnya ada meskipun semuanya mesti dimulai dengan mendapatkan hosting podcast dan meluncurkan acara Anda.

John Lee Dumas mewawancarai pengusaha tujuh hari seminggu untuk acara nya dan sekarang menghasilkan lebih dari $ 200.000 sebulan dari podcast yang dirintis nya. Faktanya, John mempublikasikan semua penghasilannya secara online dan menunjukkan bahwa dia menghasilkan hampir $ 13 juta sejak diluncurkan pada tahun 2012.

Pasar podcast terus mencari konten baru dan berkualitas. Dan untungnya bagi siapa pun yang mencoba memulai, sekarang lebih mudah dari sebelumnya.

Apa Itu Podcast ?

Pengertian podcast berikut ini uang banyak kutip dari idcloudhost.

Podcast adalah merupakan sebuah rekaman audio dimana rekaman tersebut dapat didengarkan oleh banyak orang, berbagai kategori yang membahas sejumlah topik menarik dapat didengarkan. Podcast juga bisa dinikmati kapan pun dan dimana pun Anda sedang membutuhkannya. Selain bisa diakses lewat streaming, juga bisa diunduh serta disimpan.

sumber : idcloudhost

Memulai podcast, seperti membuat saluran YouTube atau blog, biasanya berakhir dengan menceritakan kisah-kisah menarik dan membangun pemirsa yang terlibat. Saya mungkin terdengar seperti rekaman rusak sekarang, tetapi Anda membutuhkan topik yang Anda minati dan sudah ada permintaannya. Munculkan daftar topik yang ingin Anda bicarakan, lalu telusuri tangga lagu iTunes, Google Trends, dan situs penelitian podcast lainnya untuk melihat apa yang saat ini sedang populer di luar sana.

Apa Keuntungan dari Mendengarkan Podcast?

Setelah anda mengetahui apa itu podcast sebenarnya, maka selanjutnya kita akan coba mengetahui apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dari membuat dan mendengarkan podcast.

Berikut ini 6 manfaat yang bisa anda dapatkan kala mendengarkan podcast, sebagaimana dilansir dari womantalk (dot) com

  1. Hiburan yang gratis dan bisa didengarkan di mana saja
  2. Belajar hal baru dari berbagai topik dan industri
  3. Pas untuk menemani Anda saat sendirian
  4. Melatih dan meningkatkan kerja otak
  5. Belajar Bahasa Inggris
  6. Bisa mengistirahatkan mata Anda dari layar smartphone

Berapa Biaya yang Harus Saya Keluarkan untuk Membuatnya?

Anda memerlukan alat yang tepat untuk menghasilkan uang secara online dengan podcast
Anda bisa menjadi serumit atau sesederhana yang Anda inginkan, bergantung pada kenyamanan Anda dengan peralatan audio, tetapi setidaknya Anda memerlukan mikrofon dan perangkat lunak untuk merekam suara Anda. Berikut ini biaya yang bisa jadi modal awal anda ketika membangun podcast anda sendiri:

  • Mikrofon Yeti yanng Terkenal di Dunia ($ 65)
  • Satu Set Podcasting Lengkap Behringer ($ 99)
  • Paket Rekaman Kualitas Studio Focusrite ($ 189)
  • Banyak merek lain menjual pembuatan podcast secara plug-and-play dengan kualitas studio yang dapat membuat Anda bisa melakukan rekaman sendiri .

Sekarang, saatnya merencanakan pertunjukan Anda. Jika Anda melakukan pertunjukan bergaya wawancara, Anda bisa saja mulai melibatkan beberapa tamu. Anda dapat menggunakan jejaring sosial yang ada untuk menjangkau orang yang sudah Anda kenal atau terhubung dengan Anda di Twitter atau Facebook. Anda juga dapat menuju ke Medium atau Amazon untuk menemukan penulis atau pakar tentang topik khusus untuk niche Anda.

Setelah Anda mengumpulkan daftar, kumpulkan template email penjangkauan (karena Anda akan melakukannya berulang kali) yang singkat dan jelas dengan harapan. Beri tahu calon pewawancara siapa Anda, tentang podcast Anda, dan apa yang Anda tanyakan kepada mereka. Lakukan beberapa tes wawancara dengan teman dan keluarga untuk memastikan semuanya direkam dengan kualitas yang Anda inginkan dan kemudian mulailah mengerjakan episode pertama Anda.

Pertimbangkan komponen outsourcing podcast Anda untuk mempercepat waktu pengiriman
Jika Anda suka mempelajari perangkat lunak baru atau berpengalaman dengan pengeditan audio, Anda dapat menyatukannya sendiri. Jika tidak, ada banyak layanan yang dapat Anda temukan yang akan membantu mengedit dan membangun acara Anda di tempat seperti UpWork dan Fiverr.

Selamat! Sekarang Anda memiliki episode podcast yang siap diunggah ke iTunes, SoundCloud, atau di mana pun dan dipromosikan bersama konten Anda yang lain!

Langkah terakhir adalah memutuskan bagaimana Anda akan memasarkan dan memonetisasi podcast Anda. Semakin besar audiens yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda untuk memonetisasinya. Pilih pembuat situs web terbaik untuk membuat situs sederhana untuk acara Anda dan mulai berbagi episode ke jaringan Anda. Jika Anda sudah siap untuk memonetisasi, ada beberapa opsi yang dapat Anda pilih:

  • Iklan tradisional (sponsor)
  • Menjual produk Anda sendiri
  • Donasi dan crowdfunding
  • Menjual konten “khusus pelanggan”
  • Mengadakan pertunjukan langsung

Seperti yang dikatakan Aaron Mahnke, pencipta podcast Lore, “Saya selalu memberi tahu podcaster untuk menggunakan streaming sebanyak mungkin. Jangan hanya menjual iklan di acara Anda. Jangan hanya menjual kaus. Jangan hanya melakukan crowdfunding. Lakukan semuanya. Gabungkan dan temukan campuran yang tepat, dan bersama-sama dengan itu menambahkan sesuatu yang lebih kuat dan lebih bisa diandalkan. ”

sampai di sini, anda sudah mengetahui apa itu podcast, dan kini anda sudah bisa untuk memulai membuat rekaman anda sendiri. Untuk mulai di awal, hanya dibutuhkan tekad dan kontinuitas dalam mengembangkan content-content dari ide-ide yang ada di kepala anda.

Berlangganan via Email