Widget HTML Atas

Cari Tahu Perkembangan E-Commerce di Indonesia? Ini yang Paling Tajir

Cari Tahu Perkembangan E-Commerce di Indonesia? Ini yang Paling Tajir

 Perkembangan e-commerce di Indonesia terlihat semakin meningkat. Apalagi kita tahu Bersama saat ini negeri kita sedang mengalami pandemic, sehingga hal ini menyebabkan mobilitas masyarakat sangat terbatas.

perkembangan e-commerce di indonesia

Dengan demikian penggunaan internet pun meningkat, dan process jual beli dilakukan secara online. Sehingga bisa kita lihat perkembangan e-commerce di Indonesia setahun terakhir mengalami akselerasi secara natural. Sebagaimana di ungkapkan pada situs jetcommerce.


Definisi Website E Commerce

Berdasarkan definisinya, situs web e-commerce adalah situs web yang memungkinkan Anda membeli dan menjual barang, produk digital, ataupun jasa layanan online.

Perdagangan, baik itu pertukaran barter atau jual beli barang dan jasa telah lazim selama berabad-abad. Tidak ada satu orangpun yang bisa hidup sendiri. Dan ini memunculkan kebutuhan akan permintaan dan penawaran barang dan jasa.

Jika kita membaca sejarah manusia, transaksi sudah berlangsung di seluruh dunia selama berabad-abad. Baik secara lokal maupun penjualan secara lintas lokasi.

Merujuk pada konsep transaksi tersebut, maka sekarang coba anda bayangkan jika hal ini dilakukan secara elektronik.

Namun, perlu di ingat juga bahwa dengan dunia online dan perkembangan e-commerce di Indonesia, maka undang-undang privasi data menjadi semakin ketat.

Dan sebelum Anda memulai usaha eCommerce, perlu untuk mengetahui semua kebijakan hukum yang diperlukan untuk situs web eCommerce yang sedang anda bangun.


Apakah E-Commerce Itu dan Seperti Apa Perkembangan E-Commerce di Indonesia ?

E-Commerce, juga dikenal sebagai e-Business, atau bisnis elektronik, merupakan layanan jual beli barang dan jasa melalui media elektronik, seperti Internet.

Pada perkembangan nya  e-commerce melibatkan transfer data dan dana secara elektronik antara dua pihak atau lebih. Sederhananya, ini adalah belanja online seperti yang biasa kita kenal selama ini.

Berkat belanja online, anda pastinya sudah tidak asing dengan istilah ini. Kita sering membaca ataupun mendengar harbolnas (hari belanja online nasional), yang biasa dilakukan para penyelenggara e-commerce di negeri ini.

Dari sejarah perkembangan nya e-commerce sendiri dimulai pada tahun 1960-an ketika perusahaan mulai menggunakan Electronic Data Interchange (EDI) untuk mentransfer dokumen bisnis mereka.

Tahun 1990-an mulai terlihat kemunculan bisnis belanja online, yang pada akhirnya cukup fenomenal di saat ini.

Pembelian online pertama adalah CD Sting, dijual oleh pengecer AS, NetMarket pada 11 Agustus 1994. Dari sinilah titik awal perkembangan e-commerce di dunia.

Lalu bagaimana dengan perkembangn e-commerce di Indonesia sendiri? Apakah terjadi di tahun yang sama?

Apakah anda mengenal indonet? dari tempat inilah e-commerce di Indonesia lahir. Dari sinilah cikal bakal perkembangan e-commerce di Indonesia.

Saat itu, IndoNet merupakan Internet Service Provider (ISP) ternama di Indonesia. Kemunculan IndoNet menjadi cikal bakal pemanfaatan teknologi dalam segala bidang. Tidak terkecuali pada bisnis online.

Dengan belanja online, tentunya ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi user. Siapapun dapat berbelanja apapun secara langsung dari ruang tamu, atau bahkan dari toilet sekalipun, hanya dengan beberapa klik.

Dengan kemunculan smartphone, perkembangan e-commerce semakin menjadi, tak terkecuali perkembangan e-commerce di Indonesia.

Kini anda dapat berbelanja secara online dari mana saja dan kapan saja. Yang penting gdaget anda terhubung ke internet.

Sekarang Anda dapat mencari hampir semua produk atau layanan secara online, tanpa harus pergi ke mana pun secara fisik.

Dikutip dari situs oberlo menyatakan bahwa

Dalam tiga tahun ke depan, penjualan eCommerce diharapkan mencapai 15,5 persen dari penjualan ritel di seluruh dunia.

dikutip dari oberlo

 

Apakah Website E Commerce Sebenarnya ?

Website E-Commerce adalah portal online yang memfasilitasi transaksi barang dan jasa secara online melalui sarana transfer informasi dan dana melalui Internet.

Pada awal-awal kehadirannya, sistem belanja elektronik ini dilakukan sebagian melalui email dan panggilan telepon.

Saat ini hanya dengan menggunakan situs web / website, segala hal yang dibutuhkan untuk transaksi dapat dijalankan secara online.


Jenis-Jenis Website E-Commerce

Website e-Commerce yang berbeda diberi label atau dirujuk secara berbeda, berdasarkan fungsi nya yang bisa dibagi menjadi :

  • Business-to-Business (B2B): Transaksi barang dan jasa elektronik antar perusahaan. Contoh: Sebuah bisnis menjual produk SAS ke bisnis lain.
  • Business-to-Consumer (B2C): Transaksi elektronik barang dan jasa antara perusahaan dan konsumen. Contoh: Anda membeli kaos baru dari toko online.
  • Konsumen-ke-Konsumen (C2C): Transaksi barang dan jasa elektronik antara konsumen, sebagian besar melalui pihak ketiga. Contoh: Anda menjual smartphone lama Anda di eBay atau Olx ke konsumen lain.
  • Konsumen-ke-Bisnis (C2B): Transaksi elektronik barang dan jasa di mana individu menawarkan produk atau jasa kepada perusahaan. Contoh: Influencer media sosial menawarkan eksposur ke audiens online mereka dengan imbalan biaya.

Bagaimanakah Prinsip Kerja E-Commerce ?

E-commerce atau sistem belanja online tidak lain merupakan jenis lain dari perdagangan yang dilakukan secara elektronik.

Jika melihat fungsinya sangat mirip dengan industri ritel fisik. Satu-satunya perbedaan dengan toko kelontongan yang ada di sebelah rumah saya adalah bahwa seluruh proses yang pada e-commerce dilakukan secara online.

Dalam perkembangan e-commerce di Indonesia, perjalanan perusahaan eCommerce dimulai dengan menyiapkan situs web eCommerce. Biasanya dilakukan dengan plugin seperti WooCommerce.

Setelah itu, produk ditampilkan bersama dengan detail yang diperlukan seperti deskripsi produk dan label harga.

Tombol CTA seperti “Beli Sekarang” ditempatkan di dekat produk untuk kenyamanan pelanggan. Jika mereka ingin membeli produk, mereka cukup mengklik tombol dan melakukan pembayaran.

Pelanggan biasanya diminta untuk melakukan pemesanan dengan mengisi formulir. Di sana, mereka perlu memberikan semua detail yang diperlukan seperti alamat pengiriman.

Ada berbagai metode pembayaran yang biasa digunakan dalam industri eCommerce.

Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui payment gateway seperti PayPal atau mereka dapat menggunakan kartu kredit mereka. Ada opsi lain yang disebut COD atau cash on delivery. Ini terutama disukai oleh customer yang sudah berpengalaman.

Jika anda memilih pembayaran dengan cara COD, maka anda bisa melakukan pembayaran saat barang yang dipesan sudah sampai di alamat pribadi anda.

Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau melalui kartu atau opsi nyaman lainnya seperti Google Pay, OVO Paylater, dll.

Jika Anda tidak puas dengan kualitas produk atau keliru ketika melakukan pengiriman produk, Anda dapat menggunakan sistem return logistic. Dimana dengan cara ini anda bisa mengembalikan barang dan mendapatkan kembali uang yang sudah anda bayarkan.

Anda perlu memberitahukan bahwa Anda ingin mengembalikan produk yang Anda pesan. Perwakilan perusahaan akan mendatangi Anda dan mengambil kembali produk tersebut. Uang akan dicairkan ke rekening Anda.

Promosi produk di eCommerce juga dilakukan secara digital. Dua metode yang paling menonjol adalah periklanan digital dan pemasaran email (email marketing).

Iklan ditempatkan di platform media sosial yang paling disukai oleh kelompok yang tertarget. Semua pengunjung diminta untuk memberikan alamat email mereka.

Dengan modal daftar email tersebut, maka anda dapat mengirimkan email penawaran secara pribadi. Terkadang untuk prospek customer, maka notifikasi pribadi akan dikirimkan ke media sosial mereka.


Top E-Commerce Luar Negeri

Ini adalah beberapa contoh situs web e-Commerce paling populer di seluruh dunia (tanpa urutan tertentu)

  • Amazon
  • eBay
  • Alibaba
  • Taobao
  • Walmart
  • Etsy

Top E-Commerce Dalam Negeri

Ini adalah beberapa contoh website e-Commerce paling populer di Indonesia (tanpa urutan tertentu)

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Lazada
  • Blibli
  • Iprice
  • Amazon
  • Cekresi
  • Ralali
  • JD ID

Bagaimanakah Cara Membangun Website E Commerce ?

Menjual produk melalui toko online adalah cara terbaik untuk menghasilkan sedikit uang tambahan. Melalui situs web e-Commerce, Anda dapat dengan mudah memperkenalkan produk Anda ke banyak pelanggan sekaligus.

Ada begitu banyak manfaat situs web e-Commerce dibandingkan toko fisik. Dan itulah alasan mengapa banyak pedagang cenderung membawa bisnis mereka ke tingkat berikutnya dengan membuat website e-Commerce.

Semakian ke sini, perkembangan e-commerce di Indonesia semakit pesat, namun untuk membangun nya di era kekinian, anda tidak perlu menjadi ahli teknologi untuk membangun situs web untuk bisnis yang anda bangun.

Yang anda butuhkan hanyalah pengetahuan tentang WordPress dengan menggunakan tema WordPress yang kompatibel dengan WooCommerce. Dan kemudian tinggal menyesuaikan situs e-Commerce tersebut dengan banyak cara.

Atau, jika tidak mau pusing dengan konfigurasi wordpress yang berkaitan dengan pemrograman, maka anda dapat menyewa developer / programmer yang bisa membantu untuk pembuatan website e-Commerce.

Selain itu, kini anda dapat dengan mudah membuat situs web e-Commerce sendiri dengan bantuan berbagai platform e-Commerce yang banyak bertebaran di internet. Ada yang gratisan dan juga ada yang berbayar, semua tinggal disesuaikan dengan selera dan kemampuan.

Platform e-commerce adalah cara tercepat untuk membangun situs web e-Commerce. Berikut adalah beberapa pembuat situs web e-Commerce teratas yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengembangkan website e-Commerce.


Persyaratan Hukum Situs Web E-Commerce

Bahkan sebelum anda meluncurkan situs web e-commerce, perlu dipastikan bahwa website tersebut sudah sesuai secara hukum dan undang-undang privasi data yang berlaku untuk wilayah audiens Anda.

Seperti GDPR dan CCPA yang merupakan peraturan pertama yang secara langsung mempengaruhi pengumpulan, penggunaan, dan penyimpanan data dalam skala luas.

Di bawah ini adalah beberapa kebijakan yang perlu anda siapkan di situs web e-niaga yang anda bangun

  1. Kebijakan pribadi
  2. Syarat dan ketentuan
  3. Disclaimer (terkait dengan produk, layanan, konten, atau pendapatan afiliasi Anda)

Ini hanya beberapa kebijakan dasar yang anda butuhkan untuk berkomunikasi dengan jelas kepada pengunjung.

Selain itu, jika website e-commerce yang anda bangun menggunakan cookie (dan kemungkinan besar tidak menggunakan), maka anda perlu memastikan bahwa cookie mendapatkan izin dari pengguna, keperluan nya yaitu untuk menyimpan data mereka di dalam cookie.


5 pembuat situs web E-Commerce teratas pada tahun 2020-2021

WooCommerce & WordPress

WooCommerce adalah platform open source seperti WordPress dan solusi paling populer untuk membangun situs web e-Commerce menggunakan theme. Dan saat ini merupakan teknologi paling populer yang digunakan untuk website e-niaga / toko online.

Sekitar 27% dari semua situs web di seluruh dunia menggunakan theme jenis WooCommerce, atau sekitar 35.712 situs web.

WordPress adalah CMS open-source yang mudah diintegrasikan dengan WooCommerce. Dengan WordPress dan WooCommerce, Anda dapat membuat website sesuai dengan keinginan, tergantung pada produk yang dijual.

Untuk menambahkan lebih banyak fungsionalitas ke website e-Commerce, Anda dapat dengan mudah menginstal berbagai plugin WordPress dan WooCommerce.

Untuk situs web e-Commerce, tema WordPress premium adalah pilihan yang baik karena memiliki dukungan pelanggan yang baik dan bahkan lebih dapat disesuaikan.

Jadi, tidak peduli anda berencana untuk memulai toko online kecil atau besar, WooCommerce memberikan semua yang Anda butuhkan untuk membangun website e-Commerce berkualitas tinggi dengan kekuatan WordPress.

7 Alasan mengapa lebih baik menggunakan WooCommerce & WordPress untuk membuat situs web e-Commerce

  1. Sesuai dengan setiap anggaran. Anda bisa menyesuaikan anggarannya
  2. Mudah digunakan (terutama untuk orang yang sudah menggunakan WordPress)
  3. Memiliki ratusan ekstensi (plugin)
  4. Dapat menjual segala jenis barang (virtual, fisik, download, jasa, dll.)
  5. Bekerja dengan hampir semua payment gateway
  6. Open source - dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita
  7. Mempunyai komunitas yang besar yang terdiri dari pengembang, pemasar, dan pakar

Bagaimana cara membuat situs web e-niaga menggunakan WooCommerce & WordPress? Pada artikel lain di blog uang banyak kita akan membahasa bagaimana cara membuat website dengan WooCommerce & WordPress.


BigCommerce

BigCommerce adalah opsi teratas lainnya untuk dipertimbangkan jika anda mencari pembuat situs web e-Commerce yang memiliki reputasi dan tepercaya.

BigCommerce memiliki fitur seperti tarif harga massal, manajemen penawaran, grup pelanggan, dan daftar harga khusus. BigCommerce dirancang khusus untuk membantu situs e-Commerce yang lebih besar berkembang dengan cepat.

Jadi, jika ingin memulai toko online bervolume tinggi yang berfungsi penuh dan memiliki semua fitur canggih, BigCommerce sangat cocok untuk Anda.

Paket dan harga bigcommerce bisa langsung anda cek di website bigcommerce.


Shopify

Shopify merupakan platform e-Commerce paling populer yang digunakan oleh lebih dari satu juta toko online di seluruh dunia. Shopify cocok untuk mereka yang berencana untuk memulai toko e-Commerce yang memiliki volume dan lalu lintas tinggi.

Shopify menyediakan 70+ template theme gratis dan premium yang mudah digunakan dan disesuaikan. Toko aplikasi Shopify berisi lebih dari 3.200 aplikasi yang dapat di pilih untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas ke toko e-Commerce Anda.

Paket dan harga shopify bisa langsung anda cek di website shopify.


Magento

Magento adalah platform CMS dan e-Commerce paling baik yang sangat cocok untuk semua jenis dan ukuran bisnis.

Lebih dari 190rb situs web e-Commerce didukung oleh Magento. Magento adalah platform open source dan menyediakan lebih dari 3.000 ekstensi pihak ketiga.

Anda bisa membuat toko online yang unik dan dapat disesuaikan untuk semua situasi.


Wix

Jika Anda seorang pemula, maka Wix adalah platform e-Commerce yang paling cocok untuk Anda. Wix adalah salah satu platform pembuat situs online teratas dan terpopuler.

Wix mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur drag and drop. Wix menyediakan paket khusus yang dibuat untuk website e-Commerce. Semua paket memiliki bandwidth tak terbatas, domain gratis selama satu tahun, analisis aplikasi pengunjung, dan voucher iklan senilai $300.

Dengan admin dashboard toko Wix, Anda dapat dengan mudah melacak pesanan, inventaris, dan halaman produk.

Paket dan harga Wix bisa langsung anda cek di website resmi Wix.

Itulah sekelumit perkembangan e-commerce di Indonesia. Bisa diprediksi bahwa perkembang e-commerce di Indonesia ke depan semakin gurih. Namun selain e-commerce, ada banyak jenis website penghasil uang yang bisa bikin anda jadi tajir dengan menggeluti pekerjaan online ini.

Sebagaimana di kutip dari indonesia.go.id

BI memperkirakan bahwa tren digitalisasi akan terus berkembang pesat. Hal ini juga tecermin dari proyeksi transaksi digital banking tahun 2021 yang meningkat jadi sekitar Rp32.206 triliun atau tumbuh 19,1% dari proyeksi realisasi transaksi digital banking sepanjang tahun lalu yang mencapai Rp27.036 triliun.

dukutip dari indonesia.go.id

 

Para pembaca juga mencari 

  • Perkembangan e-commerce di Indonesia 2019
  • Grafik perkembangan e-commerce di Indonesia
  • Perkembangan e-commerce di Indonesia 2021
  • Pengguna e-commerce di Indonesia 2020
  • Pertumbuhan e-commerce di Indonesia 2020
  • Sejarah perkembangan e-commerce di Indonesia
  • Data perkembangan e-commerce di Indonesia 2020

 

Tidak ada komentar untuk "Cari Tahu Perkembangan E-Commerce di Indonesia? Ini yang Paling Tajir"