Widget HTML Atas

12 Cara Cepat Melunasi Hutang dan Doa Melunasi Hutang

12 Cara Cepat Melunasi Hutang dan Doa Melunasi Hutang

12 Cara Cepat Melunasi Hutang dan Doa Melunasi Hutang

Apakah saat ini anda sedang terlilit hutang dan tidak tahu bagaimana cara anda akan melunasinya? Jangan khwatir anda tidak sendiri. Jika Anda mencari cara cepat melunasi hutang Anda, mari kita simak strategi dan kebiasaan pembayaran hutang dari para ahli dibawah ini

Sebelum Anda mulai membayar hutang, luangkan waktu sejenak untuk mengidentifikasi jenis hutang yang Anda miliki – apakah itu hutang kartu kredit, hutang pinjaman pelajar, hutang hipotek atau yang lainnya – dan tentukan berapa banyak hutang yang Anda miliki. Memahami jenis dan jumlah pinjaman Anda dapat membantu Anda membuat rencana yang dipersonalisasi untuk pembayaran utang dan merupakan cara cepat melunasi hutang.

12 Cara Cepat Melunasi Hutang
12 Cara Cepat Melunasi Hutang


Berikut 12 cara Cepat Melunasi Hutang

1. Doa Melunasi Hutang

Hal yang paling penting sebelum anda memulai cara cepat melunasi hutang dibawah ini adalah berdoa, Apakah ada doa untuk melunasi hutang? Tentu saja ada, salah satu yang Insya Alloh doa anda di ijabah Alloh adalah dibawah ini.


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 


Kemudian, Rasulullah SAW melafazkan doa, "Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazani wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzu bika minal jubni wal bukhli wa a'udzu bika min ghalabatid daini waqahrir rijal." 

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia).

Doa Melunasi Hutang
Doa Melunasi Hutang


Setelah anda berdoa, anda bisa juga minta di doakan oleh orang tua anda guru-guru anda agar dibebaskan dari hutang. Karena doa orang tua mempercepat doa anda.

2. Buat Anggaran Agar Cepat Melunasi Hutang

Setelah anda ber Doa Melunasi hutang, Langkah selanjutnya untuk melunasi hutang adalah membuat anggaran. Untuk melacak pengeluaran dan pendapatan Anda,coba anda install aplikasi anggaran keuangan. “(Mereka) atau uang anda bisa tampak luar biasa jika diatur pada saat awal,” kata Deacon Hayes, ahli keuangan pribadi di situs web Well Kept Wallet.

3. Segera Lunasi Utang Termahal Dulu

Cara cepat melunasi hutang selanjutnya adalah urutkan suku bunga kartu kredit Anda dari tertinggi ke terendah, lalu selesaikan kartu kredit dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu. "Dengan melunasi saldo yang memiliki bunga tertinggi lebih dahulu,Tingkatkan pembayaran pada kartu kredit yang memiliki tingkat persentase tahunan tertinggi sambil terus melakukan pembayaran minimum pada sisa kartu kredit Anda," tulis mantan kontributor blog US News My Money Hita Herzog.

4. Bayar Lebih Dari Saldo Minimum

Untuk mengurangi hutang Anda, Anda harus membayar lebih dari saldo minimum pada laporan kartu kredit Anda setiap bulan. Courtney Nagle, manajer pemasaran asosiasi untuk National Foundation for Credit Counseling, mengatakan, "Membatasi pembayaran utang anda hingga cicilan bulanan minimum adalah cara yang mahal untuk mengelola utang dan bukan merupakan solusi jangka panjang yang dianjurkan." Dia merekomendasikan agar melunasi hutang secepat mungkin untuk menghemat uang dan memberikan anggaran anda menjadi lebih baik

5. Manfaatkan Transfer Saldo

Jika Anda memiliki kartu dengan bunga tinggi, kemudian anda yakin dapat dilunasi dalam waktu beberapa bulan, Maka menurut Trent Hamm, pendiri TheSimpleDollar.com, merekomendasikan untuk memindahkan utang ke kartu yang menawarkan transfer saldo tanpa bunga. "Anda harus melunasi utang sebelum transfer saldo berakhir, atau Anda sering terkena tingkat bunga yang jauh lebih tinggi," dia memperingatkan. "Jika Anda melakukannya dengan hati-hati, Anda dapat menghemat ratusan ribu  dengan cara ini."

6. Hentikan Pengeluaran Kartu Kredit Anda

Ingin berhenti menumpuk utang? Keluarkan semua kartu kredit dari dompet Anda, dan tinggalkan di rumah saat anda berbelanja, saran mantan kontributor My Money Sabah Karimi. "Bahkan jika Anda mendapatkan uang kembali atau hadiah lain dengan pembelian kartu kredit, berhentilah membelanjakan dengan kartu kredit Anda sampai keuangan Anda terkendali," tulisnya.

7. Gunakan Aplikasi Pelunasan Hutang

"Langkah pertama yang baik untuk mengelola utang Anda adalah mengetahui rincian saldo semua akun Anda, yang dilaporkan dalam laporan kredit Anda," kata Chris Gatz, kepala CreditWise, pelacak skor kredit yang ditawarkan oleh perusahaan keuangan Capital One. Lacak hutang saat ini dan Anda akan menuju pada pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran hutang.

8. Hapus Informasi Kartu Kredit Dari Toko Online

Jika Anda melakukan banyak belanja online di satu pengecer, Anda mungkin telah menyimpan informasi kartu kredit Anda di situs untuk mempermudah proses checkout. Tapi hal ini jugalah yang membuat adanya tagihan dari barang yang tidak anda butuhkan. Jadi jelasnya adalah . "Jika Anda membayar untuk layanan yang berulang, gunakan kartu debit yang dikeluarkan dari layanan kartu kredit utama yang terhubung ke rekening giro Anda," tulis Hamm.

9. Kurangi Pengeluaran Dengan Memanfaatkan Penawaran

Carilah penawaran belanja dan hadiah gratis untuk menghindari pengeluaran berlebihan. "Hadiah ulang tahun biasanya kecil - pikirkan produk kecantikan dan kupon berukuran sampel," kata Kristin McGrath, pakar belanja, penawaran, dan keuangan pribadi. "Namun, jika Anda mendaftar untuk banyak program, Anda akan mendapatkan banyak barang dan diskon gratis."

10. Ubah Kebiasaan Anda

"Kebiasaan dan rutinitas harian anda adalah alasan anda terlibat dalam kekacauan ini," tulis Hamm. "Luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana Anda menghabiskan uang setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan." Apakah Anda benar-benar membutuhkan kopi mahal setiap hari? Bisakah Anda membawa makan siang anda ke kantor dari pada membelinya setiap hari? Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang bisa saya ubah tanpa terlalu banyak mengorbankan gaya hidup?

11. Tingkatkan Penghasilan Anda Dengan Usaha Sampingan

Banyak orang yang mencari usaha sampingan demi bisa menyelesaikan masalah hutangnya, mulai dari usaha kecil-kecilan yang penghasilannya bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan sehari-hari. Dari sini anda bisa menggunakan penghasilan utama anda untuk melunasi hutang.

12. Pertimbangkan Konsolidasi Utang

Konsolidasi hutang memungkinkan peminjam untuk membayar hutang mereka ke pinjaman tunggal dengan satu pembayaran bulanan, seringkali dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Menurut Holly Perez, pakar uang konsumen di juru bicara Intuit and Mint, mengkonsolidasikan utang dapat membantu individu memutus siklus gaji-ke-gaji bila dikombinasikan dengan langkah-langkah penghematan biaya lainnya. "Periksalah tagihan listrik, telepon, dan kartu kredit anda untuk biaya tersembunyi, atau cukup hubungi penyedia layanan Anda dan negosiasikan kesepakatan yang lebih baik. 

Hadiahi Diri Anda Saat Anda Berhasil Melunasi Hutang.

Setelah Anda mencapai tujuan Anda, penting untuk mempertahankan pola pikir baru Anda. "Bahkan jika Anda telah melunasi hutang kartu kredit Anda, akan mudah untuk kembali ke kebiasaan lama yang buruk. Penting untuk mengubah cara Anda berpikir tentang kartu kredit sehingga Anda tidak berakhir di tempat yang sama," kata Lance Cothern , pendiri MoneyManifesto.com. Setelah Anda melunasi kartu kredit Anda, Anda harus komitmen. Jangan gunakan kartu kredit untuk pembelian yang tidak dapat Anda lunasi dengan cepat. Jika Anda kesulitan menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab, mungkin ada baiknya untuk berhenti menggunakannya sama sekali."


Tidak ada komentar untuk "12 Cara Cepat Melunasi Hutang dan Doa Melunasi Hutang"