Widget HTML Atas

20 Cara Menciptakan Peluang Usaha di Desa, Hidup Damai Uangpun Banyak

20 Cara Menciptakan Peluang Usaha di Desa, Hidup Damai Uangpun Banyak

Menciptakan peluang usaha di desa menjadi tantangan tersendiri. Bisnis tidak melulu berada di kota-kota besar tetapi kota-kota kecil dan daerah pedesaan membutuhkannya untuk berkembang juga.

menciptakan peluang usaha di desa

Ada banyak ruang lingkup di area ini juga, untuk memiliki bisnis yang sukses dan itulah mengapa akhir-akhir ini penting untuk fokus pada bisnis di daerah pedesaan ketika covid sedang melanda menjadi pandemi.

Peluang usaha apa yang cocok di desa ? Mungkin itu yang banyak menjadi pertanyaan sobat pembaca sekalian.

Pembahasan Mengenai Peluang Usaha di Desa

Ternyata memang cara menciptakan peluang usaha di desa itu tidak semudah yang kita bayangkan.

Kita juga mesti memiliki pengetahuan mengenai cara membaca peluang usaha di desa. Karena, supaya usaha menjadi exist maka yang harus sobat ciptakan adalah usaha unik di desa. Akan banyak yang bertanya buat apa membuka usaha di daerah sepi ?

Namun tahukah anda, bahwa orang yang membuka usaha penyewaaan villa di puncak misalnya. Itu adalah usaha yang dilakukan di daerah sepi. Karena jika villa nya ada di tengah2 area padat penduduk, maka tidak memiliki nilai jual lebih lagi. Tidak ada yang unik.

Untuk menciptakan peluang usaha di desa, sobat sekalian harus mampu melakukan inovasi usaha di desa.

Menciptakan Peluang Usaha di Desa

Sebenarnya jika sobat jeli, ada banyak peluang usaha di desa yang menjanjikan. Terutama peluang usaha di desa berkembang.

Apakah ada peluang usaha di desa yang sudah terbukti menguntungkan ? Sebenarnya apapun usaha yang sobat geluti akan dapat menguntungkan asal anda memiliki cara berpikir dan bertindak sebagai seorang wirausahawan.

Berikut ini adalah daftar 20 ide bisnis atau peluang usaha untuk daerah pedesaan yang menjanjikan.

1. Membuka Pusat Diagnostic

Laboratorium patologi atau pusat diagnostik bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan di kota-kota kecil. Untuk keluhan dan penyakit apa pun, dokter meminta pasien untuk menjalani tes medis seperti tes darah, tes urin, dll. Semua ini dilakukan di laboratorium patologi.

Anda dapat mendirikan satu lab semacam itu di daerah pedesaan dan tentunya akan memerlukan investasi awal dan juga lisensi untuk beroperasi. Mungkin sobat bisa melakukan pinjaman yang mudah untuk memulai laboratorium seperti itu. 

Dan tentunya sangat disarankan untuk mengambil pinjaman yang tidak berbunga, sehingga ini tidak akan membebani anda di masa yang akan dating.

Memang pada awalnya membutuhkan modal yang tidak sedikit, akan tetapi setelah pusat diagnostic didirikan maka sobat bisa mendapatkan penghasilan yang baik seumur hidup.

Ini adalah ide bisnis yang bagus serta kebutuhan bagi orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan yang mungkin harus pergi ke kota besar ketika harus melakukan tes darah. 

Mereka akan menghemat waktu dan energi dengan memiliki lab yang bagus di kampung  mereka sendiri.

Ini adalah layanan darurat yang dibutuhkan dan diperbolehkan terutama di masa Corona ini. Dan pastinya ini bisa menjadi peluang usaha di desa yang menjanjikan keuntungan seumur hidup sobat.

2. Membuat Pabrik Pengolahan Air

Jenis bisnis ini membutuhkan investasi skala menengah tetapi pengembaliannya sepadan. Ini membutuhkan tenaga kerja, banyak instalasi peralatan dan yang terpenting, air harus bersih dan murni saat digunakan untuk pengujian.

Jika tidak, tes tidak akan valid jika ternyata ada kuman atau kotoran dari air yang digunakan untuk mencuci peralatan.

Jadi, pastikan Anda memiliki air bersih yang tersedia atau siapkan peralatan filter air untuk memastikan tes valid.

Anda bisa menjadi pemasok air minum dalam kemasan kepada masyarakat dengan memungut sedikit biaya untuk gallon seukuran 20 liter misalnya.

Usaha ini cocok untuk daerah pedesaan yang kurang dalam hal air bersih atau daerah nya tandus, seperti di gunung kidul misalnya. Anda bisa menjadi pemasok air bersih untuk desa ini.

Bisa jadi ini merupakan peluang usaha yang belum banyak pesaing di desa anda tinggal.

Jadi ini bisa menjadi bisnis sampingan tambahan yang menguntungkan dalam jangka panjang selain uang yang akan Anda peroleh untuk melakukan berbagai tes di lab.

Anda harus memiliki rencana bisnis terperinci untuk pabrik produksi air mineral. Buat rencana dan mulai terapkan hari ini.

Sebagian besar desa bergantung pada sumur bor di mana air dari bawah tanah dapat bercampur dengan kotoran dan bahkan elemen yang berbahaya bagi kesehatan.

Jadi, mendirikan pabrik pemurni air di sebelah lab patologi bisa menjadi penting untuk lab Anda dan juga bagi orang-orang yang membutuhkan pasokan air yang baik dan sehat tentunya.

Namun ini tentunya bukan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

3. Buka Toko Ponsel dan Aksesoris

Ponsel dibutuhkan di mana-mana dan tidak terkecuali juga daerah pedesaan. Oleh karena itu, memiliki bisnis di ponsel dan aksesoris bisa dilakukan di daerah manapun yang sudah ada sinyal hp, dan ini adalah ide yang brilian sebagai peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Investasinya lebih sedikit karena Anda hanya dapat menyimpan barang-barang yang digunakan dan memiliki permintaan di area di mana orang tidak membutuhkan teknologi tinggi tetapi cukup dengan layanan dasar saja.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan mudah dengan investasi yang sangat rendah; yang Sobat butuhkan hanyalah toko yang tepat di lokasi yang baik dan kontak pemasok dari kota terdekat.

Casing handphone, earphone, baterai ponsel dll juga diperlukan sebagai aksesori. Jika sobat serius dan terus melakukan inovasi usaha di desa maka bisnis yang sobat lakukan akan selalu tumbuh seiring waktu.

Ini adalah ide bisnis yang ideal untuk daerah pedesaan di mana tidak ada toko keliling atau bisa dikatakan ini merupakan peluang usaha yang belum banyak pesaing.

4. Buka Toko Pupuk dan Benih

Salah satu bisnis umum yang benar-benar dapat berkembang di pedesaan adalah toko pupuk dan benih. Petani selalu membutuhkan dua hal ini dan jika Anda dapat menyediakan modal yang tidak terlalu besar, akan ada subsidi pemerintah yang selalu tersedia.

Bisnis Anda sudah bisa berjalan dengan satu staf pembantu untuk memulainya.

Bisnis ini membutuhkan modal yang minimal untuk memulainya, apalagi jika Anda tahu cara membuat pupuk kompos dengan bahan-bahan lokal seperti sisa makanan di dapur dan kotoran hewan dll yang tentu saja bebas bahan kimia.

Pendapatan dari bisnis ini bisa sangat menguntungkan; dan sobat bisa menciptakan peluang usaha di desa seperti ini yang akan bertahan untuk jangka panjang pastinya. 

Anda bisa segera Menyusun rencana dan memulai nya saat ini juga.

5. Mulai Pertanian Organic

Orang-orang hari ini tergila-gila dengan makanan organik yang bebas dari pestisida, semprotan insektisida dan segala bentuk bahan kimia berbahaya karena kekhawatiran masyarakat di masa pandemic .

Buah dan sayuran ditanam dengan cara alami dan bebas racun kimia di pedesaan. Oleh karena itu, pertanian organik di pedesaan adalah ide bisnis yang sangat bagus.

Beberapa orang memilih resign dari pekerjaan nya di kota untuk memulai pertanian organik yang menguntungkan.

Investasi utama yang diperlukan termasuk pembelian tanah, perlengkapan dan peralatan pertanian, serta benih yang baik untuk hasil yang sehat.

Saat awal membangun perkebunan organik, nilai keuntungan yang didapatkan tidak akan terlalu tinggi, namun seiring berjalannya waktu dan tanaman Anda makin bertumbuh untuk mulai menghasilkan buah dan sayuran, sobat akan mendapatkan penghasilan yang besar dengan menjual produk pertanian.

Pertanian organik dalam jangka panjang adalah bisnis yang baik dan akhir-akhir ini banyak di konsumsi untuk membangun kekebalan tubuh dan tentu saja bank siap memberikan pinjaman untuk hal yang sama jika anda siap bekerja keras untuk membangun usaha ini.

6. Memulai Usaha Peternakan

Jika anda bertanya usaha apa yang paling cepat berkembang. Bisa jadi ini adalah salah satunya. Sobat bisa menciptakan peluang usaha di desa yang mudah dan mnguntungkan.

Selain pertanian organik, peternakan juga bisa menjadi bisnis yang bagus dan menguntungkan.

Peternakan seperti ternak sapi, ayam, kambing, dll. dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan. Investasi sebagian besar biasanya adalah membeli beberapa hewan dan memberi mereka makan.

Ternak akan berkembang biak dan sobat akan mendapatkan produk sampingan seperti susu dan pupuk kandang yang dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Ini adalah salah satu peluang bisnis terbaik dan menguntungkan yang bisa dibangun di daerah pedesaan yang dapat dilakukan siapa saja. Para pengusaha baru yang memulai usaha peternakan dengan penuh semangat tidak pernah mengalami kerugian karena musim hujan dll.

Pada akhirnya ini bisa dijadikan sebagai usaha jangka Panjang di desa.

Bisnis peternakan membutuhkan investasi awal yang kecil tetapi pengembaliannya tinggi. 

7. Memulai Bisnis Toko Bunga

Bunga biasanya dibutuhkan ketika ada acara khusus seperti pernikahan, acara keagamaan dan pertemuan dll. Oleh karena itu, memulai bisnis toko bunga bisa menjadi ide yang bagus. 

Yang harus sobat uang banyak perhatikan yakni di bisnis ini terutama membutuhkan dua syarat: pasokan bunga yang konstan dan pengiriman tepat waktu. 

Jika sobat bisa memimpin di kedua faktor tersebut, maka bisa dipastikan bisnis toko bunga akan membuat bisnis Anda maju.

Awalnya diperlukan cukup investasi untuk memulai bisnis seperti mendirikan toko dengan pasokan air yang baik.

Namun Ketika bisnis sudah mulai jalan dan rantai pasokan sudah mulai stabil, Anda pasti akan mendapatkan keuntungan investasi yang baik.

8. Bisnis Cold Storage

Cold storage adalah ide bisnis bagus lainnya terutama di daerah pedesaan. Biasanya, di daerah-daerah tersebut sayuran dan buah-buahan mudah rusak karena tidak adanya cold storage dan petani mengalami kerugian setelah panen.

Oleh karena itu, bisnis di cold storage bisa sangat menguntungkan untuk membantu mereka menjaga apa yang telah mereka tanam sampai dijual. 

Sayuran akan tetap segar selama berada di cold storage.

Untuk membangun cold storage untuk mengawetkan produk pertanian, diperlukan investasi modal awal yang cukup besar. 

9. Mulai Bisnis Manufaktur Skala Kecil

Banyak bisnis manufaktur skala kecil yang dijalankan dengan margin keuntungan yang tinggi seperti pembuatan gelas kertas sekali pakai, piring, kantong kertas dll yang terbuat dari limbah pertanian.

Ini bisa menjadi ide inovasi usaha unik di desa dan dapat menjadi ide bisnis yang baik karena hal-hal ini selalu diminati.

Tidak memerlukan investasi besar, sebagian besar modal diinvestasikan dalam bahan baku yang memilki harga murah dan sumber daya seperti mesin yang bisa dilakukan dengan pinjaman dan subsidi. 

Sobat uang banyak dapat menghubungi beberapa petani yang siap memasok bahan baku yang dibutuhkan untuk hal-hal ini dan bisnis Anda siap untuk bergulir.

Produk dapat dijual ke toko-toko di kota-kota terdekat yang menjual perlengkapan pernikahan dan pesta, dll. termasuk juga restoran untuk dibawa pulang.

Pengiriman barang yang tepat waktu sangat penting bagi bisnis seperti ini untuk bisa berkembang.

10. Membuka Toko Pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan dasar manusia, karenanya membuka toko pakaian dianggap sebagai bisnis yang selalu hijau dan ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan peluang usaha di desa. 

Oleh karena itu, memiliki bisnis pakaian bisa sangat menguntungkan karena margin yang tinggi dalam bisnis ini.

Berdasarkan kebutuhan dan permintaan di daerah tertentu, seseorang dapat memiliki toko kain tanpa takut rugi. Pastikan saja supaya tidak memiliki banyak pesaing di dekat toko sobat.

Seperti bisnis lainnya, sobat akan memerlukan investasi awal untuk mendirikan toko tetapi jika kualitas bahannya bagus dan sesuai dengan mode lokal, maka dalam waktu tidak terlampau lama maka sobat bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Selain itu, permintaan bisa tinggi selama musim liburan. Bersiaplah untuk pakaian musiman seperti musim dingin atau musim panas. 

Musim libur lebaran ataupun musim liburan tahun baru. Bisnis toko pakaian sobat akan selalu berubah dan bertumbuh, sesuai dengan musim liburan.

Bagaimana sobat uang banyak? Apakah sampai di sini sobat sudah bisa mendapatkan ide bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat sobat sekalian?

Menciptakan peluang usaha di desa memang bisa jadi sangat menguntungkan, tinggal pandai-pandai kita melihat peluang usaha yang belum banyak pasaing nya di desa tempat kita tinggal.

Dikarenakan artikel ini cukup Panjang, agar tidak terlalu membosankan dan enak dibaca, maka jika sobat uang banyak masih ingin mengetahui peluang usaha lainnya untuk ide bisnis terkait dengan menciptakan peluang usaha di desa, bisa sobat baca pada artikel berikutnya di sini.

Pembahasan nya pun masih lanjutan dari artikel ini seputar Tips dan Cara Menciptakan Peluang Usaha di Pedesaan dan Perkampungan Berkembang.

Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan sobat uang banyak, misal mengenai usaha apa yang paling cepat berkembang di kita lakukan di pedesaan? Jualan apa yang laris di desa? Usaha apa yang bagus untuk pemula di kampung?

Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang ada di benak sobat sekalian. So, terus nantikan artikel selanjutnya di blog uang banyak. Jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk membagikan artikel ini kepada rekan dan sahabat sobat uang banyak.

Lainnya Seputar  Menciptakan Peluang Usaha di Desa

Yang di cari orang selain menciptakan peluang usaha di desa

  • Usaha di desa sukses
  • Peluang usaha di desa 2020
  • Usaha jangka panjang di desa
  • Peluang usaha yang belum banyak pesaing
  • Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan
  • Usaha di daerah sepi
  • Usaha unik di desa
  • Inovasi usaha di desa


Yang di tanya orang selain menciptakan peluang usaha di desa

  • Usaha apa yang bagus untuk pemula di kampung?
  • Jualan apa yang laris di desa?
  • Usaha apa yang paling cepat berkembang?
  • Bisnis apa yg cocok?
  • 300 ribu buat usaha apa ya?
  • Modal 500 ribu bisa buat usaha apa?
  • Jualan apa yang paling cepat laku?
  • Usaha apa yang menjanjikan di tahun 2021?


Tidak ada komentar untuk "20 Cara Menciptakan Peluang Usaha di Desa, Hidup Damai Uangpun Banyak"