Widget HTML Atas

Yuk Mengenal Apa itu Saham, Cocok Bagi Pemula yang Belajar Saham

Yuk Mengenal Apa itu Saham, Cocok Bagi Pemula yang Belajar Saham

Mencari Tahu Apa Itu Saham – uangbanyak.com. Banyak di antara kita yang gercep banget sama yang Namanya investasi. Bahkan saat ini sudah banyak aplikasi berupa  mobile aplikasi yang menawarkan model investasi yang menggiurkan. Salah satu nya adalah investasi dalam bentuk saham. Jadi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan saham itu?

apa itu saham

Apa Itu Saham? Pengetahuan Dasar Untuk Pemula

Dalam artikel ini saya akan bahas apa itu saham secara umum, Tapi  saya ga akan jelasin terlalu dalam dulu harapannya biar kamu semua bisa nangkep gambaran besar dari saham itu sendiri, Okay? 

Pembahasan Mengenai Apa Itu Saham

pembahasan mengenai apa itu saham

Tapi sebelum jelasin definisi saham, sebelum kita tahu apa itu saham maka Saya mau mengajak kamu untuk mengingat-ingat saat Kamu sedang berada di jalan, atau dimana gitu pernah ngeliat ada tulisan "Perusahaan A TBK", "Perusahaan B TBK".

TBK itu kepanjangannya adalah "Terbuka" artinya perusahaan ini terbuka untuk dimiliki oleh publik alias oleh orang-orang kayak kita. Wiih, keren gak? Lantas perusahaan apa aja yang statusnya TBK? Ternyata ada cukup banyak dan sering kita temui 

Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, ada Telkom juga, Sampoerna, Gudang Garam, Unilever, Jasa Marga, Astra Indonesia, bahkan sarana hiburan sampe Ancol juga ada. Banyak banget kan? sekarang bahkan ada 600 lebih yang statusnya TBK. Dan, tanpa sadar, ternyata produk tersebut udah mewarnai hari-hari kita, dari lahir sampe sekarang. 

Nah, balik lagi nih, Apa itu saham? Saham itu adalah lembaran bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Sebagai ilustrasi, Saham Gudang Garam merupakan salah satu perusahaan TBK. Kita anggep aja, Gudang Garam itu semua kegiatan usahanya berada dalam satu saham ini. 100 persen dari saham ini kemudian dipecahin lah jadi 100 lembaran kertas. Yang seakan-akan mewakili kepemilikan dari perusahaan tersebut. 

Menarik untuk di baca :

Jenis Website Penghasil Uang Banyak
17 Jenis Website Penghasil Uang Banyak

Jadi, kalau Kamu punya 1 lembar tersebut, artinya Kamu punya 1% bagian dari perusahaan ini. Meskipun kenyataannya satu perusahaan itu bisa dibagi jadi miliaran lembaran saham. 

Gudang Garam sendiri dipecah jadi 1,9 miliar lembar saham. Tapi semoga dengan hanya 1 lembar dan 1% tadi mampu membuat Kamu memiliki kerangka berpikir yang bagus, untuk mengerti apa itu saham. 

Bentuknya kan lembaran nih, dulu emang ada fisiknya berupa lembaran asli. Tapi sejak berada di era digital, lembaran saham itu bentuknya jadi berubah menjadi elektronik. Nah, sekarang udah jelas kan, buktinya apa kamu punya perusahaan itu? Buktinya adalah, si lembaran saham itu tadi. 

Ngomong-ngomong tentang lembaran, satuan yang dipakai di saham adalah Lot. dan satu Lot adalah 100 lembar. Jadi Kamu jangan bingung, kalau ada istilah Lot nanti ke depannya. Terus, minimal seseorang itu beli saham adalah: 1 Lot, alias 100 lembar. 

Saya kasih gambaran dikit nih, kalau kamu ketik di Google, "Harga saham Bank BRI", nah akan muncul tuh, "3,110" di sini artinya 3,110 adalah harga per lembar dari saham Bank BRI. murah banget gak? 

Berarti, untuk beli 1 Lot Bank BRI, Kamu cuma ngeluarin uang Rp 310.000,- Karena kan tadi, 1 Lot itu 100 lembar. Dan status Kamu adalah sudah jadi pemilik Bank BRI. yaa meskipun hanya 1 Lot. 

Untuk selanjutnya, Saya akan jelasin sedikit tentang Perusahaan Terbuka (TBK). Saya kasih contoh lainnya, masih sama-sama perusahaan rokok nih, Sampoerna. Siapa yang gak tahu? Sampoerna ini adalah salah satu perusahaan terbuka dari 600 lebih perusahaan yang saat ini ada di pasar. Sampoerna ini nama panjangnya adalah Hanjaya Mandala Sampoerna. 

Semua perusahaan yang terdaftar di pasar, itu harus disederhanakan jadi 4 huruf. Pada kasus Sampoerna, mereka nyingkatnya jadi HMSP. Yang lainnya, kayak Bank BRI, itu jadi BBRI. Telkom, TLKM. Astra Indonesia, ASII. 

4 huruf tersebut bisa juga di sebut sebagai kode saham. Kenapa perusahaan yang tadinya ngga bisa dibeli jadi bisa kita beli? Karena perusahaan tersebut sedang butuh dana dari masyarakat. Mau itu jadi modal tambahan, untuk bayar hutang, ataupun (kebutuhan) yang lainnya. 

Biar gampang, Saya gunakan contoh HMSP, tapi cerita ini Saya sederhanakan biar mudah dimengerti. Katakanlah, dia itu adalah perusahaan yang belum terbuka. 

100 persen sahamnya, masih dipegang oleh dia sendiri. Terus, dia mau buka pabrik rokok lagi di suatu daerah, yang mana itu butuh uang. tapi modalnya gak ada nih. Maka dari itu, dia ngelepas lah 7,5 persen sahamnya yang dia punya untuk bisa dibeli publik supaya dia jadi dapet tambahan dana. 

Tapi konsekuensinya adalah, dana tersebut harus ditukar dengan kepemilikan saham dari HMSP itu sendiri. Jadi di sini kasusnya adalah HMSP menjual bagian dari dirinya sendiri untuk kegiatan ekspansi (nambah pabrik). yang dalam hal ini adalah membuat pabrik rokok baru. Terus, apa alasannya orang mau beli saham HMSP? Karena artinya, pembeli saham HSMP ini kan itu juga jadi pemilik sekian persen perusahaan itu kan. 

Ketika perusahaan ini menghasilkan keuntungan bersih sekian rupiah, para pemilik saham ini juga akan mendapatkan bagian sekian persen, dari hasil usaha tersebut. Masuk akal nggak? Kan kita itu sama-sama pemilik, statusnya nih. 

Kamu sekian persen, Saya kan juga punya sekian persen. Tahun lalu, per 2019 aja, keuntungan bersih yang didapat Sampoerna adalah Rp13,7 triliun. HMSP sendiri dipecah menjadi 116 miliar lembar saham. Artinya, 1 lembar kepemilikan saham, berhak atas keuntungan 118 perak. Kecil? nggak juga. 

Sekarang kita cari harga per lembar dari HMSP di Google, sama kayak tadi. Cuma sekarang ketiknya, "Harga saham HMSP" Keluar deh, tuh angka 1,795 per 5 Juni (2020). per lembarnya itu cuma Rp 1,795 kamu bayangin (sama) kayak beli rokok sebatang. 

Bayar parkir aja 2000 lebih mahal dari 1,795 per lembar saham ini, Kamu berhak dapet 118 perak keuntungan dari HMSP. 118 inilah yang disebut sebagai 'Dividen', atau bagi hasil. Sampoerna kan usaha nih, jualan rokok. 

Kamu sebagai pemilik sekian lembar saham HMSP, berhak atas keuntungan yang dihasilkan per lembarnya. Semakin banyak Kamu punya lembarannya, semakin berhak juga Kamu atas keuntungan yang lebih banyak. 

Jadi saya mau nanya nih ke Kamu pilih mana beli satu rokok atau beli 1 lembar dari saham perusahaan rokoknya? Harganya sama kok.. *hahaha* 

Nah dari artikel ini dari kamu yang sebelumnya tidak tau apa-apa sekarang jadi ngerti nih beberapa informasi berikut. 

  1. Apa itu saham? 
  2. Kamu juga tahu beberapa istilah seperti 'Lot' dan juga 'Dividen', 
  3. Kamu juga sedikit tahu tentang perusahaan TBK. 
  4. Kamu juga jadi tahu sekarang, faktanya sebatang rokok sama dengan selembar pabrik rokok (harganya). 

Menarik untuk di baca :

menjadi pengusaha sukses di usia muda
13 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Apa Itu Saham ? Q & A

Apa itu saham dan contohnya?

Saham ialah surat sebagai bukti seorang mempunyai sisi modal satu perusahaan. Sebagai contoh, bila perusahaan mengeluarkan 1000 helai saham dan seorang mempunyai 200 helai saham di perusahaan itu, karena itu orang itu sebetulnya mempunyai 20% pemilikan asset di perusahaan itu.


Apa fungsi dari saham?

Saham ialah bukti pemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti pelibatan modal.... Pemilik saham mempunyai hak untuk memperoleh dividen sesuai jumlah saham yang dipunyainya. Dengan menggenggam saham, karena itu pribadi atau tubuh dapat mengklaim pemilikan di suatu perusahaan terbuka.


Apa itu saham dan bagaimana cara kerjanya?

Saham ialah pertanda pelibatan modal seorang atau faksi (tubuh usaha) pada suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan mengikutkan modal itu, karena itu faksi itu mempunyai claim atas penghasilan perusahaan, claim atas asset perusahaan, dan memiliki hak datang dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)


Saham itu dalam bentuk apa?

Bentuk saham ialah selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan dan mengatakan jika pemilik kertas yang bernama tertera dalam surat itu ialah pemilik perusahaan sesuai jatah berapakah % atau seberapa banyak pelibatan yang dimasukkan di perusahaan itu.


Apa saja contoh investasi?

Pilihan Instrumen Investasi yang Populer dan Menguntungkan di Indonesia

  • Deposito. 
  • Emas. 
  • Properti. 
  • Saham.
  • Reksa Dana. 
  • Peer to Peer Lending.


Apa fungsi dari indeks harga saham?

Arah/faedah dari index saham diantaranya: Menghitung sentimen pasar, Proksi dalam menghitung dan membuat mode pengembalian investasi (return), resiko struktural, dan performa yang disamakan dengan resiko.


Bagaimana cara main saham?

Langkah Main Saham untuk Pemula Supaya Cepat Untung, Baca Jalannya

  • Ketahui Saham dengan Pas dan Keduk Info dengan Benar
  • Pakai Modal dengan Arif dan Belilah saat Harga Rendah
  • Bidik Perusahaan yang Keuntungan dan Tentukan Perusahaan yang Konstan
  • Awasi Gerakan Ekonomi dan Tentukan Index Saham dengan Tepat.


Apakah jual beli saham itu halal?

Berdasar Fatwa DSN No.40 MUI (Majelis Ulama Indonesia), berikut opini mengenai investasi saham, yakni: Transaksi bisnis jual-beli saham hukumnya ialah boleh. Beberapa saham yang dibolehkan ialah saham perusahaan dagang atau perusahaan manufacturing dengan ketetapan yang betul ada bukan eksperimen atau rekayasa.


Menarik untuk di baca :

Pekerjaan Online Untuk Mahasiswa Sambil Kuliah
Pekerjaan Online Untuk Mahasiswa Sambil Kuliah


Yang Lain Seputar Apa Itu Saham

Yang banyak di cari orang selain seputar apa itu saham

  • Cara main saham
  • Apa itu saham blue chip
  • Apa itu investasi saham
  • Contoh saham
  • Jenis saham
  • Cara kerja saham
  • Keuntungan saham
  • Saham preferen adalah


Yang banyak ditanyakan orang selain seputar apa itu saham

  • Apa itu saham dan contohnya?
  • Apa fungsi dari saham?
  • Apa itu saham dan bagaimana cara kerjanya?
  • Saham itu dalam bentuk apa?
  • Apa saja contoh investasi?
  • Investasi dalam bentuk apa saja?
  • Apa fungsi dari indeks harga saham?
  • Bagaimana cara main saham?
  • Beli saham minimal berapa?
  • Apa sih itu investasi saham?



Tidak ada komentar untuk "Yuk Mengenal Apa itu Saham, Cocok Bagi Pemula yang Belajar Saham"