Widget HTML Atas

Mata Uang Dolar, Deteksi Keaslian Uang Kertas Dolar Anda

Deteksi Keaslian Mata Uang Dolar KertasUang Banyak. Bila Anda memiliki uang kertas dolar Amerika tetapi menyangsikan keasliannya, ikutilah beberapa langkah di bawah ini untuk meyakinkan apakah nilai mata uang dolar Anda yang sesungguhnya asli ataukah palsu. Mempunyai, membuat, atau memakai uang palsu yaitu aksi tidak mematuhi hukum ; bila jaksa dapat menunjukkan kalau Anda dengan memiliki niat memalsukan uang, hukum federal yang berlaku di AS dapat memberi hukuman denda serta penjara optimal sepanjang 20 th.. Bila memperoleh uang palsu, Anda mesti mengembalikannya ke pihak berwenang. Untuk mengetahui kurs mata uang hari ini, anda bisa melihatnya di pusat kurs mata uang hari ini.




Lalu, langkah apa saja dan bagaimanakah cara melakukan deteksi keaslian uang kertas dolar Anda? Berikut ini merupakan rangkain langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi mata uang dolar kertas kita:


Mata Uang Dolar, Deteksi Keaslian Uang Kertas Dolar



1. Menilai Keaslian Mata Uang Dolar Anda dengan Sentuhan


a. Rasakan struktur uang kertas dolar 

Rasakan struktur uang kertas dolar Anda. Mata uang dolar kertas palsu umumnya akan bisa dirasakan tidak sama dengan uang asli waktu disentuh.


  • Uang kertas asli di buat dari serat linen serta kapas. Perihal ini pula yang membedakan kertas yang dipakai untuk bikin uang dengan kertas umum yang dibuat dari pohon. Uang kertas asli didesain sedemikian supaya tahan lama serta tetaplah menjadi kering serta kaku dalam kurun waktu yang panjang, sedang kertas umum bakal mulai rapuh serta akan menjadi lunak seiring waktu yang telah usang. 
  • Kertas yang dipakai sebagai uang tak di jual dengan cara komersial. Diluar itu, komposisi kertas serta tintanya juga dirahasiakan. Hingga, meskipun Anda tidak sering menemukan uang palsu, Anda dapat dengan gampang merasakan ketidaksamaan teksturnya. 
  • Tinta di permukaan uang kertas asli lebih menonjol lantaran diciptakan memakai sistem intaglio. Anda semestinya dapat rasakan struktur tintanya, terlebih waktu memegang uang kertas dolar yang baru. 
  • Raba sisi potret pada uang kertas Anda dengan memakai ujung kuku jari Anda. Sisi itu bakal terasa kasar serta memiliki tekstur. Pemalsu uang tidak bisa mengikuti sisi ini.

Dolar AS adalah mata uang resmi Amerika Serikat. Dolar AS juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS

b. Cermati ketebalan uang kertas mata uang dolar 


Cermati ketebalan uang kertas mata uang dolar Anda. Kertas mata uang dolar yang asli kerapkali mempunyai ketebalan yang lebih tipis dari pada uang palsu.


  • Dalam pembuatan uang, kertas di beri desakan sebesar beberapa ratus kg ketika dilakukan proses pada sistem pencetakannya. Akhirnya, uang kertas yang asli bakal terasa lebih tidak tebal serta lebih kaku dari pada kertas umumnya. 1 
  • Kertas type rag paper (kertas yang terbuat dari kain katun sisa baju) yang bisa dibeli di toko perlengkapan kantor jadi hanya satu pilihan untuk beberapa pemalsu uang sebagai bahan baku. Walaupun demikian, uang palsu yang di buat dengan kertas itu bakal tetap terlihat lebih tebal dari pada uang asli.

c. Bandingkan dengan Uang Kertas yang Lain


Bandingkan uang Anda dengan uang lain dalam pecahan serta seri (edisi cetakan) yang sama. Uang kertas dengan pecahan yang tidak sama bakal terlihat tidak sama, hingga Anda mesti memperbandingkan uang Anda dengan uang lain dalam pecahan yang sama. 


  • Bila Anda masihlah berprasangka buruk dengan kwalitas uang kertas Anda, coba pegang uang itu serta uang yang Anda yakini tentu keasliannya dengan cara berbarengan. Hal itu bisa menolong Anda untuk merasakan ketidaksamaan pada uang yang asli dengan uang yang palsu. 
  • Semuanya pecahan uang kertas dolar (terkecuali pecahan $1 serta $2) telah pernah di desain lagi sekurang-kurangnya satu kali mulai sejak th. 1990. Oleh karenanya, Anda lebih baik memperbandingkan uang yang Anda sangka palsu dengan uang kertas asli dengan seri atau th. pembuatan yang sama. 
  • Walau design uang sudah banyak beralih seiring waktu berjalan, struktur yang dipunyainya sedikit beralih. Jika asli, struktur uang kertas dolar yang diciptakan 50 th. waktu lalu bakal terasa sama juga dengan uang kertas dolar baru.



2. Menilai Keaslian Kertas Mata Uang Dolar dengan Melihat


a.  Check Kualitas Cetakan Mata Uang Dolar

Check kwalitas cetakan mata uang dolar Anda. Uang palsu condong terlihat datar serta sedikit mempunyai detil gambar. Lantaran sistem pencetakan uang asli tak di ketahui hingga susah untuk ditiru, beberapa pemalsu uang kerapkali sangat terpaksa menggantinya dengan sistem lain. 


  • Uang dolar asli diciptakan dengan memakai segala teknik yg tidak dapat ditiru dengan tehnik pengolahan offset atau pengolahan digital. Ke-2 tehnik itu adalah tehnik yang paling umum dipakai oleh beberapa pemalsu uang. Cermati adakah sisi uang yang hasil cetakannya terlihat tak terang atau buram, terlebih di bebrapa sisi yang mempunyai detil halus seperti di sekitaran garis pinggir uang. 
  • Mencari serat berwarna dalam uang Anda. Semuanya uang dolar asli mempunyai serat berwarna merah serta biru yang tertanam dalam kertas uang. Beberapa pemalsu uang kerapkali coba membuatnya dengan cetak atau menggambar serat-serat berwarna itu diatas kertas. Tetapi mengakibatkan serat biru serta merah pada uang palsu terlihat terbuat dari cetakan tinta, bukanlah serat asli yang disebut sisi dari kertas uang.


b. Cermati Garis Pinggir Uang Dolar

Cermati garis pinggir di uang dolar Anda. Menurut pihak secret service Amerika Serikat, uang yang asli mempunyai garis pinggir yang terlihat terang serta tak terputus. 2 


  • Pada uang dolar asli, beberapa pojok bergerigi dari segel yang di keluarkan oleh instansi bank sentral serta departemen keuangan Amerika Serikat mesti tampak tajam dengan detil yang pasti. Pada uang palsu, segel itu umumnya mempunyai garis pinggir bergerigi yang terlihat tak rata, buram, atau terputus-putus. 
  • Cermati adakah tinta yang terlihat luntur. Lantaran uang asli serta uang palsu di buat dengan memakai tehnik pencetakan yang tidak sama, uang palsu kadang-kadang mempunyai garis pinggir dengan tinta yang luntur.


c.  Amati Potret pada Mata Uang Dolar

Amati potret pada mata uang dolar Anda. Lihatlah sisi potret yang tercetak dibagian tengah uang kertas dolar Anda. Terdapat banyak ketidaksamaan khusus yang bisa membedakan uang itu asli atau palsu. 


  • Cetakan sisi potret pada uang palsu kerapkali terlihat kusam, buram, serta datar. Sesaat pada uang asli, cetakan sisi potret terlihat tajam serta mempunyai detil yang begitu halus. 
  • Pada uang asli, sisi potret terlihat menonjol dari warna latarnya. Disamping itu pada uang palsu, warna sisi potret terlihat sangat membaur dengan warna basic uang. 
  • Pakai kaca pembesar untuk mencermati dengan lebih dekat sisi bingkai potret pada uang Anda. Sekilas sisi bingkai itu terlihat seperti garis tidak tipis umum bila diliat dengan mata telanjang, tetapi bila dilihat lebih dekat bakal terlihat tulisan “THE UNITED STATES OF AMERICA” yang berulang di selama beberapa segi (bingkai) potret. Lantaran ukurannya yang begitu kecil serta detil yang apik, unsur ini susah untuk ditiru dengan memakai mesin foto copy atau mesin pencetak umum. 3


Baca Juga : Mengenal Reksadana, Keuntungan dan Kerugiannya 



d.  Check Nomor Seri Mata Uang Dolar

Check nomer seri kertas mata uang dolar Anda. Di ke-2 segi uang kertas ada dua buah nomer seri. Cermati uang Anda dengan saksama serta yakinkan ke-2 nomer seri yang tercantum pada uang Anda sama. 


  • Cermati warna nomer seri yang tercantum serta bandingkanlah dengan warna segel uang (treasury seal). Jika warnanya tidak sama, peluang uang itu yaitu uang palsu. 
  • Uang palsu mungkin saja mempunyai nomer seri dengan jarak antar ciri-ciri yg tidak perbedaan sejajar dalam satu baris. 
  • Bila Anda memperoleh sebagian lembar uang kertas dolar yang Anda sangka palsu, cermati nomer seri yang tercantum pada tiap-tiap lembar uang yang Anda peroleh. Satu diantara kelalaian pemalsu uang yaitu mereka kerapkali tak merubah nomer seri untuk tiap-tiap uang palsu yang mereka bikin. Jika semua uang yang Anda peroleh mempunyai nomer seri yang sama, semuanya uang itu yaitu uang palsu. 4

Demikianlah uraian mata uang dolar kali ini. Anda bisa membaca cara lain melakukan deteksi keaslian uang kertas dolar dengan membaca artikel mengenai mata uang dolar berikutnya.


Reff :
dollar ke rupiah hari ini, dollar ke rupiah online, dolar singapura ke rupiah, kalkulator mata uang, daftar kurs mata uang asing terhadap rupiah, kurs mata uang hari ini, nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah hari ini, lambang mata uang.

Tidak ada komentar untuk "Mata Uang Dolar, Deteksi Keaslian Uang Kertas Dolar Anda"