Sobat uang banyak, saat ini kita telah memasuki tahun baru 2017, apakah anda sudah melakukan perencanaan keuangan pribadi anda?
Tips Perencanaan Keuangan Pribadi – Uang Banyak. Sobat uang banyak, saat ini kita telah memasuki tahun baru 2017, apakah anda sudah melakukan perencanaan keuangan pribadi anda?. Apakah anda ingin di tahun 2017 ini keuangan anda lebih bagus lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Apalagi kalau kita ketahui bersama bahwa kondisi negeri ini dan juga ekonominya mulai melambat.

Tapi kita tidak boleh putus asa, harus terus bersemangat. Karena dimana kita ada kemauan yang kuat, maka Tuhan pasti akan memberikan jalan kemudahan bagi kita.

Nah, untuk memudahkan kita dalam pengelolaan keuangan kita, tentunya kita membutuhkan perencanaan yang matang. Berdasarkan pengamatan pakar keuangan, berikut ini paling tidak ada 4 hal yang perlu kita ketahui dalam membuat perencanaan keuangan pribadi di awal tahun 2017. 


Perencanaan Keuangan Pribadi di Awal Tahun


Tips Perencanaan Keuangan Pribadi




1. Evaluasi

Yang kita lakukan pertama ini yaitu evaluasi kondisi keuangan anda di tahun sebelumnya yang meliputi pemasukan, pengeluaran, hutang, dan juga kebiasaan – kebiasaan anda yang telah menghabiskan banyak uang. Sebagai contoh, kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol. Merokok ataupun menenggak minuman keras tidak hanya bisa “membunuh” anda, tetapi juga bisa menguras tabungan anda tentunya, sehingga biaya ini perlu kita “take out” ketika mengelola keuangan pribadi ataupun ketika merancang rencana keuangan rumah tangga. Ada kabar gembira yang bisa kita dapatkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh The American Lung Association di Washington DC, Amerika Serikat. “Para perokok menuliskan ‘ingin menabung’ sebagai alasan no. 1 mereka berhenti merokok,” kata Dr. Norman H. Edelman, selaku chief medical officer.


2. Sumber Dana

Yang perlu anda perhatikan selanjutnya dalam perencanaan keuangan pribadi adalah pastikan seberapa besar dana yang anda miliki dengan melihat penerimaan sumber dana rutin yang anda dapatkan. Dalam hal ini misalkan saja, gaji bulanan atau sumber dana lain yang kemungkinan saja akan anda terima mulai awal tahun ini.


3. Membuat Anggaran Rutin Bulanan

Dari sumber dana yang anda miliki tersebut, anda dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan membuat anggaran rutin yang harus anda keluarkan terlebih dahulu yang digunakan untuk kebutuhan keluarga sehari-hari pada setiap bulannya. Contohnya saja, biaya bulanan untuk pangan, pendidikan, biaya kesehatan bulanan, pembayaran listrik / telepon, dan biaya transportasi.


4. Menyusun Keuangan Berjangka

Setelah anda bisa mendapatkan angka untuk anggaran rutin bulanan, maka saat ini anda bisa mulai merencanakan budget keuangan berjangka dalam perencanaan keuangan pribadi anda.

- Jangka Pendek

Keuangan jangka pendek merupakan keuangan yang bisa/harus anda lakukan dalam waktu 1 tahun ke depan. Contohnya, anda ingin melakukan liburan ke luar negeri bersama keluarga di akhir tahun 2017 ini, berarti anda memiliki waktu 10 bulan untuk menabung sesuai dana yang dibutuhkan.

- Jangka Menengah

Rencana keuangan jangka menengah adalah rencana keuangan yang harus anda penuhi dalam waktu 2 – 5 tahun ke depan. Contohnya, di tahun ajaran baru 2019, anak anda akan masuk SMP atau SMA, untuk itu anda memiliki waktu 26 – 28 bulan untuk menabung hingga terpenuhi dana yang dibutuhkan.

- Jangka Panjang

Jangka panjang adalah rencana keuangan yang harus anda capai dalam waktu sedikitnya 5 tahun. Contohnya, perencanaan dana untuk pension. Anda harus rencanakan berapa besaran dana yang harus anda persiapkan untuk masa pension tersebut.

Agar perencanan keuangan pribadi ini bisa berjalan dengan baik, tentu saja anda harus berkomitmen tinggi dan berdisiplin untuk melaksanakan apa yang sudah anda rencanakan tersebut. Tanpa adanya komitmen dan disiplin, maka rencana keuangan yang telah anda buat tidak akan dapat berjalan dengan baik.


Reff :

perencanaan keuangan pribadi, pengelolaan keuangan, mengelola keuangan pribadi, rencana keuangan rumah tangga, perencanaan keuangan pribadi excel, perencanaan keuangan perusahaan, perencanaan keuangan pribadi pdf, perencanaan keuangan pribadi maya malinda, perencanaan keuangan adalah, rencana keuangan masa depan.

Uang Banyak

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: