Untuk apa anda menggunakan speedtest website? Apakah anda merasakan koneksi internet anda lambat saat membuka sebuah website?


Baca Juga di Uang Banyak


Untuk apa anda menggunakan speed test website?  Apakah anda merasakan koneksi internet anda lambat saat membuka sebuah website? Langkah pertama yang sering menjadi patokan dengan menggunakan internet speed test. Tes kecepatan internet dapat memberi Anda indikasi yang cukup akurat tentang berapa banyak bandwidth yang tersedia untuk Anda saat ini.


Recomended Website Speed Test 


Dengan ada nya tutorial berikut ini anda bisa menguji bandwidth anda dan membantu menentukan kapan menggunakan penguji kecepatan internet ini merupakan ide yang lebih baik. 

Apalagi untuk anda yang menjadi blogger. Dengan load web page yang cepat tentunya akan membuat betah pembaca blog anda.

Tes kecepatan internet sangat bagus untuk membuktikan bahwa Anda, bisa mendapatkan informasi bandwidth dari ISP yang Anda bayar. Web speed test juga dapat membantu menentukan bandwidth throttling.

Anda bisa melakukan uji coba kecepatan website dari situs uji kecepatan internet yang gratisan dan anda bisa membandingkan informasi dengan plan speed test.

Uji bandwidth Anda dengan satu atau lebih dari situs uji kecepatan internet gratis ini dan kemudian bandingkan informasi tersebut dengan rencana kecepatan tinggi yang Anda daftarkan.

Lalu bagaimana cara saya meengetahui kecepatan loading blog kesayangan saya? Dan dimana saja saya bisa mengujinya?

Berikut ini 10 situs web speed test yang bisa anda gunakan untuk menguji kecepatan internet saat membuka blog pribadi anda, jika ternyata anda mendapatkan bahwa web anda lambat untuk dibuka, maka ada baiknya anda mengubah template blog kesayangan anda dan mengujinya kembali dengan salah satu website speed test di bawah ini :


1. Webpage Test Page Speed

Dengan menjalankan uji kecepatan (speed test) di webpagetest.org, anda tidak perlu membayar alias gratis. Anda bisa menguji dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser IE ataupun chrome dan pada kecepatan koneksi yang real.


web page speed test page speed
Anda dapat menjalankan tes sederhana atau melakukan pengujian lanjutan termasuk transaksi multi-step, pengambilan video, pemblokiran konten, dan banyak lagi.

Hasilnya seperti apa ? tentunya tool speed tes website yang satu ini akan memberikan informasi diagnostik yang kaya termasuk diagram pemuatan sumber daya, pemeriksaan dan saran pengoptimalan Kecepatan Laman Web untuk peningkatan performance web kesayangan anda.

2. Test My Site

Test My Site bisa digunakan untuk menjalankan uji kecepatan situs web gratis dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser IE, Chrome, maupun firefox dan pada kecepatan koneksi konsumen yang sesungguhnya. 

web page speed test my site

Anda dapat menjalankan tes sederhana atau melakukan pengujian lanjutan termasuk transaksi multi step, pengambilan video, pemblokiran konten, dan banyak lagi. Hasil dari test my site akan memberikan informasi diagnostik yang kaya termasuk diagram pemuatan sumber daya, pemeriksaan dan saran pengoptimalan Kecepatan Laman untuk peningkatan web atau blog yang anda buat.

Namun, jika Anda memiliki pertanyaan mengenai kinerja / pengoptimalan apa pun tentang web/blog milik anda, maka Anda harus mengunjungi Forum di mana pakar industri secara teratur mendiskusikan Pengoptimalan Performa Web di sana.



3. KeyCDN

Tak jauh berbeda, dengan tampilan yang elegant keycdn juga bisa anda gunakan untuk melakukan speed test terhadap website atau blog yang anda bangun.

web page speed test keycdn

Kalau ternyata hasilnya tidak bagus ? gampang, anda bisa melakukan penggantian template blog yang lebih ringan. Salah satu referensi template blogger yang ringan dan seo friendly adalah template dari mas Sugeng di sugeng.id

4. Dareboost

Situs web terlalu lambat, dan masalah kualitas menjadi gangguan yang sering terjadi. 

web page speed test dareboost

Bukan hanya pengunjung situs web anda, mungkin orang lain juga sering frustrasi ketika menjelajahi dan membuka web yang ada buat. Untuk memperbaiki ini, anda bisa mencoba speed test website Dareboost.

Terlambat satu detik saja anda bisa kehilangan 7% dari total omset Anda. Kecepatan adalah kebutuhan, suatu keharusan. Dengan Dareboost, anda akan diberikan kontrol penuh atas kinerja dan kualitas alat penjualan Anda: (dalam hal ini adalah situs web Anda).

Dareboost menyediakan keahlian teknis dan membantu mendukung keputusan Anda. Solusi Dareboost membawa kesederhanaan dan sintesis kepada para manajer dan, pada saat yang sama, menawarkan tool yang efisien untuk para developer; menempatkan manajemen dan produktivitas dalam jangkauan yang mudah.

5. GT Metrix

GTmetrix memberi tahukan banyak informasi mengenai kinerja situs web Anda.
Laporan yang disajikan oleh GTmetrix memberikan Anda gambaran lengkap tentang bagaimana situs Anda memuat dan membantu Anda mendeteksi kemacetan pada traffic website anda.

web page speed test gt metrix

Fitur utama dari GT Metrix ini antara lain:

  • Skor dan Rekomendasi PageSpeed dan YSlow
  • Detail Pemuatan Halaman (waktu, ukuran, jumlah permintaan)
  • Berbagai Pilihan Analisis
  • Waterfall, Video, dan Riwayat Laporan


6. Tool Pingdom

Tidak Ada yang Menyukai loading Situs Web nya Lambat

web page speed test tool pingdom

Pingdom menjadikan pengujian speed test untuk Situs Web yang membantu Anda menganalisis kecepatan saat memuat situs web Anda.

Tes ini dirancang untuk membantu membuat situs Anda lebih cepat dengan mengidentifikasi bagaimana halaman web ditampilkan secara cepat, lambat, terlalu lambat, dan sebagainya.

Pingdom telah mencoba membuat tool ini berfungsi dengan baik untuk para ahli maupun pemula.

Singkatnya, anda tentunya menginginkan pingdom menjadi alat yang mudah digunakan yang dibangun untuk membantu webmaster dan web developer di mana saja dalam mengoptimalkan kinerja situs web mereka.

Tentang Pingdom
Pingdom menawarkan pemantauan kinerja dan kinerja yang efektif serta dapat diandalkan untuk situs web Anda.

Mereka menggunakan lebih dari 70 lokasi pemungutan suara global untuk menguji dan memverifikasi situs web pelanggan mereka selama 24/7, sepanjang tahun.

Dengan Pingdom Anda dapat memantau waktu uptime, kinerja, dan interaksi situs web Anda untuk pengalaman pengguna akhir yang lebih baik.


7. Dotcom tools

Dotcom melakukan uji situs web dan kecepatan halaman dengan cara mendeteksi masalah kinerja dari seluruh dunia. Speed test untuk situs web ini bersifat gratis dengan fitur yang disediakan:

web page speed test dotcom tool

  • Pengujian beban waktu berbasis browser dari semua elemen halaman.
  • Mendeteksi elemen lambat / hilang via Chrome, Firefox, IE, dan browser web seluler.
  • Menghasilkan laporan lengkap, bagan & grafik water fall yang dihasilkan dari hampir 2 lusin lokasi global. 
  • Benar-benar Gratis - tidak diperlukan pendaftaran


Tes kecepatan situs Dotcom-Monitor memungkinkan pengguna untuk menguji situs web mereka dari 20 lokasi di seluruh dunia, termasuk tes berbasis cloud (Amazon-US-East) dan dari backend Great Firewall of China (Shanghai, China). 

Setelah pengujian selesai, pengguna dapat memilih "detail", menuju ke dalam laporan kinerja yang detil dan juga analisis grafik waterfall. 

Pengguna juga dapat memilih browser mana yang ingin mereka uji. Tes ini mendukung browser Chrome, Firefox, IE & mobile termasuk iPhone, iPad dan banyak lagi! 

Dotcom-Monitor terus mengembangkan alat kinerja untuk membantu pengguna, webmaster, dan pengembang meningkatkan situs mereka dan pengalaman mereka di web.

8. Uptrends

Pengujian Kecepatan Situs Web gratis dengan membuka browser dan memuat semua HTML, CSS, gambar, dan skrip untuk halaman web. Pemantauan Kinerja Situs Web memungkinkan Anda menempatkan setiap halaman untuk dilakukan pengujian.

web page speed test uptrends

9. Page Speed Insight

Page Speed Insights melaporkan performa nyata halaman untuk perangkat seluler dan desktop serta memberikan saran tentang cara meningkatkan performa halaman tersebut.

web page speed test page speed insight

Skor Kecepatan
PageSpeed Insights menggabungkan data dari Laporan Pengalaman Pengguna Chrome (CrUX) untuk menampilkan data performa nyata tentang halaman. Page Speed Insight (PSI) melaporkan 2 metrik: First Contentful Paint (FCP) dan DOMContentLoaded (DCL).

Nilai median untuk setiap metrik (FCP atau DCL) dibandingkan dengan semua halaman yang dipantau oleh laporan CrUX. Setiap metrik diberi kategori, bergantung pada nilainya dalam distribusi seperti berikut :

  • Cepat : Nilai median metrik berada pada sepertiga tercepat dari semua pemuatan halaman.
  • Lambat : Nilai median metrik berada pada sepertiga lebih lambat dari semua pemuatan halaman.
  • Rata-rata : Nilai median dari metrik berada pada sepertiga nilai tengah dari semua pemuatan halaman.


Keseluruhan skor Kecepatan dihitung dengan melihat kategori untuk setiap metrik:

  • Cepat : Jika setiap metrik halaman adalah Cepat.
  • Lambat : Jika setiap metrik halaman adalah Lambat.
  • Rata-rata : Untuk semua kasus lainnya.



10. Monitis Page Load

Semua orang tahu betapa menjengkelkannya situs web yang lambat di load oleh browser. Faktanya, banyak halaman web yang membutuhkan waktu lebih dari 20 detik untuk dimuat,

web page speed test monitis page load

Anda bisa berpotensi kehilangan 50% pengguna. Laman yang cepat dan dioptimalkan menjamin konversi yang lebih baik, penjualan dan jumlah pengunjung yang jauh lebih tinggi.

Apakah Anda tahu seberapa cepat situs web Anda dimuat? Monitis full page load adalah alat gratis yang memungkinkan untuk menguji kecepatan situs web kesayangan anda.

Memiliki beberapa lokasi pengujian di seluruh dunia dan anda akan mendapatkan analisis lengkap tentang waktu buka untuk semua elemen halaman web.

Itulah sebelas tool yang bisa anda gunakan untuk menguji kecepatan loading wesite kesayangan anda. Ujilah blog anda dengan tool-tool tersebut secara berkala, dan apabila anda menemukan bahwa blog anda menjadi lambat anda bisa segera mengoptimalkan berdasarkan referensi laporan yang dikeluarkan dari hasil pengujian tool-tool web speed test.

Apakah tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda dalam mengelola blog anda? Apabila web speed test tool di atas anda rasa bermanfaat, anda bisa share tulisan ini kepada rekan-rekan anda.

Sampai bertemu lagi pada artikel-artikel yang lainnya dan teruslah stay tune di blog uang banyak ini.


Refference :
#pingdomspeedtest, #websitespeedtest, #checkwebsite, #gtmetrix, #webpagetest, #pagespeedinsight

lifewire.com

Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: