Baca Juga di Uang Banyak


Tahukah anda apa itu web hosting?

Web hosting adalah layanan yang disediakan untuk organisasi maupun individu agar bisa menjalankan websitenya di internet. Web hosting merupakan istilah yang sering di gunakan bagi para  penyedia layanannya.


Cara kerja, sederhananya, website dihosting atau disimpan pada sebuah komputer khusus yang disebut sebagai server. Jadi, pada saat para pengguna jaringan internet ingin mengunjungi website Anda,  maka hosting inilah yang memungkinkan mereka untuk mengakses website. Untuk para pengguna bisa mengetikkan alamat website/domain anda di browser mereka. Saat itu barulah kemudian permintaan akses dihubungkan melaui jaringan ke server anda dan website anda agar bisa ditampilkan ke para pengguna.

Hampir semua provider/penyedia jasa hosting mengharuskan Anda untuk memiliki domain agar bisa mereka hosting. Jika Anda belum memikirkan alamat website/domain Anda, provider biasanya akan menawarkan pembelian domain. Tapi jangan khawatir, daripada membayar lagi, cobalah cari domain gratis yang disediakan.

Mengapa harus ada domain? Sederhananya, domain ini adalah alamat rumah anda. Orang-orang akan kesulitan mengunjungi rumah anda jika tidak punya alamat rumah yang jelas. Nama domain biasanya selalu diikuti oleh ekstensi domain tertentu semacam .com, .id, dan sebagainya. Silakan Anda baca panduan domain berikut ini! atau anda bisa baca tips cara memilih domain yang baik

Siapa yang mengatur domain dan hosting?

Dalam hal penyedia domain dan hosting, pemerintah telah mengaturnya di bawah naungan Pandi.id, terutama untuk domain dengan akhiran/ ekstensi ID, (id, web.id, co.id, or.id, dll).  Sedangkan domain internasional selain ID, kita bisa menyewa di penyedia domain mana saja.

Sedangkan hosting lebih fleksible, namun untuk hosting di Indonesia biasanya ada peraturan-peraturan yang membatasi hosting. Misalnya tidak boleh situs yang melanggar hukum, seperti perjudian, pornografi, kekerasan, scam dan lain-lain.

Bisakah kita memiliki domain dan hosting tanpa menyewa atau berlangganan?

ada beberapa oarang yang bertanya, kenapa sih kok hostingnya bayar tiap tahun, domainnya juga bayar tiap tahun, apa ngga bisa sekali bayar untuk selamanya?

Oke, sebenarnya anda tidak perlu menyewa atau berlangganan domain dan hosting, namun dengan syarat, anda juga memiliki sumber daya dalam pengaturan, operasional, pemeliharaan sistem, server dan jaringan untuk domain dan hosting. Malahan anda bisa menjadi penyedia domain dan hosting. Namun perlu diingat, biaya operasional penyedia domain dan hosting tidaklah murah, bahkan sangat mahal. 

Kebanyakan penyedia domain dan hosting adalah reseller, artinya tidak memilik sumber daya sendiri. Hanya beberapa saja yang benar-benar memiliki sumber daya sendiri, mulai dari tenaga manusia, server, jaringan dll.

Apakah ada domain dan hosting gratis?

Untuk saat ini, beberapa penyedia hosting  sudah merubah sistem pemasaran layanan mereka. Jika dulu anda selain menyewa hosting, anda juga harus menyewa domain, maka sekarang anda bisa memiliki hosting sekaligus mendapat domain gratis. Sebenarnya ini hanyalah manipulasi saja atau taktik usaha para penyedia layanan. Penyedia hosting menurunkan profit hosting atau tidak mengambil profit dari layanan sewa domain. Karena keuntungan dari layanan sewa domain, tidaklah seberapa dibanding keuntungan layanan hosting. 

Namun jika anda benar-benar ingin yang gratis dengan layanan yang baik (kualitas dan service cenderung lebih mahal dari biaya barang), anda bisa menggunakan penyedia blog gratis berkualitas seperti blogspot atau blog wordpress.

Mengapa Anda butuh Web Hosting?

Namun sebelum kita akan melanjutkan ke pembahasan secara teknis soal mengapa Anda perlu menggunakan web hosting, mari simak cerita singkat dari seorang content creator Huffington Post , Greg Narayan. Greg menyatakan pada tahun 2011, kawannya menjalankan sebuah website dengan niche bagus. Saat Greg menanyakan kenapa kawannya itu tidak mau membayar untuk webhosting, kawannya merasa tidak memerlukannya. Namun pada akhirnya mereka sama-sama menyadari adanya ketidakstabilan karena hal teknis dari website yang gratisan. Kondisi back-end yang kurang ok, website sering crash dan lain sebagainya. Karena faktor inilah yang sering kali pembeli merasa enggan bertransaksi lagi di website anda.
Hal itu kadang terlihat kecil dan sepele, Anda mungkin akan berpikir bisnis Anda belum begitu perlu web hosting karena belum besar. Tapi, kami rasa semua pebisnis setuju bahwa visi mereka ingin lebih besar dari sekadar menjalankan bisnis, mereka ingin bisnisnya menghasilkan keuntungan dan melipatgandakan keuntungan.
Jadi intinya, ada tiga poin sangat penting yang menjadi urgensi dari website hosting Anda:

1. Website tersebut sepenuhnya milik anda

Berbeda halnya jika anda menggunakan platform blogger, menggunakan website dengan hosting sendiri jauh lebih dominan, pasalnya jika anda menggunakan platrform blogger maka besar kemungkinan website yang anda kelola bisa dihapus oleh pihak Google jika website yang anda kelola melanggar ketentuan dan persyaratan yang mereka tetapkan, sedangkan hal ini akan jauh berbeda halnya jika anda menggunakan hosting sendiri, jika anda menggunakan hosting sendiri maka besar kemungkinan website yang anda kelola sendiri akan jadi sepenuhnya menjadi milik anda.

2. Website anda akan terlihat lebih profesional

Alasan kenapa harus memiliki hosting sendiri yang selanjutnya adalah akan membantu webiste anda terlihat lebih profesional, hal ini sangat penting jika anda memang seorang internet marketer yang mencari uang lewat internet, sebab jika blog atau website anda tidak profesional maka besar kemungkinan customer anda akan malas membeli produk yang anda jual, nah oleh sebab itu jika anda ingin memiliki sebuah website yang terlihat profesional maka tidak ada salahnya jika anda memakai sebuah hosting.

3. Bebas menggunakan plugins sesuai kebutuhan

Alasan berikutnya  kenapa anda saat ini harus memiliki hosting sendiri di platform wordpress adalah dikarenakan anda bisa dengan bebas menggunakan plugins sesuai dengan kebutuhan anda, baik itu untuk keperluan optimasi ataupun untuk keperluan desain misalnya atau bahkan Ada juga plugins yang mampu membuat blog semakin mudah dijelajahi oleh robot mesin pencari, ada juga yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung., hal ini akan jauh berbeda jika anda hanya menggunakan blogger yang tidak didukung dengan plugins, nah oleh sebab itu jika anda kesulitan dalam mengoptimasi sebuah website maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan hosting sendiri di website wordpress anda

4. Bebas menggunakan theme

Selanjutnya Kenapa anda harus memiliki hosting sendiri adalah anda bisa dengan bebas menggunakan theme, baik itu theme standar ataupun theme profesional, hal ini dikarenakan di dalam sebuah website wordpress dengan hosting berbayar biasanya akan di dukung oleh ribuan theme website yang bagus yang bisa anda gunakan untuk mendesain template website anda, hal ini jauh berbeda jika anda hanya menggunakan platform blogger saja yang pada umumnya hanya memiliki pilihan theme website yang cukup terbatas.

5. Mendapat kepercayaan pasar

Sekali lagi, berjualan di media sosial mungkin sudah biasa. Tapi, ada banyak sekali penipu di luar sana yang ditakuti oleh calon pelanggan Anda. Ketika mereka menemukan website Anda dan melihat representasi bisnis Anda dengan jelas dan melihat kredibilitas atau profesionalitas Anda dari domain sendiri, mereka tentunya tidak ragu melakukan transaksi. Apalagi kini, di tengah-tengah banyaknya peretas dan scammer. Mereka ingin website yang secure. Bila http:// bisa jadi transaksi yang mereka lakukan di website Anda sedang dialihkan ke pencurian identitas kartu kredit dsb.

6. Memiliki kontrol penuh untuk bisnis anda

Dengan anda menggunakan CMS gratisan seperti halnya Tumblr, WordPress gratis, dan Blogpost gratis, Anda jadi terbatas ruang geraknya. Anda tentunya harus setuju akan semua ketentuan mereka (terms) yang sewaktu-waktu dapat berubah. Anda juga tidak bisa kustomisasi sembarangan. Tapi lain halnya jika anda menyewa hosting, Anda bisa mengelola dan mengatur semua fasilitas website Anda sesuai kebutuhan bisnis.

7. Bisnis Anda Aman

Perusahaan penyedia hosting profesional akan selalu mengutamakan aspek keamanan di setiap layanannya. Kami sendiri mengutamakan aspek itu. Kami menyadari peretasan kian marak terjadi dan kemampuan peretas makin baik seiring perkembangan teknologi dan pertumbuhan jenis Malware. Kami mengatasinya bagi Anda. Anda tak perlu khawatir lagi untuk data, transaksi dan website Anda tidak aman.

Jenis-jenis web hosting di Indonesia

Jika Anda setuju bahwa web hosting krusial bagi pengembangan bisnis Anda, Anda mungkin akan mulai berpikir untuk mencari apa saja pilihan hosting yang tersedia bagi Anda. Tentunya pilihan Anda nantinya akan disesuaikan tergantung pada beberapa faktor penting. Kami akan menjelaskannya nanti. Sebelumnya, yuk kita kenalan dengan jenis-jenis hosting yang di tawarkan saat ini

Shared Hosting

Shared hosting saat ini menjadi pilihan beberapa pemilik website karena harga hosting yang di tawarkan paling murah. Jika Anda pakai shared hosting, berarti Anda menyewa sebuah ruang server dengan puluhan atau bahkan ratusan website lainnya. Dengan kata lain, sumber daya dan perangkat di server tersebut itu di gunakan secara bersama untuk semua website yang ada dalam server tertentu.



Memang  pilihan shared hosting ini cukup cocok bagi para pemula yang baru memulai online. Mengapa? Karena cuma butuh pengetahuan teknis seadanya dalam menjalankannya. Tapi perlu anda ketahui, jenis  shared hosting ini hanya bisa untuk hosting sebuah website yang jumlah web traffic-nya rendah. Bagaimana kalau Anda menerima banyak pengunjung yang ingin bertransaksi di website Anda? Website bisa saja gagal loading atau bahkan offline. Intinya jika anda adalah seorang pebisnis, hindarilah menggunakan jenis hosting ini. Hosting ini hanya cocok bagi para blogger pemula yang baru ingin memulai blogging, atau sekadar blogging sebagai jurnal pribadi.

Cloud Hosting

Jenis hosting selanjutnya adalah Cloud hosting saat ini merupakan teknologi paling mutakhir yang bisa  menjadi solusi bagi para pengguna Shared hosting. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan timbulnya crash jika web traffic anda meningkat trafiknya. Server sanggup memuat website, mendistribusikannya dari sejumlah server yang berbeda.


Cloud hosting ini bisa dikatakan lebih fleksibel dan cocok untuk website bisnis yang tujuannya meraih pengunjung banyak atau bahkan pasar global.

VPS Hosting

VPS hosting memiliki cara bekerja yang berbeda dari jenis-jenis hosting yang sudah di sebutkan di atas. Setia servernya dibagi lagi menjadi server individual/khusus. Jadi kalau pada server umumnya, server dibagikan dayanya ke beberapa website lainnya, ini juga sama. Perbedaan yang cukup terlihat terdapat pada jumlahnya yang jauh lebih kecil dibandingkan shared hosting.


Perlakuan khusus VPS bisa jadi pilihan bagus buat Anda yang butuh lebih banyak kontrol maupun sumber daya server namun tidak mau berinvestasi mahal di jenis hosting Dedicated (berikutnya akan dijelaskan).

Dedicated Server Hosting

Dedicated Server Hosting memberikan anda kontrol penuh dan penyesuaian yang sesuka anda. Website anda menjadi satu-satunya website yang tersimpan di satu server. Hal ini tentunya bisa kasih anda akses bebas ke sumber daya server dan kinerja website anda jadi lebih bagus secara keseluruhan. Tapi memang harganya mahal sekali, biasa dipakai untuk korporat yang sudah beroperasi benar-benar global dengan web traffic berjumlah sangat besar. 



Ada beberapa pertimbangan mendalam yang perlu anda lakukan untuk menggunakan jasa hosting. Banyak sekali provider yang bisa jadi pilihan tapi sebaiknya anda mengetahui kebutuhan anda dan menyesuaikannya kondisi keuangan anda.
Bagaimana cara mengetahui apa saja kebutuhan anda? Bacalah panduan kami berikut ini agar anda lebih yakin dan siap memilih hosting bagi pengembangan bisnis anda!

Managed WordPress Hosting

Berbeda dengan hosting lainnya, jenis Managed WordPress Hosting merupakan jenis hosting yang memang dirancang khusus untuk menjalankan website berbasis platform WordPress saja. WordPress sendiri merupakan salah satu platform penyedia website terpopuler yang paling banyak digunakan. Tidak hanya website kecil saja, website yang terbilang besar juga banyak menggunakan platform yang satu ini.

Karena memang hanya dikhususkan untuk pengguna WordPress, makan tentu saja pihak WordPress atau penyedia layanan kerap membagikan hadiah istimewa berupa fitur tambahan kepada setiap penggunanya. Adapun kelebihan dari hosting yang satu ini adalah terdapat pada sisi server yang sudah dioptimalkan dengan sangat baik agar WordPress pengguna dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, pengguna juga berhak mendapatkan fitur tambahan seperti Update situs otomatis, backup harian/mingguan otomatis, pengoptimalan kecepatan, keamanan terintegrasi, dan banyak hal lainnya.
Untuk harga sendiri, jenis managed WordPress hosting ini  memang memasang tarif yang mahal. Bahkan cenderung bisa di bilang lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, atau bisa saja setara dengan harga VPS Hosting.

Cara Memilih Hosting Terbaik

Menentukan pilihan CMS yang ingin anda buat menjadi website juga penting. WordPress masih menjadi CMS yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. CMS cukup sesuai bagi anda yang baru saja memulai membangun sebuah website. Mudah digunakan dan dimodifikasi, itulah kelebihannya. Tapi jangan salah sangka, WordPress juga dipakai oleh website ternama dari seluruh dunia. Saat ini ada beberapa contoh website yang menggunakan WordPress yaitu TIME, CNN, dan TED.

Selain lima jenis diatas, hosting juga memiliki jenis lain yang umumnya jarang di tawarkan dan di pasarkan oleh perusahaan penyedia hosting. Dan bahkan masih terdengar asing di telinga para pengguna. Berikut ini adalah jenis-jenis hostingnya.

  • Free web hosting service
  • Reseller web hosting
  • Virtual Dedicated Server
  • Managed hosting service
  • Colocation web hosting service
  • Clustered hosting
  • Grid hosting
  • Home server
Dan berikut ini merupakan jenis hosting yang penggunaan sumber dayanya sudah dikhususkan untuk satu hal saja. Misalkan: hosting untuk web, maka hanya bisa digunakan untuk web. Hosting untuk email, maka hanya bisa digunakan untuk keperluan email, dan sebagainya.
  • File hosting service
  • Image hosting service
  • Video hosting service
  • Blog hosting service
  • Paste bin
  • Shopping cart software
  • E-mail hosting service

Semoga informasi mengenai hosting kali ini bermanfaat untuk para pembaca yang ingin mengetahui fungsing dan ingin mencoba menyewanya. Pilihlah jenis hosting sesuai dengan kebutuhan agar tidak ada layanan atau fasilitas yang tidak terpakai

#mengenal hosting, #jenis-jenis hosting, #manfaat hosting, #hosting gratis, #cara membeli hosting, #cara menyewa hosting, #penyedia layanan hosting


Sumber informasi : Berbagai sumber 

Post A Comment:

0 comments: