Apakah yang seharusnya saya lakukan setelah posting / publish artikel di blogger ? mungkin ini pertanyaan anda ketika melakukan publish artikel di blogger


Baca Juga di Uang Banyak


Teknik yang Perlu Dilakukan Blogger Setelah Publish Artikel - Apakah yang seharusnya saya lakukan setelah posting / publish artikel di blogger ? mungkin pertanyaan tersebut yang juga menjadi pertanyaan anda ketika anda telah melakukan publish artikel di blogger.

Berangkat dari pertanyaan tersebut maka anda dapat mulai memikirkan apa saja sebenarnya yang harus dilakukan oleh seorang blogger setelah ia membuat / memposting artikel nya. 


Yang Perlu Dilakukan Blogger Setelah Publish Artikel

Apakah setelah posting artikel, langsung kita tinggal begitu saja? Kita biarkan mesin pencari menemukan dengan sendirinya artikel yang kita publish tersebut ?

Mungkin bisa saja google melakukan crawl terhadap artikel baru kita. Namun pertanyaan berikut nya adalah berapa lama? Apalagi blog ada adalah blog yang masih baru lahir.

Lalu, apa dong yang harus saya lakukan ?

Setelah membaca beberapa referensi di internet, ternyata paling tidak ada 5 plus 2 langkah awal, teknik yang perlu dilakukan setelah kita memposting sebuah artikel. Tahapan-tahapan langkah ini yang blogger harus tahu serta lakukan.

Apa sich 7 Step Awal Sesudah Posting Artikel Yang Blogger Harus Tahu Serta Kerjakan? Berikut ini 7 tingkatan tersebut :

Teknik yang Perlu Dilakukan Blogger Setelah Publish Artikel

1. Lakukanlah Index Blog Secara Manual. 

Sebetulnya tanpa anda melakukan index secara manual, platform Blogger telah terintegrasi dengan Google Search Console secara automatis, jadi tiap-tiap artikel atau posting yang sudah kita publish akan secara automatis di Index oleh robot Google secara teratur pada jam-jam tertentu, tetapi hal tersebut tentunya memerlukan waktu yang terkadang membuat kesal banyak blogger. 

Lagipula tidak hanya Google Search saja kan yang kita harapkan agar bisa menampilkan artikel ataupun posting di tool penelusuran artikel. Paling tidak ada beberapa search engine yang terkenal yang bisa anda jadikan sebagai tool indexing artikel anda seperti ada Bing, Yandex, Ask, Baidu, serta ada banyak lagi yang lain. 

Jadi langkah awal yang dapat dilakukan dan mungkin ini yang memang seharusnya anda kerjakan yaitu melakukan pengindexan ke Google terlebih dulu dengan menggunakan Webmaster Tool, bila para sobat uang banyak belum mengetahui rincian serta bagaimana melakukan verifikasi Website ke google webmaster, jangan khawatir anda bisa mencari di google karena banyak blog yang membahas tentang hal ini.

Teknik yang Perlu Dilakukan Blogger Setelah Publish Artikel


Jika anda sudah masuk kea kun google webmaster, selanjutnya adalah click menu 'URL Inspenction' lantas masukkan link alamat artikel atau posting yang sudah kita publish. Tunggu saja beberapa saat, maka google akan segera melakukan pengindexan pada sitemap blog anda. 

Teknik yang Perlu Dilakukan Blogger Setelah Publish Artikel


Selanjutnya kita dapat melakukan pengindexan ke Bing Webmaster, bila ternyata anda belum membuat akun di Bing Webmaster, maka sudah bisa dipastikan anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara melakukan register di Bing Webmaster. 

Cara-caranya juga hampir sama dengan pengindexan pada Google Webmaster Tool, cuma jika di Bing tidak ada bahasa Indonesia, jadi yang perlu anda lakukan dengan memilih menu 'Configure My Site' kemudian klik Submit URLs. 



Kerjakan beberapa langkah diatas pada masing-masing Search Console yang ada seperti Yandex, Baidu (Bahasa Tiongkok), Ask dan lain-lain. 


2. Lakukan Ping Pada Artikel yang Telah Anda Publish. 

Dalam soal ini Ping hampir sama dengan Index, tetapi sepengetahuan saya, ping dikerjakan untuk meminta robot dari setiap Search Console dikerjakan secepat-cepatnya, atau dapat di artikan memberitahu robot jika ada pergantian pada Website kita, supaya alamat link website yang kita lakukan ping akan cepat terindeks serta akhirnya akan secepatnya tampil di penampilan Search Console yang melakukan process pengindexan. 

Anda tak perlu khawatir , untuk melakukan ping tidaklah terlalu repot, sebab banyak Blog-blog yang menyiapkan generator untuk secara otomatis melakukan ping pada beberapa Search Console atau search engine tersebut. 

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah cobalah anda ping mbah Google, dengan memakai BlogSearch yang disiapkan oleh Google, ini alamatnya: http://blogsearch.google.com/ping , kemudian masukkan link artikel yang baru saja anda publish atau terbitkan, selain itu anda juga bisa memasukkan Sitemap dari Website anda. 

Pendapat saya janganlah anda sering melakukan pengindexan dengan ping, sebab bila anda sering melakukan ping maka Website anda akan dipandang sebagai Spammer oleh Google Search Console. 

Setelah selesai melakukan ping ke mbah google, maka selanjutnya kita akan melakukan ping pada Bing, masuk ke https://www.bing.com/webmaster pilih situs yang ingin anda ping, lantas pilih Configure My Site, selalu pilih Sitemap, lakukan pengindexkan pada artikel baru anda atau sitemap dari blog anda, atau dapat dengan cara, Copy kode berikut ini: 


Ubah huruf berwarna merah bertuliskan 'urlbloganda' dengan alamat website yang ingin di ping, lantas submit dengan memakai browser yang anda gunakan. Sebagai catatan bahwa untuk melakukan ping di bing hanya untuk website yang telah membuat sitemap, (Blogger secara automatis membuat sitemap). 

Jika untuk Yandex anda dapat meluncur ke halaman ini: https://blogs.yandex.ru/pings/ lantas submit artikel atau sitemap website atau blog anda, atau anda bisa juga melakukan submit ke browser dengan kode berikut ini (khusus untuk yandex): 


Ubah huruf berwarna merah bertuliskan 'urlbloganda' dengan alamat website yang ingin di ping, lantas submit di browser yang anda pakai. 

Nah untuk search engine yang berasal dari negeri Tiongkok/China yakni Baidu. Di search engine yang satu ini anda bisa secara langsung melakukan ini, masuk ke halaman Blogs pingnya, click di url ini: http://ping.baidu.com/ping.html lantas input url artikel atau sitemap anda, setelah itu submit. 

Jika sobat uang banyak tidak ingin repot-repot melakukan ping satu per satu, maka anda bisa juga dengan memakai tool yang disiapkan oleh blog-blog penyuplai service ping, misalnya anda bisa pilih salah satu dari url berikut ini: 


Terus, apakah saya juga melakukan ping secara otomatis dengan menggunakan tools yang ada di blog / url di atas? Jika buat saya, saya telah nyaman melakukan ping sendiri, supaya lebih yakin aja benar-benar sudah ke ping. 


3. Mengerjakan Pengetesan Hasil Index. 

Langkah ini dikerjakan hanya untuk memastikan jika artikel yang barusan kita terbitkan apakah bisa kita lihat di tool penelusuran Search Engine/Search Console, seperti google, Bing serta yang lain.

Bagaimana cara melakukan tes hasil indexing nya ?

Cara untuk mengerjakan pengetesan hasil index artikel blog yang sudah di publish yaitu sebagai berikut ini: 
Masuk ke Search Console Google.com, lantas di kolom penelusuran input kata kunci (keyword) seperti berikut ini: 

site:urlblogsobat_uangbanyak

Ubah tulisan berwarna merah dengan alamat url sobat uang banyak sekalian, tetapi bila artikel anda ternyata sudah sangat banyak di blog, maka anda dapat dengan mendirect secara langsung alamat artikel yang anda ingin lihat, mirip seperti contoh berikut ini: 


Anda bisa melakukan cara yang sama pada Bing, Yandex, Baidu, ataupun Search Engine yang ingin anda lakukan pengindexan, apabila artikel itu belum keluar, lakukan sebagaimana point 1 dan 2 dalam periode waktu minimum 1 jam sesudahnya, ingat jangan sampai Website kita di Labeli sebagai Spammer oleh search engine.


4. Mencari Back-link Dari Komentar di Website Dofollow. 

Di bagian ke empat ini sebetulnya memiliki fungsi yang penting dalam menghadirkan artikel website kita pada Search Engine, tetapi untuk mencari back-link dari Website yang mengaplikasikan Dofollow dengan rating yang cukup tinggi cukup sulit dikerjakan, tetapi bukan berarti tidak bisa anda lakukan. 

Triknya bagaimana? 

Kita bisa melakukan cara sederhana untuk mewujudkannya, seandainya artikel anda mengulas mengenai kesehatan, coba anda lakukan penelusuran di google, dengan kata kunci yang mendekati isi artikel anda, lantas anda pilih Website yang ada diurutan pertama, datangi website itu, baca artikel yang diberikan, lantas cobalah anda mengisi komentar sesuai artikel tersebut, lantas anda berikan rujukan link untuk berkunjung ke artikel yang sudah anda buat. 

Dikarenakan yang kita bidik merupakan Website yang mengaplikasikan Dofollow, dan rata-rata adalah full approve, maka apabila komentar anda tidak tampil langsung di kotak kometar, anda dapat mendatangi website yang berada di posisi ke dua, lantas ke-3 dan seterusnya, anda lakukan sebagaimana yang sudah dilakukan pada web yang berada di posisi pertama. 

Apabila di rasa sudah cukup memberikan komentar, lakukan beberapa langkah diatas pada Search Engine yang lain.

Catatan: Walaupun cukup banyak blog yang mengaplikasikan Dofollow, tidak bisa kita langsung lakukan Spam pada Beberapa blog itu, sebagaimana kata pepatah bila anda ingin dihormati maka anda mesti menghargai orang lain terlebih dulu. 


5. Lakukan Promosi Pada Artikel yang Telah anda Publish. 

Langkah ke 5 ini ialah langkah yang sangat penting untuk dilakukan secara terus menerus untuk menjadikan Website anda mendapatkan pengunjung yang konstan, serta tidak turun naik. Sebab promo yang kita kerjakan ini, bukan sekedar dapat dikerjakan 1x saja, tetapi harus selalu dikerjakan secara regular. 

Bagaimana cara melakukanpromosi artikel yang sudah kita publish? 

A. Langkah yang paling mudah yaitu dengan membagi/sharing artikel ke forum-forum atau group di media sosial, seperti di Facebook, Twitter, Kaskus, serta media social atau forum-forum lainnya. 

B. Membuat posting di forum-forum yang telah memiliki nama besar, seperti di Kompasiana, Kaskus, Detik, viva log, serta ada banyak lagi yang lain. 

Yang perlu anda lakukan di sini bukanlah hal yang susah, anda hanya perlu mendaftarkan diri ke komunitas-komunitas tersebut agar bisa melakukan posting. 

Namun yang perlu anda ingat, dalam postingan anda di forum tersebut, dianjurkan untuk tidak memberi atau membuat artikel lengkap mengenai apa yang ditulis, jadi cukup menggunakan cara Read More, pada postingan tersebut, baru di akhir postingan anda arahkan ke url blog anda yang asli. 

C. Langkah yang sedikit susah ialah membuat komen di Website yang berkualitas tinggi dengan memberikan link artikel milik anda. 

Dalam mainset blogger pada umumnya, link aktif pada kotak komentar bisa saja merupakan Spam, lantas bagaimana supaya komentar anda yang sudah anda tambahkan link ke blog anda itu dapat di setujui? 

Tak lain dan tidak bukan yaitu, anda dapat membuat koneksi pada artikel yang akan kita komentari dengan artikel yang akan kita sharing, serta semakin bagus artikel yang kita sharing itu dan ternyata memang diperlukan dalam mendukung artikel yang dibaca hingga akan jadi lebih berbobot. 

D. Minta rekan atau teman dekat anda untuk berkunjung ke artikel yang anda publish, dapat memakai tool seperti Whatsapp, Line, BBM, SMS, atau dengan E-mail. 

Dengan mengaplikasikan 5 Langkah di atas Sesudah Posting Artikel Yang Blogger Harus Tahu Serta Lakukan pastinya, artikel yang anda buat akan banyak dibaca oleh khalayak ramai, serta hal itu tentunya akan sangat baik untuk  perubahan di Website anda.

Selain ke 5 langkah yang telah kita sebutkan di atas, saya rasa masih ada 2 point penting lagi yang perlu anda lakukan sebagai blogger yang sudah melakukan publish artikel yaitu :


6. Jaga Etos Kerja dengan Terus Konsisten

Dalam melakukan aktiviitas blogging, pasti akan ada masa dimana anda merasa bosan dan jenuh ketika sedang membuat artikel baru yang hendak di publish.

Namun anda harus tetap memandang tujuan awal melakukan blogging, agar semangat dan ritme kerja terus terjaga.


7.  Bertawakkal Setelah Semua Ikhtiar Dilakukan

Semua usaha telah dilakukan. Publish artikel hamper setiap hari, konsisten terjad dalam usaha mengembangkan blog anda.

Kini waktunya anda berpasrah, menyerahkan segala nya pada ketentuan-Nya. Anda bawa lelah dalam ikhtiar anda dalam doa-doa panjang anda di malam yang hening. Karena takkkan ada daya dan upaya yang kita lakukan kecuali tanpa izin-Nya.


Mudah-mudahan sobat uang banyak  bisa sedikit terbantu dengan adanya artikel ini. 

Semoga artikel 7 Tehnik yang Perlu dilakukan Blogger Setelah Publish Artikel ini mampu menjadi bagian dari bacaan favorite anda.

Apabila artikel ini anda rasa bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar anda, silahkan untuk di share kepada kenalan dan rekan-rekan anda. 


Refference :
#teknik, #blogger, #publishblogger

moneysmart.id, kompasiana.com

Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: