Widget HTML Atas

Benarkah Belajar SEO itu Kompleks dan Sulit?

Pada awalnya, optimasi mesin pencari  atau yang lebih keren kita mengenalnya sebagai SEO / Search Engine Optimization jauh lebih sederhana daripada hari ini.

seo tutorial belajar search engine optimization

Benarkah Belajar SEO itu Kompleks


Anda bisa melakukan analisis situs blog anda dengan cepat, membuat inti semantik, memastikan bahwa konten anda asli dan semua kata kunci sudah berada di tempat mereka, dan seperti itulah dasar dari Search Engine Optimization (SEO).

Namun, semakin hari dan semakin bertambah umur maka SEO pun telah berubah. Hari ini toolset SEO yang harus Anda lakukan jauh lebih luas dan lebih kompleks.

Tapi apakah keadaan yang ada saat ini menjadikan SEO menjadi hal yang sangat sulit, atau hanya kita saja yang menjadikan SEO terlalu banyak drama ketika berbicara tentang SEO modern?

Apakah anda masih penasaran dengan SEO millenial ini ?! Berikut ini yang uang banyak baca dan sadur dari situs blog search engine jurnal. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang salah satu situs SEO yang banyak dijadikan sebagai rujukan ini bisa langsung check in di searchenginejournal.com.

Apakah yang membuat SEO yang anda lakukan menjadi sangat kompleks ?

SEO sendiri merupakan salah satu disiplin ilmu yang rumit. Ini menggabungkan sejumlah besar tool, sesekali menggunakan best practice yang berkembang, dan terus menyesuaikan diri dengan pembaruan yang dilakukan oleh mbah Google.

Alasan utama di balik kompleksitas yang sekarang kita alami adalah karena banyaknya perubahan pada algoritma Google seperti:


  • Pembaruan algoritma inti secara luas
  • Peringatan keamanan Chrome
  • Pembaruan kecepatan seluler
  • Video Carousels, dll


Masing-masing teknologi ini membuat sedikit modifikasi cara kerja mesin pencari, menyebabkan pergeseran peringkat yang pada akhirnya akan menyulitkan upaya SEO Anda.

Menyesuaikan strategi berkelanjutan untuk SEO anda, tentunya semua ini  akan membutuhkan waktu ekstra: Anda harus mempelajari aturan yang diperbarui oleh google, dan mempertimbangkan kembali rencana Anda dan perlu melakukan pengujian kembali terhadap rencana SEO yang sudah anda perbaharui.

Terkadang dibutuhkan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk melihat dampak nyata dari algoritme yang telah ditingkatkan pada posisi situs web Anda.


Salah menafsirkan algoritma Google baru

Masalah umum yang banyak terjadi adalah kesalahpahaman bagaimana algoritma baru dari google ini bekerja.

Kita cenderung salah menafsirkan perubahan yang dibawa Google, dan ini membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk tugas yang tidak relevan dengan hasil yang tidak sepadan bahkan sering kali dengan hasil 0 besar.

Ambil tolok ukur kecepatan halaman seluler Google misalnya.

Setelah diumumkan secara resmi, para blogger berlomba-lomba untuk meningkatkan kecepatan halaman dalam segala cara yang mampu mereka lakukan.

Tapi apakah itu perlu?

Nah, jika kecepatan halaman melambat, Anda pasti akan mendapatkan situ blog anda turun peringkat di SERPs Google juga.

Namun, yang perlu anda fahami adalah dengan anda melakukan modifikasi situs blog Anda belum tentu membuat peringkat SERP anda di google menjadi lebih tinggi dari situs blog yang lain. Karena hal ini hanya menjadi salah satu faktor SEO dari banyak faktor yang lain.

Kecuali jika ternyata situs web Anda memiliki peringkat yang cukup rendah.

Untuk memperbaiki masalah ini, maka anda harus menyelesaikan lebih banyak masalah sebelum memeriksa apakah kecepatan halaman situs web blog anda menjadi cukup cepat dari sebelumnya.


Sebuah pandangan luas dari SEO Tools

Tidak hanya melakukan perubahan-perubahan baru yanng melibatkan anda untuk berfikir out-of-the-box, tetapi pemilihan tools SEO yang lebih luas daripada yang mungkin bisa Anda pikirkan, tentunya bisa anda lakukan untuk membuat web blog anda terus bertumbuh.

Ketika berpindah dari satu proyek ke proyek lainnya, atau ketika mempromosikan situs web Anda agar dikenal ke seluruh penjuru dunia, Anda mungkin harus menggunakan strategi yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Tidak peduli berapa lama Anda telah menguasai keterampilan SEO Anda, selalu ada ruang untuk pendekatan baru.

Misalnya, klien Anda ingin mempromosikan proyek terbaru mereka sebagai sumber informasi.

Menampilkan konten situs web Anda di Google News untuk pertama kalinya akan menjadi  pengalaman Anda yang paling menantang dan membuat syaraf jadi tegang, meskipun anda sudah memiliki bekal dengan segudang saran atas bagaimana untuk berhasil dalam Google News.


Bagaimana supaya SEO tidak terlalu rumit

Tidak ada yang bisa berdebat dengan fakta bahwa SEO akan terus berkembang.

Masalah ini akan mempengaruhi setiap industri termasuk anda yang serius menekuni profesi sebagai blogger, sehingga mengeluh bukanlah pilihan untuk profesional berpengalaman seperti anda.

Membuat sesuatu yang lebih rumit dari kondisi yang sebenarnya dengan berlebihan untuk perubahan baru tidak akan membantu memecahkan masalah SEO Anda.

Berikut adalah beberapa pengetahuan dasar tapi bisa menjadi strategi yang efektif untuk membantu Anda tetap tenang dan tidak perlu panic dengan perkembangan  dunia SEO di masa datang:

1. Mengembangkan kebiasaan membaca SEO News Daily

Cara terbaik untuk belajar sesuatu adalah dengan membenamkan diri dalam subjek.

Untuk seorang enginer SEO pemula, menjelajahi beberapa media yang mengulas bahasan yang terkait dengan SEO dapat membingungkan pada awalnya.

Namun, banyak juga yang memiliki keluhan tentang masalah pengindeksan maka dengan panduan strategi konten secara bertahap akan mulai masuk akal bagi anda untuk mempelajari SEO.

Setiap SEO spesialis yang berpengalaman biasanya memiliki daftar strategi SEO mereka sendiri yang  berbasis news feed dan forum. Untuk membuat daftar strategi Anda sendiri dalam mengembangkan SEO hanya soal waktu dan pengalaman kerja.

Dengan mengembangkan kebiasaan membaca situs informasi dan forum yang membahas seputar SEO, Anda dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan secara dramatis:


  • Terus mendidik diri sendiri dengan menonton webinar, dan belajar teknik dan pendekatan baru.
  • Perbarui Checklist kerja Anda dengan bantuan dari panduan definitif.
  • Baca studi kasus nyata dan belajar dari kesalahan orang lain.
  • Biarkan berita membantu Anda bereaksi lebih cepat terhadap perubahan algoritma terbaru.
  • Dapatkan inspirasi dengan informasi yang fresh dan akhirnya berkembang sebagai seorang profesional.


2. Lacak kemajuan SEO anda dengan ulasan bulanan

Anda bisa mengukur peringkat kata kunci, backlink yang sukses, lalu lintas organik, dan perilaku pengunjung situs blog anda di setiap bulan, dan anda bisa mulai mengawasi angka-angka seo yang tertera di google analytic.

Perhatikan pasang surut / naik turun, dan tweak SEO campaign Anda untuk tetap bergerak ke arah yang benar.

Dengan membuat penyesuaian kecil, Anda dapat menghindari masalah yang lebih besar dan menemukan peluang alternatif untuk pertumbuhan lalu lintas blog anda.

3. Perhatikan pesaing Anda

Mulailah dengan memeriksa blog mereka dan memantau link yang mereka bangun.

Perhatikan dengan seksama untuk melihat apa yang kurang dan lebih dari blog-blog tersebut.

Baca komentar untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang paling disukai pembaca, dan apa yang dibutuhkannya.

Manfaatkan titik lemah ini dengan menyediakan pembaca dengan tepat apa yang mereka butuhkan: informasi yang lebih terperinci dan deskriptif, konten yang dapat disesuaikan, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.


Kesimpulan

SEO adalah lebih dari sekedar kata kunci dan link. Gambaran SEO yang lebih besar hari ini mencakup baik itu pengalaman pengguna yang besar maupun kebutuhan mesin pencari.

Untuk menjawab pertanyaan yang bisa anda di lihat di judul artikel ini, maka kita harus mengatakan ya, untuk sekarang SEO telah menjadi lebih berbelit-belit.

Hal ini tidak lagi cukup untuk membuat wesite atau blog hanya diisi dengan konten yang "layak" dengan kata kunci yang diperlukan, link, dan meta tag. Saat ini teks harus menonjol baik dalam penampilan dan nilai.

Situs web Anda akan memiliki beberapa kompetitor di lapangan, sehingga Deskripsi Layanan dan topik blog Anda cenderung sangat mirip.

Untuk menonjol, Anda harus menemukan pendekatan asli dan menghibur pembaca blog anda dengan informasi yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain.

Baik on-page maupun off-page SEO telah berevolusi dengan cepat, dan mereka terus tumbuh lebih kompleks. Sebagai profesional, kita harus siap untuk setiap perubahan baru tersebut, dan tidak menjadikan SEO menjadi rumit dengan memikirkan nya.

Sumber-sumber lain yang bisa anda baca :

Cara membuat blog baru dengan bantuan google blogger
3 Cara Pamungkas Meningkatkan Waktu dan Membuat Pengunjung Blog Anda Betah
17+ Shortener URL Penghasil Uang Selain Google Adsense dengan Custom URL Shortener



Tidak ada komentar untuk "Benarkah Belajar SEO itu Kompleks dan Sulit?"