Widget HTML Atas

JOSS GANDOS RISET KEYWORD GOOGLE dengan TOOL GRATIS, HASIL STUDI KASUS

Riset kata kunci merupakan jantung dari ilmu SEO. Keyword atau kata kunci sangat diperlukan oleh seorang blogger atau pebisnis online untuk mengembangkan situs mereka di dunia maya. Dan apakah anda tahu jika seorang blogger profesional akan mengeluarkan dana lebih untuk membayar tool riset keyword premium, dalam melakukan pekerjaan nya sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan saya yang ternyata baru saja memulai untuk berkarir di dunia bloging. Apakah harus menggunakan tool premium yang harga sewanya ratusan hingga ribuan dolar per tahun nya. Oh tidak, bagaimana mungkin saya yang baru saja ingin mencari penghasilan dari blogging justru harus mengeluarkan biaya yang tidak sanggup saya tanggung.

Jika dalam benak anda terbersit pikiran seperti di atas, berarti anda sama dengan saya. Galau untuk memulai karir ngeblog apabila harus mengeluarkan biaya yang besar. Untungnya kali ini blog uangbanyak.com akan coba melakukan riset kata kunci berdasarkan penggunaan tool riset keyword (kata kunci) gratisan alias kita tidak perlu membayar biaya bulanan ataupun biasa tahunan nya.

Asyikk berarti kita gak perlu keluar uang dong! Eitt tunggu dulu, anda tetap harus merogoh kocek untuk layanan data atau internet yang anda gunakan untuk riset kata kunci. Ditambah lagi, memangnya gak perlu laptop / komputer untuk melakukan itu semua? Semua pasti butuh modal, namun kita coba untuk meminimalisasi biaya operasional dari bisnis online yang baru saja akan kita bangun.




Apa Yang Dimaksud dengan Keyword ?

Kita tentunya udah tahu apabila keyword sangat erat hubungannya dengan bisnis online atau pengembangan web agar dapat dikenal di dunia maya.

Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan keyword atau kata kunci itu?

Secara definisi Keywords atau kata kunci adalah kata atau sekumpulan kata atau kalimat yang digunakan oleh anggota market di mesin pencari seperti Google.com untuk mencari niche yang mereka perlukan.

Apa Sajakah Kegunaan Keyword ?

Dengan penggunaan keyword atau kata kunci, maka search engine (mesin pencari) akan lebih mudah dalam menemukan dan menampilkan informasi yang paling relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh para pengguna internet.

Dengan adanya kata kunci (keyword) yang tertarget akan memungkinkan artikel yang dibuat muncul di halaman pertama search engine seperti google, yahoo, dan atau search engine yang lain.

Manfaat Menggunakan Keyword Tool Gratisan

Seperti kita tahu bersama bahwa untuk melakukan pencarian kata kunci yang tepat dibutuhkan tool yang  mampu mengolah data berupa pencarian kata kunci yang terdapat pada search engine. Karena kita tidak bisa hanya asal menebak kata kunci yang berada di mesin pencari.

Di antara tool-tool yang digunakan untuk melakukan riset kata kunci, ada yang berupa tool premium atau tool berbayar, ada juga tool yang gratisan.

Lalu, apa saja bedanya tool yang berbayar dengan tool riset kata kunci yang gratis? Tentu saja ada banyak feature-feature yang ada di tool premium namun tidak ada pada tool riset kata kunci yang gratisan, sehingga fitur tool keyword gratis memiliki keterbatasan dibandingkan dengan tool keyword yang premium.

Namun bagi blogger pemula seperti saya, keberadaan tool premium belumlah diperlukan. Kenapa? Tentu saja karena untuk membangun blog di awal, penggunaan tool premium akan menguras kantong. Padahal sebenarnya kita justru ingin membuat kantong menjadi tebal. Jadi mari kita coba menggunakan tool riset keyword yang gratisan ini, apakah sudah mencukupi untuk senjata kita dalam membangun sebuah blog.

Yang Perlu Diperhatikamaan Ketika Melakukan Riset Keyword

sebelum kita melakukan riset kata kunci dengan tool gratisan, ada baiknya kita mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan riset keyword atau kata kunci .

Secara umum, ada empat hal yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger ketika melakukan riset  kata kunci yaitu volume pencarian (search volume), tingkat kesulitan keyword (keyword difficulty), kata kunci yang disarankan (suggestion keyword), dan SERP (Search Engine Result Page).

Search Volume (Volumen Pencarian)

Volume pencarian kata kunci merupakan banyaknya sebuah kata kunci yang di cari dengan menggunakan mesin pencari seperti google dalam rentang waktu tertentu. Pada studi kasus  kita kali ini adalah volume pencarian keyword dalam rentang 30 hari terakhir.

Misal kita melakukan pencarian kata kunci “nasi goreng”. Search volume sebuah kata kunci “nasi goreng” misalnya menunjukkan angka 100.000. Maka hal tersebut berarti, kata kunci “nasi goreng” dicari sebanyak 100.000 kali di mesin pencari google dalam rentang waktu 30 hari.

Tingkat Kesulitan Keyword (Keyword Difficulty)

Untuk apa kita perlu mengetahui keyword difficulty ?

Pada dasarnya keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan pada sebuah kata kunci agar mampu berada di halaman pertama hasil pencarian.

Biasanya ada skala 0 – 100 yang digunakan pada tool riset keyword. Semakin besar angka yang kita lihat, maka semakin sulit kata kunci yang kita incar itu untuk bisa berada pada posisi pertama dari hasil pencarian di mesin pencari (search engine).

Kata Kunci yang Disarankan (Suggestion Keyword)

Keyword suggestion merupakan kata kunci yang disarankan oleh mesin pencari yang berkaitan dengan keyword atau kata kunci yang anda cari.

Sebagai contoh, anda sedang mencari keyword “nasi goreng”, maka keyword tool yang anda gunakan akan memberikan saran kata kunci yang bisa anda gunakan, seperti “resep nasi goreng nikmat” atau “nasi goreng idaman”.

Pada umumnya, tool keyword akan menampilkan saran berupa long tail keyword.

Anda yang penasaran dengan long tail keyword, bisa coba googling mengenai istilah yang satu ini. Atau bisa juga anda membaca di uangbanyak.com untuk artikel-artikel yang serupa.

SERP (Search Engine Result Page)

SERP lebih pada penunjukan halaman atau artikel artikel yang menempati peringkat teratas di search engine atau mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan search engin yang  lainnya.

Wow, banyak juga ternyata ya macam-macam jenis search engine. Kita mungkin selama ini hanya mengetahui mbah google sebagai mesin pencari favorit di Indonesia.

Riset Keyword menggunakan Google Keyword Planner

Untuk melakukan riset kata kunci dalam studi kasus kali ini, kita menggunakan tool keyword gratisan dari google yaitu Google Keyword Planner.

Tool Google Keyword Planner ini diklaim sebagai tool yang s ering digunakan oleh blogger dalam melakukan riset keyword atau kata kunci.

Karena tool ini merupakan besutan dari simbah google sendiri, maka di sinyalir data-data yang ada di google keyword planner lebih akurat dibandingkan dengan tool-tool lainnya.

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan tool keyword Google Keyword Planner yaitu:
  1. Melihat trend topic dan kandidat kata kunci yang sedang ramai di search engine
  2. Menjalankan / Membuka tool Google Keyword Planner
  3. Mendapatkan Volume Pencarian dan Perkiraan kata kunci di masa yang akan datang
  4. Mendapatkan Kata Kunci Potensial dan Informasi Seputar kandidat Keyword Potensial

1. Melihat Trend Topic dan Kandidat Kata Kunci yang Viral di Search Engine

Seperti yang sudah kita ketahui sebelum nya di awal tulisan ini bahwa untuk mengetahui topic dan kata kunci yang sedang nge-trend yaitu menggunakan tool google trend.

Seperti apa google trend ini bekerja dan bagaimana google trend ini bisa menjadi tool untuk menentukan keyword atau kata kunci secara maksimal, anda bisa membaca nya pada tulisan lain di blog uang banyak mengenai cara menggunakan dan mengetahui google trend.


2. Menjalankan / Membuka Tool Google Keyword Planner

Google  keyword planner bisa kita jalankan melalui url berikut : https://ads.google.com/aw/keywordplanner

Anda bisa membuka url tersebut dengan menggunakan browser chrome, mozilla atau firefox, atau browser lainnya yang biasa anda gunakan untuk berselancar di dunia maya. Tampilan awal dari google keyword planner akan terlihat seperti berikut :

riset keyword dengan google keyword planner



3. Mendapatkan Volume Pencarian dan Perkiraan kata kunci di masa yang akan datang

Selanjutnya anda dapat memilih “Get search volume and forecast”, masukkan keyword yang anda inginkan, dalam studi kasus kita kali menggunakan keyword “nasi goreng”. Tekan tombol “get started”

riset keyword dengan google keyword planner


Setelah anda menekan tombol “Get Started”, anda dapat melihat performance keyword yang anda pilih, convertion rate yang ditawarkan oleh google. Informasi yang bisa anda dapatkan antara lain jumlah klik, impression, biaya jika anda seorang advertiser, nilai CTR, rata-rata CPC, dan rata-rata posisi keyword.

riset keyword dengan google keyword planner



4. Mendapatkan Kata Kunci Potensial dan Informasi Seputar kandidat Keyword Potensial

Untuk mendapatkan keyword lainnya yang terkait dengan keyword “nasi goreng”, pilih menu keyword idea yang berada di panel sebelah kanan.

riset keyword dengan google keyword planner



isikan keyword “nasi goreng” di bagian Start With Keyword. Kemudian tekan tombol “Get Result”

riset keyword dengan google keyword planner



Hasil pencarian yang anda lakukan akan terlihat seperti berikut :

riset keyword dengan google keyword planner



anda dapat mengurutkan berdasarkan besaran top of bid, ini adalah perkiraan nilai cpc untuk setiap iklan yang muncul dari hasil pencarian dengan keyword “nasi goreng”. Setelah anda klik header kolom “Top of page bid”, maka akan terurut seperti ini :

riset keyword dengan google keyword planner



kita bisa melihat keyword turunan dari “nasi goreng” yaitu “nasi gorreng whiskas” memiliki nilai cpc tertinggi sebesar Rp. 100.212,27. Wah, bisa dibayangkan nih seandainya sehari ada 10 orang klik iklan blog anda dengan menggunakan keyword “nasi goreng whiskas”, maka 1 juta rupiah sudah bisa anda dapatkan dalam 1 hari, war biasah bukan?

Ini baru yang namanya keyword joss gandos, keyword yang punya nilai cpc menggiurkan.




Selanjutnya anda bisa berkreasi dengan keyword-keyword lain sesuai yang anda inginkan dan anda pikirkan. Siapa tahu anda bisa mendapatkan keyword dengan nilai cpc  di atas 1 juta. Pastinya ini akan membuat blog yang anda bangun menjadi menjadi sangat wow.

Sampai disini dulu untuk studi kasus kita kali ini yaitu melakukan riset keyword pada search engine google dengan menggunakan tool gratisan Google Keyword Planner. Silahkan anda share apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda maupun bagi orang-orang yang anda kenal.

Sampai jumpa lagi pada studi kasus yang lainnya di uangbanyak dot com.

Berlangganan via Email