Widget HTML Atas

5 Film Lawas Indonesia Tentang Sejarah Kemerdekaan. Bisa langsung Tonton

Film Indonesia saat ini banyak yang bernuansa horor dan percintaan. Namun ternyata ada juga film film Indonesia yang bernuansa latar belakang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Kita tahu bahwa Indonesia bisa seperti sekarang adalah hasil dari perjuangan para pahlawan bangsa yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk terwujudnya kemerdekaan dan kelahiran Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. 

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cerita perjuangan kemerdekaan Indonesia, anda bisa nonton film Indonesia yang berlatar belakang perjuangan para pahlawan Republik Indonesia. 

Berikut ini kumpulan film Indonesia yang menceritakan perjuangan para pahwalan atau pun cerita tentang orang-orang yang menjadi pelaku utama dalam sejarang perjuangan kemerdekaan, yang kita rayakan setiap tanggal 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia.

5 Film Indonesia dengan Tema Sejarah Kemerdekaan 

Langsung saja, inilah daftar nonton film Indonesia tentang sejarah kemerdekaan :

Max Havelaar 

Apakah anda tahu tentang Max Hevalar ? Sama saya juga tidak tahu siapa itu Max Havelar. 

Setelah saya coba melakukan pencarian di google, ketika saya ketikkan Max Havelar di kolom pencarian google, ternyata ada 1.320.000 hasil pencarian. 
 
Saya sempat membayangkan, pastinya susah bagi web hasil pencarian sekian juta itu untuk berada di halaman pertama google. Apakah ini pengaruh SEO

Baiklah kita kembali ke Film Indonesia Perjuangan..
 
Ternyata begitu terkenalnya Max Hevalar ini. Dari Wikipedia, dikatakan bahwa Max Havelar ini merupakan sebuah novel yang fenomenal yang diterbitkan pada tahun 1860. Sebuah novel karya Multatuli, yang diakui sebagai karya sastra Belanda yang sangat penting, karena Max Havlear di anggap mempelopori gaya tulisan baru.

Setelah anda membaca Multatuli, maka ingatan anda pasti akan kembali pada buku sejarah saat di bangku sekolah. Atau bagi anda yang masih sekolah, ya anda bisa coba buka2 buku pelajaran tentang sejarah Indonesia. Siapa tahu anda menemukan nya.

Ternyata dari novel Max Havelar ini, diangkat menjadi sebuah film pada tahun 1976, yang berjudul lengkap “Max Havelaar of de Koffieveilingen der Nederlandsche handelsmaatschappij”.

Wah Bahasa londo seperti ini saya tidak tahu apa artinya. Maka saya coba minta translate sama mbah google, didapatkan kira-kira artinya adalah “Max Havelaar, Lelang Kopi Maskapai Dagang Belanda”.

Di dalam nya bercerita tentang seorang Belanda yang bernama Havelaar yang idealis dan mencintai keluarganya. Ketika ia pergi ke Hindia Belanda (Indoenesia), Havelaar diangkat menjadi asisten Residen Lebak, Banten.

Diceritakan di sini, meskipun ia seorang kompeni namun Max Havelaar memilki rasa kemanusiaan yang luar biasa yang bahkan ia berani menentang pemerintahan Belanda di kala itu karena sudah memeras dan menjajah pribumi.

Tertarik untuk nonton film bertemakan sejarah Indonesia yang satu ini ?

Anda bisa melihatnya di sini :



  • Judul Film : Max Havelaar of de Koffieveilingen der Nederlandsche handelsmaatschappij
  • Tahun Rilis : 1976
  • Genre : Drama
  • Sutradara : Fons Radmakers
  • Pemeran : Peter Faber, Sacha Bulthuis, Adendu Soesilaningrat
  • Rumah Produksi : -


Tjoet Nja Dien

Siapa yang tak kenal dengan Pahlawan Wanita asal tanah rencong ini. Film ini berkisah tentang tokoh pejuang Aceh yang bernama Cut Nyak Dien.

Dalam film nya dikisahkan Cut Nyak Dien beserta teman teman seperjuangannya dengan gigihnya melawan penjajah Belanda di Tanah Aceh.

Dan sebagaimana kita ketahui dalam sejarah kemerdekaan Indonesia bahwa peperangan yang terjadi di Aceh merupakan peperangan yang terpanjang dalam sejarah Kolonial Hindia Belanda.

Anda yang tertarik untuk nonton film Sejarah Indonesia Tjoet Nja Dien. Berikut ini film nya :


  • Judul Film : Tjoet Nja Dien
  • Tahun Rilis : 1988
  • Genre : Drama, War
  • Sutradara : Eros Djarot
  • Pemeran : Pitradjaya Burnama, Christine Hakim, Rudi Wowor
  • Rumah Produksi : Kanta Indah Film

Kereta Api Terakhir

Film yang bercerita tentang perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ini berasal dari novel terkenal karya Pandir Kelana.

Film Kereta Api Terakhir tayang pada tahun 1981 dan disutradai oleh Mochtar Soemodimedjo, menceritakan tentang perjuangan revolusi anak bangsa antara tahun 1945 hinga tahun 1947.

Film sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini merupakan film kolosal terbaik yang ada di zaman nya, dengan melibatkan sekitar 15.000 an pemain, mengisahkan tentang perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Siliwangi yang bermula dari adanya pelanggaran perjanjian Linggarjati 1946 yang dilakukan oleh Belanda.

Jika anda tertarik untuk menonton film Indonesia yang berkisah seputar sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan, maka anda bisa nonton film Indonesia yang satu ini .


  • Judul Film : Kereta Api Terakhir
  • Tahun Rilis : 1981
  • Genre : Drama, War
  • Sutradara : Mochtar Soemodimedjo
  • Pemeran : Deddy Sutomo, Gito Rollies
  • Rumah Produksi : -

Komando Samber Nyawa

Berlatar belakang perjuangan Tentara Nasional Indonesia melawan penjajah Belanda. 

Dalam film Komando Samber Nyawa ini diceritakan mengenai keberadaan pleton serma Hasyim dari kompi Letnan Widodo yang merupakan pasukan yang terdiri dari kumpulan orang-orang pemberani.

Dikarenakan banyaknya anak buah Sersan Hasyim yang gugur di medan pertempuran, maka untuk menggantikan anak buah Sersan Hasyim tersebut didatangkanlah Kopral Abimanyu.

Namun, ternyata sersan Hasyim tidak menyukai sosok Kopral Abimanyu.

Apa yang membuat Sersan Hasyim tidak menyukai Kopral Abimanyu? Serta bagaimana Kopral Abimanyu meyakinkan pimpinan nya bahwa pada akhirnya dialah yang menjadi kunci utama kemenangan pasukan dibawah komando Sersan Hasyim tersebut?

Penasaran dengan kisah para tentaran pemberani dalam naungan komando samber nyawa? Silahkan anda tonton film tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia ini .


  • Judul Film : Komando Samber Nyawa
  • Tahun Rilis : 1985
  • Genre : Action, War
  • Sutradara : Addy G. Bakker
  • Pemeran : Yenni Farida, Barry Prima, Harve F. Dusart, Kaharuddin Syah
  • Rumah Produksi : PT Rapi Film

Soerabaia 45

Film Indonesia yang satu ini menceritakan tentang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Dalam film ini terdapat pula tokoh pembakar semangat pemuda pemudi Surabaya yaitu Bung Tomo, adanya perobekan bendera Belanda, tertembaknya Jendral Inggris dan lain lain .

Film ini ternyata digarap langsung oleh tokoh yang terlibat dalam pertempuran 10 November sebagai anggota BKR Pelajar Darmo 49, Gatot Kusumo Hadi.

Bagi anda yang ingin melihat langsung bagaimana suasana pertempuran Surabaya 10 November dapat menonton film nya di sini


  • Judul Film : Surabaya 1945 (Merdeka atau Mati)
  • Tahun Rilis : 1990
  • Genre : Action, War
  • Sutradara : Imam Tantowi
  • Penulis : Gatot Kusumo, Imam Tantowi, Jeffry Hasan 
  • Pemeran : Nyoman Swadayani, Sasetyo Wilutomo, Leo Kristi, Usman Effendi
  • Rumah Produksi : PT Sinar Permatamas Film, Pemda Jawa Timur


Selain kelima film tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia kita tercinta ini, berikut adapula film dokumenter asli yang menceritakan perang setelah kemerdekaan antara tahun 1945 sampai dengan tahun 1949.


Semoga setelah melihat film-film tersebut, semangat kemerdekaan tetap terus terpatri dalam dada kita masing-masing sebagai pemuda-pemuda bangsa yang wajib mengisi kemerdekaan dengan segala kegiatan positif.

Tugas kita mengisi kemerdekaan ini, dan memajukan bangsa Indonesia dalam kancah nasional dan internasional.


Tidak ada komentar untuk "5 Film Lawas Indonesia Tentang Sejarah Kemerdekaan. Bisa langsung Tonton"