Widget HTML Atas

9 Tips Membangun Usaha Makanan Bayi

Membangun usaha makanan bayi itu prospeknya bagaimana sih? Apakah cukup menjanjikan, apalagi di masa pademi seperti saat ini.

Bayi membutuhkan makanan khusus saat mereka mulai bisa makan. Makanan harus lembek namun bergizi, dan lebih disukai jika makanan dikemas dengan nyaman. 

Bisnis makanan bayi berkutat pada usaha makanan jenis ini. Bagaimana anda membuat makanan bayi sendiri, mengemas makanan, dan kemudian menjualnya langsung ke pelanggan atau melalui pengecer.

Saat ini juga lebih disukai untuk menjual makanan bayi via online. Bisa melalui website di internet, jasa ojol (ojek online), ataupun ekspedisi yang khsusus mengantar makanan.

tips membangun usaha makanan bayi
Usaha Makanan Bayi

Tips Usaha Makanan Bayi


Banyak orang tua ingin memberi anak mereka makanan bayi yang paling enak dan bergizi. Dorongan ini telah menyebabkan pertumbuhan yang signifikan dalam industri usaha makanan bayu ini dalam beberapa tahun terakhir. 

Para orang tua, apalagi orang tua yang baru memiliki momongan. Pasti menginginkan segala sesuatu yang terbaik untuk anaknya. Dari mulai makanan nya sampai pemilihan tempat tidur terbaiknya.

Menurut Riset Pasar Zion, ternyata pasar makanan bayi global akan menjadi industri yang memiliki nilai $ 76,48 miliar pada tahun 2021. Wow banget ini ma.., berapa kira-kira kalo dirupiahkan ya ?

Pelajari bagaimana memulai Bisnis Makanan Bayi Anda sendiri dan apakah itu cocok untuk Anda.

Anda telah menemukan ide bisnis yang sempurna, dan sekarang Anda siap untuk mengambil langkah berikutnya. Ada lebih banyak hal untuk memulai bisnis daripada hanya mendaftarkannya ke negara. 

Sebagaimana di kutip dari howtostartanlic, maka ada 9 langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis usaha makanan bayi ini.

Berikut ini panduan sederhana untuk memulai bisnis makanan bayi Anda. Langkah-langkah ini akan memastikan bahwa bisnis baru Anda direncanakan dengan baik, terdaftar dengan benar, dan patuh secara hukum.

LANGKAH 1: Rencanakan Bisnis Anda

Rencana yang jelas sangat penting bagi anda untuk sukses sebagai pengusaha. Ini akan membantu Anda memetakan spesifikasi bisnis Anda dan menemukan beberapa hal yang tidak diketahui. Beberapa topik yang penting untuk dipertimbangkan adalah:

  1. Berapa biaya awalnya dan bagaimana berkelanjutannya ?
  2. Siapa target pasar Anda ?
  3. Berapa banyak yang bisa Anda kenakan kepada pelanggan?
  4. Apa nama bisnis Anda ?


Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuka bisnis makanan bayi?

Bisnis makanan bayi dapat dimulai walaupun kita hanya memiliki modal yang minim.

Pemilik bisnis membutuhkan dapur komersial untuk menyiapkan makanan dan ruang ritel untuk menjual makanan. Biaya dapur dapat ditekan dengan menyewa dapur komersial pada gedung yang dimiliki organisasi nirlaba. 

Jika anda berkeinginan untuk menekan modal supaya bisa lebih kecil lagi, maka ada baiknya anda mulai memikirkan untuk menjualnya secara online.

Anda bisa memasak makanan bayi anda di dapur rumah anda.

Di Indonesia bahkan ada pengusaha bubur bayi yang sukses hanya dengan bermodalkan 200 ribu rupiah. Anda bisa membacanya di cerita sukses pengusaha bubur bayi hanya dengan bermodal 200 ribu rupiah.

Pengeluaran awal lainnya termasuk harga bahan dan perlengkapan pengemasan. Ini dapat dibeli dalam jumlah kecil di awal untuk menekan biaya dimuka. Seiring pertumbuhan bisnis, lebih banyak persediaan dapat dibeli dengan pendapatan yang diperoleh dari penjualan.

Berapa biaya berkelanjutan untuk bisnis makanan bayi?

Pengeluaran berkelanjutan untuk bisnis makanan bayi termasuk biaya sewa untuk dapur komersial dan biaya untuk membeli lebih banyak persediaan. Biaya ini minimal.

Siapa target pasarnya?

Klien ideal bisnis makanan bayi adalah orang tua baru yang ingin memberi bayi mereka makanan berkualitas tinggi dan memiliki penghasilan tambahan. 

Orang tua seperti itu kemungkinan besar bersedia membayar mahal untuk makanan bayi yang enak, dan mereka memiliki penghasilan yang dibutuhkan untuk membeli makanan bayi premium secara teratur. 

Setelah terpikat pada suatu merek, orang tua baru tersebut kemungkinan besar akan memesan makanan bayi selama beberapa bulan atau tahun. Mereka membutuhkan makanan bayi sampai anaknya bisa makan makanan padat.

Bagaimana bisnis makanan bayi dalam menghasilkan uang / keuntungan?

Bisnis makanan bayi menghasilkan uang dengan menjual makanan bayi dalam kemasan. Bisnis dapat menjual makanan bayi kepada pelanggan secara langsung atau online. Atau, mereka mungkin menjual melalui pengecer lain (reseller).

Berapa banyak yang bisa Anda kenakan kepada pelanggan?

Kebanyakan makanan bayi dikemas dalam kemasan kecil yang bisa bertahan paling lama untuk beberapa kali makan. Paket ini umumnya dijual dengan harga belasan ribu rupiah, dan terkadang bahkan bisa kurang dari sepuluh ribu rupiah. 

Khusus makanan bayi organik dan premium memiliki harga yang lebih tinggi daripada makanan non-organik.

Meskipun bisnis tidak dapat menarik banyak biaya untuk paket makanan bayi satu per satu, orang tua biasanya membeli beberapa paket sekaligus. 

Selain itu, orang tua membeli makanan bayi selama beberapa bulan setelah bayi mulai makan. Dari investopedia didapatkan informasi bahwa jumlah yang dihabiskan orang tua untuk makanan bayi setiap bulan sekitar $ 60 atau jika dirupiahkan sekitar 800 ribu rupiah.

Berapa keuntungan yang bisa dihasilkan bisnis makanan bayi?

Bisnis makanan bayi bisa sangat menguntungkan. Ketika anda menjual makanan bayi hanya di pasar lingkungan setempat, anda bisa menghasilkan hingga 20 - 30 juta sebulan. 

Bisnis yang memasukkan makanan bayi ke pengecer secara nasional akan bisa menghasilkan lebih banyak lagi bahkan hingga milyaran rupiah setiap tahunnya.

Bagaimana Anda bisa membuat bisnis Anda lebih menguntungkan?

Bisnis makanan bayi dapat meningkatkan profitabilitas dengan mengirimkan makanan bayi ke pelanggan. Little Spoon adalah bisnis makanan bayi yang melakukan ini.

Apa nama bisnis Anda?

Memilih nama yang tepat sangatlah penting. Jika Anda belum memiliki nama dalam pikiran anda, baca panduan mendetail tentang cara memberi nama bisnis atau dapatkan bantuan untuk bertukar pikiran tentang nama bisnis anda dengan orang yang memang anda percaya memiliki talenta bisnis.

Kemudian, saat mendaftarkan nama bisnis, di sarankan untuk memeriksa apakah nama bisnis yang anda daftarkan sudah ada dan terdaftar juga. 

Untuk mengetahuinya bisa dengan melakukan penelusuran merek dagang, menelusuri web di mesin pencari google misalnya, dan memastikan nama yang Anda pilih tersedia sebagai domain web untuk mengamankannya lebih awal sehingga tidak ada orang lain bisa mengambilnya.

Setelah mendaftarkan nama domain, pertimbangkan untuk menyiapkan akun email profesional (@ perusahaananda.com). Google G Suite menawarkan layanan email bisnis yang dilengkapi dengan tool yang berguna lainnya, termasuk pengolah kata, spreadsheet, dan banyak lagi. Anda bisa menggunakannya dengan gratis.

LANGKAH 2: Bentuk Badan Hukum

Mendirikan badan usaha secara legal mencegah Anda bertanggung jawab secara pribadi jika bisnis makanan bayi Anda digugat. Ada banyak struktur bisnis yang dapat dipilih, termasuk: Korporasi, CV, dan PT.

LANGKAH 3: Daftarkan Pajak

Anda harus mendaftar untuk berbagai pajak negara sebelum Anda dapat membuka bisnis. Anda wajib memiliki npwp. 

Untuk mendaftar pajak, Anda perlu mengajukan EFIN ke kantor pajak terdekat di tempat anda tinggal. Sangat mudah dan gratis!

LANGKAH 4: Buka Rekening Bank Bisnis 

Menggunakan bank bisnis khusus sangat penting untuk perlindungan aset pribadi.

Ketika akun pribadi dan bisnis Anda dicampur, aset pribadi Anda (rumah, mobil, dan barang berharga lainnya) berisiko jika bisnis Anda digugat. Dalam hukum bisnis, ini disebut menusuk kerudung perusahaan Anda.

Selain itu, mempelajari cara membangun kredit bisnis dapat membantu Anda mendapatkan pembiayaan lain atas nama bisnis Anda (bukan milik Anda), suku bunga yang lebih baik, jalur kredit yang lebih tinggi, dan banyak lagi.

Buka rekening bank bisnis

Ini memisahkan aset pribadi Anda dari aset perusahaan Anda, yang diperlukan untuk perlindungan aset pribadi.

Itu juga membuat akuntansi pembukuan anda dan pengarsipan pajak lebih mudah.

Dapatkan kartu kredit bisnis

Ini membantu Anda memisahkan pengeluaran pribadi dan bisnis dengan meletakkan semua pengeluaran bisnis Anda di satu tempat.

Ini juga membangun riwayat kredit perusahaan Anda, yang dapat berguna untuk mengumpulkan uang dan investasi di kemudian hari.

LANGKAH 5: Siapkan Akuntansi Bisnis

Mencatat berbagai pengeluaran dan sumber pendapatan Anda sangat penting untuk memahami kinerja keuangan bisnis makanan bayi Anda. Menjaga akun yang akurat dan terperinci juga sangat menyederhanakan pengajuan pajak tahunan Anda.

LANGKAH 6: Dapatkan Izin dan Lisensi yang Diperlukan

Kegagalan mendapatkan izin dan lisensi yang diperlukan dapat mengakibatkan denda yang besar, atau bahkan menyebabkan bisnis makanan bayi Anda ditutup.

Peraturan Pangan

Saat menjual makanan, Anda memerlukan izin dari departemen kesehatan; semua perusahaan yang menyajikan makanan harus lulus pemeriksaan kesehatan. Kiat agar berhasil dalam pemeriksaan kesehatan

Ada peraturan mengenai apa yang bisa dan tidak bisa ditambahkan ke, dijual sebagai, dan diolah dengan makanan. 

LANGKAH 7: Dapatkan Asuransi Bisnis

Seperti halnya lisensi dan izin, bisnis Anda membutuhkan asuransi agar dapat beroperasi dengan aman dan sah. Asuransi Bisnis melindungi kesejahteraan keuangan perusahaan Anda jika terjadi kerugian yang ditanggung.

Ada beberapa jenis polis asuransi yang dibuat untuk berbagai jenis bisnis dengan risiko berbeda. Jika Anda tidak yakin dengan jenis risiko yang mungkin dihadapi bisnis Anda, mulailah dengan Asuransi Kewajiban Umum. Ini adalah cakupan paling umum yang dibutuhkan bisnis kecil (UKM), jadi ini tempat yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

LANGKAH 8: Tentukan Merek Anda

Merek Anda adalah tujuan perusahaan Anda dalam membangun bisnis usaha makanan bayi, serta bagaimana bisnis Anda dianggap oleh publik. Merek yang kuat akan membantu bisnis Anda menonjol dari pesaing.

Cara Mempromosikan & Memasarkan Bisnis Makanan Bayi

Salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis makanan bayi baru adalah dengan terhubung langsung dengan pelanggan. Orang tua akan merekomendasikan bisnis kepada orang tua lain jika mereka senang dengan produknya. 

Orang tua baru selalu bertanya satu sama lain tentang berbagai hal yang mereka butuhkan.

Terhubung dengan pelanggan secara langsung memungkinkan pemilik bisnis mendapatkan umpan balik tentang makanan mereka dan membuat penyesuaian. Ini memastikan bahwa pemilik bisnis makanan bayi mengembangkan produk yang disukai orang tua.

Bagaimana membuat pelanggan datang kembali

Bisnis makanan bayi dapat membedakan dirinya dari bisnis lain di industri ini dengan mengkhususkan diri pada jenis makanan bayi tertentu. 

Misalnya, bisnis makanan bayi anda mungkin hanya menawarkan makanan organik, atau mungkin berfokus pada makanan yang bersumber secara lokal.

LANGKAH 9: Tentukan Keberadaan Web Anda

Situs web bisnis makanan bayi anda memungkinkan pelanggan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda dan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk menarik klien atau pelanggan baru.

Apakah Bisnis Ini Tepat Untuk Anda?

Siapa pun yang menyukai anak kecil dan tidak takut bereksperimen di dapur mungkin suka menjalankan bisnis makanan bayi. Membuat resep unik membutuhkan kreativitas. Menyukai bayi membantu pemilik bisnis terhubung dengan orang tua tempat mereka ingin menjual makanan bayi.

Bisnis usaha makanan bayi dapat dimulai sebagai usaha paruh waktu. Makanan bayi bisa dibuat pada malam hari saat anda tidak kerja dan kemudian dijual pada akhir pekan. Inilah yang dilakukan Jennifer Carlson saat membuka bisnis makanan bayi. Dia membuat makanan bayi selama seminggu dan membekukannya. Pada akhir pekan, dia menjualnya di pasar petani setempat.

Apa yang terjadi pada hari-hari biasa di bisnis makanan bayi?

Seorang pemilik bisnis makanan bayi banyak menghabiskan waktunya untuk membuat, mengemas, dan menjual makanan bayi. Ketika tidak secara langsung menangani makanan bayi, pemilik bisnis akan mengurusi tugas lain. Mereka membersihkan dapur, memesan persediaan, membayar tagihan, dan memasarkan bisnis makanan bayi mereka.

Kadang, pemilik bisnis juga meneliti rasa baru. Ini adalah proses coba-coba yang melibatkan pembuatan banyak pengujian.

Keterampilan dan pengalaman apa yang akan membantu Anda membangun bisnis makanan bayi yang sukses?

Untuk menjalankan bisnis makanan bayi, pemilik harus mengetahui cara membuat makanan bayi.

Beberapa perusahaan menawarkan kelas membuat makanan bayi. 

Setelah mengikuti kursus, pemilik bisnis mungkin ingin menyimpan buku resep makanan bayi untuk referensi dan inspirasi. Beberapa judul yang mungkin bisa membantu antara lain The Big Book of Organic Baby Food, 201 Organic Baby Purees, dan The Baby and Toddler Cookbook.

Apa potensi pertumbuhan bisnis makanan bayi?

Bisnis makanan bayi dapat berupa usaha kecil yang hanya menjual makanan bayi secara lokal, atau dapat menjadi bisnis nasional yang memiliki toko makanan di seluruh provinsi.

Carlson mengembangkan bisnisnya dari kios di pasar petani lokalnya menjadi perusahaan nasional yang memiliki makanan bayi di Wal-Mart, Target, dan pengecer besar lainnya.

Demikian pula, Fran Free mengembangkan bisnis makanan bayi dari perusahaan kecil menjadi perusahaan yang memiliki makanan di banyak toko Whole Foods Market dan menawarkan makanan bayi berlabel pribadi.

Di blog uang banyak juga sudah pernah dibahas mengenai tips sukses usaha bubur bayi organik, yang merupakan salah satu bagian dari usaha makanan bayi. 

Bagaimana dengan anda? Mulailah untuk membangun usaha makanan bayi anda sendiri. Tidak perlu mewah yang penting berkelanjutan.

Berlangganan via Email