pengetahuan seo - search engine optimization blogger sukses, mengetahui seo rangking, seo meta tag, seo friendly, seo blogger, cara kerja seo, teknik seo, cara membuat seo, dan cara menggunakan seo


Baca Juga di Uang Banyak


12 bidang pengetahuan SEO yang Harus Anda Kuasai Untuk Sukses di Dunia Maya – Point yang mana saja yang sudah anda kuasai? Atau mungkin bagi anda yang sudah jadi master SEO dan sudah menjadi suhu dengan teknik cara kerja seo, tentunya semua bidang SEO yang kami sadur dari situs search engine journal ini sudah jadi makanan anda sehari2.

Bagi saya yang masih newbie, pastinya point-point penting bidang teknik SEO ini akan menjadi pengetahuan yang berharga dalam mengejar seo rangking untuk saya terapkan di website ataupun blog yang akan saya buat ke depan nya. Serta tulisan ini dimaksudkan sebagai catatan pribadi saya sebagai seo tutorial dan panduan cara menggunakan seo dalam mempelajari pengetahuan mengenai Searh Engine Optimization (SEO).

search engine optimization blogger sukses, mengetahui seo rangking, seo meta tag, seo friendly, seo blogger, cara kerja seo, teknik seo, cara membuat seo, dan cara menggunakan seo



Apa Sih SEO itu sebenarnya ?

Dari informasi yang saya dapatkan pada halaman support google, dikatakan bahwa :
SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.

seo search engine optimization google support


Saat ini mungkin teknik SEO dan pencarian obyek menggunakan mesin pencari bukan lagi hal utama, dan mungkin saja semua teknik mengenai seo itu menjadi trend pada decade yang lalu. Namun setidaknya manfaat seo masih berperan penting dalam pemasaran digital campuran. Ada baiknya anda membaca hirarki kebutuhan teknis cara kerja SEO yang optimal.

Dengan mengetahui cara kerja SEO, ditambah dengan adanya permintaan yang melonjak atas konten yang berkualitas, membuatnya penting untuk saat ini dan bagi calon profesional SEO untuk mengetahui cara menggunakan seo dan menguasai bidang pengetahuan utama ini (SEO).

Bahkan veteran digital marketing yang berpengalaman akan memberitahu Anda bahwa ada area tertentu dimana mereka harus terus tumbuh dalam rangka bersaing dengan perubahan dalam industri.

Seperti halnya di facebook, kita seringkali menemukan iklan yang mempromosikan mengenai digital marketing, bagaimana supaya bisa berada di halaman pertama google, Bahasa keren nya menjadi google page one, seperti yang anda dapat lihat di bawah ini.

get top google ranking in facebook


Dibutuhkan waktu dan dedikasi untuk menjadi sepenuhnya mahir di berbagai aspek SEO, dari teknik SEO, untuk optimasi konten dan untuk pemasaran. Jikapun anda sudah mahir cara kerja dan teknik SEO, maka anda memerlukan KPI (Key Performance Indicator) agar anda bisa tahu bagaimana performance blog anda.

Berikut ini 12 Bidang Pengetahuan SEO yang bisa kita terapkan dan kita jadikan acuan dalam mempelajari dara kerja seo dan cara menggunakan seo.

1. Penelitian Terhadap Audience

Apakah yang digunakan untuk melakukan “penelitian kata kunci (keyword)” yang  sudah berubah?

Sementara kita masih melakukan penelitian kata kunci, melakukannya dengan tidak adanya Personas, pertimbangan dari perjalanan pelanggan, atau berfokus pada topik sebanyak kata kunci akan membuat anda kehilangan arah dan tujuan penulisan konten.

Mampu memahami audiens Anda, demografi mereka dan psikografis, dan mengetahui konten apa yang akan menarik bagi mereka sepanjang jalan sampai ke tujuan akhir mereka (misalnya, pertunangan, penjualan, memimpin) merupakan apa yang mereka harapkan.

Anda bisa mulai dari membaca ekosistem blog / web anda dari google analytic. Dari sini anda bisa mulai melakukan analisan semua hal yang anda perlukan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan website anda terhadap audience selama ini .

google analytic teknik cara kerja seo cara membuat dan menggunakan seo
google analytic untuk analisa cara kerja seo


Apakah Anda bekerja untuk satu merek atau berbagai klien, Anda harus menguasai kemampuan untuk melihat tujuan bisnis dan bekerja dengan cara Anda mundur untuk memahami target audiens Anda dan bagaimana untuk memindahkan mereka dari permintaan pencarian untuk tujuan akhir.


2. Melakukan Riset Kompetitor

Memahami lanskap kompetitif menjadi penting untuk keberhasilan semua fase SEO yang anda lakukan sehingga SEO rangking blogger anda pun akan naik.

Hanya dengan melakukan "praktik terbaik" maka anda akan berhasil. Dengan melihat ke dalam di situs web Anda mungkin anda akan melihat penerapan praktik teknik cara kerja seo blogger yang belum maksimal dan mungkin saja hal tersebut tidak membuahkan hasil terbaik untuk meningkatkan seo rangking web anda.

Profiling peringkat tertinggi pada situs web dan merek yang saat ini menangkap sebagian besar audience yang Anda cari adalah keterampilan penting dan kemampuan itu bisa digunakan untuk menguasai factor seo rangking web / blog yang anda bangun.

Penelitian pesaing berkisar dari audit eksternal secara manual dan bisa dengan menggunakan tool untuk menentukan faktor seo apa saja yang mendorong situs web saingan anda memiliki peringkat di pencarian search engine seperti google.

Penelitian faktor teknik seo ini juga termasuk pada halaman dan faktor eksternal untuk situs pesaing secara keseluruhan dan anda juga perlu melakukan penelitian pada halaman demi halaman untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari topik yang lebih rinci.

Sebagai contoh, missal anda ingin melakukan riset website detik.com, maka anda bisa menggunakan beberapa tool yang banyak bertebaran di internet. Yang anda lakukan hanyalah mencoba googling.

riset website teknik cara kerja seo
contoh analisa web kompetitor


3. Analisis Web

Seorang SEO profesional secara alami akan mampu menganalisis kinerja usaha mereka dalam mengetahui cara kerja seo serta teknik seo yang sudah dan belum diterapkan guna meningkatkan seo rangking dari sebuah website / blog.

Hal ini diperlukan untuk:
  • Memahami Dampak strategi Cara Kerja SEO competitor dan upaya Anda dalam meningkatkan teknik seo blogger anda.
  • Laporkan upaya Anda kepada para pemangku kepentingan yang bertanggung jawab kepada Anda.
  • Melakukan pengukuran dengan Google Analytics adalah tujuan dan standar kusus yang biasa dilakukan seorang blogger.

Namun, tentu saja akan ada begitu banyak kustomisasi tambahan dan aspek tersebut harus membuat seorang SEO professional berfikir “out of the box” untuk menguasai dan mengambil keuntungan dari teknsik seo yang diterapkan oleh kempetitor. 

Beberapa contoh:
  • Model atribusi untuk melihat lebih banyak lalu lintas pelanggan.
  • Pelaporan konversi terbantu.

Gunakan semua data analisis yang Anda bisa untuk mendapatkan gambaran yang lengkap yang terikat dengan niat pencari, berbeda Personas, dan untuk sepenuhnya mengetahui dampak SEO pada bisnis anda.


4. Pelacakan (Tracking)

Menjadikan diri anda sebagai “point person” untuk situs web Anda sendiri, dengan web developer, atau dengan tim TI merupakan hal penting untuk memastikan implementasi yang tepat pada pelacakan script maupun piksel dari website yang anda bangun.

Inilah sebabnya pengetahuan tentang analitik, heatmaps, Google Tag Manager, dan mekanisme pelacakan lainnya menjadi suatu keharusan.

Sementara dengan banyaknya implementasi pelacakan sebagai salah satu teknik seo dan juga update yang mudah dilakukan, sesekali perlu untuk memecahkan masalah dan bekerja sama dengan orang lain. 

Mungkin keterampilan seperti ini banyak diremehkan, dan bisa jadi andapun demikian sebagai pengembang dan professional TI yang tidak selalu fasih dalam pelaksanaan dan memastikan pelacakan yang tepat pada tool yang biasa atau lebih umum digunakan oleh marketer online.


5. Pembuatan Indeks

Salah satu teknik cara kerja seo yang tampaknya makin kurang diperbincangkan dari pada tahun-tahun sebelumnya yaitu pengindeksan dan cara kerjanya. Kita tahu bahwa dengan pengindeksan artikel menjadi salah satu faktor penting terhadap seo rangking suatu website /  blog.

indexing teknik cara kerja seo
index sitemap

Di masa lalu, Google butuh waktu lebih lama untuk melakukan crawl (perayapan) konten dan kemudian menampilkan hasil  perayapan tersebut di hasil pencarian. 

Dengan kecepatan perayapan / crawling untuk hasil pencarian, hal tersebut diambil begitu saja dari suatu artikel yang ada di blog / web yang sudah di index dan pada akhirnya akan menentukan faktor peringkat dalam pencarian di mensin pencari seperti google.

Penting bagi anda untuk memahami sepenuhnya mengenai bagaimana cara kerja pengindekan suatu artikel.Pengetahuan dasar teknik cara kerja seo blogger tersebut akan mengarah pada tindakan strategis atau pemecahan masalah di situs web anda sendiri.

Dalam melakukan teknik cara kerja seo, situs situs besar, seperti situs e-commerce, dan yang memiliki banyak konten duplikat membutuhkan strategi spesifik seputar perayapan konten, penggunaan kanonikal, penggunaan perintah robot, dan banyak lagi untuk meningkatkan seo rangking dan menjadikan situs mereka seo friendly.

Selain itu, situs international dan variasinya memiliki tingkat kerumitan ekstra dalam proses perayapan (crawling).


6. Internasional SEO

Yang menjadi pertimbangan untuk internasional SEO yaitu banyaknya SEO pro yang mengabaikan negara asal mereka dan berfokus pada SEO internasional yang berada di luar asal negara mereka.

Jika anda memiliki kesempatan untuk berfokus pada SEO internasional, misal anda memiliki situs dengan Bahasa inggris, maka anda harus memiliki skill seo blogger, teknik cara kerja seo atau menguasai setidaknya dasar-dasar cara menggunakan seo berikut ini:

-  Apa saja yang diperlukan untuk:
  • Top Level Doman (TLD).
  • Hosting.
  • Tag href lang.
-  Bagaimana bahasa dan negara yang berbeda pada versi internasional dari mesin pencari.


7. HTML (Hyper Text Markup Language)

Saat ini jauh lebih mudah bagi kita untuk melakukan teknik cara kerja SEO blogger tanpa perlu memiliki latar belakang pengetahuan yang mendalam tentang HTML daripada sebelum era open source CMS (Content Management System). 

Pada era CMS saat ini kita sudah tidak perlu lagi mendalami tag-tag HTML, karena secara otomatis CMS tersebut sudah membuatkan nya untuk anda.

Akan tetapi, anda perlu menguasai pengetahuan dasar tentang HTML. Anda akan membutuhkan pengetahuan ini ketika anda harus memecahkan permasalahan yang di sebabkan CMS ataupun atau adanya kode-kode scriptyang tidak solid untuk semantic SEO.

Kemampuan untuk mendiagnosis masalah dalam kode dengan tag duplikat, implementasi pelacakan script (script tracking), dan untuk dapat berkolaborasi dengan AJAX, JavaScript, dan aspek lain dari percakapan tentang kecepatan situs yang penting lainnya.


8. Pencarian Lokal

Peran dan tanggung jawab dapat bervariasi tergantung pada struktur organisasi yang terletak pada tanggung jawab untuk daftar pencarian lokal dan optimasi pencarian local pada teknik cara kerja seo local.

Aspek-aspek yang perlu dikuasai pada SEO local cukuplah banyak dan kompleks. Bagaiamana cara menggunakan seo local, bagaimana cara membuat seo local, cara kerja nya sampai akhirnya akan berpengaruh terhadap seo rangking dari blog local anda.

Namun, secara umum anda harus memahami aspek SEO local berikut ini :

  • Ekosistem kelengkapan pencarian lokal.
  • Ranking faktor.
  • Pentingnya data nama, alamat dan telepon (NAP).
  • Bagaimana klaim dan proses manajemen bekerja.

9. Faktor Halaman 

Apakah anda pernah melihat sebuah artikel yang di bagi menjadi beberapa halaman ? Cukup unik dan menarik, serta hal itu bisa menambah jumlah pageview dari web / blog yang anda bangun.

Untungnya, kebanyakan profesional SEO tidak lagi secara proporsional fokus pada elemen halaman web.

Sementara, saat ini fokus teknik cara kerja seo telah bergeser ke konten dan konteks, masih ada tempat untuk factor halaman dan memastikan tag-tag untuk halaman web yang unik ini tetap hadir pada setiap halaman yang anda buat termasuk juga seo meta tag yang bisa anda selipkan di setiap halaman nya.

Pada setiap halaman yang anda buat, anda bisa focus pada frekuensi dan kepadatan kata kunci (yang merupkan factor terpenting dari SEO) yang anda bidik.

Memiliki pemahaman yang solid terhadap factor halaman ini, bagaimana mereka bekerja sama untuk membantu membangun konteks, dan fakta pada dampak yang sebenarnya pada peringkat seo atau seo rangking adalah kunci utama anda dapat sukses di dunia maya.


10. Link Building

Kita semua tentunya ingin mengembangkan konten yang secara alami menarik link dan tidak pernah khawatir tentang link building, yang perlu anda  fahami adalah bagaimana menghubungkan dampak peringkat / rangking seo dan strategi link buiilding.

Sebuah aspek umum telah disalahpahami adalah kuantitas versus kualitas dan bagaimana terlalu banyak atau terlalu sedikit fokus pada link dan otoritas dapat mengurangi upaya optimasi.

Pemahaman penuh pada kualitas link, strategi untuk menarik dan mendapatkan link yang relevan dan berkualitas tinggi, dan bagaimana menerapkan ke dalam strategi optimasi seo secara keseluruhan adalah beberapa hal yang perlu anda kuasai.


11. Proses Development

Sulit untuk mengatasi semua aspek dari teknik cara kerja SEO pada satu waktu.

Mampu menciptakan strategi yang kohesif, memprioritaskan kegiatan, dan bekerja melalui pelaksanaan dalam fase sangat penting untuk meraih sukses dan merasakan manfaat seo.

Tanpa proses untuk menyelesaikan tugas cara membuat dan menggunakan seo, dan terus mengulangi tugas tugas tersebut, bahkan yang terbaik dan cemerlang di antara kita akan berakhir tragis tanpa mendapatkan hasil apapun dari manfaat seo.

Membuat proses standar yang dapat diulang juga penting karena mampu mengartikulasikan dengan pemangku kepentingan tempat kita berada dan tempat kami akan melakukan berbagai campaign dan upaya SEO jangka panjang.


12. Adaptasi

Adaptasi mungkin bagi anda seprtinya ini merupakan sesuatu yang sederhana, tetapi mampu memiliki proses seperti yang disebutkan di atas datang dengan keseimbangan adaptasi.

Sama seperti metodologi Agile, kita harus dapat melakukan perubahan berdasarkan:
  • Mengubah prioritas bagi pemangku kepentingan.
  • Perubahan dalam lanskap kompetitif.
  • Pergeseran dalam pemirsa target kita.
  • Update dibuat oleh mesin pencari sendiri.

Sementara adaptabilitas lebih dari bakat daripada keterampilan, masih penting untuk menemukan cara untuk menguasai metode tentang bagaimana untuk beralih pada perubahan dan kapan harus mengakui bahwa sesuatu perlu diperbarui dalam strategi, pendekatan, taktik, atau tujuan dari teknik cara kerja seo yang anda lakukan.


Kesimpulan Bidang Teknik Cara Kerja SEO

Dari semua bidang pengetahuan SEO yang perlu anda kuasai, mungkin adaptasi merupakan bidang cara kerja SEO yang paling Underrated.

Sebagai industri dan lanskap yang terus berkembang, item baru untuk penguasaan SEO anda bisa ditambahkan ke dalam daftar kerja anda dalam meningkatkan seo rangking.

Pada saat yang sama, kita tidak bisa meninggalkan bagian SEO yang masih penting, bahkan jika mereka kurang berbicara tentang manfaat seo.

Pada akhirnya, SEO akan terus menjadi lebih kompleks. Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui, memahami, dan menguasai banyak bidang SEO yang Anda bisa.

Melakukan hal itu akan membuat Anda dan klien Anda bisa menjadi lebih sukses.


Hanya Seorang blogger pemula yang ingin terus belajar mengenai Dunia Blogging, bisnis online, peluang usaha dan Mencari ide-ide yang kreatif yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang

Jika anda merasa kalau artikel-artikel di blog uang banyak ini bermanfaat, anda bisa membagikannya ke teman-teman atau media sosial anda agar blog ini bisa terus berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuan. Tak lupa juga bagi anda yang ingin terus mendukung pengembangan blog uang banyak ini dan ingin menyalurkan donasi untuk keberlangsungan dan perkembangan operasional blog uang banyak, maka anda bisa melakukan donasi melalui akun Paypal . Dan semoga ke depan blog uang banyak bisa terus membuat konten yang kreatif dan memiliki kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Post A Comment:

0 comments: